Home Kesehatan Inilah 7 Cara Alami yang Ampuh Mengecilkan Perut Buncit

Inilah 7 Cara Alami yang Ampuh Mengecilkan Perut Buncit

880
0
SHARE

Apakah kamu malu dengan penampilan kamu karena perut yang buncit? Kamu harus melakukan berbagai cara untuk mengurangi lemak dalam perut tersebut. Olahraga dan mengatur pola hidup dengan baik merupakan cara yang paling tepat untuk merubah penumpukan lemak dalam tubuh menjadi energi.

Perut yang bucit memang sering dialami oleh masyarakat, baik mereka yang berpostur tubuh besar maupun kecil. Mengapa demikian? Karena hakikinya, faktor utama penyebab perut buncit adalah karena kamu tidak mengatur pola makan dan pola tidur yang tidak tepat, sehingga terjadi penumpukan lemak dalam tubuh.

Perut buncit umumnya memang tidak berdampak buruk bagi kesehatan. Namun, tidak sedikit dari penderita perut buncit justru mengalami hal diluar dugaannya. Pernahkan kamu berfikir bahwa stroke, darah tinggi atau bahkan serangan jantung ternyata dapat diakibatkan dari perut buncit? Ya, Mengerikan memang saat mengetahui bahwa hal yang dianggap sepele ternyata bisa berdampak besar. Maka dari itu, mulai dari sekarang atur pola hidup kamu, tidur yang cukup dan pola makan yang tepat pula.

Cara untuk membedakan perut buncit yang biasa dengan perut buncit yang berbahaya adalah dengan mengukur pinggang. Ukur pinggang pada posisi meteran yang sejajar dengan ujung tulang panggul dan pusar. Apabila hasil pengukuran lingkar pinggang lebih dari 90cm untuk seorang pria, dan ukuran lingkar pinggang seorang wanita lebih dari 80cm, maka itu artinya, kamu mengalami perut buncit yang berbahay, sehingga perlu diperiksa lebih lanjut oleh dokter atau ahlinya. Supaya kesehatan kamu terjaga, maka lakukan beberapa cara yang dapat mengurangi lemak yang menumpuk dalam tubuh.

Cara Mengecilkan Perut dengan Cara Alami

1. Sering Minum Air Putih

Air putih dapat membakar lemak yang menumpuk dalam tubuh karena saat kamu minum air putih, volume cairan dalam tubuh meningkat dan lemakpun terbakar kemudian berubah menjadi energi.
Maka dari itu, perbanyak minum air putih minimalnya 8 gelas setiap harinya. Air putih juga membantu untuk mencegah dehidrasi. Mudah banget kan?

2. Istirahat dan Tidur yang Cukup

Kamu perlu mengatur pola tidur, supaya perut buncitmu berkurang. Penelitian membuktikan bahwa saat kamu terlelap tidur hormon ghrelinpun semakin meningkat. Apabila hormone ghrelin ini meningkat nafsu makan meningkat. Hormone leptin juga dapat bereaksi pada saat itu, sehingga kamu akan terus merasa lapar.

Maka dari itu, atur pola tidur kamu dengan tidur selama 7-8 jam perharinya. Selain itu, usahakan tidur lebih awal dan bangun pada pagi hari supaya tubuh terasa bugar.

3. Mengatur Pola makan

Banyaknya porsi dan waktu makanpun dapat mempengaruhi lemak yang menumpuk. Apabila kamu makan pada satu waktu yang sama atau satu kali makan dengan porsi yang sangat banyak, maka lemak akan semakin meunumpuk.

Cara yang tepat adalah dengan makan 3 hingga 4 kali setiap harinya dan dengan porsi yang secukupnya. Apabila kamu makan sesuai dengan cara tersebut maka rasa lapar yang berlebihanpun akan hilang dan sistem pencernaanpun akan berjalan dengan baik sehingga perut buncitmu akan mengecil dengan sendirinya. Mudah bukan?

Kamu hanya perlu merubah pola makanmu dengan cara tersebut, jadi jangan makan terlalu banyak lagi ya! Makanlah makanan yang mengandung protein dan vitamin seperti kacang-kacangan, susu rendah lemak dan makanan lainnya supaya usaha kamu untuk mengecilkan perut buncitpun akan berhasil.

4. Ubah Gaya Hidup Kamu

Kegiatan apa saja yang sering kamu lakukan dalam kehidupan sehari-hari? Tentunya berbeda-beda. Namun, pilihlah kegiatan yang dapat bermanfaat terutama bagi kesehatan. Saat kamu melakukan kegiatan tubuhpun ikut bergerak. Sehingga apabila otot-otot tidak bekerja, lemak akan semakin menumpuk.

Bandingkan seseorang yang banyak melakukan kegiatan fisik seperti berjalan atau bersepeda dengan orang yang hanya menggunakan kendaraan pribadinya. Tentu kamu dapat menebak sendiri, cara yang paling tepat adalah dengan berjalan atau bersepeda. Tapi kenapa? Karena lemak yang ada dalam tubuh akan berubah menjadi energi.

Dengan melakukan kegiatan seperti bersepeda selama 3 jam total setiap minggunya, maka lemak akan terbakar dengan sendirinya sehingga dapat terhindar dari perut buncit bahkan dari penyakit jantung dan stroke.
Saat kamu berada ditempat yang menggunakan elevator dan tangga, maka jalan yang tepat adalah dengan menggunakan anak tangga. Namun, tetap perhatikan kesehatan kamu dan sesuaikanlah dengan kondisi tubuh kamu pada saat itu. Apabila kamu merasa letih maka beristurahatlah. Selain itu, kamu juga harus menghindari stress dengan melakukan kegiatan yang menghibur dan bermanfaat seperti melakukan jalan santai, menikmati musik, yoga dan lain-lain.

5. Memasak Makanan Sendiri

Pernahkah kamu masak makanan untukmu sendiri? dan tahukah kamu bahwa dengan memasak makanan sendiri ternyata dapat mengecilkan perut buncit? Saat mengetahui komposisi yang terkandung dari makanan yang akan di masak dan tahu akibat dari apa yang akan kamu makan, tentunya kamu akan lebih berhati-hati untuk memakannya.

Minyak yang digunakan juga jangan terlalu banyak, gunakan minyak secukupnya saja. Mengapa demikian? Apabila minyak yang digunakan berlebihan vitamin yang terdapat dalam makanan tersebut tidak menjadi manfaat malah menjadi penyakit. Hal ini dapat terjadi dikarenakan lemak semakin menumpuk dalam tubuh. Maka dari itu, pilihlah makanan yang berkhasiat bagi tubuh supaya sitem metabolismenya berlangsung dengan cepat dan tepat. Makanan yang akan dimasak haruslah makanan yang mengandung protein, kayu manis, sayuran dan lain-lain. Dengan melakukan cara tersebut maka perutmu yang buncit tersebut akan mengurang dengan sendirinya.

Pilihlah makanan yang dapat membakar lemak, supaya lemak yang menumpuk dalam tubuh akan berubah menjadi energi. Selain itu, hindarilah makanan yang mengandung kalori berlebih. Mau perutnya semakin membesar? Pasti jawabannya tidak, maka dari itu aturlah pola makanmu, jangan terlalu banyak makan makanan yang mengandung lemak. Masak sendiri dengan menggunakan minyak goreng secukupnya, atau yang lebih baik hindari makanan tersebut.

6. Mengkonsumsi Vitamin C

Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C akan terhindar dari penyakit terutama dari tumpukan lemak yang mengakibatkan perut semakin membuncit. Mangga, jeruk, cabe termasuk makanan yang mengandung vitamin C yang dapat membakar lemak dalam tubuh dengan baik. Selain itu vitamin C berfungsi untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia.
Stress yang dialami akan hilang apabila mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C ini. Mengapa demikian? karena Vitamin C dapat mengembalikan hormone kortisol (hormone stress) menjadi normal kembali. Apabila hormone stress atau hormone kortisol berkurang, maka lemak yang menumpuk dalam tubuh akan terbakar menjadi energi, sehingga rasa malumu karena perut buncit akan hilang dengan sendirinya.

7. Mengkonsumsi Buah-buahan

Buahan-buahan memiki banyak kandungan yang berkhasiat bagi kesehatan terutama untuk membakar lemak dalam tubuh. Contohnya alpukat, alpukat merupakan salah satu jenis buah-buahan yang dapat membakar lemak. Selain itu asam amino yang terkandung dalam alpukat dapat mengatur berat badan, bahkan dapat mengurangi rasa lapar yang berlebih karena terdapat banyak serat didalamnya.

Nanas dengan rasa yang manis asam memilki enzim bromelain yang berfungsi dalam proses metabolisme protein untuk mengolah makanan dalam perut. Bermanfaat bukan? Buah-buah lainnya pun tak kalah berkhasiatnya, tomat yang biasa kamu gunakan untuk makan atau bahan untuk membuat sambal ternyata memilki khasiat yang memuaskan. Tomat mengandung senyawa yang dapat membantu untuk mengontrol lemak dalam perut.

Olahraga Mengecilkan Perut

Selain dengan pola hidup yang tepat, kamu juga dapat melakukan olahraga untuk mengecilkan perut buncit. Cara yang dapat kamu lakukan adalah

1. Berenang

Berenang merupakan kegiatan yang menyenangkan dan juga bermanfaat. Dengan melakukan ini, kolesterol tinggi dalam tubuh kamu akan berkurang. Namun, kamu juga harus melakukannya dengan rutin. Lakukan 4 kali dalam seminggu dengan tetap memperhatikan kondisi tubuh. Jangan terlalu memporsis, lakukanlah semampumu supaya kesehatan juga tetap terjaga.

Sebelum bernang, lakukan pemanasan ringan terlebih dahulu selama 5-10 menit. Hal ini dilakukan, untuk menegangkan otot-otot supaya tidak kram saat berenang.

2. Jogging

Seringkah kamu jogging? Jogging merupakan olahraga yang mudah untuk dilakukan. Karena kamu hanya tinggal berlari santai saja. Cara yang pertama, lakukan jogging di jalan-jalan kecil terlebih dahulu. kemudian, lakukan jalan santai ini di jalan umum.

Perlu kamu ketahui, meski jogging ini termasuk olahraga yang ringan, namun, apabila dilakukan dengan rutin setiap minggunya akan membantu kamu untuk mengurangi penumpukan lemak dalam tubuh terutama pada perut. Lakukan jogging minimalnya 50 menit dalam sekali.

Apabila mersa kuat dan mampu, kamu dapat melakukan lari cepat sesuai dengan kemampuan dan kondisi tubuhmu.

3. Back up

Kamu dapat melakuakn gerakan back up ini dengan cara tidur telungkup kemudian gerakkan badan keatas dan kebawah selama beberapa kali. Back up ini dapat membantu kamu untuk mengurangi lemak dalam tubuh terutama pada bagian perut. Lakukanlah dengan rutin minimalnya 10 menit dan jangan berlebihan tetap perhatikan kekuatan tubuh kamu.

4. Eliptical Trainer

Olahraga ini dapat dilakukan di lokasi fitness, karena alat untuk melakukannya juga ada disana. Saat kamu menggunakan alat ini, kamu melakukan dua cara sekaligus. Yaitu berjalan dan menaiki tangga. Elliptical ini dapat mengencangkan perut kamu dan juga mengurangi lemaknya. Selain itu, olahraga ini juga dapat merampingkan paha.

5. Senam aerobik

Senam aeroobik ini biasanya dilakukan oleh orang yang sudah dewasa terutama ibu-ibu. Karena biasanya perut buncit dialami orang yang berusia 30 tahun keatas terutama yang sudah menikah.
Tidak hanya itu, senam ini banyak diminati para wanita karena selain menyenangkan senam ini juga dapat menguras lemak dalam tubuh kamu terutama pada bagian perut. Berdasarkan penelitian, apabila melakukan senam aerobic dengan rutin maka lemak akan mudah terbakar sehingga berat badan akan berkurang terutama perut buncit kamu juga akan mengecil.

Lakukan kegiatan fisik setiap harinya yang dapat membantu kamu untuk mengecilkan perut. Kamu dapat berolahraga 4-6 kali setiap minggunya selama 50 menit dalam satu kali berolahraga.

Cara Mengurangi Lemak di Perut

Lemak yang menumpuk dalam tubuh harus dihilangkan atau setidaknya dikurangi. Cara yang tepat adalah dengan mengkonsumsi protein dan mengurangi gula. Kandungan protein dalam makanan akan melawan rasa lapar berlebih yang menyebabkan perut menjadi buncit. Tak hanya itu, kamu harus menghindari makanan yang mengandung gula, karena gula akan membuat lemak dalam tuubuh semakin menumpuk.

Perbanyak melakukan diet sehat seperti mengkonsumsi makanan berserat dan bervitamin. Seseorang yang mengkonsumsi 10 gram makanan berserat setiap harinya, dapat mengurangi lemak dalam tubuh. Tak hanya itu, ternyata teh hijau juga berperan penting dalam mengecilkan perut. Teh hijau mengandung jenis katekin dengan sebutan epigallocatechin gallet (EGCG) yang dapat mengurangi lemak dalam tubuh dan merubahnya menjadi kalori.

Pada intinya, perut buncit yang kamu alami akan berkurang dengan melakukan banyak kegitan fisik teratur setiap harinya, merubah pola hidup yang tepat dan mengkonsumsi makanan berkhasiat bagi tubuh. Lakukan olahraga 4-6 kali setiap minggunya selama 50 menit dalam satu kali berolahraga. Kamu juga harus menyesuaikan dengan kemampuan dan kondisi tubuh kamu saat akan melakukan kegiatan terutama dalam berolahraga.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here