Home Tips 7 Cara Tak Biasa Ini, Ampuh Menghilangkan Rasa Malas Pada Diri Anda

7 Cara Tak Biasa Ini, Ampuh Menghilangkan Rasa Malas Pada Diri Anda

213
0
SHARE

Rasa malas seringkali datang dan mengganggu aktifitas kita sehari-hari. Ketika malas datang, orang akan enggan untuk melakukan aktifitas apapun. Jika tidak segera dihilangkan, rencana, karir, pendidikan dan semua yang seharusnya berjalan normal akan terbengkelai dan menjadi kacau balau.

Terutama bagi anda yang memiliki rencana untuk membangun usaha misalnya, rasa malas ini sudah seharusnya dibuang jauh-jauh karena dalam rencana besar anda setiap usaha yang anda lalukan adalah langkah awal untuk menuju kesuksesan.

Banyak orang merasa kesulitan untuk mengatasi rasa malas dan lebih memilih untuk menuruti perasaan untuk tidak melakukan apa pun. Parahnya, ketika hal ini dituruti efeknya tidak hanya jangka pendek namun sampai jangka panjang. Tidak hanya soal waktu namun banyak hal akan terlewati dan masalah yang hanya akan menumpuk. Karena, sejatinya ketika kita menunda suatu pekerjaan yang terjadi masalah itu akan terus ada.

Sebaliknya, kunci menuju kesuksesan adalah tidak berhenti untuk mencoba, bangkit ketika gagal, dan mencari solusi akan setiap masalah. Hal—hal semacam ini sangat jauh dari orang yang malas sebab orang yang malas akan memilih untuk diam, enggan mencoba dan mencari-cari alasan.

Jika kita semua tahu bahwa rasa malas itu sangat perlu untuk dihindari karena sangat merugikan dan tidak memiliki dampak positif apapun maka satu hal yang harus dilakukan adalah menghilangkan rasa malas itu sendiri. Nah, berikut adalah 20 cara menghilangkan rasa malas yang bisa anda coba:

1. Menata Agenda dan Tugas

Salah satu sebab munculnya rasa malas adalah kebiasaan buruk berupa kebiasaan tidak teratur. Contohnya, rumah yang tidak rapi dan bersih, tempat kerja yang berantakan, agenda-agenda yang tidak terjadwal, dan lain sebagainya.

Jika hal-hal semacam itu sudah menjadi kebiasaan anda maka tanpa disadari akan tertanam rasa malas akut akibat terbiasa dengan hal-hal yang serba tidak teratur. Maka, cara menghilangkan rasa malas seperti ini adalah berbenah dengan cara hidup lebih rapi dan teratur.

Anda bisa memulainya dengan hal-hal kecil seperti merapikan rumah, meja kerja, sampai agenda harian anda. Jika perlu buat jadwal kegiatan anda secara detail sampai hari dan jamnya. Dengan demikian anda akan terbiasa dengan sesuatu yang berjalan teratur dan pada tempatnya.

2. Kerjakan Tugas di Pagi Hari

Pagi hari adalah waktu yang rentan untuk rasa malas ini muncul. Padahal orang yang malas ketika pagi bisa dipastikan waktu-waktu selanjutnya akan tetap dalam kemalasan. Sedangkan waktu pagi seharusnya diisi dengan semangat dan konsentrasi tinggi.

Hal-hal yang seharusnya dilakukan di waktu pagi seperti mandi, bersih-bersih, sarapan, dll jangan ditunda, segera lakukan. Jika anda memilih untuk menundanya maka semua akan menumpuk dan menjadi beban pikiran anda.

Faktor psikologis dimana banyak beban dan pikiran bisa menjadikan rasa malas muncul. Parahnya di hari selanjutnya anda akan tetap malas jika hari ini tidak segera menyelesaikan pekerjaan anda hari ini.

3. Ingatkan Diri Anda, “KENAPA” Harus Melakukan Hal Tersebut?

Semua orang melakukan sesuatu pasti didasari oleh alasan. Karena itu setiap kali anda malas coba ingat-ingat lagi alasan kenapa anda perlu melakukan hal itu. Misalnya, ketika anda malas pergi kuliah, ingatlan bahwa ada orang tua yang capek-capek membiayai anda dan anda ingin membahagiakan mereka.

Ketika anda malas bekerja, ingat bahwa ada hutang yang harus anda bayar, ada istri dan anak yang harus anda nafkahi atau hal-hal lain yang sesuai dengan kondisi anda saat ini.

4. Jauhi Tombol Shut Down

Coba anda ingat, suatu waktu anda pasti pernah merasa down, malas, futur dan sejenisnya. Sebelum itu anda pasti pernah melakukan sesuatu yang melatarbelakangi munculnya berbagai rasa negatif tersebut.

Misalnya anda selalu mengingat-ingat masa lalu anda dan hal itu menjadikan anda malas untuk berubah dan hijrah. Atau anda sibuk stalking medsos laki-laki yang sekarang sudah menjadi suami orang lain dan hal itu menjadikan anda futur bukan main.

Nah, jangan lakukan hal-hal itu karena disitulah tombol shut down anda. Maka ubah sikap anda dan temukan tombol turn on anda. Segala sesuatu pasti berlaku hokum sebab akibat, ingat sebabnya dan hindari itu agar rasa malas tidak betah lama-lama bersama anda.

5. Buat Target Yang Realistis dan Terukur

Bila anda sering merasa malas saat mengerjakan tugas yang sifatnya deadline, cara ini bisa jadi cara menghilangkan malas yang paling cocok untuk anda. Mengapa? Jika anda memiliki target yang tidak realistis dan tidak terukur, kemungkinan besar rasa malas justru akan datang.

Misalnya, anda memiliki tugas membuat tulisan yang membutuhkan waktu efektif pengerjaannya adalah 5 jam setiap harinya. Namun anda kurang memperhitungkan detail kegiatan anda sehari-hari. Faktanya anda membutuhkan waktu untuk keperluan pribadi 2-3 jam, sehingga waktu efektif yang anda miliki kurang dari 5 jam setiap harinya.

Maka yang terjadi anda akan stress dan menjadi malas untuk menyelesaikan tugas anda. Karena malas juga bisa muncul disaat pikiran stress dan buntu mencari jalan keluar. Oleh karena itu, buat target se-realistis mungkin dan yang sesuai dengan kapasitas anda. Semakin detail anda membuat perencanaan dan target maka semakin bersemangat anda untuk mengerjakannya.

6. Hilangkan Kebiasaan Duduk atau Berbaring Sebelum Waktu Istirahat

Disiplin akan waktu adalah cara ampuh menghilangkan rasa malas. Sebelum waktu istirahat tiba jangan pernah duduk atau berbaring di sofa, tempat tidur atau tempat-tempat nyaman lainnya meski dengan alasan sekedar meluruskan kaki dan punggung.

Tanpa disadari, ketika anda duduk atau berbaring di tempat yang membuat anda nyaman maka rasa malas akan semakin sulit dihindari. Terlebih jika anda duduk sambil nonton, main Hp atau ngobrol dengan teman. Oleh karena itu, hindari kegiatan duduk dan berbaring sebelum waktunya agar tidak terjangkit rasa malas.

7. Motivasi Diri Sendiri

Motivasi baik dari diri sendiri atau orang lain sangat berpengaruh untuk menghilangkan rasa malas. Motivasi yang kuat sangat ampuh untuk menjadikan kita bersemangat melakukan suatu hal. Sebagai contoh, ketika libur biasanya orang akan malas untuk mandi pagi. Namun hal ini tidak akan terjadi jika ada motivasi besar misal mandi adalah wajib baik libur atau tidak karena bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Dengan begitu maka lambat laun rasa malas akan pergi dan Anda akan mengerjakan hal yang tadinya terasa sulit menjadi lebih ikhlas atau sukarela. Jika masih belum bisa, minta bantuan orang terdekat untuk memotivasi Anda agar dapat mengusir rasa malas.

8. Menghadiahi Diri Sendiri

Meski terdengar aneh namun memberi hadiah terhadap diri sendiri bisa menjadi cara untuk menghilangkan rasa malas. Jangan sungkan untuk menghadiahi diri sendiri setiap kali anda berhasil melawan rasa malas.

Tidak perlu dengan sesuatu yang besar dan mahal, misalnya anda bisa dengan memberi ucapan selamat kepada diri anda karena telah melakukan sesuatu tanpa rasa malas. Bisa juga dengan sesuatu yang lebih, misal ketika anda berhasil melawan rasa malas anda akan membeli makanan favorit anda. Terdengar menyasyikan bukan?

9. Olahraga rutin

Tahukah anda bahwa tubuh yang kekurangan asupan nutrisi dan vitamin serta jarang berolahraga juga merupakan pemicu munculnya rasa malas. Jika setiap hari anda rutin berolah raga, maka rasa semangat akan tertanam dan energy tubuh akan powerfull sehingga semangat untuk melakukan banyak hal.

Olahraga secara rutin bisa dilakukan dalam sedikit waktu, misalnya 15 menit setiap pagi dengan jogging atau senam. Buatlah variasi misal dengan berenang atau futsal dengan teman-teman anda.

10. Periksa Makanan dan Minuman yang Anda Konsumsi

Rasa malas biasanya juga dibarengi dengan rasa gampang capek, lesu, ngantuk dan lainnya. Tahukah anda bahwa hal-hal semacam itu berkaitan dengan makanan dan minuman yang masuk ke tubuh anda?

Sebagai contoh anda mengkonsumsi mie instan yang membutuhkan proses pencernaan oleh tubuh selama 3 hari. Maka dalam tubuh anda yang terjadi adalah proses mencerna mie tersebut sehingga tubuh cepat capek.

Contoh lain adalah konsumsi gula yang berlebih, hal ini dapat menjadikan tubuh cepat lupa dan gampang gantuk.

11. Mencuci Muka atau Mandi

Mencuci muka atau jika diperlukan mandi sangat efektif untuk menghilangkan rasa malas terutama ketika mengantuk. Seringkali ketika belajar atau kerja rasa kantuk muncul dan menjadikan kita malas untuk melanjutkan aktifitas. Nah, pergi ke kamar mandi untuk sekedar cuci muka atau mandi jika merasa ngantuk, gerah dan berkeringat akan menjadikan anda kembali bersemangat.

12. Ganti Posisi Duduk

Ketika anda merasa tidak nyaman dengan posisi duduk jangan dibiarkan, karena hal ini bisa memicu anda untuk malas. Cobalah untuk berdiri dan berganti posisi duduk. Jika perlu, geser posisi kursi atau bangku tempat duduk anda.

13. Jernihkan Pikiran dan Lingkungan yang Kondusif

Seringkali sebagai manusia kita memiliki banyak hal yang kita pikirkan. Namun, ketika masalah itu hanya kita pikirkan tanpa berusahan untuk mencari solusi dan menyelesaikan satu per satu, yang terjadi adalah anda akan semakin malas.

Kondisikan pikiran anda dari hal-hal yang mengganggu, misalnya anda perlu meminta maaf kepada seseorang maka lakukanlah, sehingga anda tidak akan malas menghadiri pertemuan yang disitu anda harus bertemu orang yang tidak ingin anda temui.

Atau bereskan lingkungan anda seperti merapikan berkas-berkas, menyapu ruangan atau membuang sampah dan hal –hal lain yang membuat anda tidak nyaman berada di ruangan tersebut. Perasaan tidak nyaman semacam ini bisa jadi penyebab rasa malas muncul.

14. Ingat Waktu dan Kematian

Waktu adalah modal berharga dalam hidup, sayang banyak manusia yang kurang menghargai waktu. Tuhan memberikan jatah waktu kepada kita dan semua itu hanya Allah yang mengetahuinya. Sedangkan kita kadang tanpa bersalah membuang-buang waktu karena menuruti rasa malas.

Jika kita mau mengingat betapa waktu itu sangat berharga dan semua manusia akan mati maka siapapun tidak akan berani bermalas-malasan. Hanya orang yang merugi yang mau mengisi waktunya dengan hal yang tidak bermanfaat dan tanpa disadari umurnya, jatah hidupnya semakin berkurang.

15. Membulatkan Tekad

Rasa malas sebenarnya gejala bukan inti masalah. Anda perlu mengenali penyebabnya sebelum mencari cara untuk menghilangkannya. Sebagai contoh rasa malas yang muncul akibat kurang mood, tidak ada inspirasi, lelah, dll. Pertama anda harus menghilangkan penyebab-penyebab itu sendiri.

Jika anda merasa lelah anda bisa beristirahat sejenak baru melanjutkan pekerjaan anda. Bila anda merasa kurang mood, buat dorongan berupa motivasi agar anda termotivasi. Apapun yang menghalangi anda sebaiknya dihilangkan terlebih dahulu. Bulatkan tekad dan kerjakan apa yang memang perlu anda kerjakan.

16. Cari Lingkungan yang Kondusif

Lingkungan tempat anda berada saat ini tanpa anda sadari sangat mempengaruhi cara berpikir dan bersikap anda. Jika anda merasa malas di rumah cobalah untuk keluar dan bergabung bersama orang-orang yang bersemangat di luar sana.

Anda juga bisa mengikuti berbagai komunitas berisi orang-orang yang sevisi dengan anda sehingga anda bersemangat melakukan tugas dan tanggung jawab anda.

17. Awasi Pikiran Anda

Apa-apa yang kita pikirkan sebenarnya itulah yang terwujud dalam tindakan. Jika anda tidak peduli dengan lintasan-lintasan pikiran di otak anda maka pikiran-pikiran buruk dan negatif yang akan mendominasi sehingga muncul rasa malas atau rasa lain yang buruk.

Awasi pikiran anda, sesekali fokus dan coba piker dengan hati-hati, penuh pertimbangan dan kejernihan. Benarkah apa yang anda lakukan saat ini? Tepatkan keputusan yang anda ambil? Jika yang terjadi ternyata tidak seperti yang seharusnya, maka saat itulah anda harus membuang lintasan pikiran yang tidak berguna dan memilih untuk melakukan hal-hal yang positif meski membutuhkan perjuangan.

18. Lakukan (Just Do It)

Jika anda pikir-pikir ulang, rasa malas adalah perasaan yang ada di benak anda saja. Maka ketika anda malas melakukan satu hal cara menghilangkan rasa tersebut justru dengan melakukan hal tersebut. Jangan biarkan perasaan anda menguasi diri anda.

Misalnya anda malas untuk bangun pagi, maka cara menghilangkan rasa malas ini adalah dengan bangun pagi. Caranya bisa dengan menghidupkan alarm, meminta bantuan teman/ortu, tidur tidak terlalu larut, dll.

Paksa diri anda untuk bertindak, kadang-kadang pemaksaan adalah solusi terbaik. Awalnya karena dipaksa, lama-lama akan terpaksa dan menjadi biasa.

19. Pikirkan Manfaatnya Bukan Kesulitannya

Salah satu penyebab rasa malas muncul adalah pikiran negatif berupa memikirkan kesulitan-kesulitan yang nantinya bakal dihadapi. Hal ini sangat mempengaruhi motivasi seseorang untuk melakukan sesuatu. Cobalah berfikir berbeda dengan memikirkan manfaat dan hal-hal yang baik yang akan anda dapatkan jika anda melakukan suatu hal. Dengan demikian anda akan bersemangat dan terhindar dari rasa malas.

20. Berdoa

Perlu diketahui di dunia ini ada yang namanya hukum sebab akibat, hanya saja ada kondisi dimana hukum sebab akibat ini kadang  tidak berlaku. Disaat seperti itulah anda membutuhkan pertolongan dari Allah karena Dialah Dzat Yang Maha Mengatur dan Maha Kuasa.

Meski telah berusaha sekuat tenaga, jangan lupa untuk disertai dengan doa. Dengan demikian anda akan semakin semangat karena dengan berdoa anda kan merasa bahwa apa yang anda lakukan saat ini adalah cara anda untuk berikhtiar. Adapun untuk hasil, cukup serahnya semuanya pada Allah.

Meski rasa malas adalah sesuatu yang normal dan manusiawi, namun bukan berarti anda bisa mendiamkannya. Jika malas itu sesuatu yang normal maka kembali bersemangat adalah hal yang normal pula. Jadi yang perlu anda lakukan adalah mencoba cara-cara menghilangkan rasa malas setiap kali rasa malas muncul. Sebab layaknya mandi sebagai pembersih tatkala kotor, motivasi juga demikian, efektinya tidak untuk selamanya namun perlu dicari lagi dan lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here