Home Kesehatan Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

131
0
SHARE

Wajah yang halus, bersih dan bebas jerawat adalah sesuatu yang akan mendukung seseorang untuk bisa tampil percaya diri. Namun untuk memiliki wajah demikian bukan hal yang mudah, meski bebas jerawat terkadang noda bekas jerawat masih tampak sehingga menganggu penampilan.

Noda pada wajah yang merupakan bekas jerawat bisa dengan mudah dihilangkan jika noda tersebut bukan berupa flek hitam. Flek hitam yang merupakan bekas jerawat muncul karena kesalahan yang dilakukan pada saat jerawat muncul di wajah misal dengan memencet jerawat.

Tindakan memencet jerawat hanya akan memperburuk peradangan pada kulit dan merusak jaringan sel kulit sehingga meninggalkan noda bekas jerawat nantinya semakin sulit dihiangkan. Jika noda yang ada pada wajah berwarna merah, hal ini bisa dihilangkan dengan mudah dengan cream pemutih wajah.

Lalu bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat berupa flek hitam? Kamu bisa menggunakan bahan alami untuk menyamarkan atau menghilangkannya. Ada banyak bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk perawatan wajah termasuk menghilangkan bekas jerawat.

Bahan Alami untuk Menghilangkan Bekas JERAWAT

Tidak harus menggunakan bahan-bahan kosmetik mahal demi menghilangkan noda bekas jerawat, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami yang lebih aman dan ekonomis untuk menghilangkan bekas jerawat.

Tak bisa dipungkiri noda bekas jerawat pada wajah sangat mengganggu dan mempengaruhi psikis seseorang sehingga percaya dirinya menurun atau bahkan tidak berani keluar rumah. Sungguh sesuatu yang disayangkan jika harus terganggu aktifitasnya hanya karena kurangnya percaya diri akibat noda bekas jerawat.

Untuk membantu kamu para wanita atau pria yang sedang mencari cara menghilangkan bekas jerawat, berikut ada 15 bahan alami berikut cara penggunaanya untuk menghilangkan bekas jerawat di wajah.

1. Madu dan Telur

Madu dan telur adalah dua buah bahan yang bisa digunakan sebagai masker wajah untuk menghilangkan bekas jerawat. Caranya, campur kedua bahan ini yaitu putih telur dan madu lalu gunakan sebagai makser wajah. Sebelum diaplikasikan pada wajah, ada baiknya wajah terlebih dahulu dibersihkan dengan air hangat agar pori-pori terbuka sehingga bahan meresap ke kulit wajah. Terakhir bilas wajah dengan air sampai bersih.

2. Kayu Cendana

Kayu cendana berguna untuk menutup pori-pori bekas jerawat. Cara menggunakannya adalah dengan membuat pasta dari bubuk kayu cendana dan air mawar, lalu oleskan pasta pada area wajah yang bernoda bekas jerawat sebelum tidur. Bilas wajah dengan air sampai bersih keesokan harinya . Lakukan perawatan secara rutin sampai bekas jerawat hilang.

3. Gel lidah buaya

Lidah buaya atau aloe vera adalah tanaman yang memiliki sejuta manfaat, salah satunya untuk perawatan wajah. Cara menghilangkan bekas jerawat dengan gel lidah buaya cukup dengan mengoleskan gel lidah buaya pada wajah sambil dipijat lembut. Lakukan perawatan semacam ini 2-3 kali sehari sampai noda bekas jerawat hilang.

4. Tomat

Tomat kaya akan vitamin C, kandungan vitamin C ini akan membantu untuk menghilangkan bekas jerawat. Caranya dengan menggunakan tomat sebagai makser wajah. Ambil buah tomat yang masih segar dan tidak terlalu matang lalu haluskan dengan blender. Oleskan pada wajah secara merata lalu diamkan selama 10-15 menit.  Biarkan kering lalu bilas dengan air bersih.

5. Bawang putih

Bawang putih juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat. Meski bau, bawang putih mampu menghiangkan bekas jerawat yang membandel di wajah. Caranya, haluskan 2-3 buah bawang putih lalu oleskan di wajah yang terdapat bekas jerawat. Lakukan secara konsisten sampai bekas jerawat hilang.

6. Air jeruk nipis

Jeruk nipis banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan. Salah satu manfaat jeruk nipis untuk kulit adalah menghilangkan bekas jerawat. Cara menghilangkan bekas jerawat dengan air jeruk nipis adalah dengan mengoleskan perasan air jeruk nipis ke wajah secara merata. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat sambil dipijat lembut.

7. Es Batu

Menggunakan es batu untuk menghilangkan bekas jerawat bisa dibilang sebagai cara yang paling mudah. Sebab es batu adalah  sesuatu yang sangat mudah didapatkan, bahkan kamu pun bisa jadi memilikinya di rumah.

Cara menggunakan es batu untuk menghilangkan bekas jerawat adalah dengan menggosokkan es batu pada wajah yang terlebih dahulu dibersihkan. Lakukan gerakan memutar selama 10-15 menit pada area wajah yang memiliki bekas jerawat. Untuk hasil yang maksimal, lakukan hal ini secara rutin 2-3 kali sehari.

8. Kulit Jeruk

Jika biasanya kulit jeruk hanya menjadi sampah, kali ini kamu akan tahu bahwa ternyata kulit jeruk berguna sebagai bahan alami untuk menghilangkan bekas jerawat. Kandungan vitamin C dan asam alpha hidroksi yang ada pada kulit jeruk berguna membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat debu dan kotoran serta mengangkat sel kulit mati.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan kulit jeruk yaitu dengan cara menjemur kulit jeruk di bawah terik matahari sampai kering. Setelah benar-benar kering, haluskan kulit jeruk sampai halus menjadi bubuk. Selanjutnya, buat bubuk kulit jeruk menjadi pasta dengan menambahkan sedikit air. Oleskan pada wajah yang memiliki bekas jerawat lalu diamkan selama beberapa menit, bilas wajah dengan air bersih.

9. Lemon

Lemon berguna untuk mempercepat produksi kolagen pada kulit sehingga merangsang terbentuknya sel kulit baru. Selain menghilangkan bekas jerawat, lemon juga berkhasiat mencerahkan kulit wajah.

Caranya, ambil satu buah lemon lalu iris menjadi dua bagian. Peras untuk diambil airnya lalu gunakan air lemon tersebut untuk dioleskan ke wajah yang terdapat bekas jerawat. Biarkan selama 15 menit lalu bilas wajah dengan air sampai bersih. Lakukan secara rutin setiap hari sampai bekas jerawat memudar dan hilang.

10. Cuka sari apel

Cuka sari apel berguna mengatur tingkat keasaman atau pH kulit sehingga mengurangi kemerahan pada kulit wajah akibat bekas jerawat.

Caranya, campurkan 5 ml cuka sari apel dengan 95 ml air. Oleskan pada bekas jerawat dengan kapas dan biarkan selama 10-20 menit. Bilas wajah dengan air hangat. Agar hasil lebih maksimal, lakukan perawatan ini sebelum tidur dan biarkan selama semalaman.

11. Scrub Gula

Scrub gula berguna untuk mengikis sel kulit mati sehingga mampu menyamarkan bekas jerawat dan menghilangkannya. Caranya buat pasta gula dengan mencampur 1 sendok makan gula dengan 1 sendok minyak zaitun. Oleskan pada wajah sambil dipijat lembut selama 3-5 menit. Bilas wajah dengan air sampai bersih.

12. Pepaya

Buah papaya selain kaya vitamin C juga mengandung enzim papain yang berkhasiat mengikis sel kulit mati. Pepaya juga mengandung antioksidan yang berguna mengatasi kulit kemerahan akibat bekas jerawat.

Caranya, ambil beberapa iris buah papaya lalu potong kecil-kecil. Haluskan sampai halus dan gunakan sebagai masker wajah. Diamkan masker papaya di wajah selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat. Jangan membiarkan terlalu lama sebab jika tidak segera dibersihkan masker papaya justru akan menimbulkan kemerahan pada kulit wajah.

13. Alpukat

Tidak hanya nikmat dimakan dan dijadikan jus, alpukat juga bisa digunakan sebagai masker wajah yang berguna untuk melindungi kulit dari radiasi sinar matahari. Radiasi sinar matahari akan memperparah noda bekas jerawat.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan alpukat adalah dengan membuat masker alpukat. Pertama ambil daging buah alpukat lalu haluskan di dalam wadah. Tambahkan madu karena madu berguna untuk meningkatkan regenerasi kulit dan mengurangi peradangan.

Oleskan masker ke wajah dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat dan bersihkan. Perawatan dengan masker alpukat dan madu ini bisa dilakukan 2-3 kali seminggu agar mendapatkan hasil yang maksimal.

14. Ketimun

Ketimun mengandung beberapa senyawa seperti astringent yang berguna mengurangi kemerahan pada kulit wajah, vitamin E dan antioksidan yang berguna menangkal efek radikal bebas yang berbahaya bagi kulit.

Adapun cara menggunakan ketimun untuk menghilangkan bekas jerawat adalah dengan menempelkan irisan ketimun pada wajah yang bernoda akibat jerawat. Diamkan selama beberapa menit lalu bilas wajah dengan air lalu keringkan.

15. Baking Soda

Baking soda berguna untuk mengikis sel kulit mati dan menghilangkan bekas jerawat. Tidak hanya itu, baking soda juga berguna meningkatkan pH kulit dan mencegah pertumbuhan bakteri p. Acne pada wajah.

Cara menggunakan baking soda untuk menghilangkan bekas jerawat adalah dengan membuat pasta dengan mencampur  1 sendok the baking soda dengan 2 sendok the air. Oleskan pada wajah dan pijat pelan selama 2 menit. Bilas dengan air hangat lalu keringkan.

16. Pasta gigi

Pasta gigi mengandung triclosan, fluraide dan hydrogen peroksida yang dapat mencegah iritasi kulit, mengurangi peradangan dan menghilangkan nosa bekas jerawat. Caranya oleskan pasta gigi pada bekas jerawat dan diamkan selama 2 jam, bilas wajah dengan air lalu keringkan.

17. Bengkoang dan Kentang

Kedua bahan ini dapat digunakan sebagai masker wajah yang berguna untuk menghilangkan noda bekas jerawat. Caranya:

  1. Kupas bengkoang lalu iris-iris setebal 5 cm
  2. Haluskan dengan blender
  3. Saring bubur bengkoang dan endapkan airnya sampai terbentuk pati
  4. Pati bengkoang lalu disaring dan dikeringkan dengan oven suhu 40-60 derajat selama 4-6 jam
  5. Tepung lalu diblender dan diayak
  6. Kupas kentang lalu iris tipis setebal 1 cm
  7. Rendam irisan kentang dalam larutan natrium bisulfat selama 15 menit
  8. Tiriskan lalu cuci bersih
  9. Keringkan irisan kentang di oven selama 4-6 jam
  10. Haluskan dengan blender lalu ayak dan pisahkan tepung yang lembut untuk dijadikan sebagai masker

Cara mengaplikasikannya yaitu dengan mencapur 35 gram tepung kentang dan 15 gram tepung bengkoang dengan air mawar lalu oleskan pada wajah sebagaimana memakai masker. Bersihkan wajah dan keringkan. Lakukan hal ini secara ruti agar bekas jerawat hilang.

18. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh mengandung zat terpenoid yang dapat mengusir bakteri penyebab jerawat serta mengurangi perdangan. Cara menghilangkan bekas jerawat dengan minyak pohon teh cukup dengan mengoleskan campuran minyak pohon the sebanyak 5 ml dan 95 ml air pada area wajah yang memiliki bekas jerawat. Lakukan 2-3 kali dalam sehari.

Sebaiknya uji reaksi pada kulit kamu sebelum menggunakan minyak pohon teh ini, sebab minyak ini bisa menimbulkan alergi pada beberapa jenis kulit.

19. Masker Jagung

Masker sebagai perawatan wajah dapat meningkatkan metabolisme kulit, mengangkat sel-sel tanduk, melancarkan peredaran darah getah bening dan masih banyak lagi. Makse jagung yang dicampur dengan minyak zaitun adalah masker dari bahan alami yang dapat digunakan untuk merawat kulit wajah dan menghilangkan bekas jerawat.

Caranya, bersihkan wajah terlebih dahulu bisa dengan susu pembersih atau air hangat. Oleskan masker jagung yang dicampur dengan madu dan minyak zaitun. Diamkan selama 10-15 menit. Bersihkan wajah dengan waslap yang telah dibasahi air hangat. Bilas wajah dengan air bersih.

20. Air Kelapa

Tidak hanya segar untuk diminum, air kelapa ternyata juga berguna untuk menghilangkan bekas jerawat. Air kelapa mengandung vitamin C, asam pantotenat, asam nikotinat, asam folat, biotin dan unsur lain yang berguna menyembuhkan berbagai penyakit yang berhubungan dengan kulit termasuk jerawat dan bekas jerawat.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan air kelapa adalah dengan mencampur air kelapa dengan parutan kunyit dan kemudian rendam selama 3 malam. Setelah direndam, saring airnya dan gunakan untuk membasuh wajah.

TIPS MENCEGAH MUNCULNYA BEKAS JERAWAT PADA WAJAH

Meski sudah tahu ada beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat, ada baiknya kamu tahu tips-tips untuk mencegah munculnya bekas jerawat pada wajah. Hal ini agar kamu tidak perlu bersusah-susah menghilangkan bekas jerawat yang membutuhkan usaha keras atau terhindar dari masalah wajah satu ini.

1. Hindari Memencet Jerawat

Meski dapat menghilangkan jerawat secara cepat dan menghilangkan rasa sakit akibat jerawat namun tindakan memencet jerawat hanya akan memperparah kondisi kulit dan memperluas bakteri serta menimbulkan infeksi pada wajah.

2. Jangan Terlalu Sering Terpapar Sinar Matahari

Sinar matahari yang terlalu sering terpapr di wajah dapat membahayakan kulit karena memicu terbentuknya melanin yang merupakan penyebab timbulnya noda hitam bekas jerawat. Pada tingakat paling parah, sinar UV juga dapat menimbulkan masalah serius seperti kanker kulit.

3. Rutin Membersihkan Sel Kulit Mati

Membersihkan sel kulit mati berguna untuk mempercepat proses regenerasi kulit dan menghilangkan bekas jerawat. Ada banyak bahan yang bisa digunakan untuk mengikis sel kulit mati di wajah seperti disebutkan diatas.

4. Hindari Menggunakan Air Panas Saat Mencuci Wajah

Mencuci wajah dengan air panas dapat menjadikan wajah menjadi kering. Ada baiknya ketika mengeringkan wajah menggunakan kain yang lembut agar tidak merusak kulit.

5. Konsumsi Air Putih yang Cukup

Rajin mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh dan menjadikan kulit lebih sehat dan segar.

6. Rajin Berolahraga Secara Teratur

Hidup sehat dengan cara rajin berolahraga juga dapat membantu peredaran oksigen ke seluruh tubuh terutama pada kulit. Melakukan olahraga ringan asal rutin seperti berjalan kaki atau jogging akan sangat membantu menjaga kesehatan tubuh.

7. Istirahat Cukup dan Kurangi Begadang

Tubuh membutuhkan waktu istirahat yang cukup untuk memgembalikan fungsinya secara maksimal. Perilaku bergadang dan kurang istirahat akan menjadikan sistem kerja tubuh kacau termasuk memperlambat proses regenerasi kulit.

Demikian pembahasan tentang cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan alami, bahan-bahannya mudah kamu temukan bukan? Kamu dapat mempraktekan salah satu dan juga jangan lupa untuk melakukan tips menghindari bekas jerawat sehingga tidak perlu susah-susah menghilangkan bekes jerawat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here