Cara Merawat Bunga Mawar Secara Alami

Cara Merawat Bunga Mawar Secara Alami

149
0
BAGIKAN

Bunga mawar merupakan salah satu jenis bunga hias dengan ragam warna yang memikat. Meski tangkainya berduri, namun bunga mawar tetap menjadi salah satu jenis bunga yang banyak digemari oleh masyarakat. Baunya yang khas serta warnanya yang cantik juga membuat bunga yang identik dengan sebutan semi holland ini banyak digunakan sebagai hadiah.

Lebih dari itu, konon katanya warna dari bunga ini juga melambangkan pribadi penyukanya. Wah, menarik ya?.
Lalu, apa saja ragam warna bunga mawar? Berikut jawabannya:

1. Bunga Mawar Merah

mawar-merah

Bunga mawar merah identik sekali dengan istilah sexy red. Hal ini dikarenakan, warna dari bunga mawar merah dianggap melambangkan cinta, keberanian dan penghargaan.

Maka wajar saja, warna bunga ini sering kali jadi pilihan bagi mereka yang ingin mengungkapkan isi hatinya pada pasangannya.

Mawar merah terdiri dari warna merah hati yang melambangkan cinta, dan warna merah hitam yang dianggap melambangkan perpisahan atau kematian. Penyuka warna bunga ini biasanya memiliki kepribadian yang berani, tangguh dan penuh cinta.

Sayangnya, perawatan dari bunga warna ini lebih sulit dari bunga warna lainnya. Namun meski demikian, bunga warna merah justru paling laku dipasaran.

2. Bunga Mawar Ungu

mawar-ungu

Bunga warna ungu konon katanya melambangkan rasa berkesan. Dengan demikian, bunga yang identik dengan sebutan cool water ini sering diberikan kepada seseorang yang dianggap memberikan kesan tak terlupakan, khususnya pada kesan pertama.

Warna dari bunga ini yakni berwarna ungu alami. Sangat indah dan memberikan kesan anggun. Namun mahkotanya paling kecil diantara warna lainnya. Meski demikian, tentu tidak mengurangi keelokan dari bunga mawar ungu ini.

3. Bunga Mawar Putih

mawar-putih

Kesucian serta kedamaian merupakan lambang dari bunga yang identik dengan sebutan white avalanche. Ya, warna putih lembutnya memang mendamaikan hati siapa saja yang memandangnya.

Warna dari bunga ini aga kehijauan pada bagian kelopaknya. Perawatannya juga lebih mudah dari warna lainnya.

Mawar putih sering dijadikan dekorasi sebuah pesta seperti pesta pernikahan. Konon katanya penyuka bunga mawar putih merupakan seseorang dengan kepribadian yang tulus dan tenang.

4. Bunga Mawar Pink

mawar-pink

Ragam warna bunga mawar yang tak kalah cantik lainnya adalah bunga warna pink. Bunga yang melambangkan kebahagiaan, kagum, atau ucapan terimakasih ini juga hadir dengan berbagai variasi warna, yakni warna pink sweet avalanche, pink universe, pink duo, pink europe, serta pink revival.

Mawar pink sweet avalanche memiliki warna pink yang lsangat lembut serta tidak terlalu banyak duri. Dengan demikian, sangat mudah memetik warna bunga ini.

Selanjutnya, ragam bunga warna pink lainnya adalah pink uviverse. Mahkota dari bunga ini lebih besar dari bunga mawar warna lainnya, serta memiliki proses pertumbuhan yang lebih cepat. Namun, bunga ini memiliki lebih banyak duri dibanding bunga mawar pink sweet avalanche

Kemudian, pink duo juga merupakan ragam bunga mawar pink dengan warnanya lebih tua dan cerah. Namun, warna pink duo sejatinya tidak lebih tua dari warna pink europe. Beda halnya dengan warna pink revival yang justru lebih muda dan bahkan kunguan

Penyuka warna bunga ini biasanya memiliki kepribadian yang ceria dan lembut, Wah, unik sekali bukan?.
Selain ke 4 warna bunga mawar diatas, bunga mawar juga memiliki ragam warna lainnya, seperti warna hijau, orange, hingga pelangi. Itulah sebabnya, bisa dikatakan jenis bunga ini merupakan salah satu jenis bunga yang paling laku dipasaran.

Warna bentuk dan bentuknya yang elok serta baunya yang khas menjadikan bunga mawar sebagai salah satu bunga hias yang juga dijadikan bunga wajib bagi orang-orang tertentu yang sedang melaksanakan sebuah pesta atau event besar.

Namun, bunga mawar ini tentu saja bisa kita lihat dan kita nikmati keelokannya saat kita bisa merawatnya dengan baik. Semakin baik kita merawat bunga mawar kita, maka bunga mawar juga akan siap untuk tumbuh dan menghiasi pekarangan rumah Anda.

Cara Merawat Bunga Mawar yang Tepat dan Alami

Lalu, bagaimana cara yang tepat merawat bunga mawar? Ini jawabannya:

1. Pilih Pot dan Lokasi Penanaman Bunga Mawar

Cara pertama yang harus Anda lakukan untuk merawat bunga mawar Anda adalah dengan selektif memilih pot dan lokasi penanaman bunga mawar. Pastikan ukuran pot sesuai dengan kebutuhan perkembangan bunga mawar Anda.

Untuk lokasi, pilihlah tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Sinar matahari akan membuat bunga mawar mudah kering dan sulit tumbuh. Dengan demikian pilihlah tempat yang teduh.

2. Rutin Menyirami Bunga Mawar

Langkah selanjutnya, rutinlah menyiram bunga mawar setiap pagi dan sore. Gunakanlah air yang cukup. Tidak usah berlebihan apalagi hingga menggunakan air yang menggenang di pot. Yang penting tanah di pot terasa lembab begitupun dengan bagian tangkainya.

3. Jauhkan dari Hama Tanaman

Kemudian, Anda juga harus memastikan bunga mawar anda jauh dari hama. Periksalah secara rutin daerah sekitar tumbuhnya bunga mawar. Jika ada hama maka segeralah singkirkan.

4. Lakukan Pemangkasan Secara Berkala

Agar bunga mawar subur, Anda juga harus sering melakukan pemangkasan. Pangkaslah tangkai bunga yang sudah kering dan layu, agar tidak membuat tangkai lainnya ikut kering dan layu.

5. Lakukan Pemupukan Secara Teratur

Untuk hasil yang maksimal, Anda juga dianjurkan melakukan pemupukan pada bunga mawar Anda. Gunakanlah pupuk bunga yang berkualitas seperti pupuk NPK.

Bunga mawar tentu saja tidak hanya bisa kita nikmati keindahannya sebagai salah satu bukti kekuasaan Tuhan. Lebih dari itu, bunga hias ini juga memiliki manfaat lain untuk mempercantik dekorasi ruangan pada pesta-pesta besar Anda, atau sekedar mengungkapkan isi hati Anda pada seseorang melalui bunga ini. Menarik sekali bukan?.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY