Home Kesehatan 10 Cara Jitu Hilangkan Stress Dalam Waktu yang Singkat

10 Cara Jitu Hilangkan Stress Dalam Waktu yang Singkat

127
0
SHARE

Tujuan manusia pada hakikinya sama, yakni ingin mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Namun hidup tentu tidak selalu berjalan mulus, bahkan masalah justru menjadi bagian dari kehidupan itu sendiri. Dengan kata lain, tidak ada manusia yang akan luput dari sebuah masalah, karena Tuhan menjadikan masalah sebagai bagian dari skenario kehidupan setiap manusia.

Namun tidak setiap manusia mampu menanggapi setiap masalahnya dengan enjoy. Beberapa orang justru bisa saja mengalami stress akibat dari masalah yang dihadapinya. Bahkan, bisa dikatakan setiap orang pernah mengalami stress. Lalu, faktor apa saja yang bisa menyebabkan stress?

Ketahuilah 5 Penyebab Stress Yang Paling Umum

1. Masalah Ekonomi

Masalah ekonomi menjadi salah satu masalah yang sering dihadapi oleh masyarakat. Ya, hidup tentu tidak selamanya memposisikan kita pada posisi atas, ada saatnya kita dibawah, dan pada saat inilah manusia bisa sangat terbebani hingga mengalami stress. Contohnya adalah, ketika diwaktu yang bersamaan, seseorang kehilangan pekerjaan, sedangkan banyak tagihan hutang yang perlu dilunasi. Pada saat inilah manusia bisa merasa tertekan hingga menimbulkan stress.

2. Masalah Keluarga

Penyebab kedua yang bisa saja menyebabkan stress adalah saat seseorang dihadapkan dengan masalah keluarganya. Jelas keluarga merupakan bagian yang sangat penting karena adanya ikatan sedarah. Namun justru karena itulah, ketika terjadi masalah dalam lingkungan keluarga, maka stress bisa saja terjadi.

3. Masalah Percintaan

Masalah percintaan juga bisa menyebabkan stress. Apalagi jika masalah percintaan tersebut melibatkan cinta suami dan istri, atau pasangan yang hampir saja akan menikah.

4. Masalah Pekerjaan

Pekerjaan merupakan kebutuhan bagi manusia. Dengan mendapatkan upah dari bekerja, maka manusia bisa bertahan hidup. Maka wajar saja jika masalah pekerjaan bisa menjadi salah satu faktor penyebab timbulnya stress.

5. Terlalu Banyak Pekerjaan/Tuntutan/Tekanan

Tidak memiliki pekerjaan bisa menimbulkan stress, namun terlalu banyak pekerjaan ternyata juga bisa menyebabkan stress. Hal ini dikarenakan banyaknya pekerjaan membuat seseorang merasa dituntut atau ditekan dan tidak memiliki kebebasan. Dengan kata lain, rasa tertekan atau tuntutan yang berasal dari pekerjaan ataupun hal lainnya, tentu bisa menyebabkan stress.  Hal ini dikarenakan, tuntutan dan tekanan bisa membuat seseorang tidak bisa tidur dengan nyaman, gelisah, hingga stress.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan stress. Tetapi, setiap masalah tentu ada solusinya, termasuk solusi untuk menghilangkan rasa stress. Nah, berikut tipsnya untuk Anda agar bisa menghilangkan rasa stress:

Cara Menghilangkan Stress Yang Bisa Kamu Lakukan dengan Cukup Murah

1. Lakukan Meditasi

meditasi

Melakukan meditasi bisa menjadi cara yang mampu mengurangi bahkan termasuk cara menghilangkan stress. Dengan demikian, lakukanlah kegiatan meditasi ini. Caranya adalah dengan bernafas, fokuskan pada firikan, detak jantung, detak nadi, dan hilangkan segala fikiran negatif dalam diri Anda. lakukan meditasi ini ditempat yang sejuk dan hening dan rutinlah melakukan meditasi, dan carilah tata cara meditasi yang baik dan benar sesuai kenyamanan Anda.

2. Tidur Secukupnya

tidur

Tidur secukupnya juga bisa menjadi alternatif cara menghilangkan stress. Dengan demikian, tidurlah secukupnya sekitar 8 jam. Cara ini bisa memperbaiki sistem kerja tubuh, dan lebih  semangat menghadapi esok hari. Memang tidak mudah tidur yang nyaman saat sedang stress, namun cobalah lakukan kegiatan yang padat, hingga Anda merasa lelah. Rasa lelah akan mendorong Anda untuk tidur lebih mudah. Jangan lupa berendam lebih dulu sebelum tidur agar tidur Anda lebih nyaman.

3. Lakukan Kegiatan yang Anda Senangi

hal-menyenangkan

Cara menghilangkan stress berikutnya, Anda juga bisa melakukannya dengan membuat daftar hal yang Anda senangi dan lakukanlah hal tersebut satu persatu. Contohnya seperti mendengarkan musik, bertemu dengan sahabat, atau orang terkasih Anda. Habiskanlah waktu bersama mereka, tertawa bersama dan lupakanlah segala masalah yang ada.

Untuk lebih rileks, Anda juga bisa memanjakan diri dengan spa, berendam, dipijat, dll.

4. Perbanyak Kegiatan Positif dan Sibukkan Fikiran Anda Pada Hal Tersebut

Memperbanyak kegiatan positif tentu akan membuat mindset Anda juga lebih berfikir positif. Maka cara lain untuk menghilangkan stress adalah dengan memperbanyak kegiatan positif dan sibukkanlah fikiran Anda dengan hal tersebut.

5. Teriak Sepuasnya

teriak

Rasa stress timbul akibat merasa ditekan. Maka cara menghilangkan stress akibat tekanan ini adalah dengan mengeluarkan segala hal yang mengganjal dalam hati dan fikiran Anda. Anda bisa mengungkapkan isi hatinya pada orang yang Anda percaya, serta berteriak sepuasnya. Cara ini terbukti mampu hilangkan stress.

6. Jangan Biarkan Diri Anda Berlama-lama Sendiri

Ada saat dimana Anda butuh waktu untuk sendiri, apalagi saat sedang stress. Namun pastikan Anda tidak terlarut dalam kesendirian. Hal ini justru akan membuat fikiran Anda semakin terasa lebih rumit. Maka hindarilah terlalu banyak menyendiri. Banyaklah berkumpul baik dengan keluarga maupun sahabat-sahabat Anda. Cara menghilangkan stress cukup mudah, yaitu dengan bergaul dan berkumpul dengan teman-teman.

7. Cobalah Untuk Selalu Berfikir Positif

think-positif

Ingatlah bahwa setiap manusia tentu memiliki masalahnya masing-masing. Dengan demikian, cobalah tumbuhkan mindet positif dalam diri Anda. Ingatlah bahwa masalah akan membuat Anda belajar untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Ini adalah salah satu cara menghilangkan stress bahkan bisa untuk mencegah stress kembali lagi.

8. Olah Raga

Olah raga tidak hanya penting bagi kesehatan tumbuh, lebih dari itu, olah raga juga bisa menghilangkan stress. Dengan demikian, cobalah berolah raga secara rutin, khususnya gerakan yang akan membuat Anda lebih bersemangat.

9. Seks

Seks dengan pasangan bisa menjadi salah satu cara menghilangkan stress Anda. Seks bisa meningkatkan sirkulasi darah, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan sistem imun, membakar hingga 420 kalori, serta memperbaiki tonus otot sehingga mampu bekerja lebih baik.

10. Bersyukur, Ikhlas dan Percayakan Semua Pada Tuhanmu

Cara lain yang bisa Anda lakukan agar bisa menghilangkan stress adalah dengan bersyukur, dan ikhlas. Ya, Anda mungkin memiliki masalah berat dalam diri Anda, namun tentunya masih banyak orang yang masalahnya lebih besar dari Anda. Disinilah Anda perlu bersyukur. Selanjutnya, cobalah ikhlas dan yakinlah bahwa apapun yang terjadi jelas akan mengajarkan Anda untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Percayakanlah semuanya pada Tuhan, karena dengan ikhlas, dan percaya sepenuhnya pada Tuhan, Anda bisa menghadapi setiap masalah dengan lebih ringan.

Stress merupakan hal yang umum terjadi pada manusia, karena lagi-lagi manusia memang tidak akan luput dari masalah. Maka dengan demikian, anggaplah masalah merupakan hal biasa agar Anda bisa menghadapi masalah apapun dengan positive thinking dan senyuman.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here