Home Kesehatan Cara Menghilangkan FLEK HITAM dengan Bahan Alami

Cara Menghilangkan FLEK HITAM dengan Bahan Alami

136
0
SHARE

Masalah apapun yang terdapat di wajah baik jerawat, bekas jerawat, dan flek hitam akan menganggu penampilan dan menjadikan seseoran menjadi kurang percaya diri. Flek hitam biasanya muncul di umur 40 an namun tidak menutup kemungkinan karena berbagai sebab bisa juga dialami oleh usia di bawah 40 tahun.

Flek hitam pada wajah disebabkan oleh pigmentasi yang berlebihan, adapun pigmentasi ini terjadi karena proses pembentukan melanin yang berlebihan. Melanin adalah zat protein yang berfungsi untuk menentukan warna kulit yang diproduksi oleh sel melanisit yang berguna melindungi kulit dari paparan sinar UV.

PENYEBAB MUNCULNYA FLEK HITAM

Meski bukan termasuk masalah serius namun adanya flek hitam pada wajah sangat menganggu. Sebelum mencari cara menghilangkan flek hitam perlu kamu ketahui terlebih dahulu penyebab munculnya flek hitam sehingga kamu akan lebih mudah memilih cara yang tepat untuk menghilangkannya. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab munculnya flek hitam, antara lain:

1. Paparan Sinar UV

Penyebab paling umum munculnya flek hitam yaitu dikarenakan paparan sinar UV yang berlebihan. Terpapar sinar UV terlalu sering juga dapat memecah kolagen dan melemahkan kulit, sehingga bisa cepat menimbulkan keriput, dan noda hitam pada wajah.

2. Penggunaan kosmetik

Penggunaan kosmentik yang mengandung zat seperti mercuri dan asam salisilat juga menyebabkan muncul flek hitam pada wajah.

3. Polusi

Polusi pada wajah bisa datang dari udara, debu, asap dan lainnya. Ketika kulit terkena polusi maka tubuh akan memproduksi melanin guna menangkal zat berbahaya. Maka ketika polusi yang ada dalam jumlah tinggi tubuh akan bekerja lebih ekstra dalam memproduksi melanin. Terlebih bagi mereka yang hidup di kota besar maka lebih rentan untuk terkena polusi karena tingkat pencemaran yang lebih tinggi pula.

4. Faktor Hormonal

Perubahan siklus hormon yang disebabkan menstruasi, hamil, menopause, dan penggunaan alat KB juga merupakan salah satu pemicu munculnya flek hitam yang dipengaruhi oleh perubahan hormon pada tubuh.

5. Parfum

Penggunaan parfum pada saat terik matahari juga faktor yang memicu munculnya flek hitam. Hal ini dkarenakan parfum umumnya mengandung photosensitizer yang membuat kulit lebih berpotensi terkena sinar UV dan memperkuat pigmentasi pada kulit.

6. Pasca Inflamasi

Flek hitam yang muncul pada kulit juga bisa dipengaruhi karena kulit mengalami trauma yang disebabkan oleh luka bakar, perawatan kulit yang terlalu berat atau jerawat.

7. Penggunaan obat

Obat jenis tertentu bisa juga menjadikan kulit lebih sensitife meski tidak terpapar sinar matahari seperti obat yang mengandung  estrogen, tetrasilin dan sulfonamide.

8. Penyakit

Ada beberapa jenis penyakit yang menyebabkan bintik hitam terlihat pada wajah seseorang seperti penderita penyakit hati, tumor pituitary, Addison dan hemakromatosis.

TIPS MENCEGAH MUNCULNYA  FLEK HITAM PADA WAJAH

Akan sangat lebih baik ketika tidak ada masalah yang muncul di wajah bukan? Maka perlu juga kamu ketahui tips-tips agar flek hitam tidak muncul di wajah, dengan demikian kamu akan lebih hati-hati dari penggunaan kosmetik atau lebih rajin membersihkan wajah dan menghindari tindakan-tindakan lain yang dapat menjadi pemicu munculnya flek hitam.

1. Lindungi Kulit Dari Sinar Matahari

Aktifitas keseharian yang kita lakukan setiap hari mau tidak mau akan menjadikan kulit harus terpapar sinar matahari secara langsung. Agar flek hitam tidak muncul pada wajah gunakan tabir surya yang berguna untuk melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari. Cara lain yang bisa dilakukan misalnya dengan memakai baju panjang, topi, sun glasses, dll.

2. Menjaga Kebersihan Kulit

Kebersihan kulit juga ikut mempengaruhi muncul tidaknya flek hitam. Menjaga kebersihan kulit seperti rajin membersihkan wajah setelah beraktifitas di luar, membersihkan sisa-sia make up atau rajin memcuci wajah akan menjaga kulit tetap bersih sehingga flek hitam tidak muncul.

3. Menjaga Asupan Makanan

Makanan yang kita konsumsi juga ikut mempengaruhi munculnya flek hitam. Mencegah flek hitam dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan karena dapat menangkal radikal bebas yang menjadi pemicu flek hitam.

Aneka makanan yang mengandung antioksidan tersebut misalnya: terong, brokoli, kubis, tomat, kacan-kacangan, dan juha aneka  buah-buahan seperti jeruk, apel, strawberry, anggur merah, dll. The hijau juga kaya akan antioksidan sehingga sangat baik untuk mencegah munculnya flek hitam.

Cara Menghilangkan FLEK HITAM dengan Bahan Alami

Penggunaan bahan alami untuk pengobatan dan perawatan kulit wajah bisa dilakukan dengan alasan lebih aman, ekonomis dan tanpa efek samping. Bahan-bahan yang digunakan pun mudah ditemukan di sekitar kita. Cara yang perlu dilakukan juga bisa dilakukan di rumah tanpa bantuan dokter atau ahli kecantikan. Nah berikut bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan flek hitam.

1. Pepaya

Enzim papain pada papaya bisa mencerahkan kulit dan menyamarkan bintik hitam, caranya: ambil beberapa iris papaya lalu haluskan sampai menjadi pasta. Gunakan pasta papaya tersebut sebagai masker dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu wajah dibersihkan dengan air sampai bersih.

2. Lidah Buaya

Khasiat popular gel lidah buaya adalah untuk menghilangkan bekas luka bakar, namun gel lidah buaya juga berguna untuk mengurangi munculnya noda hitam. Caranya: oleskan gel lidah buaya pada area wajah yang terdapat flek hitam, diamkan selama 30 menit lalu bilas wajah sampai bersih. Tidak hanya menghilangkan noda hitam, gel lidah buaya juga mampu menghilangkan bekas jerawat dan obat jerawat.

3. Lemon

Lemon mengandung senyawa kimia yang baik untuk kesehatan tubuh seperti vitamin C, naringin, polifenol, hesperidin, diosmin, terpenes, dll. Kandungan vitamin C sudah lama dikenal sebagai zat yang mampu mencerahkan kulit dan membantu menyamarkan flek hitam.

4. Putih Telur

Putih telur dapat dibuat masker untuk menghilangkan flek hitam pada wajah. Caranya: kocok putih telur sampai berbusa, lalu oleskan ke seluruh wajah sebagai masker. Diamkan kering selama 20-30 lalu bilas sampai bersih.

5. Cuka Sari Apel

Cuka sari aple juga bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan flek hitam. Caranya cukup dengan mencampur cuka dengan air dengan perbandungan 2 air dan 1 cuka, lalu gunakan kapas yang telah dibasahi dengan campuran tersebut untuk dioleskan ke area wajah yang terdapat flek hitam. Setelah itu, diamkan selama 30 menit baru bilas wajah dengan air bersih.

CARA MENGHILANGKAN FLEK HITAM SECARA MEDIS

Setelah membahas cara-cara menghilangkan flek hitam dengan bahan-bahan alami, kini kita akan membahas cara menghilangkan flek hitam secara medis. Cara medis ini akan menghilangkan flek hitam dengan lebih cepat, hanya saja selain memerlukan biaya yang mahal juga memiliki efek samping. Oleh karena itu, pilih cara yang menurut anda aman dan sesuai dengan keadaan kamu karena semua ada baik dan buruknya.

1. Peeling (Pengelupasan Kulit)

Peeling atau pengelupasan kulit dilakukan dengan cara melakukan ekfoliating yaitu menggunakan pembersih yang mengandung butiran atau partikel kecil. Tujuannya adalah mengelupas flek hitam yang ada di jaringan kulit.

2. Chemical Peeling

Chemical Peeling dilakukan jika dengan cara peeling flek hitam belum hilang. Chemical peeling dilakukan dengan bahan-bahan sebagai berikut:

  1. Chemical Peeling Ringan: MenggunaKan Asam Alpha Hidroxy, Asam Glikolat dan Asam Laktat.
  2. Chemical Peeling Medium: Menggunakan Asam Trikoloasetat
  3. Chemical Peeling Mendalam: Menggunakan Fenol

3. Pengobatan Topical Acid

Topical Acid ini mengandung Alpha Hidroxy Acids dan Retinoid yang berfungsi menghilangkan lapisan sel kulit mati dan merangsang proses peremajaan kulit. Pengobatan ini juga bisa dilakukan pada semua jenis ulit hiperpigmentasi dengan resep dokter tentunya.

4. Microdermabrasion

Hampir sama dengan peeling, microdermabrasion dilakukan dengan cara mengangkat sel kulit mati. Alat yang digunakan yaitu vacum microbrasion. Tujuannya selain mengangkat sel kulit mati juga untuk mencerahkan wajah, menghilangkan bekas jerawat dan menghaluskan kulit. Sebagai catatan pengobatan ini hanya bisa dilakukan oleh dokter ahli dan sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering.

5. Laser

Pada tingkat dimana flek hitam muncul karena proses penuaan bisa dilakukan pengobatan menggunakan laser. Perawatan laser merupakan perawatan paling baru dan ada 3 jenis; perawatan laser untuk flek hitam pada stage awal, menengah dan flek hitam yang sangat hitam dan berada di lapisan kulit yang cukup dalam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here