Home Pengetahuan 43 Alat Musik Tradisional Indonesia Beserta Asal Daerahnya

43 Alat Musik Tradisional Indonesia Beserta Asal Daerahnya

934
0
SHARE

Alat Musik Tradisional – Hadir sebagai negara dengan bahasa dan budaya masyarakat yang beragam, Indonesia tentu saja tidak hanya mampu menghadirkan kuliner yang ragam pula dari masyarakat yang berbeda tersebut. Lebih dari itu, negara yang juga dikenal dengan alamnya yang menakjubkan ini juga memiliki ragam alat musik tradisional yang menjadi ciri lain dari Indonesia.

Beberapa alat musik tradisional Indonesia bahkan sudah terkenal hingga ke manca negara. Lebih dari itu, para turis yang berkunjung ke Indonesia juga pastinya mencari-cari alat musik tradisional ini dan tertarik untuk mendengar dan melihatnya langsung. Indonesia, keren bukan? Dengan demikian, kita wajib mencintai negara kita, dimana wujud cinta tersebut bisa dibuktikan, salah satunya minimal dengan mengetahui ragam budaya Indonesia. Salah satu dari ragam budaya Indonesia itu sendiri terdapat pada banyaknya jenis alat musik tradisional di Indonesia.

Alat musik tradisional indonesia itu sendiri biasanya terbuat dari bahan-bahan yang tradisional pula. Entah itu terbuat dari bambu, atau jenis kayu lainnya. tidak sedikit pula alat musik tradisional Indonesia yang juga terbuat dari daun. Nah, dari pada penasaran, berikut 43 alat musik tradisional Indonesia:

Angklung

Angklung tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga kamu. Jenis musik tradisional ini sering kali di libatkan, baik dalam acara formal maupun non formal. Angkulung itu sendiri merupakan salah satu jenis alat musik tradisional di Indonesia yang memiliki bunyi nada yang unik. Loh, apa uniknya? Kenunikan yang di maksud aalah dimana alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara di goyangkan ini bisa menghasilkan dua nada atau nada ganda. Keren bukan?

Umumnya. Angklung sering diiringi lagu-lagu berbau lagu tradisional khas pedesaan, dengan menggunakan Bahasa Sunda. Angklung itu sendiri terbuat dari bambu dengan ukuran yang berbeda namun nyaris sama. Tidak mudah pastinya menciptakan nada dari goyangan angklung ini. Namun, saat mampu mendengarkan musik angklung yang diiringi dengan jenis musik lainnya, pastinya akan ada kenikmatan tersendiri yang bisa membuat kamu betah berlama-lama di sekitarnya.

Calung

Selain angklung, jenis alat musik alat tradisional yang juga sudah tidak asing di telinga kamu adalah calung. Ya, calung itu sendiri juga bagian dari alat musik tradisional angklung. Namun, ada perbedaan dengan cara memainkan angklung dan calung. Jika angklung di mainkan dengan cara di goyangkan, calung biasanya dimainkan dengan dipukul pada bagian batangnya. Calung juga bisa dimainkan dengan cara di goyangkan sama halnya dengan angklung. Dengan kata lain, calung bisa dimainkan dengan dua cara.

Karena calung merupakan alat musik tradisional yang sering dilibatkan dalam permainan musik angklung, maka dapat disimpulkan bahwa jenis alat musik tradisional ini juga identik dengan lagu khas Sunda yang mengiringinya. Jika kamu mendengar calung dengan angklung yang diiringi lagu khas pedesaan, dijamin kamu akan semakin mencintai ragam karya musik Indonesia yang pastinya tidak dimiliki oleh negara lainnya.

Gamelan

Sama halnya dengan angklung dan calung, gamelan juga merupakan alat musik tradisional khas Jawa, khususnya Jawa Barat. Namun, alat musik yang satu ini tidak datang sendirian. Gamelan merupakan satu nama untuk beberapa alat musik. Adapaun alat musik yang terdiri dari gamelan, adalah seperti gong, bonang, dsb. Gamelan juga sering kali di iringi lagu khas daerah, khususnya lagu khas daerah Sunda. Umumnya, gamelan sering di libatkan dalam acara pernikahan, yang juga didalamnya di ramaikan dengan jenis tari khas Jawa Barat seperti jaipongan.

Triton

Nah, alat musik yang satu ini mungkin aga terdengar asing ditelinga kamu. Yup, triton merupakan salat satu jenis alat musik tradisional khas Papua. Mengingat daerah atau kota asalnya yang memang cukup jauh dari keramaian, maka wajar saja jika triton tidak sepopuler jenis alat musik tradisional Jawa Barat yang bahkan sudah terkenal hingga ke manca negara.

Namun, triton juga unik ko. Alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara di tiup ini akan menghasilkan suara yang merdu, yang pas sekali dimainkan bagi kamu yang ingin didamaikan hatinya.

Bende

www.kratonpedia.com

Bende merupakan jenis alat musik tradisional Indonesia yang berasal dari Lampung. Bende memiliki jenis suara ideofon yang sangat khas dan merdu. Alat musik yang satu ini juga memiliki bentuk yang unik, yang untuk memainkannyapun kamu membutuhkan alat khusus. Dengan kata lain, bende dimainkan dengan cara dipukul dengan alat khusus. Wah, Indonesia kaya ya?

Tehyan

karyabetawi.com

Selain angklung, calung, gamelan, bende, aat musik tradisional Indonesia lainnya yang juga cukup terkenal adalah tehyan. Alat musik yang satu ini berasal dari ibu kota Indonesia, yakni Jakarta. Jika bende menghasilkan jenis suara ideofon, tehyan justru memiliki jenis suara kordofon. Namun, itulah uniknya ragam alat musik tradisional Indonesia yang harusnya bisa membuat kamu semakin mencintai tanah air.

Perbedaan lainnya antara bende dengan tehyan adalah dari cara memainkannya. Jika bende dimainkan dengan dipukul menggunakan alat khusus, tehyan dimainkan dengan cara  digesek dibagian dawai atau senarnya. Bentuk bende dengan tehya sendiri memang berbeda. Tehyen berbentuk layaknya seperti biola hingga cara memainkannyapun hampir sama dengan cara memainkan biola.

Serune Kalee

www.keepo.me

Serune kalee merupakan bukti lain bahwa Indonesia memang kaya, tidak hanya dari rempah-rempah serta ragam bahasa daerahnya, tetapi juga kaya dari beragam jenis alat musik tradisionalnya. Ya, datang dari beragam daerah dengan bahasa yang juga berbeda, pada akhirnya menciptakan masyarakat kreatif yang juga mampu menciptakan ragam alat musik tradisional dengan masing-masing keunikannya.

Serune kalee itu sendiri adalah alat musik tradisional yang berasal dari Aceh. Serune kalee memiliki  jenis bunyi aerofon yang dimainkan dengan cara ditiup. Namun, memainkan alat musik yang satu ini memang tidak mudah. Serune kalee dimainkan dengan cara diatur dengan jari tangan yang menutup lubang serune kalee. Dengan kata lain, alat musik tradisional yang satu ini dimainkan dengan cara yang sama seperti suling.

Sasando

en.wikipedia.org

Sasando adalah alat musik yang juga hadir dengan sisi uniknya. Alat musik tradisional ini dimainkan dengan cara di petik yang dapat menghasilkan suara dengan tingkat kemerduan yang luar biasa. Sasando merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Rote, Nusa Tenggara Timur. Alat musik yang satu ini memang tidak terlalu sering didengar, namun, perannya tentu jelas banya, tidak hanya sering dilibatkan dalam kegiatan atau acara formal tetapi juga acara non formal.

Japen

www.flickr.com

Japen adalah alat musik tradisional yang berasal dari Kalimantan Tengah. Japen hadir dengan bentuknya unik yang sangat berbeda dengan jenis alat musik lainnya. japen biasanya di mainkan dengan cara dipetik. Untuk memainkan alat musik yang satu ini juga tidak mudah, dan perlu belajar secara serius. Japen memiliki bunyi jenis kordofon yang akan menghasilkan suara yang sangat merdu, hingga cukup menjadi kawan bagi kamu yang senang memainkan alat musik sendirian.

Gendang Melayu

suprijono.blogspot.com

Gendang melayu merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Bangka Belitung. Alat musik tradisonal yang satu ini tidak jauh berbeda dengan gendang pada umumnya. Cara memainkannyapun sama, yakni dengan menggunakan telapak tangan. Namun, untuk lihai dalam memainkan alat musik ini juga memerlukan keahlian dan proses belajar yang cukup panjang.

FU

djarumcoklat.com

FU adalah alat musik dari Maluku Utara dengan jenis uara Aerofon yang dikendalikan dengan telapak tangan.

Kecapi 

wirawandwilazuardy.blogspot.com

Kecapi dimainkan dengan cara dipetik. Alat musik ini berasal dari Sulawesi Selatan yang cara memainkannya membutuhkan penghayatan. Kecapi dapat menenangkan jiwa yang hadir dengan nada khas sunda.

Katambung

kelompokzaye.blogspot.com

Katumbung berasal dari Kalimantan Tengah, yang sering disebut perkusi gendang dengan  panjang 75 cm. Katambung terbuat dari kayu ulin dengan balutan kulit ikan buntal yang dikeringkan.

Bonang Barung

omeka1.grinnell.edu

Bonang marung merupakan bagian dari Gamelan Jawa. Ada dua jenis bonang yakni Bonang barung dan bonang penerus. Bonang barung ukurannya sedang, yang memiliki nada oktaf dari tengah, dan sering digunakan untuk pembuka dalam asambel. Dimainkan sebagai pembuka, alat musik ini juga memiliki alur lagu gendhing yang unik.

Cengceng Bali

kratonpedia.com

Cengcengan Bali menghasilkan suara jenis Ideofon, yang dimainkan dengan meletakkan cengceng keda telapak tangan kemudian di benturkan hingga mengeluarkan suara

Tuma

hisyam-rahmadian.blogspot.com

Tuma berasal dari Kalimantan Barat yang khas dengan suara membranofon dan dimainkan dengan ditepuk memakai tangan kita sendiri.

Accordion

alampedia.blogspot.com

Accordin berasal dari Sumatra Selatan yang hadir dengan bunyi aerofon dan dimainkan menggunakan kedua tangan untuk mengatur nada, seperti piano.

Talempong

rahmatps.blogspot.com

Talempong merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan dipukul. Alat musik ini berasal dari Mingkabau.

Gendang Panjang

www.riaudailyphoto.com

Gendang panjang adalah alat musik tradisional yang berasal dari Riau. Gendang panjang memiliki bunyi membranofon yang dimainkan dengan ditepuk menggunakan tangan.

Lado-lado

9akelompok14.blogspot.com

Lado-lado berasal dari Sulawesi Tenggara dan memiliki bunyi ideopon yang dimainkan dengan  dipukul menggunakan alat khusus.

Gambus Jambi

juicesky.com

Gambus Jambi merupakan alat musik yang berasal dari Riau. Gambus jambi hadir dengan  jenis bunyi kordofon yang dimainkan dengan dipetik.

Tifa

djarumcoklat.com

Tifa hampir mirip dengan gendang. Tifa merupakan alat musik khas daerah timur, Maluku, Papua.

Guoto

Digital Camera

Guoto berasal dari Papua Barat yang menghasilkan suara kordofon dan dimainkan dengan cara dipetik, seperti senar.

Gong

Gong berasal dari Jawa Barat yang dimainkan dengan dipukul. Gong menghasilkan suara membranofon yang digantung pada kayu.

Jengglong

artculture567.blogspot.co.id

Jenglong merupakan alat musik tradisional dari Jawa Barat yang berupa gong kecil, dan merupakan pengiring gong.

Aramba

kabarnias.com

Aramba adalah alat musik yang berasal dari Sumatra Utara. Aramba memiliki jenis bunyi ideofon yang dimainkan dengan dipukul, menggunakan alat pemukul khusus.

Kolintang

angklungis15surabaya.blogspot.com

Kolintang berasal dari Minahasa Sulawesi Utara. Nama kolintang berasal dari suaranya,

Tong, suara yang berarti rendah, ting yang ebrarti suara tinggi, dan tang suara umum

Serunai

indoindotraditionalmusic.blogspot.com

Serunai berasal dari Nusa Tenggara Barat yang dimainkan dengan ditiup,dan seperi suling yang juga menggunakan  jari-jari tangan menutup lubang serunai.

Sampe

pampangsuniaso.wordpress.com

Sample adalah musik khas melayu, suku dayak, Kalimantan Timur yang dimainkan dengan cara dipetik. Uniknya, konon sample dipetik menggunakan perasaan, hingga setiap orang akan menghasilkan nada yang berbeda. Keunikan dari sampe ini membuatnya sering berfungsi sebagai alat untuk menyatakan perasaan. Keren kan? Ada makna juga dari waktu dimainkannya alat musik ini.  Jika dimainkan siang, berarti  gembira, dan jika malam maka berarti syahdu atau sedih.

Rebab

mytentsale.com

Rebab adalah alat musik tradisional dari Jawa Barat yang pastinya tidak asing ditelinga kamu. Rebab sama seperti biola, yang dimainkan dengan cara digesek. Namun, bentuk rebab berbeda dengan biola yang berbentuk seperti busur panah.

Pupuik Batang Padi

pelangiholiday.com

Pupuik batang padi berasal Sumatra Barat, dimana alat musik tradisional yang satu ini terbuat dari dari ruas padi yang berbuku dan dimainkan dengan cara ditiup.

Tambua dan Tansa

antarafoto.com

Tambua dan tansa merupakan alat musik yang berasal dari Sumatra Barat. Kedua alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul serentak.

Saluang

palingyunik.com

Saluang merupakan alat musik tradisional dari Mingakabau yang dimainkan dengan itiup. Saluang memang mirip dengan suling dari Jawa Barat.

Puik puik Sulawesi Selatan

youtube.com

Puik Sulawei Selatan merupakan alat musik tradisional yang nyaris punah. Alat musik yang satu ini dimainkan dengan cara ditiup dan terbuat dari kayu besi. Pada puik ada pipa sebagai penghasil nada. Pangkalnya terbuat dari lempengan logam dan juga dibuat dari daun lontar pula,yang  jika daun lontar rusak maka diganti.

Keso

sarungpreneur.com

Keso merupakan alat musik tradisional yang mirip rebab. Keso umumnya hanya menggunakan dawai yang dimainkan dengan cara di gesek. Keso adalah alat musik tradisional yang berasal dari Sulawesi Utara

Demung

theamazingofindonesia.blogspot.com

Demung merupakan bagian dari Gamelan, atau dari keluarga balunga. Ada 2 jenis demung, yakni versi pelog dan sendro. Demung memiliki jenis oktaf rendah yang juga hampir sama dengan jenis musik gamelan lainnya. Alat menabuh demung biasayanya terbuat dari kayu, seperti palu. Demung memiliki bentuk yang hampir sama seperti saron, tapi penabuhnya lebih besar karena nada yang dihasilkan lebih rendah. Memainkan demung itu sendiri harus ada komandonya agar nada yang dihasilkan sesuai irama yang dirancang.

Doli

sebentarsaja.com

Doli adalah alat musik tradisional yang berasal dari Bengkulu. Alat musik yang satu ini memiliki jenis suara membranofon yang dimainkan dengan dipukul menggunakan alat khusus.

Kuriding

Kalimantan tengah merupakan dareah dimana kuriding berasal. Alat musik tradisional yang satu ini terbuat dari tumbuan hutan yang sering digunakan suku dayak. Kuriding terbuat dari pohon joko, khususnya pelapahnya dan dimainkan dengan dipukul.

Ganda

budaya-indonesia.or

Ganda adalah alat musik tradisional yang bentuknya hampir sama seperti gendang. Gandang memiliki dua buah kulit menutupi sisinya. Gandang berasal dari Sulawesi, yang bentuknya lebih kecil dari gendang. Gendang memiliki bunyi yang hampir sama dengan gendang, dan dimainkan dengan cara yang sama dengan gendang yakni di pukul.

Karinding

pandoe.rumahseni2.net

Selain gamelan, angklug, atau calung, alat musik tradisional yang juga khas dengan musk Sunda adalah karinding. Alat musik yang satu ini dimainkan dengan cara ditiup serta diletakkan di bibir. Karinding juga dimainkan dengan cara unik lainnya seperti  ditepuk bagian pemukulnya. Jika kamu melihat bentuk unik dari alat musik yang satu ini, tentunya kamu akan kaget karena alat musik yang terlihat sederhana ini bisa menghasilkan  suara beragam yang khas dan unik. Biasanya, karinding dimainkan solo atau grup, tergantung dari kebutuhan acara yang ingin diiringi karinding.

Alat musik yang satu ini memiliki pengatur nada, pengatur ritme, dengan 4 jenis alat musik yakni godondong, iring-iringan, tonggeret dan rereogan. Ragam sekali bukan? Selain sering digunakan dalam acara tertentu, karinding juga sering digunakan sebagai alat musik pengusir hama di sawah. Suaranya dihasilkan dari gesekan pegangan dan pada ujung jari yang ditepuk-tepuk. Biasanya, karinding menghasilkan suara seperti suara burung, jangkrik, wereng dll. Suara karinding termasuk suara ultrasonik yang cukup unik.

Suling

wikipedia.org

Suling tentunya bukan lagi jenis alat musik tradisional yang asing ditelinga kamu. Bahkan, alat musik yang satu ini sudah bisa dikatakan sebagai alat musik modern mengingat perannya yang sering dilibatkan dalam acara berbau musik modern. Umumnya, suling terbuat dari bambu yang dimainkan dengan cara ditiup. Namun, seperti yang sudha dijelaskan sebelumnya, suling juga saat ini bisa dikatakan sebagai alat musik yang modern, karena selain ada suling yang terbuat dari bambu, di Indonesia juga sudah banyak suling modern dari perak atau emas atau campuran keduanya, serta suling pelajar yang identik terbuat dari logam, atau perak. Keren bukan?

Serangko

azharjambi.blogspot.co.id

Serangko juga bagian dari bukti bahwa Indonesia memang memiliki banyak alat musik tradisional yang patut di banggakan. Alat musik yang satu ini dimainkan dengan cara ditiup. Serangko adalah alat musik yang berasal dari Jambi. Namun, fungsi dari alat musik yang satu ini berbeda dengan jenis alat musik lainnya yang umumnya berfungsi sebagai alat musik untuk acar formal atau non formal. Serangko justru digunakan sebagai alat pemberitahuan jika ada musibah yang terjadi di sekitar daerah asalnya. Unik ya?

Nafiri

Nafri adalah alat musik tradisional yang berasal dari Maluku. Alat musik yang satu ini memiliki jenis suara yang unik, yakni hadir dengan jenis suara membranofon. Nafri dimainkan dengan cara ditepuk, tentunya dengan teknik tertentu.

Demikian 43 alat musik tradisional Indonesia yang wajib kmau ketahui sebagai bagian dari negara yang akan akan budayanya ini. Selain ke 43 alat musik yang disebutkan di atas, tentunya Indonesia masih memiliki banyak ragam alat musik tradisional lainnya yang menjadi bukti bahwa Indonesia pantas menyandang status sebagai negara dengan ragam bahasa dan budaya yang kaya.

Nah, dengan demikian, semakin bangga bukan menjadi bagian dari Indonesia? Rasa bangga tersebut pastinya harus kamu tuangkan dalam bentuk jiwa nasionalis yang tinggi, minimal dengan mencintai kekayaannya dan menjaganya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here