Home Kesehatan Cara Memutihkan Gigi Secara Alami, No 19 Paling Ampuh

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami, No 19 Paling Ampuh

207
0
SHARE

Ternyata, untuk bisa tampil percaya diri tidak hanya perlu didukung oleh kulit putih bercahaya saja, lebih dari itu, jika kulit kamu putih tetapi mulut kamu bau bahkan gigi kamu tak seputih kulit kamu, hayo, apa masih bisa tampil percaya diri? Itu sebabnya, jangan hanya kulit dong yang dirawat, anggota badan lainnya juga membutuhkan perawatan yang sama, salah satunya adalah bagian mulut, khususnya gigi.

Gigi adalah anggota tubuh manusia yang berfungsi menghancurkan makanan sebelum masuk ke tenggorokan dan lambung. Banyaknya jenis makanan yang di konsumsi menjadi salah satu penyebab yang membuat gigi jadi kuning hingga menimbulkan bau tak sedap pada mulut kamu. Nah, itu sebabnya, jangan sembarangan mengkonsumsi makanan. Ga mau kan kalau orang disekitar kamu kabur hanya karena bau mulut atau gigi yang kuning? Thats why, selektiflah mengkonsumsi makanan apapun.

Lebih dari itu, selain perlu selektif memilih makanan, untuk mencegah gigi tidak kuning, kamu juga tentunya harus merawat gigi kamu dengan sering menggosok gigi minimal 2 kali dalam sehari, yakni ketika pagi dan malam sebelum tidur. Namun, lebih dianjurkan lagi menyikat gigi minimal 3 kali dalam sehari, yakni dipagi hari, siang, serta malam hari sebelum tidur. Eeeitts! Jangan lupa, kamu juga harus selektif ya memilih sikat gigi dan pasta gigi. Selain itu, pastikan juga kamu rutin mengganti sikat gigi kamu, agar gigi sehat, kuat, dan putih tentunya.

Lalu, sebenarnya apa saja penyebab gigi menjadi kuning? Nah, berikut ulasannya untuk kamu:

7 Penyebab Gigi Menjadi Kuning

Ada beberapa faktor yang menyebabkan gigi menjadi kuning. Namun, apapun faktornya, tentunya kamu hanya ingin segera menghilangkan masalah gigi kuning kamu bukan? Wait! Ingatlah bahwa mencegah itu lebih baik dari pada mengobati. Setidaknya jika kamu tahu apa saja penyebab gigi menjadi kuning, kamu akan lebih berhati-hati dengan melakukan pencegahan super ketat dalam gaya hidup kamu. Iya gak? Makanya, sebelum cari tahu bagaimana kembali memutihkan gigi kamu, kita simak dulu ya, 7 hal penyebab gigi menjadi kuning berikut ini:

1. Faktor Ekstrinsik

Faktor ekstrinsik merupakan salah satu faktor penyebab yang menjadikan gigi terlihat lebih kuning. Nah, yang termasuk kedalam faktor ekstrinsik itu sendiri adalah seperti rokok, makanan, alkohol, coklat, tembakau, minuman tertentu seperti teh herbal, white wine dll. Dengan demikian, kamu perlu sangat waspada memilih makanan agar gigi kamu tidak kuning.

Kalaupun kamu tidak hafal makanan apa saja yang menyebabkan kuningnya gigi kamu, setidaknya kamu bisa melakukan pencegahan, dengan rutih menyikat gigi dan menggunakan penyegar mulut setelah makan.

Khususnya bagi kamu yang perokok nih, kandungan zat adiktif dalam rokok akan membuat gigi kamu kuning dan terlihat jorok. Lebih dari itu, gigi yang kuning akibat rokok juga lebih sulit disembuhkan dibanding akibat gigi kuning lainnya. Makanya, mulai dari sekarang, kurangi merokok ya, atau bisa, stop merokok, karena merokok tidak hanya bisa menyebabkan gigi menjadi kuning dan sulit diatasi, tetapi juga sangat berbahaya bagi kesehatan organ pernafasan kamu.

2. Faktor Intrinsik

Selain faktor ekstrinsik, penyebab gigi kuning lainnya juga bisa diakibatkan oleh faktor intrinsik, yakni seperti akibat mengkonsumi jenis obat tertentu. Biasanya, penyebab gigi kuning dari afktor intrinsik ini akan lebih sulit lagi diatasi dibandingkan dengan penyebab gigi kuning dari faktor ekstrensiknya. Adapun salah satu jenis obat yang menyebabkan gigi menjadi kuning dan cukup sulit diatasi adalah obat tetes mata.

3. Malas Gosok Gigi

Nah, penyebab gigi kuning yang satu ini tentunya sudah bukan rahasia lagi. Ya, malas menggosok gigi sebenarnya merupakan penyebab utama gigi menjadi kuning. Bahkan, malas mengosok gigi juga akan menimbulkan bau mulut yang luar biasa.

Wah, jangan sampai kamu malas sikat gigi ya. Pastikan kamu rutin sikat gigi 3 kali sehari, agar apapun makanan yang kamu konsumsi, setidaknya rutin menggosok gigi bisa mencegah gigi menjadi kuning.

4. Berenang di Kolam Renang Umum

Ternyata, berenang juga bisa menjadi salah satu penyebab gigi menjadi kuning. Mengapa? karena air dalam kolam renang acap kali mengandung klorin yang menyebabkan gini menjadi kuning.

5. Diabetes

Penyebab gigi menjadi kuning lainnya adalah diabetes. Hal ini dikarenakan, penyakit diabetes identik dengan kelebihan gula dalam tubuh, dan hal tersebut memang bisa menyebabkan gigi menjadi kuning.

6. Memaksakan Membuka Kemasan dengan Gigi

Sering memaksakan membuka kemasan makanan dengan gigi tidak? Hati-hati ya, karena hal tersebut ternyata tidak hanya bisa menyebabkan gigi dan gusi menjadi mudah rusak atau terluka, tetapi juga bisa membuat gigi kamu terlihat lebih kuning karenanya.

7. Usia

Usia menjadi penyebab lain yang menimbulkan gigi kamu terlihat lebih kuning karenanya. Faktor yang satu ini memang sulit diatasi. Namun bisa dicegah, dengan rutin menjaga kesehatan gigi semasa muda.

22 Cara Memumutihkan Gigi

Nah, sudah tau penyebab dari gigi yang kuning bukan? Dengan mengetahui penyebabnya, maka setelah itu kamu perlu berhati-hati dan menerapkan pengetahuan kamu dalam kegiatan sehari-hari. Namun, jika gigi kamu terlanjur kuning, tenang saja, 22 cara ini bisa kamu gunakan sebagai cara paling jitu atasi gigi kuning. 22 cara memutihkan gigi tersebut, adalah:

1. Memutihkan Gigi dengan Daun Salam

Kandungan vitamin A, B, C, D, kalsium, zat besi, ekstrak ethanol, dll pada daun salam menjadi alasan mengapa daun yang satu ini bisa menjadi solusi tepat bagi kamu yang ingin memutihkan gigi kamu. Dengan rutin menggunakan daun salam, maka noda yang menempel pada gigi kamu akan hilang karenanya.

2. Memutihkan Gigi dengan Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah minyak nabati hasil ekstrak dimana kandungan didalamnya sangat bermanfaat bagi kesehatan gigi kamu. Dengan menggunakan satu sendok makan minyak kelapa, kemudian mengoleskannya pada gigi dan mendiamkannya hingga 15 menit, maka gigi putih sehat dan kuat akan kamu miliki.

3. Memutihkan Gigi dengan Kulit Jeruk

Kulit jeruk mengandung zat pektin, minyak atsiri (kompnen terbesar minyak nabati) yang akan mengangkat noda atau plek yang menempel pada gigi kamu. Jadi, dengan menggunakan kulit jeruk pada gigi kamu, maka noda kuning pada gigi lambat laun akan hilang karenanya.

4. Memutihkan Gigi dengan Lemon dan Garam

Lemon mengandung pektin, minyak atsiri , vitamin A, B1, B2, serat protein , dll yang sangat bermanfaat bagi kesehatan gigi. Begitu juga dengan garam yang mengandung yodium zinc, sulfur, dan kalsium yang juga berfungsi menguatkan gigi kamu. Jadi, kedua bahan ini akan menjaid kombinasi yang tepat dan solusi yang jitu atasi gigi kuning kamu.

5. Memutihkan Gigi dengan Hidrogen Perox

Hidrogen perox sangat bermanfaat menjaga kesegaran mulut dan kesehatannya. Dengan mencampurkan 2 sendok hidrogen perox dengan 3 sendok teh soda kue lalu mengaduknya hingga membentuk pasta dan pasta mint. Maka gigi kamu akan putih karenanya.

Untuk hasil maksimal, kamu bisa mencampurkan juga setengah sendok garam pada larutan tersebut lalu oleskan 2 menit, diamkan, dan hilangkan dengan menggosok gigi. Namun bahan ini aga keras, jadi jangan terlalu banyak menggunakan hidrogen perox, serta gunakan contton bath saat mengoleskannya dan tentunya berhati-hati saat mencampurkan garam kedalamnya.

6. Memutihkan Gigi dengan Strawberry

Strawberry tidak hanya baik bagi kesehatan kulit, tetapi juga bisa menyehatkan sekaligus memutihkan gigi. Cara memutihkan gigi dengan strawberry adalah dengan menggosok langsung strawberry pada gigi, atau dihaluskan dengan baking soda, kemudian dioleskan pada gigi, diamkan 2 menit dan bersihkan.

7. Memutihkan Gigi dengan Siwak

Dahan siwak sering digunakan sejak peradaban Mesi kuno sebagai salah satu bahan pemutih gigi. Dengan menggunakan dahan siwak yang lembut lalu menghaluskan, dan mencampurnya dengan sedikit air, maka noda kuning di gigi kamu akan teratasi. Lakukan cara ini rutin selama 2x seminggu.

Siwak mengandung minyak aroma alami yang bisa menyegarkan gigi. Anti decay dalam siwak juga akan membantu atasi bakteri penyebab gigi kuning. Zat kimiawi yang terkandung dalam siwak lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan gigi adalah seperti potasium, kloridina, silica, tanni, Vitamin C yang berguna untuk memutihkan gigi dan gusi

8. Memutihkan Gigi dengan Susu

Susu menjadi salah satu solusi tepat lainnya untuk mendapatkan gigi yang putih. Hal ini dikarenakan susu mengandung mineral dan kalsium serta fosfor yang sangat dibutuhkan oleh gigi.

9. Memutihkan Gigi dengan Coklat Hitam

coklat memang bisa membuat gigi kuning. Tapi beda halnya dengan coklat hitam. Coklat yang satu ini justru bisa membantu kamu tampil PD karena coklat hitam bisa membantu atasi noda kuning pada gigi kamu.

10. Memutihkan Gigi dengan Permen Karet Tanpa Gula

Mengunyah permen karet ternyata bisa jadi solusi tepat dalam mengatasi gigi kuning. Eeits! Tapi jangan salah, hanya permen karet tanpa gula yang bisa kamu gunakan dalam mengatasi gigi kuning kamu. Permen karet tanpa gula akan membantu kamu membasmi bakteri pada gigi yang menyebabkannya menjadi kuning.

11. Memutihkan Gigi dengan Daun Mimba

mencampur minyak daun mimba pada pasta gigi bisa menjadi cara lain dalam menghilangkan noda kuning pada gigi kamu. Cara yang sederhana tentunya untuk mendapatkan gigi putih dan sehat sekaligus segar. Kamu juga hanya perlu rutin melakukan cara ini selama 2x sehari, dan lihatlah hasilnya selama 1 minggu.

12. Memutihkan Gigi dengan Kulit Pisang

Kulit pisang mengandung vit C, kalium, vit B, asam sitrat dll yang berfungsi memutihkan gigi. Cara memutihkan gigi dengan kulit pisang adalah dengan mengosokkan kulit pisang selama 5 menit pada gigi kamu.

13.Memutihkan Gigi dengan Baking Soda

Baking soda adalah salah satu bahan yang sangat bermanfaat bagi kamu yang ingin memiliki gigi yang putih. Dengan menggunakan baking soda, maka noda kuning di gigi kamu ga akan berani nempel lagi.

Cara menghilangkan noda kuning pada gigi dengan baking soda sangat mudah, yakni dengan menggosokkan baking soda pada gigi kamu, kemudian diamkan 10 menit lalu kumur dengan air hangat. Lakukan cara ini 1-2 kali sebulan, jangan terlalu sering.

14. Memutihkan Gigi dengan Buah Pinang

Buah pinang mengandung zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan gigi, diantaranya seperti arecaidine, choline, tanin, glukosa, serta zat bermanfaat lainnya. dengan kandungan zat yang kaya tersebutlah, buah pinang mambu mengencangkan dan menghentikan pendarahan pada gusi, keren bukan? Lebih dari itu, buah pinang juga bisa membantu kamu memutihkan gigi kamu.

Caranya sangat sederhana. Kamu hanya perlu membakar biji buah pinang kemudian menghaluskan dan menggosokkan buah tersebut pada gigi kamu. Dengan rutin melakukan cara ini selama 2x seminggu, maka gigi kamu akan terhindar dari noda kuning maupun plek yang menempel di gigi.

15. Memutihkan Gigi dengan Apel

Apel memang sangat baik bagi kesehatan gigi kamu. Apel bahkan sangat baik bagi kesehatan gusi kamu. Nah, bagi kamu yang ingin menghilangkan plak dan noda kuning pada gigi, apel juga sangat bisa kamu andalkan.

Cara memutihkan gigi dengan apel juga sangat mudah, kamu hanya perlu rutih mengkonsumsi apel sehari 1-2 buah apel saja. Simple kan? Bisa makan enak dan sehat, sekaligus basmi gigi kuning kamu.

16. Memutihkan Gigi dengan Cuka Sari Apel

Cuka sari apel merupakan salah satu bahan yang sering digunakan dalam dunia kesehatan. Ya, cuka sari apel memang memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh kamu, salah satunya adalah bisa membasmi noda yang menempel di gigi kamu.

Dengan cuka sari apel, maka kamu bakalan say good gye pada gigi kuning yang bikin rasa PD kamu berkurang karenanya. Caranya menghilangkan noda pada gigi dengan cuka sari apel juga sangat mudah. Kamu hanya perlu mencampur cuka sari apel tersebut dengan minyak zaitun.

Setelah itu rendam sikat gigi kamu pada campuran tersebut selama 3 menit. Nah, kemudian, gunakanlah sikat gigi yang direndam pada larutan cuka sari apel dan minyak zaitun untuk menggosok gigi. Lakukan cara ini dengan rutin dan lihatlah hasilnya.

17. Memutihkan Gigi dengan Minyak Cengkeh

Kamu tentunya sudah tidak asing lagi dengan bahan yang satu ini. Ya, minyak yang mengandung asam olenolat, vanillin, dan bahan bermanfaat lainnya ini memang sangat jitu mengatasi gigi kuning kamu dalam seketika. Bahkan, minyak cengkeh juga banyak digunakan masyarakat sebagai obat sakit gigi.

18. Memutihkan Gigi dengan Jahe

Bahan lainnya yang juga bermanfaat bagi pemutihan gigi adalah jahe. Ya, salah satu bumbu masak ini ternyata tidak hanya berfungsi sebagai bumbu penyedap rasa saja. Lebih dari itu, jahe juga banyak digunakan sebagai bahan pemutih gigi.

Dengan mengkonsumsi jahe, maka noda yang menempel pada gigi kamu akan lebih mudah terangkat. Bahkan, jahe juga akan menciptakan kesegaran di mulut kamu. Coba deh!

19. Memutihkan Gigi dengan Arang

Arang merupakan salah satu bahan lainnya yang bisa kamu manfaatkan untuk memutihkan gigi kamu. Arang memiliki sifat alkali yang akan sangat bermanfaat membantu kamu menyingkirkan gigi yang kuning dan say hi pada gigi yang sehat putih dan segar.

Nah, ingin tahu cara memutihkan gigi dengan arang? Simple ko caranya. Kamu hanya perlu menggunakan arang batok disekitar kamu. Setelah menemukan arang batok yang dibutuhkan, selanjutnya tumbuklah arang batok tersebut hingga hancur dan lembut. Setelah itu, arang batok yang sudah ditumbuk bisa dicampur dengan pasta gigi, lalu basahi dengan air, dan gosokkan pada gigi kamu saat menggosok gigi. Tenang saja, cara ini aman ko.

20. Memutihkan Gigi dengan Sayuran Mentah

Cara lain yang bisa dilakukan untuk memutihkan gigi yang kuning adalah dengan mengunyah langsung sayuran yang mentah. Sayuran yang dimaksud adalah seperti wortel, tomat dll. Sayuran yang dikunyah akan membantu mengangkat kotoran yang menempel di gigi kamu, hingga gigi yang kuningpun teratasi karenanya.

21. Memutihkan Gigi dengan Air Hangat

Percaya gak? Ternayata air hangat bisa menjadi salah satu bahan yang bisa mengatasi gigi kuning kamu. Cara mengatasi gigi kuning dengan air hangat juga sangat seerhanya. Kamu hanya perlu mencampur segelas air hangat dengan perasan lemon. Kemudian, rendam sikat gigi kedalamnya campuran air hangat dan perasan lemon tersebut.

Setelah itu, gunakan sikat gigi yang sudah direndam dengan air lemon untuk menyikat gigi. Cara ini ampuh mengangkat noda membandel yang menempel di gigi kamu. Campuran tersebut juga bisa gunakan untuk kumur-kumur untuk hasil yang maksimal.

22. Memutihkan Gigi dengan Rutin Gogok Gigi

Nah, ini dia cara terakhir dan cara paling jitu dilakukan dalam bisa mengatasi gigi yang kuning. Adalah ketika kamu bisa rutin menjaga kesehatan gigi kamu dengan rutin menggosok gigi setidaknya 3 kali dalam sehari.

Maksimalkan perawatan gigi kamu dengan menggunakan penyegar mulut yang bisa membantu mengangkat kotoran dan noda yang menempel di gigi kamu. Dengan demikian, gigi kamu tidak hanya bersih tetapi juga sehat dan segar.

4 Cara Ampuh Mencegah Gigi Kuning

1. Sikat Gigi Secara Rutin

Sikat gigi yang rutin bisa menjadi cara mencegah paling ampuh agar gigi kamu tidak kuning. Dengan rutin sikat gigi khususnya setelah makan, maka sisa makanan dan noda yang menempel di gigi kamu akan di basmi saat kamu menyikat gigi. Dengan demikian, rutinlah menggosok gigi kamu, 3 kali dalam sehari.

2. Rutin Meminum Susu

Cara mencegah gigi menjadi kuning lainnya juga bisa dilakukan dengan rutin mengkonsumsi susu streril. Susu steril mengandung kalsium dan menghilangkan noda yang menempel pada gigi, sehingga dengan mengkonsumsi susu steril sama halnya dengan melakukan pencegahan dan bahkan membersihkan noda yang menempel di gigi setelah makan.

3. Menggonakan Sedotan Saat Minum Minuman

Peran beberapa minuman yang ternyata bisa menyebabkan gini menjadi kuning memang sulit dihindari. Tetapi tenang saja, kamu masih bisa mencegahnya ko. Caranya adalah dengan selalu menggunakan sedotan saat minum minuman tertentu khususnya saat minum kopi. Kopi juga mengandung bahan tertentu yang sangat mudah membuat gigi menjadi kuning karenanya.

4. Kurangi dan Stop Merokok

Dalam pembahasan sebelumnya sudah dijelaskan penyebab rokok yang dapat membuat gigi menjadi kuning. Ya, zat nikotin dalam rokok memang sangat rentan membuat gigi menjadi kuning bahkan dapat mengalami kerusakan karenanya.

Itu sebabnya, mulai dari segara coba kurangilah merokok, dan jika bisa berhentilah merokok. Sekali lagi, bukan hanya karena morokok bisa menyebabkan gigi menjadi kuning, namun lebih dari itu, merokok sangat berbahaya sekali bagi tubuh kamu.

Nah, demikian penyebab gigi menjadi kuning, cara memutihkan gigi serta pencegahan agar gigi tidak kuning. Pada hakikinya, semua yang kamu miliki, terkhusus badan kamu, adalah titipan Tuhan yang perlu kamu jaga dan wajib kamu rawat. Jadi, jangan hanya kulit saja yang kamu rawat ya, mulut terkhusus gigi juga sangat penting untuk kamu jaga kesehatannya, seperti dengan tidak merokok, selektif memilih makanan, dan tentunya rutin sikat gigi.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here