Home Tips 11 Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

11 Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

103
0
SHARE

Masalah rambut rontok adalah masalah klasik yang pasti pernah dialami oleh semua orang meski dengan tingkat kerontokkan yang berbeda-beda. Meski terlihat sepele, masalah rambut rontok ini juga dapat mengganggu penampilan dan menyebabkan rasa percaya diri menurun.

Sebenarnya rambut rontok terjadi secara normal karena rambut mengalami tiga fase yaitu pertumbuhan, istirahat dan kerontokkan. Hanya saja jika rambut rontok sangat banyak hal ini tentulah tidak wajar dan perlu untuk segera mencari cara mengatasi rambut rontok.

Bicara masalah rambut rontok, hal ini tidak saja dialami oleh wanita dimana wanita memiliki rambut yang panjang dan lebih tebal daripada pria. Pria juga mengalami masalah rambut rontok yang dikenal dengan nama alopesia androgenetik.

Rambut rontok atau yang dikenal dengan istilah alopecia biasanya menimpa pria atau wanita pada usia antara 30-40 tahun. Meski demikian, ada juga kasus dimana rambut rontok juga dialami di usia sebelum 30.

PENYEBAB RAMBUT RONTOK

Beberapa penyebab rambut rontok yang perlu kamu ketahui :

1. Gangguan Hormon

Rambut rontok yang disebabkan oleh gangguan hormon  disebabkan oleh gangguan hormon bernama Alopesia Androgenetik. Prosesntase nya mencapai 70% pada pria dan 40 % pada wanita. Hormon ini merupakan penyebab kebotakan paling banyak terjadi yang dipengaruhi oleh faktor keturunan karena peningkatan sensitivitas genetik dari folikel rambut terhadap dihydrotestosterone (DHT).

Pada pria pola yang terjadi biasanya terlihat dari garis rambut yang bergeser naik serta penipisan rambut di bagian ubun-ubun dan samping kepala. Sedangkan pada wanita pola kerontokkan hanya terjadi di bagian tengah hingga menjalar ke samping.

Selain itu ada juga yang disebabkan oleh gangguan hormon Alopesia Areata. Gangguan hormon ini mengakibatkan pitak pada kulit kepala. Gangguan hormon ini disebabkan oleh penyakit autonium yang banyak terjadi di kalangan remaja dan dewasa muda namun sifat kerontokkan tidak permanen.

Beberapa penyakit lain yang menyebabkan Alopesia Areata seperti anemia, diabetes, vitiligo, tiroid dan persinius. Pada wanita perubahan hormon pada saat hamil, penggunaan alat kontrasepsi dan menopause juga dapat menyebabkan kerontokan.

2. Pengaruh Gizi dan Vitamin

Selain gangguan hormon, penyebab terbesar kedua rambut rontok adalah kurangnya gizi dan vitamin. Rambut yang kuat dan sehat membutuhkan asupan gizi dan vitamin agar kuat dan tidak mudah rapuh.

Maka ketika seseorang menjalani diet ekstrim dengan membatasi asupan gizi, hal ini turut mempengaruhi asupan gizi untuk rambut sehingga menjadikan rambut mudah rontok. Oleh karena itu, tetap cukupi kebutuhan gizi dan vitamin tubuh, selain baik untuk menutrisi rambut, asupan nutrisi yang lengkap juga baik untuk kesehatan organ tubuh lainnya.

3. Penggunaan Bahan Kimia

Aneka perawatan rambut seperti pewarnaan, pelurusan, dan lainnya merupakan salah satu penyebab kerontokan rambut. Bahan yang digunaan tentu mengandung zat kimia yang jika digunakan terlalu sering dan dosis yang terlalu tinggi akan mengakibatkan kerusakan rambut.

Seperti pada proses pelurusan rambut yang mendiamkan rambut dengan obat selama 30 menit, hal ini menjadi pemicu terjadinya kerusakan pada rambut.

4. Alat Penata Rambut

Aneka alat piñata rambut seperti hair dryer,  catok rambut dan keriting rambut akan memberi dampak buruk jika digunakan terlalu sering. Hal ini karena jarak alat catok dan kulit kepala terlalu dekat sehingga membuat akar rambut menjadi kering, inilah penyebab rambut mudah patah, pecah-pecah, bercabang dan mudah rontok.

5. Efek Samping Obat

Beberapa jenis obat memiliki efek samping yang menyebabkan rambut rontok seperti obat pengencer darah, obat kemoterapi, obat untuk menangani depresi dan kontrasepsi.

6. Jarang Keramas

Sering keramas dapat menjadi sebab kerontokkan rambut namun jarang keramas juga memiliki dampak yang sama. Rambut yang jarang dicuci menyebabkan rambut menjadi berminyak dan lembab. Hal inilah yang menjadi sebab rambut mudah rontok.

Ketika rambut terpapar sinar matahari maka keringat dan rambut akan bercampur sehingga rambut menjadi lepek. Pada saat keramas hindari menggosok kulit kepala terlalu keras karena dapat merusak folikel rambut sehingga menyebabkan rambut rontok.

7. Terlalu Kencang Mengikat Rambut

Kebiasaan mengikat rambut terlalu kencang juga dapat menjadi penyebab rambut mudah rontok. Ikatan yang kuat akan menyebabakan akar rambut tertarik sehingga menjadi sebab kerontokan.

8. Penyakit

Aneka penyakit kronis yang menjadi penyebab rambut rontok seperti diabetes, down syndrome, lupus dan hopertiroidiseme.  Selain itu efek samping dari kemoterapi juga menyebabkan rambut mudah rontok.

9. Kehamilan

Rambut rontok yang terjadi pada wanita yang sedang hamil adalah hal yang wajar. Hal ini karena adanya pengaruh hormon pada tubuh, maka setelah 3 bulan pasca melahirkan rambut akan pulih kembali atau berkurang.

10. Gangguan Emosional

Ketika mengalami stress dan tertekan, otot syaraf yang ada di kepala akan menegang. Menegangnya otot syaraf ini dapat menyebabkan akar rambut melemah sehingga menjadi sebab terjadinya kerontokkan.

11. Sinar Matahari Serta Polusi

Meski radiasi sinar matahari memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, namun jika terlalu lama dibawah sinar matahari maka dapat menyebabkan gangguan kesehatan dan juga menyebabkan berkurangnya keratin rambut.

Keratin merupakan protein yang berada pada rambut, gigi dan kuku manusia. Fungsi keratin pada rambut adalah menjaga rambut agar tetap berkilau.

12. Rokok

Zat-zat yang terkandung dalam sebuah rokok tidak memiliki manfaat yang berarti untuk tubuh, termasuk untuk rambut. Jutsru zat adiktif pada rokok berpotensi merusak organ tubuh seperti jantung dan paru-paru. Penelitian terbaru menemukan bahwa rokok dapat menganggu suplai darah ke folikel rambut.

13. Infeksi

Infeksi pada kulit kepala dapat menyebabkan terjadinya kerontokan rambut. Jika kamu memiliki infeksi pada rambut segeralah untuk diobati agar tidak menjadi sebab kerontokan rambut.

CARA MENGATASI RAMBUT RONTOK

A. SECARA ALAMI

Cara mengatasi rambut rontok secara alami biasanya banyak dipilih karena aman. Meski harus telaten karena perlu membuat ramuan sendiri, cara alami ini lebih ekomonis bisa dilakukan mandiri di rumah kapan saja. Selain itu, penggunaan bahan-bahan alami untuk mengobati rambut rontok juga dapat mentutaskan permasalah yang terjadi pada rambut dan juga kulit kepala tidak sebatas rambut rontok saja.

Berikut ini beberapa bahan alami beserta cara penggunaannya untuk mengatasi rambut rontok:

1. Sarapan

Sarapan tidak hanya berguna untuk menyuplai tenaga sebelum beraktifitas seharian, namun sarapan juga memiliki manfaat lain seperti untuk kesehatan rambut. Menu sarapan yang kaya akan gizi, vitamin dan protein sangat baik untuk rambut karena rambut juga memerlukan asupan nutrisi.

2. Lidah buaya (aloe vera)

Lidah buaya dikenal sejak aman dahulu sebagai tanaman yang berkhasiat untuk mengatasi masalah rambut baik perawatan dan tentunya masalah kerontokkan. Kandungan vitamin dan mineral lengkap pada lidah buaya dapat merangsang pertumbuhan rambut baru, memperbaiki jaringan rambut yang rusak dan menghitamkan rambut secara alami.

Cara mengatasi rambut rontok dengan lidah buaya:

  1. Ambil beberapa batang lidah buaya yang masih segar
  2. Kupas dan ambil bagian gelnya
  3. Gunakan gel lidah buaya untuk dioleskan pada kulit kepala setelah keramas
  4. Diamkan selama kurang lebih 30 menit
  5. Bilas dengan air dingin sampai bersih

Lakukan hal ini minimal 1 kali sehari setelah keramas untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Teh hijau dan daun seledri

Teh hijau ternyata tidak hanya baik untuk diet namun juga berguna mengatasi masalah rambut rontok. Senyawa antioksidan yang tinggi pada the hijau berguna melancarkan sirkulasi darah terutama di bagian kepala.

Adapun daun seledri kaya akan vitamin A, vitamin B dan zat besi yang dapat menguatkan akar dari akarnya. Campuran teh hijau dan daun seledri sangat efektif untuk membuat rambut mengkilau selain mengatasi rambut rontok.

Cara mengatasi rambut rontok dengan teh hijau dan daun seledri:

  1. Siapkan air lemon hangat dan rendam handuk ke dalamnya
  2. Gunakan handuk yang sudah direndam untuk menutup kepala selama 10 menit
  3. Seduh daun seledri dan the hijau, gunakan untuk menetesi rambut
  4. Pijat secara perlahan dan merata supaya kandungan daun seledri dan teh hijau meresap ke dalam kulit kepala
  5. Setelah setengah jam, bilas dengan air dingin

4. Masker Buah-buahan

Masker buah-buahan seperti alpukat, pisang, melon dan semangka dapat digunakan untuk creambath. Buah-buah tersebut mengandung asam sutrat dan antioksidan yang baik untuk rambut. Selain itu, alpukat juga berkhasiat untuk melembabkan rambut, sedangkan pisang dan semangka membuat rambut lebih berkilau dan sehat.

5. Kemiri

Bumbu dapur berbentuk bulat ini adalah bahan alami yang 66% terdiri dari minyak dengan banyak kandungan mineral. Sebut saja zat besi, kalsium, kalium dan mineral lainnya yang beguna untuk mengatasi rambut rontok.

Pada zaman dahulu, orang menggunakan minyak kemiri untuk mempercepat pertumbuhan jengot dan kumis. Saat ini juga telah tersedia minyak kemiri yang bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok.

Cara mengatasi rambut rontok dengan kemiri:

  1. Siapkan beberapa biji kemiri
  2. Sangrai sampai agak kecoklatan
  3. Haluskan kemiri sampai keluar minyaknya
  4. Teteskan minyak kemiri pada bagian rambut dan kulit kepala
  5. Diamkan selama 1-2 jam agar meresap
  6. Bilas dengan air dingin

6. Minyak Essensial

Tak hanya minyak kemiri, saat ini banyak tersedia minyak essensial yang berguna untuk merawat rambut rontok. Minyak essensial mengadung nutrisi seperti mineral, vitamin, antioksidan dll yang terbukti dapatmenguatkan akar rambut.

Beberapa minyak essesial yang direkomendasikan untuk mengatasi rambut rontok seperti minyak zaitun, minyak kelapa, minyak lavender, dan minyak wijen. Caranya cukup dengan mengoleskan minyak essensial pada kulit kepala dan pijat perlahan selama 1-2 jam lalu bilas dengan air dingin.

7. Jus Kentang

Kentang dapat menyuburkan rambut dengan cepat, caranya dengan membuatnya menjadi jus dan menggunakannya untuk maser rambut. Agar lebih maksimal bisa ditambahkan madu dan putih telur saat diblender.

Oleskan jus kentang pada rambut secara merata dan diamkan selama 30-60 menit. Selain untuk mengtasi rambut rontok, jus kentang juga berguna untuk mengatasi rambut kering dan beruban.

8. Santan

Santan merupakan air hasil perahan parutan daging kelapa. Meski biasa digunakan untuk memasak, namun ternyata santan dapat digunakan untuk perawatan rambut rontok. Santan kelapa mengandung beberapa mineral alami seperti vitamin B, zat besi, mineral, kalsium, dll yang tentunya bermanfaat untuk menjadikan rambut sehat dan lebat.

Cara mengatasi rambut rontok dengan santan kelapa:

  1. Siapkan 1 gelas santan kelapa
  2. Bersihkan rambut dengan cara keramas
  3. Oles dan pijat bagian kulit kepala dengan santan
  4. Diamkan selama 1 jam sambil dibalut dengan handuk hangat
  5. Bilas dengan air dingin sampai bersih

9. Yoghurt

Bahan makanan berupa olahan susu satu ini tak hanya lezat saat disantap akan tetapi juga kaya nutrisi penting yang bermanfaat untuk pencernaan. Tak hanya itu ternyata yoghurt juga berkhasiat untuk memperkuat rambut, menutrisi dari dalam, memperbaiki sel rusak dan menyuburkan rambut dari akarnya.

Cara mengatasi rambut rontok dengan yoghurt:

  1. Campur madu dan yoghurt secukupnya
  2. Oleskanke bagian rambut sampai rata dan sambil dipijat lembut
  3. Diamkan selama 1-2 jam
  4. Bilas dengan air dingin sampai bersih

 

10. Jahe, bawang, dan jeruk nipis

Cara mengatasi rambut rontok menggunakan rempah-rempah tradisional ini merupakan cara jaman dulu. Tak hanya berguna mengatasi rambut rontok,  bahan-bahan ini ternyata berguna untuk menghilangkan kutu dan menghilangan uban.

Cara mengatasi rambut rontok dengan bawang, jahe, dan jeruk nipis:

  1. Haluskan jahe dan bawang
  2. Campur dengan perasan jeruk nipis
  3. Oleskan merata ke kulit kepala
  4. Pijat dengan lembut agar meresap sampai ke akar
  5. Diamkan selama 1-2 jam
  6. Bilas dengan air dingin

Cukup lakukan cara ini  2 kali dalam sepekan, sebab jika terlalu sering justru akan menyebabkan masalah lain pada rambut.

11. Gaya Hidup Sehat

Perawatan rambut secara alami tidak cukup untuk menjaga kesehatan rambut namun perlu dibarengi dengan gaya hidup sehat. Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, gaya hidup sehat seperti konsumsi makanan yang kaya protein dan bernutrisi tinggi serta olah raga ringan sangat baik untuk mendukung lingkungan mikro yang berguna untuk pertumbuhan rambut dan perkembangan rambut.

Mengatasi rambut rontok dengan cara alami tentu berbeda dengan cara medis. Selain harus telaten dan konsisten, memilih cara alami untuk mengatasi rambut rontok juga sebaiknya dibarengi dengan melakukan hal-hal yang dapat menjadi penyebab terjadinya rambut rontok itu sendiri, misalnya:

  1. Batasi intensitas keramas yang terlalu sering karena dapat menghilangkan minyak alami rambut
  2. Kurangi mengikat rambut
  3. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 dan sumber protein untuk menutrisi rambut dari dalam.
  4. Hindari membilas rambut dengan air panas dan penggunaan pengering rambut.

Selain itu selama melakukan perawatan rambut secara alami hindari polusi, debu dan paparan sinar matahari langsung agar mendapatkan hasil yang maksimal.

CARA MEDIS

Selain dilakukan dengan cara alami, masalah rambut rontok juga dapat diatasi dengan cara medis. Biasanya hasil yang didapatkan akan lebih cepat karena dilakukan oleh tenaga professional dengan alat dan obat khusus.

Beberapa contoh cara medis yang digunakan untuk mengatasi rambut rontok ini seperti terapi sinar ultraviolet, imunoterapi, terapi streroid, tablet Finasteride, Losion minoxidil, dll. Hanya saja kamu perlu menyediakan biaya besar untuk bisa melakukan beberapa perawatan tersebut, meski demikian hasilnya akan sebanding dengan biaya yang kamu keluarkan.

Itulah pembahasan kali ini mengenai cara mengatasi rambut rontok. Perhatikan kepala kamu apakah kamu mengalami masalah kerontokan rambut, jika iya maka segera ambil tindakan baik secara alami atau medis. Terakhir, hindari penyebabnya agar kamu tidak mengalami masalah rambut rontok dan juga jangan malas untuk menerapkan gaya hidup sehat. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here