Home Kesehatan 10 Bahaya Merokok Ini Perlu Kamu Waspadai

10 Bahaya Merokok Ini Perlu Kamu Waspadai

263
1
SHARE

Bahaya merokok pada dasarnya sudah bukan rahasia umum lagi. Bahkan bagi para perokok sekalipun, bahaya merokok sudah menjadi sesuatu yang tak asing didengar. Namun sayangnya, hal tersebut tidak menjadi boomerang apalagi bagi perokok aktif.

Disetiap kemasan rokok atau pada banner dan pamlet rokok misalnya, warning mengenai bahaya rokok bahkan dicantumkan dengan jelasnya. Cerita mengenai mereka yang mengalami penyakit parah hingga mengalami kematian akibat merokok juga sering didengar, namun Lagi-lagi, hal ini tidak menciptakan efek jera pada seorang perokok.

Biasanya, ini diakibatkan karena perokok hanya mengetahui bahaya umum dari merokok. Mereka tidak mengetahui dzat berbahaya apa saja yang terkandung didalam rokok hingga mampu mengakibatkan berbagai penyakit berbahaya hingga mampu menghilangkan nyawa.

Dengan demikian, perokok perlu mengetahui dzat kimia berbahaya apa saja yang terkadung pada rokok, serta organ tubuh apa saja yang dapat dirusak hanya dari asap rokok. Nah, berikut rincian dzat kimia berbahaya pada rokok serta bahayanya pada organ tubuh Anda:

Kandungan Dzat Kimia Berbahaya Pada Rokok

Perokok mungkin tidak jera mendengar penyakit yang bisa diakibatkan dari rokok. Bisa saja perokok berfikir hal tersebut hanya untuk menaku-takuti saja. Lalu bagaimana jika perokok tahu dzat kimia berbahaya pada rokok yang sudah terbukti faktanya?.

Ya, rokok mengandung, ratusan dzat beracun, yakni 4000 bahan kimia, dimana 70 bahan kimia diantaranya mengakibatkan kanker. Didalam rokok juga terkandung dzat kimia yang akan membuat Anda kaget mendengar efek sampingnya. Dzat kimia berbahaya tersebut adalah tar, gas  oksidan, karbon monoksida, serta benzene.

Tar sangat berbahaya bagi sistem kerja tubuh Anda. Ketika Anda menghisap rokok, maka secara otomotis, dzat kimia berbahaya ini bisa mengendap pada paru-paru hingga mampu mengurangi kinerja ramput kecil yang melapisi paru-paru Anda.

Lebih dari itu, rokok juga mengandung gas oksidan yang beresiko stroke. Gas berbahaya ini bahkan mampu menciptakan penggumpalan darah. Bayangkan jika ini terjadi pada Anda. Mengerikan bukan? Lebih parah lagi, gas oksidah juga sangat beresiko menyebabkan serangan jantung. Tidakkah ini terdengar menyeramkan?.

Ada yang lebih parah lagi. Tahukah Anda, dzat yang ada pada asap knalpot (Karbon monoksida), juga terkandung pada rokok. Dzat ini bisa menyebabkan cepat lelah karena dzat ini mampu menghalangi penyediaan oksigen ke tubuh. Coba Anda bayangkan, saat dzat yang biasa ada pada asap knalpot justru Anda isap dan memasuki saluran pernafasan Anda?.

Anda juga perlu tahu, rokok mengandung benzene, yakni dzat kimia berbahaya yang bisa merusak tingkat genetik, hingga menyebabkan karker. Didalam rokok juga terkandung bahan berbahaya lainnya seperti arsenic, cadmium, hydogren, tolune, dll. Dzat-dzat tersebut bisa ditemukan pada pengencer cat, bahan pembuat baterai, hingga bahan pembuatan senjata kimia. Bayangkan saat bahan yang biasa ada pada pengencer cat, pembuat baterai hingga pembuatan senjata api terkandung pada apa yang Anda hisap melalui rokok!.

Dengan demikian, wajar saja jika rokok mampu mengakibatkan berbagai penyakit berbahaya apalagi dikonsumsi secara berlebihan. Merokok tentu bisa merusak sistem pernafasan Anda karena asap rokok secara langsung masuk melalui sistem pernafasan Anda. Lalu, bahaya apa lagi yang bisa ditimbulkan akibat dari merokok? Berikut jawabannya:

Bahaya Merokok Pada Organ Tubuh Manusia

1. Bahaya Pada Mulut dan Tenggorokan

Bahaya pertama pada rokok bisa dirasakan langsung oleh mulut dan tenggorokan, mengingat rokok masuk melalui sistem pernafasan yakni mulut dan tenggorokan. Dengan demikian, efek ringannya, rokok bisa menyebabkan bau mulut, batuk, hingga gigi yang mudah menguning.

Parahnya, rokok dapat mengakibatkan kanker lidah, tenggorokan, bibir,  hingga kerusakan pada pita suara. Seram sekali bukan?

2. Bahaya Pada Paru-paru

Selain masuk mulut dan tenggorokan, asap rokok juga masuk melalui paru-paru. Dengan demikian, asap yang masuk melalui paru-paru tersebut dapat merusak sel-sel paru-paru hingga menyebabkan sesak nafas, kanker, pnemunia, bronkitis, dan emfisema

3. Tulang

Tulang juga menjadi bagian dari organ tubuh manusia yang bisa mengalami kerusakan akibat merokok. Dzat kimia yang terkandung pada rokok mampu menghentikan kerja sel-sel kontruksi. Akibatnya, tulang bisa rapuh (osteoporosis).

4. Bahaya Bagi Sistem Kerja Otak

Otak juga bisa rusak akibat dzat kimia yang terkandung dalam rokok. Kerusakan otak akibat dzat kimia dalam rokok tersebut mampu menyebabkan strok kerusakan otak, pendarahan pada otak, hingga kematian.

5. Kulit

Memiliki kesehatan kulit merupakan impian setiap manusia. Namun keinginan tersebut akan sulit terwujud jika Anda merokok. Mengapa? Karena rokok menghambat asupan oksigen ke dalam kulit hingga menyebabkan penuaan dini, kulit mudah berkerut, flek hitam, dll.

6. Bahaya Pada Lambung

Asam lambung merupakan efek lain dari merokok. Lebih buruk dari itu, merokok juga dapat menyebabkan ulkus, hingga kanker lambung. Lebih seram dari asam lambung bukan?.

7. Merokok Dapat Merusak Mata

Meski mata bukan bagian dari sistem pernafasan yang mengisap rokok secara langsung, namun bukan berarti mata bisa aman dari efek buruk dzat kimia pada rokok. Karena ternyata, rokok juga bisa menyebabkan kerusakan pada retina mata, katarak, hingga kebutaan permanen.

8. Rokok Dapat Meningkatkan Stress dan Mengurangi Rasa Bahagia

Perokok acap kali merasa bahwa rokok mampu menghilangkan stress hingga hatinya lebih bahagia. Nyatanya tidak demikian. Rokok justru menyebabkan sulit tidur, dan bisa membuat hati Anda lebih mudah cemas, gelisah. Lalu, apa itu yang dinamakan menghilangkan stress dan menciptakan rasa bahagia?.

9. Beresiko Diabetes

Tahukah Anda bahwa diabetes juga merupakan akibat dari merokok?. Kandungan dzat kimia rokok membuat tubuh tidak bisa memecah gula menjadi energi. Inilah yang menyebabkan diabetes menjadi lebih mungkin terjadi pada perokok.

10. Organ Reproduksi

Anda ingin memiliki keturunan bukan? Maka berhentilah merokok. Pada wanita merokok bisa menyebabkan kemandulan. Jadi berhentilah merokok jika Anda ingin memiliki keturunan karena rokok mampu merusak organ reproduksi manusia.Lebih dari itu, rokok juga bisa mengurangi sistem kesuburan, mengurangi reproduksi sperma, hingga menimbulkan kanker testis dan kanker serviks. Menyeramkan bukan?.

Pada hakikinya, kesadaran akan bahaya merokok perlu ditanamkan pada diri sendiri. Jika Anda sulit melakukannya untuk diri Anda sendiri, maka lakukanlah untuk orang disekitar Anda,khususnya mereka yang Anda cintai. Bukankah tidak sedikit perokok pasif mengalami akibat buruk dari asap rokok perokok aktif?.

Loading...
Loading...

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here