Home Kesehatan 15 Cara Alami dan Ampuh Hilangkan Komedo

15 Cara Alami dan Ampuh Hilangkan Komedo

547
3
SHARE

Cara Menghilangkan Komedo – Memiliki kulit wajah yang sehat berseri tentunya merupakan impian semua orang. Termasuk kamu bukan? Namun, nyatanya, untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal pada kulit memang tidak mudah. Terlebih, kita merupakan manusia biasa yang tidak mungkin diam saja dirumah, dan diharuskan untuk mengerjakan banyak hal di luar rumah. Itulah sebabnya, polusi mau tidak mau menjadi ancaman rutin yang tidak bisa dihindari.

Lebih dari itu, terdapat pula banyak jenis makanan yang secara tidak sadar ternyata juga menjadi penyebab dari adanya gangguan pada kulit kita, khususnya kulit wajah. Gangguan pada kulit wajah itu sendiri cukup beragam, bisa berupa jerawat, flek hitam, noda bekas jerawat, keriput, hingga yang paling umum didengar adalag gangguan berupa dungdak atau komedo.

Gangguan jenis kulit berupa komedo memang banyak menyerang bagian kulit wajah khususnya pada bagian hidung. Gangguan ini berupa bintik hitam atau putih pada kulit wajah yang tentunya bisa sangat mengurangi rasa PD kamu.

Saat ini memang banyak sekali kosmetik yang menawarkan produk penghilang komedo. Nyatanya, menghilangkan si bintik hitam dan putih ini memang tidak mudah. Alih-alih ingin memiliki wajah cantik dengan kulit yang sehat, tidak jarang produk penghilang komedo justru menghadirkan masalah kulit lainnya, biasanya berupa jerawat. Nah, tidak ingin hal tersebut terjadi bukan?

Dengan demikian, dari pada uang habis percuma, dan dari pada salah produk, bagaimana jika gunakan produk alami saja? Selain lebih irit, produk atau cara alami menghilangkan komedo tentunya akan lebih aman. Nah, buat kamu yang setuju dengan statement ini, berikut 15 bahan alami yang sudah teruji bisa menghilangkan komedo:

Air Garam

Air garam dipercaya bisa mengurangi kadar minyak berlebih di wajah. Keren bukan? Nah, ternyata, selain bisa mengurangi kadar minyak berlebih di wajah, air garam juga bisa membantu kamu hilangkan komedo.

Yup, bumbu dapur ini ternyata bisa bembersihkan kotoran sekaligus mengurangi kadar minyak berlebih. Jadi, dari satu bahan saja nih, kamu sudah bisa angkat kotoran berupa komedo, sekaligus mengurangi kadar minyak di wajah kamu.

Cara hilangkan komedo dengan air garam juga tidak sulit. Kamu hanya membutuhkan 3 sendok garam yang dilarutkan kedalam air hangat. Setelah itu, jangan diaduk agar butiran seperti scrub yang bisa mengangkat kotoran di wajah kamu. Jika larutan sudah siap, selanjutnya, cuci wajah kamu dengan air tersebut, dan diamkan 15 menit. Kemudian, bersihkan kembali dengan air dingin. Lakukan ini secara rutin dan lihatlah hasilnya setelah beberapa minggu.

Baking Soda

Baking soda umumnya memang banyak digunakan sebagai bahan pembuat kue. Eeitts, tapi jangan salah, baking soda juga bisa loh membantu hilangkan komedo kamu. Baking soda Bisa menjadi scrub, yang akan mengangkat kotoran di wajah kamu, termasuk mengangkat komedo.

Cara hilangkan komedo dengan baking soda juga tidak sulit, kamu hanya perlu larutkan baking soda dengan air, kemudian aduk hingga menyerupai pasta. Setelah membentuk pasta, selanjutnya, kamu hanya perlu gosokkan pada wajah baking soda tersebut. Diamkan hingga 5-10 menit, setelah itu bersihkan kembali wajah kamu menggunakan air dingin.

Es Batu

Es batu tentunya sudah populer di kalangan masyarakat, sebagai salah satu penyembuh beragam jenis penyakit, termasuk penyakit kulit.

Nah, untuk menghilangkan komedo, kamu juga bisa membuat es batu yang akan menghilangkan komedo kamu dengan cepat. Namun, ini bukan es batu biasa loh, karena es batu yang satu ini terbuat dari air teh hijau, madu, dan perasan jeruk nipis. Semua bahan tersebut dicampur dan diletakkan di cetakan es, kemudian di masukkan pada frezzer hingga membeku. Jika sudah membeku, gosokkan es tersebut pada bagian hidung hingga es habis.

Kayu Manis

Kayu manis merupakan salah satu solusi oke bagi kamu yang sudah lama kehilangan PD akibat komedo.

Untuk hilangkan komedo dengan kayu manis, kamu hanya membutuhkan sekitar 3 sendok madu, 1 bubuk kayu manis yang kemudian kamu aduk kedua bahan tersebut hingga rata. Jika sudah,  olehkan masker kayu manis pada kulit wajah kamu dan diamkan selama skeitar 15 menit. Jika sudah, bersihkan kembali wajah kamu dengan air dingin.

Gel Lidah Buaya 

Gel lidah buaya juga sudah dipercaya menjadi salah satu cara terbaik dalam menghilangkan komedo. Lebih dari itu, penggunaan gel lidah buaya pada kulit juga cocok untuk semua jenis kulit. So, aman bukan?

Nah, buat kamu yang ingin hilangkan komedo dengan gel lidah buaya, kamu cukup ambil gel lidah buaya tersebut kemudian oleskan 5-10 menit pada kulit wajah kamu. Lakukan cara ini 2-3 kali seminggu.

Pepaya

Kamu tentunya tidak asing bukan denganbeberapa produk penghilang komedo yang berasal dari buah pepaya? Ya, ini menjadi bukti bahwa pepaya memang merupakan solusi tepat dalam hilangkan komedo. Dengan demikian, dari pada beli produknya yang belum tentu cocok, mending gunakan cara alaminya saja yang dijamin tidak ada efek samping.

Untuk hilangkan komedo dengan pepaya juga tidak sulit ko. Kamu hanya perlu tumbuk atau haluskan pepaya dengan di blender kemudian  campur dengan susu dan madu.

Setelah itu, oleskan pada kulit wajah kamu, diamkan hingga beberapa menit. Setelah menjadikan bahan tersbeut sebagai masker, bersihkan kembali wajah kamu menggunakan air dingin. Lakukan cara ini dengan rutin dan lihatlah hasilnya. Tapi ingat, cara alami tentu lebih lama dari produk kimia. Namun di jamin akan lebih aman dan tentunya tidak memiliki efek samping layaknya kosmetik pada umumnya.

Putih Telur

Putih telur tentunya bukan lagi solusi yang biasa kamu dengar dalam membasmi masalah kulit. Putih telur umumnya dikenal sebagai salah satu cara menghilangkan komedo.

Tetapi, lebih dari itu, putih telur juga memiliki manfaat lain yang bisa menjadi solusi bagi kamu yang sudah kehilangan PD akibat komedo. Ya, putih telur tidak hanya mampu mencerahkan kulit kamu. Namun lebih dari itu, putih telur juga bisa bantu kamu hilangkan komedo kamu.

Cara hilangkan komedo dengan putih telur juga sangat mudah, yakni dengan menjadikan putih telur tersebut sebagai masker yang dioleskan pada wajah hingga 5-10 menit. Jika sudah, bersihkan kembali wajah kamu dengan air dingin.

Lakukan cara ini rutin 2-3 kali seminggu dan lihatlah hasilnya dalam sebulan.

Minyak Daun Teh

Minyak daun teh merupakan solusi lain bagi kamu yang sudah geram abis dengan komedo kamu.

Cara hilangkan komdeo dengan minyak daun teh juga sangat sederhana. Kamu hanya perlu tetes minyak daun teh tersebut pada setengah gelas air. Kemudian, basahi kapas dengan larutan tersebut, dan oleskan pada wajah kamu hingga 15 menit. Jika sudah, bersihkan kembali wajah kamu dengan air dingin.

Teh Hijau

Teh hijau tidak hanya baik bagi kesehatan tubuh kamu. Lebih dari itu, teh hijau juga banyak manfaatnya bagi kesehatan kulit kamu, salah satunya perannya yang bisa menghilangkan komedo di kulit wajah kamu.

Cara hilangkan komedo dengan teh hijau juga sangat mudah, kamu hanya perlu Rendam daun teh hijau dalam air panas selama 5-10 menit. Setelah itu, celup kapas pada teh hijau tersebut kemudian oleskan pada wajah, dan diamkan 3-5 menit. Jika sudah, bersihkan kembali wajah kamu menggunakan air dingin.

Gandum

Gandum juga bisa kamu jadikan andalan jika ingin menghilangkan komedo dengan cara yang alami dan aman. Untuk hilangkan komedo dengan gandum, kamu hanya membutuhkan gandum secekupnya yang kemudian di campur dengan air hangat.

Jika sudah, langkah selanjutnya adalah adukgandum  rata dan menyerupai pasta. Setelah itu,  oleskan pada wajah dan diamkan 30 menit. Setelah itu, bersihkan kembali wajah kamu dengan air dingin.

Pala

Pala merupakan salah satu bumbu dapor dan sering akrab dengan sebutan bumbu rawon. Namun, bumbu dapur yang satu ini ternyata bukanlah bumbu dapur biasa. Mengapa? Karena bumbu dapur yang harum ini juga bisa menjadi solusi yang oke, bagi kamu yang ingin menghilangkan komedo dengan cara yang alami. Keren bukan?

Untuk hilangkan komedo dengan pala juga tidak sulit ko. Pertama kamu hanya perlu siapkan pala, kemudian haluskan pala tersebut. Setelah di haluskan, campur pala dengan susu murni dan kemudian aduk hingga menyerupai pasta.

Jika sudah menyerupai pasta, oleskan masker yang terbuat dari pala dan susu murni tadi wajah kamu, kemudian diamkan hingga 30 menit. Jika sudah, bersikan dengan air dingin.

Lemon

Lemon tentunya sudah menjadi salah satu bahan yang umum digunakan pada kosmetik. Hal ini dikarenakan lemon memang menjado solusi bagi beberapa masalah gangguan pada kulit wajah, termasuk gangguan kulit berupa komedo.

Nah, untuk menghilangkan komedo dengan lemon itu sendiri, kamu hanya perlu Iris lemon menjadi dua bagia. Setelah itu, cuci wajah dulu dengan air hangat dan pijat menggunakan lemon. Lakukan cara ini selama 2-3 kali seminggu dan lihatlah hasilnya.

Kulit Jeruk

Kulit jeruk juga bisa menjadi salah satu solusi bagi kamu yang sudah jera dengan komedo kamu.

Cara untuk hilangkan komedo dengan kulit jeruk juga tidak sulit. Kamu hanya perlu tempelkan kulit jeruk tersebut pada wajah kamu. Diamkan hingga beberapa menit, kemudian angkat, dan bersihkan kembali wajah kamu dengan air dingin. Jika tidak diletakkan, cara lain yang lebih ampuh adalah dengan menghaluskan kulit jeruk tersebut, kemudian campur dengan gula pasir halus dan gosokkan pada hidung.

Lakukan cara ini selama beberapa menit, dan setelah itu bersihkan kembali dengan air dingin.

Kacang Kedelai

Kacang kedelai termasuk jenis kacang yang mengandung banyak protein. Kacang ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh, khususnya bagi kulit. Kacang ini bisa membantu kamu hilangkan komedo kamu hanya dengan menjadikannya masker wajah.

Cara detailnya, adalah dengan merendam kacang kedelai sekitar 50 mg. Jika sudah, haluskan dengan kacang kedelai tersebut dengan blender, kemudian oleskan pada wajah. Diamkan beberapa menit kemudian bersihkan dengan air dingin.

Uap Air Panas

Uap air panas. Terdengar sederhana memang. Namun nyatanya, uap air panas juga bisa bantu mengontrol minyak berlebih, hilangkan bakteri penyebab komedo dan wajah berminyak atau berjerawat. Keren bukan?

Untuk hilangkan komedo dengan uap air panas, kamu hanya perlu merebus air hingga mendidih. Setelah itu, masukkan air panas kedalam baskom, kemudian, dekatkan wajah kamu ke baskom tersebut, dan usahakan diam setidaknya 5 menit. Jika sudah, basuh kembali wajah kamu dengan air hangat atau air dingin.

Bagaimana, banyak sekali bukan bahan alami yang bisa bantu kamu tampil lebih PD tanpa komedo? Dengan demikian, jika ada cara yang alami dan aman, dan tentunya lebih murah, bagaimana jika berpindah ke bahan alami saja di bandingkan produk kimia?

Loading...

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here