Home Tips 10 Cara Ini Bisa Menghilangkan Bau Mulut dengan Cepat Secara Alami

10 Cara Ini Bisa Menghilangkan Bau Mulut dengan Cepat Secara Alami

725
1
SHARE

Cara Menghilangkan Bau Mulut – Percaya diri hakikinya tidak hanya bisa diciptakan dengan menggunakan busana dan tataan make up yang oke saja. Lebih dari itu, percaya diri juga tercipta dari bau gigi yang putih sehat, dan wangi tentunya. Yang pasti, busana dan tataan make up kamu yang oke, bisa jadi hilang nilai plusnya saat kamu tidak memperhatikan kesehatan gigi kamu. Apalagi, jika kamu berniat untuk berkencan dengan si dia. Sudah pasti, gigi yang segar, putih, sehat dan wangi tentunya harus jadi perhatian.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan ketika kamu mengalami masalah dengan bau mulut yang tentunya sangat mengganggu.

1. Pastikan Kamu Rutin Menggosok Gigi dengan Pasta Gigi yang Tepat

Cara pertama yang harus kamu lakukan untuk menghilangkan bau mulut secara alami, tentunya dengan rutin sikat gigi. Umumnya, sikat gigi minimal dilakukan 2 kali dalam sehari. Namun akan lebih baik lagi, jika kamu rutin sikat gigi minimal hingga 3 kali, yakni pada bagi hari, siang atau sore hari serta di malam hari menjelang tidur. Selain itu, lengkapi dengan menggunakan obat kumur, agar gigi kamu semakin sehat dan segar.

2. Hilangkan Bau Mulut Kamu dengan Obat Kumur

Saat ini banyak sekali obat kumur yang beredar di pasaran. Nah, kamu bisa pilih, obat kumur mana yang paling pas dengan mulut kamu dan tentunya pas pula di kantong kamu. Biasakan menggunakan obat kumur setelah gosok gigi, karena kebiasaan tersebut bisa menjadi cara menghilangkan bau mulut kamu. Lebih dari itu, menggunakan obat kumur juga akan membantu gigi kamu terlihat lebih putih dan sehat, karena obat kumur juga mampu mengangkat kotoran pada mulut dan gigi.

3. Green Tea Ternyata Bisa Menghilangkan Bau Mulut Lho

Green tea sudah terbukti menjadi salah satu bahan yang bisa menyembuhkan beragam penyakit. Green tea juga sangat bagus bagi kesehatan kulit kamu. Nah, lebih dari itu, green tea juga bisa menghilangkan bau mulut dan mengembalikan segarnya mulut kamu. Caranya adalah dengan mengkonsumsi green tea, minimal 2-3 kali per hari. Kamu bisa mengkonsumsinya seperti menyeduh teh biasa. Simple sekali bukan?

4. Suka Kopi Hitam? Kabar Baik Nih, Mengkonsumsi Kopi Hitam Bisa Menghilangkan Bau Mulut

Kabar baik bagi kamu pencinta kopi hitam. Ya, minuman yang satu ini ternyata tidak hanya bisa menggoyang lidah kamu saja. Lebih dari itu, kopi hitam juga bisa menjadi salah satu metode atau cara menghilangkan bau mulut secara alami. Untuk bisa menghilangkan bau mulut dengan kopi hitam, kamu bisa mengkonsumsinya secara langsung, atau diseduh dengan air panas seperti biasanya. Mudah dan menyenangkan bukan caranya?

5. Minum Susu Juga Salah Satu Jurus untuk Menghilangkan Bau Mulut

Susu ternyata tidak hanya bisa menyehatkan gigi dan tulang. Lebih dari itu, susu juga menjadi salah satu jenis minuman yang bisa diandalkan dalam menghilangkan bau mulut secara alami. Nah, dengan demikian, jika kamu baru saja mengkonsumsi makanan yang menimbulkan bau yang tidak sedap, sederhana sekali, kamu hanya perlu mengkonsumsi segelas air susu saja. Cara yang simple, murah, dan menyenangkan tentunya. Iya kan?

6. Selektif dalam Memilih Makanan. Hindari Makanan yang Menyebabkan Bau Mulut Akut, Seperti Petai, Jengkol atau Durian

Selektif memilih makanan tentunya sudah menjadi cara umum yang banyak diketahui masyarakat, agar mulut yang baunya tidak sedap bisa diatasi. Namun, tidak semua masyarakat tahu, makanan apa saja yang bisa menimbulkan bau mulut.

Nah, dengan demikian, ketahuilah beberapa makanan yang bisa kamu hindari  agar bau mulut kamu tetap segar. Makanan tersebut adalah seperti jengkol, petai, dan durian. Ketiga jenis makanan ini merupakan makanan yang paling cepat menyebabkan bau mulut yang sangat tidak sedap, namun cukup sulit mengatasinya.

Oleh karena itu, hindarilah makanan-makanan tersebut. Atau, jika kamu tergoda, konsumsi saja dengan takaran wajar dan jangan berlebihan. Setelah itu, minum kopi hitam atau susu, agar bau mulut bisa diatasi.

7.  Gunakan Permen Karet untuk Membersihkan Gigi serta Menghilangkan Bau Mulut Juga

Permen karet ternyata tidak hanya bisa menjadi makanan yang menemai waktu santai kamu. Lebih dari itu, permen karet juga bisa membantu kamu mengangkat kotoran pada gigi kamu. Dan secara tidak langsung, hal tersebut juga bisa membantu kamu menghilangkan bau mulut kamu. Wah, cara yang simple, dan mengasyikan bukan?.

8. Banyak Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin C seperti Apel, Jeruk, Strowberi

Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C merupakan cara lain yang bisa diterapkan untuk menghilangkan bau mulut. Sederhana bukan? Ya, kamu hanya perlu rutin mengkonsumsi strawberr, apel, jeruk, atau jenis buah-buahan lainnya yang mengandung vitamin C.

9. Sayangilah Mulut dan Paru-Paru Kamu dengan Berhenti Merokok

Sudah disebutkan diatas bahwa merokok merupakan salah satu penyebab utama dari bau mulut. Dengan demikian, cara sederhana menghilangkan bau mulut secara alami adalah dengan berhenti merokok. Sayangnya, ini memang menjadi cara yang sulit dilakukan, khususnya bagi mereka yang sudah menjadikan rokok sebagai konsumsi wajib baginya. Namun, untuk sedikit mengurangi bau mulut akibat rokok, kamu bisa mengkonsumsi permen, atau kopi hitam agar bau rokok pada mulut tidak terlalu kuat.

10. Hanya dengan Berkumur Air Garam, Kamu Bisa Menghilangkan Bau Mulut

Menghilangkan bau mulut juga bisa diatasi dengan menggunakan air garam. Caranya sangat sederhana, kamu hanya perlu membuat larutan air garam saja. Pertama, masukan sekitar 3-4 sendok garam kedalam gelas. Kemudian, larutkan dengan air hangat, dan aduk hingga rata. Setelah itu, gunakan larutan air garam untuk hilangkan bau mulut kumur-kumur menggunakan larutan air garam tersebut.

Mengatasi bau mulut, pada dasarnya bisa diatasi hanya dengan rutin sikat gigi dan selektif dalam memilih makanan. Dengan cara sederhana inipun, kamu bisa mencegah bau mulut. Asalkan, kamu rutin menjaga kesehatan mulut dan gigi kamu, karena tentunya, apa yang kamu miliki merupakan nikmat dari Tuhan, dan merupakan kewajiban kamu untuk menjaganya.

Selain itu, bau mulut juga bisa menjadi pertanda bahwa ada yang tidak beres dengan kesehatan gigi atau mulut kamu. Tentunya, kamu tidak ingin bukan, jika acara kamu rusak hanya karena bau mulut atau penyakit sejenisnya? Thats why, jangan pernah sepelekan masalah ini ya. Pastikan kesehatan gigi dan mulut menjadi satu hal penting yang mendapat perhatian khusus dari kamu. Nah, untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut itu sendiri, kamu perlu tahu, apa yang menyebabkan bau mulut, agar kamu bisa mencegahnya.

Ketahui Penyebab Utama Bau Mulut Sejak Dini

Bau mulut bisa muncul oleh beberapa hal. Tidak selektif memilih makanan tentunya menjadi penyebab umum yang sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat. Namun, tentunya ada banyak lagi hal lain yang juga bisa menyebabkan mulut jadi tidak sedap baunya. Apa saja penyebab tersebut? Inilah 11 penyebab bau mulut yang perlu kamu hindari:

1. Merokok. Bagi kamu yang Perokok, sudah bisa dipastikan mulutnya bau (bau rokok yang jelas)

Merokok ternyata tidak hanya menjadi salah satu penyebab utama penyakit mematikan seperti kanker paru-paru. Merokok juga menjadi kendala utama yang menyebabkan mulut jadi tidak sedap baunya. Bahkan, kamu pastinya sudah bisa menebak bau mulut orang yang merokok.

Lebih dari itu, terlalu sering merokok juga bisa menyebabkan gigi kuning hingga semakin tidak enak dipandang. Wah, sudah bau mulut, giginya kuning, gak mau dong kaya gitu? Makanya, hindari rokok ya.

2. Sariawan. Bau mulut juga hinggap ketika kamu sedang sariawan.

Sariawan merupakan penyakit umum pada bagian mulut berupa luka atau iritasi. Sariawan bisa diakibatkan oleh panas dalam. Biasanya, hal ini terjadi karena tidak teraturnya pola makan, misalnya terlalu banyak mengkonsumsi gorengan atau makanan pedas.

Sariawan ternyata tidak hanya bisa menimbulkan nyeri dan pedih saat makan. Lebih dari itu, sariawan juga menjadi penyebab lainnya mengapa mulut jadi tidak sedap baunya. Dengan demikian, jika kamu berkendala dengan bagian mulut kamu berupa sariawan, segera atasi sariawan kamu dengan obat yang tepat, agar mulut kembali segar.

3. Bermasalah dengan Hati. Bukan hati yang baperan yah!

Masalah pada hati menjadi penyebab lain yang bisa menimbulkan bau mulut. Wah, kamu mungkin aga asing ya dengan salah satu penyebab dari bau mulut ini? Ya, bau mulut yang diakibatkan oleh masalah pada hati, dikarenakan oleh fungsi dari hati itu sendiri yang berperan sebagai metabolisme lemak, hingga ketika cara kerja hati tidak maksimal, maka jumlah bakteri akan menumpuk. Dengan bertambahnya jumlah bakteri pada tubuh, maka akan mengakibatkan mulut tidak sedap baunya.

4. Gigi Berlubang. Nah, gigi kamu berlubang tidak?

Gigi kamu berlubang? Awas! Ini menjadi salah satu penyebab mengapa mulut kamu tidak sedap baunya. Dengan demikian, segera atasi gigi berlubang kamu, agar mulut kamu kembali segar setelahnya.

5. Infeksi pada Tenggorokan

Infeksi pada tenggorokan bisa terjadi akibat terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak, atau makanan pedas. Infeksi pada tenggorokan itu sendiri ternyata tidak hanya menimbulkan rasa nyeri, hingga makan yang tidak enak. Lebih dari itu, infeksi pada tenggorokan juga bisa mengakibatkan bau mulut. Oleh karena itu segera atasi infeksi tenggorokan kamu dengan memeriksanya ke dokter. Selain menyebabkan bau mulut, infeksi pada tenggorokan juga bisa menjadi masalah yang serius jika kamu diamkan.

6. Tidak Sarapan. Makanya bangun pagi biar gak telat sarapan ya guys!

Sarapan sering kali menjadi hal sepele yang sering dilupakan. Padahal, sarapan tidak hanya penting agar lebih kuat menjalankan aktifitas sehari-hari, namun lebih dari itu, sarapan juga tentunya akan menjaga daya tahan tubuh kamu. Oleh karena itu, tetaplah biasakan sarapan meskipun dalam kondisi yang terburu-buru. Selain penting bagi kesehatan tubuh, jika kamu tidak sarapan, hal tersebut juga bisa menyebabkan bau mulut kamu jadi tidak sedap karenanya.

7. Adanya Pendarahan pada Gusi

Pendarahan pada gusi memang umum terjadi. Selain menyebkan rasa tidak enak saat makan, pendarahan pada gusi juga menyebabkan bau mulut tidak sedap. Hal ini dikarenakan, darah yang menumpuk menyebabkan membawa banyak bakteri yang tidak hanya menempel pada gusi, tetapi juga menempel pada bagian gigi kamu.

8. Gagal Ginjal

Gagal ginjal menjadi penyebab lain yang ternyata juga bisa menyebabkan bau mulut tidak sedap karenanya. Dengan demkian, jagalah kesehatan ginjal kamu, karena lebih dari bau mulut, tentunya gagal ginjal juga menjadi salah satu penyakit horor bagi masyarakat.

9. Minum Alkohol. Buat kamu yang suka minum alkohol, jangan berharap mulutnya wangi yak!

Minum alkohol jelas sudah menjadi penyebab umum yang bisa mengakibatkan bau mulut. Lebih dari itu, terlalu banyak mengkonsumsi alkohol juga tentu sangat tidak baik bagi kesehatan organ dalam tubuh kamu.

10. Pengaruh Obat. Wajarlah kalau beberapa obat tertentu ngaruh ke bau mulut. Tapi It’s OK.

Obat ternyata menjadi salah satu penyebab bau mulut. Hal ini dkarenakan beberapa obat mengakibatkan keringnya mulut. Dengan konsisi mulut yang kering tentunya kadar air liur pada mulut bisa berkurang. dan dengan kadar air liur yang berkurang atau bahkan kering, maka bau mulutpun akan menjadi efek yang harus ditanggung.

11. Diet Ketat. Jangan gara-gara diet ketat, mulutmu jadi bau yak. Kan malu?

Pernah menyangka tidak, jika diet ternyata bisa menjadi salah satu penyebab bau mulut? Ya, diet sangat identik dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak protein, dan makanan yang mengandung protein memicu bau mulut. Dengan demikian, selektiflah memilih makanan, agar tujuan diet kamu bisa kamu capai, tanpa membuat mulut kamu jadi bau karenanya. Contohnya adalah dengan mengimbangi diet kamu dengan mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung vitamin c, mengkonsumsi permen karet, dll.

Loading...

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here