Home Kesehatan 20 Cara Menghilangkan Komedo di Wajah Cepat dan Alami

20 Cara Menghilangkan Komedo di Wajah Cepat dan Alami

150
0
SHARE

Wajah yang bersih, bebas jerawat, komedo, bintik hitam dan permasalahan kulit lain adalah dambaan setiap orang. Hanya saja dengan adanya polusi atau sisa-sia make up sehingga pori-pori kulit tersumbat banyak orang yang memiliki masalah dengan komedo.

Komedo adalah tumpukan lemak pada wajah akibat penyumbatan pori-pori kulit yang disebabkan oleh  kotoran, kelebihan minyak, atau sel kulit mati. Komedo tergolong jerawat ringan dan banyak muncul di area hidung baik berwarna putih atau hitam. Tidak hanya pada wajah, komedo bisa muncul di leher, punggung, dada, lengan atau bahu.

Penyebab paling umum munculnya komedo adalah karena kelebihan minyak, oleh karena itu komedo lebih banyak muncul di area T wajah yang lebih banyak berminyak. Saat kulit mengalami kelebihan minyak, maka sebum akan menutupi pori-pori dan tertinggal di dalamnya.

Cara mudah untuk menyamarkan komedo adalah dengan menggunakan alas bedak atau concealer. Cara ini bisa dilakukan namun jika dilakukan terus-menerus maka hanya akan semakin menyumbat pori-pori dan memunculkan permasalahan kulit yang lebih kompleks. Oleh karena itu cara ampuh untuk menghilangkan komedo adalah dengan menghilangkannya dari kulit wajah bukan menyamarkannya saja.

Sebelum mencari cara menghilangkan komedo, kenali dulu yuk 2 jenis komedo. Komedo ada dua macam, komedo putih atau whiteheads yaitu komedo yang terletak di dalam kulit hingga tidak mengalami oksidasi dengan udara. Biasanya cukup dengan menekan pori-pori wajah maka secara otomatis akan muncul ke permukaan.

Kedua komedo hitam atau blackheads yang terlihat lebih jelas dan nampak. Blackheads muncul ke permukaan kulit dan teroksidasi dengan udara sehingga warnanya mengitam. Komedo hitam juga lebih keras dan menempel sehingga cukup sulit untuk menghilangkannya.

PENYEBAB KOMEDO

Komedo bisa muncul dengan mudah pada wajah seseorang, namun ada juga yang tidak memiliki masalah dengan komedo sama sekali. Lalu apa penyebab munculnya komedo pada wajah?

Ada banyak faktor yang mendukung sehingga seseorang menjadi rentan mengalami komedo, misalnya: faktor genetik, wajah berminyak atau produksi minyak berlebih pada wajah, meningkatnya bakteri propionibacterium acnes pada kulit, penumpukan bakteri penyebab jerawat, iritasi folikel rambut karena terhambatnya pelepasan kulit mati dan juga penggunaan obat-obatan seperti litium, kartikosteroid dan androgen.

Komedo juga cenderung lebih banyak dialami oleh seseorang yang mengalami perubahan hormonal seperti pada saat remaja, menstruasi atau mengkonsumsi pil KB.

Mencegah Munculnya KOMEDO

Jika anda termasuk orang yang belum bermasalah dengan komedo atau baru saja berhasil lepas dari komedo, ada baiknya anda tahu cara-cara mencegah komedo muncul kembali. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti:

1. Menjaga kebersihan kulit misal dengan mencuci muka dengan sabun yang lembut

Mencuci muka dapat menjaga kebersihkan muka sehingga mencegah bakteri muncul penyebab komedo. Gunakan juga sabun yang cocok dengan jenis kulit wajah.

2. Menjaga pola makan

Untuk mencegah munculnya komedo perbanyak konsumsi bauh dan sayur dan kurangi konsumsi makanan berminyak. Buah dan sayur mengandung vitamin, mineral dan serat yang dapat mengeluarkan racun dalam tubuh.

3. Hindari merokok dan mengkonsumsi alkohol

Gaya hidup merokok dan meminum alcohol dapat merusak kulit karena racun dalam keduanya akan memicu pertumbuahn bakteri jahat dan merangsang munculnya komedo.

4. Ganti sarung bantal minimal seminggu sekali

Sarung bantal yang kotor menjadi sarang bakteri sedangkan wajah kita selalu menempel saat tidur. Usaha membersihkan wajah sebelum tidur juga akan sia-sia jika sarung bantal tidak dalam keadaan bersih.

5. Jangan pernah memencet komedo

Memencet komedo hanya akan menimbulkan luka dan membuat bakteri penyebab komedo semakin menyebar.

6. Menghindari penggunaan produk yang dapat menghambat pori-pori atau pilih produk dengan label ‘noncomedogenic’.

7. Mencuci rambut secara rutin

Mencuci rambut secara rutin karena rambut yang berminyak juga mempengaruhi kondisi kulit wajah

8. Gunakan Produk berupa scrub atau masker 

Gunakan produk berupa scrub atau masker yang dapat mengelupas sel kulit mati dan yang lembut di wajah.

9. Gunakan make up dengan kandungan bebas minyak

10. Bersihkan sisa-sisa make up pada wajah dengan pembersih

11. Kontrol kelebihan minyak pada wajah misal dengan cara menggunakan masker berbahan dasar clay

Cara Menghilangkan KOMEDO

Meski tidak sakit namun komedo cukup menganggu sehingga perlu dihilangkan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan komedo. Kini banyak sekali produk yang dapat dibeli bebas untuk menghilangkan komedo. Ada yang berbentuk gel, plester atau krim dengan cara kerja membunuh bakteri, mengurangi kelebihan minyak atau mendorong kulit untuk melepas sel kulit mati.

Ada juga cara menghilangkan komedo dengan bahan-bahan alami. Cara ini pun tergolong mudah karena bisa dilakukan di rumah tanpa bantuan ahli kesehatan dan kecantikan. Bahan yang digunakan tersedia di sekitar anda dan dapat didapatan dengan harga yang cukup ekonomis.

Memilih cara menghilangkan komedo dengan bahan alami lebih aman tanpa efek samping dibanding menggunakan alat medis seperti komedo ekstraktor misalnya. Alat ini digunakan dengan cara ditekankan  ke pori-pori agar sumbatan keluar. Namun resiko yang mungkin dihadapi seperti kerusakan jaringan, proses ekstrasi yang tidak tuntas, jaringan parut dan komedo yang muncul kembali.

Nah, berikut ini 20 bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan komedo:

1. Kayu Manis dan Madu

Kayu manis berguna memicu produksi kolagen yaitu protein yang berperan penting dalam regenerasi kulit. Sedangkan madu adalah antibiotic alami yang berguna membunuh bakteri pada kulit dan juga melembabkan kulit.

Cara menghilangkan komedo dengan kayu manis dan madu:

  1. Campur 3 sendok makan bubuk kayu manis dan 3 sendok makan madu.
  2. Aduk rata
  3. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit
  4. Bilas dengan air hangat dan keringkan

2. Pepaya

Buah yang berguna untuk melancarakan BAB ini ternyata berguna untuk mengangkat sel kulit mati dan mengandung enzim proteolitik yang mampu menghilangkan komedo.

Cara menghilangkan komedo dengan masker papaya:

  1. Potong kecil-kecil buah pepaya
  2. Haluskan sampai menjadi bubur
  3. Oleskan pada wajah sebagai masker
  4. Diamkan selama 10 menit
  5. Bilas sampai bersih
  6. Lakukan perawatan dengan masker papaya selama 2-3 kali dalam sepekan

3. Putih Telur

Putih telur mengandung nutrisi yang dapat menghilangkan komedo , mengencangkan pori dan mencegah komedo muncul kembali.

Cara menghilangkan komedo dengan putih telur:

  1. Ambil satu butir telur dan ambil putihnya saja
  2. Kocok sampai mengembang
  3. Oleskan pada area komedo atau seluruh permukaan wajah
  4. Diamkan selama 10-15 menit
  5. Bersihkan dengan air hangat

4. Lemon

Lemon adalah bahan alami yang memiliki banyak khasiat, salah satunya untuk merawat kecantikan kulit. Asam alpha-hydroxi pada lemon mampu menghilangkan bekas jerawat dan komedo. Asam sitratnya mampu mengecangkan pori-pori dan membersihkan kulit mati.

Cara menghilangkan komedo dengan lemon:

  1. Ambil satu buah lemon dan iris menjadi dua bagian
  2. Teteskan madu pada permukaan lemon
  3. Gosokkan pada area wajah yang berkomedo
  4. Diamkan selama 5-8 menit
  5. Bersihkan dengan air bersih, lakukan perawatan wajah dengan lemon selama 3-4 kali seminggu

5. Lidah Buaya

Gel pada lidah buaya mengandung auksin dan giberelin yang berguna untuk mengurangi peradangan pada kulit dan melembabkan kulit. Dengan kulit yang lembab dan bebas radang akan membantu membersihkan komedo.

Cara menghilangkan komedo dengan lidah buaya:

  1. Ambil 1 batang lidah buaya dan pisahkan kulit dan gelnya
  2. Oleskan gel lidah buaya pada area wajah yang berkomedo
  3. Diamkan selama 10-15 menit
  4. Bilas dengan air hangat

6. Baking Soda

Baking soda selain berfungsi menghilangkan jerawat juga mampu membersihkan wajah dari komedo. Baking soda berfungsi sebagai eksfolian atau pengikis kulit mati yang menyumbat pori-pori penyebab komedo.

Cara menghilangkan komedo dengan baking soda:

  1. Campur 1 sendok makan baking soda dengan 2 sendok makan air hangat
  2. Oleskan pada wajah sambil dipijat dengan gerakan memutar selama 2 menit
  3. Bilas dengan air hangat dan keringkan

7. Teh Hijau

Teh hijau memiliki kemampuan menyerap kelebihan minyak dan mengatasi komedo yang menyumbat pori-pori kulit. Teh hijau mengandung senyawa antioksidan yang baik untuk kulit. Caranya dapat dikonsumsi atau diaplikasikan secara langsung pada wajah:

Cara menghilangkan komedo dengan teh hijau:

  1. Rendam teh hijau dalam air panas selama 5-10 menit
  2. Celupkan kapas pada larutan lalu oleskan pada wajah
  3. Pijat wajah dengan arah memutar selama 2 – 3 menit
  4. Bilas dengan air hangat dan keringkan

8. Pasta Gigi

Pasta gigi tidak hanya untuk membersihkan gigi saja ternyata namun juga bisa digunakan untuk membersihkan komedo. Meski memberikan sensasi terbakar pada kulit, namun hal ini tidak masalah.

Cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi:

  1. Oleskan pasta gigi pada komedo
  2. Biarkan selama 10 menit
  3. Bilas dengan air sampai bersih
  4. Lakukan perawatan ini 2 – 3 kali atau setiap malam sebelum tidur sampai komedo menghilang

9. Kulit Jeruk

Kulit jeruk mengandung asam alpha hidroksi dan vitamin C yang mampu membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat serta mengangkat kulit mati.

Cara menghilangkan komedo menggunakan kulit jeruk :

  1. Kupas kulit jeruk dan keringkan dibawah terik matahari sampai kering
  2. Haluskan kulit jeruk menjadi bubuk
  3. Campur bubuk kulit jeruk dengan air
  4. Oleskan pasta komedo dan pijat wajah selama beberapa menit
  5. Bilas dengan air dan keringkan

10. Gula

Gula dikenal sebagai antiseptik alami, sudah lama larutan gula digunakan sebagai pengganti  antiseptic berbasis alcohol untuk membersihkan kulit dan bakteri termasuk bakteri penyebab komedo. Struktur Kristal gula dapat mengikis sel kulit mati.

Cara menghilangkan komedo dengan gula:

  1. Campur satu sendok gula pasir dengan satu sendok air
  2. Aplikasikan pada wajah dan gosok perlahan selama 2 menit
  3. Bilas dengan air hangat

11. Oatmeal dan Yogurt

Campuran kedua bahan ini adalah kombinasi yang tepat untuk menghilangkan komedo. Oatmeal akan mengikis kulit mati dan menutrisi serta mencerahkan wajah. Sedangkan yogurt dapat menyerap minyak berlebih dan melembutkan kulit.

Cara menghilangkan komedo dengan outmeal dan yogurt:

  1. Buat pasta dari 2 sendok makan oatmeal dan 3 sendok yogurt tawar
  2. Oleskan pasta pada wajah secara merata
  3. Diamkan masker selama beberapa menit
  4. Bilas dengan air hangat

12. Uap Air Panas

Cara ini terbilang cukup mudah untuk menghilangkan komedo. Uap panas akan membuka pori-pori dan mengeluarkan komedo yang tersumbat.

Cara menghilangkan komedo dengan uap air panas:

  1. Didihkan air dan tuang pada wadah
  2. Posisikan wajah diatas wadah berisi air panas tadi
  3. Biarkan wajah terpapar uap selama 3-5 menit sambil dilakukan pemijatan
  4. Bersihkan komedo yang keluar pada wajah dengan handuk

13. Cuka Apel

Cuka apel bersifat antiseptik dan mampu menghilangkan bakteri penyebab komedo dan membersihkan pori-pori  dari minyak berlebih.

Cara menghilangkan komedo dengan cuka apel:

  1. Buat larutan cuka dengan mencampur satu gelas air dan satu sendok makan cuka apel
  2. Celupkan kapas lalu gunakan untuk membasahi wajah terutama area yang berkomedo
  3. Bilas dengan air hangat sampai bersih

14. Garam

Garam yang biasanya digunakan sebagai bumbu dapur tenyata juga bisa digunakan untuk menghilangkan komedo. Garam berfungsi sebagai scrub yang berguna membersihkan kotoran dan minyak pada wajah.

Cara menghilangkan komedo dengan garam:

  1. Cuci wajah terlebih dahulu
  2. Ambil 3 sendok makan garam lalu campurkan dengan air hangat tanpa perlu diaduk.
  3. Cuci wajah dengan scrub air garam dan biarkan kering selama 15 menit
  4. Bersihkan wajah sampai bersih

15. Kacang Kedelai

Kacang kedelai mengandung banyak protein dan kalsium yang bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah. Cara menghilangkan komedo dengan kacang kedelai adalah:

  1. Rendam 50 mg kacang kedelai ke dalam air selama 3-4 jam
  2. Cuci bersih lalu blender kacang sampai halus
  3. Oleskan pada wajah terutama area yang berkomedo
  4. Diamkan sampai mongering
  5. Bersihkan wajah sampai bersih

16. Gandum

Gandum juga bahan makanan yang ternyata memiliki khasiat yang ampuh untuk kecantikan. Pasta gandum memiliki kemampuan untuk memutihkan kulit dan juga menghilangkan komedo.

Cara menghilangkan komedo dengan pasta gandum:

  1. Sediakan tepung gandum terbaik secukupnya
  2. Tambahkan air hangat dan aduk sampai menyerupai pasta
  3. Bersihkan wajah dengan air hangat lalu gunakan pasta gandum sebagai masker
  4. Diamkan selama 30 menit
  5. Bilas dengan air sampai bersih

17. Pala

Pala merupakan rempah-rempah khas Indonesia yang biasanya digunakan sebagai bumbu masakan rawon. Tapi tidak hanya untuk bumbu, pala juga berguna untuk menghilangkan komedo.

Cara menghilangkan komedo dengan pala:

  1. Haluskan pala secukupnya
  2. Campur pala yang sudah halus dengan susu asli dan aduk rata
  3. Bersihkan muka dengan air hangat lalu gunakan pasta pala sebagai masker
  4. Pijat perlahan lalu bilas dengan air bersih

18. Gelatin dan Susu

Kombinasi gelatin dan susu ternyata memiliki banyak manfaat seperti memutihkan wajah, mencerahkan kulit dan juga menghilangkan komedo.

Cara menghilangkan komedo dengan campuran gelatin dan susu:

  1. Campur 1 sendok makan gelatin tanpa rasa dengan 1,5 sendok makan susu bubuk
  2. Masukkan kedalam microwave selama 10 detik
  3. Oleskan ke area wajah yang berkomedo dengan kuas wajah
  4. Diamkan selama 20 menit
  5. Angkat perlahan dan komedo akan terangkat bersama campuran gelatin dan susu

19. Es Batu

Es batu ternyata juga bisa digunakan untuk menghilangkan komedo. Selain itu, es batu juga berguna untuk mengecilkan pori-pori wajah.

Cara menghilangkan komedo dengan es batu:

  1. Buat campuran antara seduhan the hijau, madu dan perasan jeruk nipis
  2. Masukkan ke dalam frezzer agar beku
  3. Gunakan es dari hasil campuran tadi untuk digosokkan pada wajah yang berkomedo

20. Jeruk Nipis

Jeruk nipis adalah bahan alami yang memiliki banyak sekali manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Kandungan vitamin C nya teruji klinis mampu menghilangkan komedo. Caranya sangat mudah yaitu cukup dengan mengambil perasan air jeruk nipis untuk digunakan sebagai masker wajah.

Cara menghilangkan komedo dengan jeruk nipis:

  1. Ambil 1-2 buah jeruk nipis
  2. Belah jadi dua dan ambil air sarinya
  3. Gunakan sebagai masker wajah sambil dipijat
  4. Diamkan selama 15 menit dan biarkan sampai kering
  5. Bilas dengan air hangat

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here