Home Kesehatan 10 Cara Menghilangkan KETOMBE dengan Bahan Herbal

10 Cara Menghilangkan KETOMBE dengan Bahan Herbal

111
0
SHARE

Ketombe adalah masalah umum pada kulit kepala yang bisa menyerang siapa saja dari anak-anak sampai orang tua sekalipun. Serpihan putih seperti sisik ini, selain menjadikan rambut lepek dan bau juga menyebabkan rasa gatal. Tak jarang menggaruk kulit kepala karena gatal yang disebabkan ketombe sampai menimbulkan luka.

Memiliki masalah ketombe memang membuat stress dan serba tidak nyaman. Orang dengan masalah ketombe biasanya juga menjadi gelisah karena tidak nyaman untuk memakai baju gelap. Sebab, ketombe yang jatuh akan sangat terlihat pada baju dengan warna gelap, hitam misalnya.

Apabila gatal yang berlebihan karena ketombe muncul tidak jarang kita akan reflek menggaruk kepala tidak peduli diperhatikan oleh orang sekitar kita. Sungguh sebuah pemandangan yang tidak enak untuk dilihat bukan?

Dengan iklim tropis dan cuaca panas menyebabkan orang Indonesia banyak berkeringat sehingga tidak sulit menemukan penderita ketombe di Indonesia. Sebab, keringat dan kulit kepala abnormal menjadi salah satu sebab timbulnya ketombe.

Ketombe sendiri bukan masalah yang dihadapi satu atau dua orang saja. Lebih dari 50% penduduk Amerika dan Eropa ternyata mengalami masalah dengan ketombe. Apalagi di Indonesia dengan ilklim tropis dan cuaca panas sehingga menyebabkan mudah berkeringat.

Nah ketombe ini ternyata tidak ada hubungannya dengan jenis kulit kepala. Jadi siapa saja baik yang memiliki kulit kepala kering atau berminyak bisa saja mengalami masalah ketombe.

Di jaman sekarang dimana banyak wanita memakai hijab, ketombe juga menjadi satu dari sekian masalah yang harus para muslimah ini hadapi. Dengan adanya ketombe, rambut mudah rontok, patah dan berbau tidak sedap.

Pada tingkat yang sangat parah ketombe juga dapat menyebabkan kerontokan rambut. Rambut yang rontok dapat menjadikan kebotakan (Alopesia).

PENYEBAB KETOMBE

Ketombe yang muncul di kulit kepala sebenarnya disebabkan oleh banyak faktor. Beberapa hal yang bisa menimbulkan masalah ketombe tersebut antara lain:

1. Dermatitis seboroik

Dermatitis seboroik adalah infeksi pada kulit kepala akibat jamur yang ada pada kulit manusia. Infeksi ini ditanda dengan mengelupasnya kulit akibat minyak berlebih. Dermatitis seberoik menjadi penyebab umum sebab munculnya ketombe di kulit kepala.

2. Infkesi Jamur

Jamur merupakan penyebab masalah ketombe yang berkembang di kulit kepala yang kotor akibat keringat kelenjar sebum (minyak) dan debu. Jamur dengan nama Pitysporum Ovale (P. Ovale) secara alami terdapat dalam kulit kepala dan anggota tubuh lainnya.

Jumlah normal jamur Phytosporum ovale pada kulit kepala adalah 46%”, sehingga adanya lebih dari 75% jamur ini pada kulit kepala akan menyebabkan gatal dan mempercepat hilangnya sel kulit tua sehingga ketombe yang muncul semakin banyak.

Infeksi jamur yang ada pada kulit kepala menyebabkan kulit kepala menjadi berminyak sehingga ketombe muncul dan tumbuh subur.

3. Psoriasis

Psoriasis adalah penyakit kulit kepala yang ditandai dengan kulit bersisi kemerahan dan disertai rasa gatal dan perih.

4. Kulit kering

Tidak hanya kulit berminyak, kulit kepala kering juga menjadi sebab munculnya ketombe. Hal ini diperparah dengan penggunaan hair dryer pada rambut.

Selain empat hal diatas, penyebab lain munculnya ketombe juga disebabkan oleh hal-hal seperti stress yang tinggi, berbagi sisir dengan penderita ketombe yang lain, kurang menjaga kebersihan rambut, serta penggunaan sampo dan kondisioner yang tidak sesuai dengan kulit kepala.

Cara Menghilangkan KETOMBE dengan Bahan Herbal

Tentu akan sangat baik jika kita mampu beraktifitas tanpa memiliki masalah dengan ketombe. Meski sudah mencoba memakai shampo anti ketombe terkadang ketombe masih muncul. Oleh karena itu, hal yang perlu dilakukan adalah dengan mengobati dan menghilangkan ketombe itu sendiri.

Mengatasi ketombe pada kulit kepala bisa dengan menggunakan sampo anti ketombe dan creambath. Hanya saja, pemakaian kedua produk ini tidak dapat mengatasi masalah ketombe secara tuntas. Ketombe sewaktu-waktu dapat muncul kembali ketika kondisi rambut dan kulit kepala kotor dan minyak berlebih.

Ada juga penggunaan obat yang disarankan oleh tenaga kesehatan dan kecantikan dengan bahan yang mengandung kimia tentunya. Sayangnya, penggunaan bahan kimia secara langsung pada kulit kepala dapat membahayakan kesehatan. Kulit dapat menyerap bahan kimiawi yang dipakaikan pada kulit kepala.

Oleh karena itu, penggunaan bahan alami sebagai alternative untuk mengobati masalah ketombe dapat menjadi pilihan terbaik. Selain tidak memiliki efek samping, bahan-bahan tersebut mudah didapat dan terjangkau.

Selain aman, cara ini akan menangani ketombe pada titik masalahnya bukan sekedar menghilangkan sementara lalu muncul lagi di kemudian hari. Ada banyak bahan-bahan herbal disekitar kita yang ternyata sangat ampuh untuk menghilangkan ketombe. Apa saja?

1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis adalah bahan dari alam yang secara kimia memiliki unsur senyawa yang dapat menggantikan fungsi obat kimia. Beberapa unsur senyawa yang terdapat pada jeruk nipis yang berguna untuk mengusir ketombe misalnya minyak astiri, limonene, asani sitrat, belerang, vitamin C, linanin asetat dan posfor.

Kandungan unsur kimia pada jeruk nipis memiliki kesamaan fungsi dengan kandungan zat yang ada dalam obat-obatan yang digunakan oleh tenaga kesehatan. Misalnya, kandungan asam sitrat pada jeruk nipis sama fungsinya dengan asam salisilat (sebulex) yang berguna untuk mengurangi kelenjar minyak.  Limonen dan minyak astiri memiliki fungsi sebagai antiseptic pembasmi jamur dan bakteri yang berkembang pada kulit kepala.

Cara menghilangkan ketombe menggunakan jeruk nipis:

  1. Siapkan beberapa buah jeruk nipis
  2. Potong menjadi beberapa bagian
  3. Basahi rambut dan kulit kepala
  4. Gosok kepala dengan irisan jeruk nipis
  5. Diamkan selema 20-30 menit
  6. Bilas dengan air bersih dan lanjut dengan keramas menggunakan sampo

Lakukan perawatan dengan jeruk nipis secara rutin untuk menghilangkan ketombe dan mencegah ketombe datang lagi.

2. Pandan Wangi

Pandan wangi yang tumbuh dengan subur di daerah tropis seperti di tepi sungai, tepi rawa, tempat yang agak lembab dan juga ditanam di halaman rumah ternyata berguna untuk menghilangkan ketombe. Daunnya yang berbentuk pita, licin, tipis dengan ujung yang runcing dan berduri mengandung beberapa unsur kimia yang bermanfaat untuk kesehatan rambut.

Unsur-unsur kimia yang terkandung dalam daun pandan wangi adalah saponin, alkaloida, tannin, flavonoida, zat warna dan polifenol. Sebuah penelitian menunjukkan ekstrak etanol 70% daun pandan mampu menghambat pertumbuhan bakteri yang diisolasi dari kulit kepala.

3. Sari Lemon

Lemon memiliki tingkat keasamaan yang dapat membantu menjaga pH kulit kepala sehingga tetap seimbang. Hal ini dapat mencegah jamur yang menjadi penyebab munculnya ketombe.  Tidak hanya itu, lemon juga berfungsi sebagai anti bakteri dan anti jamur yang berguna membunuh jamur penyebab ketombe.

Cara menghilangkan ketombe dengan buah lemon:

  1. Siapkan satu buah lemon
  2. Peras untuk diambil sarinya dan larutkan dalam segelas air
  3. Basahi rambut
  4. Ratakan larutan air lemon ke kepala secara merata
  5. Diamkan selama 20-25 menit
  6. Bilas dengan air bersih dan lanjutkan dengan keramas seperti biasa menggunakan sampo

4. Minyak kelapa murni

Minyak kelapa mampu menghilangkan ketombe dengan cara menghambat pertumbuhan jamur di kulit kepala. Minyak kelapa juga mengandung vitamin E sehingga menutrisi dan menjaga kesehatan kulit kepala anda.

Cara menghilangkan ketombe dengan minyak kelapa:

  1. Oleskan minyak kelapa sebanyak 1 sendok makan ke kulit kepala pada saat rambut masih dalam keadaan kering.
  2. Ratakan dan pijat-pijat dengan agak ditekan agar minyak meresak ke kulit kepala.
  3. Diamkan selama 30-60 menit.
  4. Setelah selesai, keramaslah seperti biasa dengan menggunakan sampo hingga bersih.

5. Baking soda

Meski merupakan bahan yang biasa digunakan untuk memasak, namun baking soda dapat juga digunakan untuk merawat kulit kepala. Gunakan baking soda untuk melakukan scrubbing pada kulit kepala. Hal ini berguna untuk mengupas dan mengangkat sel-sel kulit kepala yang telah mati agar tidak menumpuk dan membentuk ketombe.

Baking soda juga memiliki khasiat untuk menghambat pertumbuhan jamur, mencegah gatal-gatal pada kulit kepala.

Cara menghilangkan ketombe menggunakan baking soda:

  1. Basahi rambut
  2. Ambil 1 sendok makan baking soda
  3. Gosok-gosokkan baking soda mengguanakan jari-jari tangan pada kulit kepala dengan lembut.
  4. Bilas dengan air bersih hingga tidak ada baking soda yang menempel

Pada awalnya rambut mungkin akan terasa lebih kering, namun hal ini hanya sementara. Kulit kepala akan memproduksi minyak setelah beberapa minggu dan menjadikan rambut anda lembut kembali.

6. Lidah buaya

Lidah buaya atau alie vera adalah tanaman dengan segudang manfaat. Selain mengobati jerawat, lidah buaya juga berguna mengangkat sel kulit kepala yang mati dan membunuh jamur yang menjadi sebab munculnya ketombe. Gel lidah buaya yang dingin dapat meredakan gatal-gatal dan peradangan di kulit kepala.

Cara menghilangkan ketombe menggunakan lidah buaya:

  1. Ambil 1 buah lidah buaya yang sudah tua
  2. Pisahkan gel yang ada di dalam daunnya
  3. Oleskan gel tersebut pada kulit kepala secara merata sambil dipijat lembut
  4. Diamkan selama 10-15 menit lalu lanjutkan dengan keramas menggunakan sampo seperti biasa.

7. Cuka apel

Cuka apel memiliki sifat asam yang dapat mengubah pH kulit kepala agar tidak menjadi tempat tumbuhnya jamur penyebab ketombe. Cuka ini juga berguna meredakan gatal pada kulit kepala dan mencegah kulit kepala agar tidak kering.

Cara menghilangkan ketombe dengan cuka apel:

  1. Siapkan botol semprotan yang kosong
  2. Masukkan 50 ml cuka apel dan campur dengan 50 ml air bersih
  3. Semprotkan larutan air cuka secara merata ke kulit kepala
  4. Diamkan selama 30-60 menit
  5. Bilas dengan air bersih
  6. Lakukan perawatan semacam ini selama 2 kali dalam seminggu sampai ketombe pada kulit kepala hilang.

8. Bawang

Bumbu dapur satu ini ternyata memiliki khasiat membunuh jamur dan bakteri penyebab ketombe. Hanya saja aromanya yang tajam tidak banyak disukai padahal bawang memiliki khasiat yang ampung untuk menghilangkan ketombe.

Cara menghilangkan ketombe dengan bawang:

  1. Ambil 2 siung bawang dan haluskan
  2. Campur dengan madu dan jahe agar baunya tidak menyengat
  3. Gosokan pada kulit kepala secara pelahan sambil dipijat-pijat
  4. Bilas dengan air dan lanjut dengan keramas seperti biasa

9. Tomat

Tomat mengandung asam yang berguna untuk menyeimbangkan pH pada kulit kepala sehingga mencegah tumbuhnya jamur penyebab ketombe.

Cara menghilangkan ketombe denga tomat:

  1. Ambil 2 biji tomat dan hancurkan
  2. Tambahkan 1 sendok makan minyak kelapa
  3. Oleskan secara merata pada kulit kepala sambil dilakukan pemijatan ringan
  4. Diamkan selama 1 jam lalu bilas dengan air besih dilanjutkan keramas menggunakan sampo

10. Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung vitamin E yang dapat menjaga kesehatan kulit kepala. Selain menghilangkan ketombe, minyak zaitun berkhasiat mencegah kulit kepala menjadi kering.

Cara menghiangkan ketombe dengan minyak zaitun:

  1. Ambil 1 sendok makan minyak zaitun
  2. Oleskan secara merata pada kulit kepala
  3. Pijat kulit kepala secara lembut agar minyak zaitun meresap
  4. Bungkus kepala menggunakan handuk hangat selama 30 menit
  5. Bilas dan lanjut keramas dengan sampo

10 TIPS MENCEGAH DAN MENGHILANGKAN KETOMBE

Setelah mengobati ketombe dengan bahan-bahan herbal, ada baiknya anda juga tahu cara-cara untuk mencegah ketombe agar tidak muncul kembali. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan misalnya:

1. Rajin menyisir rambut

Tidak hanya berguna merapikan rambut, menyisir rambut juga berguna meningkatkan sirkulasi di kulit kepala dan merangsang pertumbuhan rambut. Gunakan sisir yang nyaman, tidak keras sehingga tidak melukai kulit kepala sehingga kulit kepala mengelupas dan membentuk ketombe.

2. Rutin mencuci rambut

Mencuci rambut atau keramas minimal 2 hari sekali dapat membuang sel-sel kulit mati pada kulit kepala. Jika menggunakan condisioner, usahakan tidak mengaplikasikannya secara langsung pada kulit kepala namun diberi jarak agar sisa condisioner tidak menempel dan menumpuk membentuk ketombe.

3. Keramas dengan Sampo

Keramas dengan sampo bisa menjadi cara untuk mencegah ketombe datang, asal sampo yang digunakan cocok dengan kulit kepala anda. Gunakan sampo yang mengnadung Zinc Pyrithione (ZPT) karena sampo ini selain memiliki efek anti bakteri dan anti jamur juga mengurangi timbulnya serpihan kulit dan meredakan rasa gatal.  Jangan lupa untuk keramas secara rutin demi menjaga kebersihan kulit kepala.

4. Mandi setelah melakukan kegiatan berkeringat

Kulit kepala yang berkeringat dapat menyebabkan iritasi dan mempercepat pengelupasan kulit. Oleh karena itu ketika tubuh banyak mengeluarkan keringat setelah melakukan kegiatan seperti berolah raga, ada baiknya untuk mandi dan keramas agar tidak menimbulkan masalah ketombe.

5. Menghindari penggunaan air panas / hangat untuk keramas

Penggunaan air panas/hangat untuk keramas dapat menyebabkan terbukanya pori-pori kulit sehingga minyak alami keluar dari kulit dan kulit menjadi kering. Menghindari penggunaan air panas/hangat saat keramas dapat mencegah timbulnya ketombe, atau bilas dengan air dingin setelah menggunakan air panas agar pori-pori menutup kembali.

6. Hindari menggaruk kulit kepala meski terasa gatal

Hindari menggaruk kulit kepala meski terasa gatal agar kulit kepala tidak lecet yang dapat mengakibatkan timbulnya infeksi sekunder.

7. Hindari pemakaian gel, minyak rambut, atau hair spray secara berlebihan

Hindari pemakaian gel, minyak rambut, atau hair spray secara berlebihan karena memicu pertumbuhan jamur pada kulit.

Partikel-partikel yang terkandung dalam hairspray dan tertinggal pada rambut dapat menimbulkan ketombe. Oleh karena itu, cuci rambut setelah menggunakan hair spray dan hindari penggunaan yang terlalu serin.

 

8. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B

Mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B seperti sayuran berwarna hijau tua, kacang-kacangan, biji-bijian dan kuning telor karena bermanfaat untuk kesehatan rambut dan kulit kepala.

9. Mengkonsumsi makanan yang megandung zinc

Mengkonsumsi makanan yang megandung zinc untuk memelihara aktifitas kelenjar minyak dan sistem kekebalan seperti: daging, kuning telor, ikan, kedelai dan biji-bijian (beras, gandum, dll).

10. Hindari minuman beralkohol karena dapat memicu pertumbuhan jamur kulit.

 

Nah, itulah pembahasan kali ini tentang cara menghilangkan ketombe. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda yang sedang mengalami masalah ketombe atau sedang mencari cara untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepal anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here