Home Tips 9 Cara Mengusir Tikus yang Paling Ampuh dan Murah

9 Cara Mengusir Tikus yang Paling Ampuh dan Murah

982
0
SHARE

Cara Mengusir Tikus – Tikus memang hewan yang dianggap menjengkelkan. Selain karena baunya yang  tidak sedap, tikus juga sering meninggalkan kotoran sembarangan sehingga menambah rasa jengkel pada hewan yang bahkan bisa merusak furniture kayu ini. Maka wajar saja jika berbagai cara akan dilakukan oleh masyarakat untuk bisa mengusir tikus.

Salah satu cara yang sering dilakukan masyarakat untuk bisa mengusir tikus, adalah dengan memasang perangkap tikus. Biasanya perangkap tersebut dibuat dari lem tikus, yang disimpan makanan disekitarnya. Tujuannya adalah agar ketika tikus tersebut mengambil makanannya, tubuhnya justru terjebak dengan lem hingga tidak bisa bergerak.

Cara ini memang terbilang ampuh atasi tikus. Sayangnya, cara ini sebenarnya hanya bisa mengurangi populasi tikus saja. Dengan kata lain, sangat mungkin sekali tikus tersebut kembali lagi, atau bahkan datang dengan jumlah yang lebih banyak dari sebelumnya. Mengerikan bukan jika terjadi demikian?

Terlebih, tikus tidak hanya menjengkelkan karena baunya ataupun kotorannya yang bisa ditemukan disembarang tempat, tikus bahkan dengan mudah masuk pada lemari kamu, hingga kemudian merusak furniture kamu dan bahkan merusak baju kamu. Kesel ya?

Wajar ko jika kamu kesal. Itu sebabnya, tikus harus diusir dengan cara alami, ampuh dan jitu. Dengan demikian, tikus tidak akan berani merusak furniture kamu, atau sekedar nongol lagi diruangan kamu. Nah, bagi kamu yang sedang mencari cara paling tepat usir tikut, langsung saja, inilah 9 cara alami, ampuh dan jitu usir tikus:

9 Cara Alami, Ampuh dan Jitu Usir Tikus

Tikus memang bisa diatasi dengan berbagai cara, baik menggunakan lem tikus atau dengan penyemprotan bahan kimia. Namun, cara tersebut tentu saja tidak baik bagi kesehatan manusia. kamu perlu menemukan cara yang tepat, yang tidak hanya bisa atasi tikus, tetapi cara tersebut juga aman bagi kesehatan kamu. Nah, berikut ini merupakan 9 cara alami, ampuh dan jitu usir tikus:

1. Pelihara Jangkrik

Tahukan kamu bahwa ternyata jangkrik bisa mengusir tikus? Meski jangkrik memiliki postur tubuh yang lebih kecil dari tikus, tapi binatang jenis serangga ini ternyata bisa membuat tikus kabur karena suaranya. Ya, tikus sangat tidak menyukai suara jangkrik. Dengan demikian, jika kamu memelihara jangkrik, maka percayalah, sedikit demi sedikit tikus dirumahmu akan berkurang.

Lebih dari itu, suara jangkrik bahkan membuat tikus enggan memasuki rumah kamu. Nah, simple bukan? Hanya dengan memelihara jangkrik saja, tanpa harus berlari mengejar tikus tersebut atau repot menyemprot bahan kimia, kamu sudah bisa membuat tikut enggan kembali mampir kerumahmu.

Dan yang pasti, cara ini juga tidak berbahaya bagi kesehatan kamu bukan? Kamu juga perlu terlalu banyak memelihara jangkrik, karena 1-3 suara jangkrik saja sudah bisa membuat jengkel dan langsung pergi dari rumahmu.

2. Usir Tikus dengan Buah Durian

Cara alami, ampuh dan jitu lainnya yang bisa kamu gunakan untuk mengusir tikus, adalah dengan menggunakan buah durian. Ya, buah-buahan yang harganya cukup tinggi ini ternyata tidak hanya bisa dinikmati saja. Lebih dari itu, durian juga bisa jadi solusi untuk mengusir tikus disekitar rumah kamu.

Mengapa? Karena durian memiliki bau yang sangat tidak disukai oleh tikus, hingga hanya dengan mencium baunya saja, maka tikus akan secara otomatis pergi dari rumah kamu. Sederhana bukan? Caranya juga sederhanya, kamu hanya perlu meletakkan kulit durian dilubang yang biasa tikus masuki. Cara ini tentu tidak hanya sederhana, tetapi juga tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh kamu. Dan yang pasti, gak ribet bukan?

3. Memelihara Kucing atau Ular

Memelihara kucing dan ular bisa menjadi cara lain untuk mengusir tikus. Kucing yang memang doyan memakan tikus, tentu akan dengan senang hati membantu kamu mengurangi populasi tikus disekitar rumahmu. Dengan demikian, kamu tidak hanya memiliki hewan peliharaan yang lucu, tetapi hewan tersebut juga bisa membantu kamu membasmi tikus yang menjengkelkan.

Selain tikus, hewan peliharaan lain yang juga akan membantu kamu mengurangi populasi tikus adalah ular. Ular juga hewan pemakan tikus, hingga dengan memilihara ular, secara otomatis tikus akan berkurang karenanya. Tikus bahkan sangat takut dengan ular, hingga hanya melihatnya saja, tikus akan langsung kabur dari rumahmu.

4. Usir Tikus dengan Kapur Barus

Tikus juga sangat tidak menyukai kapur barus. Dengan demikian, coba goreskan kapur barus pada area dimana tikus sering berkeliaran.

Goreskan atau taburkan dengan banyak, karena semakin banyak kapur barus, maka tikus akan semakin ingin pergi dari rumah kamu. Namun pastikan agar kamu langsung mencuci tangan setelah menggunakan kapur barus. Kapur ini cukup berbahaya jika sampai menempel ditangan, lalu kamu lupa tidak mencuci tangan dan langsung memakan makanan.

5. Usir Tikus dengan Buah Mengkudu

Bau mengkudu ternyata tidak hanya tidak disukai oleh mangkudu, tetapi juga tidak disukai oleh tikus. Dengan demikian, kamu hanya perlu menyimpan buah mengkudu ini pada lubang tikus. Secara otomatis, tikus akan pergi dengan sendirinya.

6. Usir Tikus dengan Bawang Merah

Bawang merang juga bisa menjadi cara aman dan alami lainnya mengusir tikus. Kamu hanya perlu mengiris bawang merah tersebut, dan kemudian menyebarkannya di bagian yang sering dilalui tikus. Bau dari bawang merah sangat tidak disukai tikus, hingga tikus akan langsung pergi hanya dengan mencium sedikit bau bawang merah saja.

7. Usir Tikus dengan Bedak Bayi

Cara sederhana usir tikus lainnya adalah dengan menggunakan bedak bayi. Kamu hanya perlu menaburkan bedak bayi pada bagian-bagian yang sering dilalui tikus. Cara ini memang tidak terlalu efektif jika dibandingkan dengan cara lainnya. Namun jika sering ditaburi bedak bayi, maka tikus akan jera dengan sendirinya.

8. Membuat Cairan dari Saus Cabai, Air dan Deterjen

Cara mengusir tikus lainnya adalah dengan membuat cairan dari saus, cabai, air dan deterjen. Campurkan cairan tersebut kemudian semprotkan saat kamu melihat tikus. Dengan menyemprotkan cairan ini, maka tikus akan kepanasan hingga tidak berani kembali lagi. Namun, hati-hatilah dengan cairan ini, karena jika terkena kulit tentu akan sangat panas.

9. Tangkap dan Warnai Satu Tikus

Ini merupakan cara yang paling unik untuk mengusir tikus. Yakni dengan menangkap satu tikus, kemudian mewarnainya. Ketika tikus kembali pada kelompoknya, tikus lain akan takut dengan tikus yang diwarnai, hingga pergi dengan sendirinya. Simple bukan? Namun cara ini memang perlu dilakukan oleh mereka yang memang tidak geli saat memegang dan mewarnai tikus. Selain itu, gunakan pula pewarna yang cerah, agar saat tikus itu kembali pada kelompoknya, tikus lain akan sangat ketakutan.

Jadi, kamu bisa mengusir tikus-tikus lain hanya karena mewarnai satu tikus saja. Cara yang unik, dan tentunya alami bukan?

7 Pencegahan agar Rumah Terbebas dari Tikus

Mencegah jelas lebih baik dari pada mengobati, dengan demikian, agar tidak ribet ngusir tikus, lakukanlah 7 pencegahan agar rumah terbebas dari tikus, berikut ini:

  1. Jaga Kebersihan Rumah

Sangat penting bagi kamu untuk rutin menjaga kebersihan rumahmu. Dengan sering membersihkan rumah, maka itu artinya kamu juga akan terhindar dari tikus rumah. Oleh karena itu, seringlah membersihkan bagian-bagian yang sering didatangi tikus seperti dapur, kamar mandi, dll.

Pada dasarnya, tikus sebenarnya tidak akan muncul dalam lingkungan yang bersih. Tikus sangat menyukai tempat yang kotor. Oleh karena itu, ciptakan rumah yang nyaman dan bersih dengan rutin merapikan segala perabotan rumah kamu.

Penting juga untuk kamu membersihkan lemari pakaian, lemari tempat alat makan, lemari TV ataupun lemari hiasan, dan beragam furniture lainnya. Dengan rutin menjaga kebersihan rumah kamu, maka percayalah bahwa tikus tidak hanya akan pergi dari rumahmu, tetapi juga enggan untuk kembali.

2. Rajin Memotong Rumput di Taman

Memiliki taman memang sangat baik bagi kesehatan rumahmu. Adanya taman tentu akan membuat rumah lebih sejuk hingga akan sangat baik pula bagi sistem pernafasanmu. Namun, jika taman tidak dirawat, maka taman kamu akan jadi rumah bagi tikus.

Oleh karena itu, rutinlah memotong rumput di tamanmu. Selain itu, jaga pula kebersihannya dengan sering menyapu taman, membakar daun keringnya, dll.

3. Hindari Terlalu Banyak Menanam Tanaman Bersemak Tinggi

Tikus sangat senang bersembunyi di semak belukar yang tinggi. Terlebih jika semak-semak tersebut dalam kondisi bahas, tikus bahkan akan berlama-lama diam ditempat tersebut. Dengan demikian, hindari menanam tanaman bersemak tinggi, agar tikus tidak diam disekitarnya. Jika tikus sudah nyaman berad disemak belukar disekitar rumahmu, maka akan sangat mungkin bagi tikus untuk masuk kerumahmu.

4. Rutin Membersihkan Pot Tanaman

Tikus sangat senang bersembunyi di pot. Dengan demikian, rutinlah membersihkan pot tanaman kamu, karena jika tidak, tikus akan merusak pot dan juga merusak tanaman yang sudah susah payah kamu rawat.

5. Rutin Membersihkan Got Rumah

Tikus got tentunya bukan jenis tikus yang asing ditelinga. Ya, tikus ini sangat senang diam disaluran-saluran berair yang kotor dan bau. Maka jika kamu tidak rutin membersihkan got atau aliran air disekitar rumahmu, jangan salahkan tikus jika senang mampir ke got bahkan mampir kerumahmu.

Membersihkan got rumah bisa dilakukan minimal satu bulan sekali. Agar tidak sulit, kamu bisa membersihkannya saat hujan, agar aliran air lebih mudah dan membawa kotoran dalam got rumahmu. Dengan rutin membersihkan got rumah, maka tikus juga tidak mungkin akan mampir ke got kamu ataupun ke got rumah kamu.

6. Jaga Makanan

Untuk mencegah datangnya tikus, kamu juga harus menjaga makanan khususnya lauk pauk kamu. Tutuplah makanan kamu dengan penutupnya serapih mungkin. Simpan pula pada tempat seharusnya, agar tikus tidak sembarangan mengambil makananmu.

7. Buang Sampah Pada Tempatnya

Membuang sampah sembarangan tidak hanya baik bagi kebersihan lingkungan kamu. Dengan disiplin membuang sampah pada tempatnya, maka tikus juga tidak akan menghampiri rumahmu. Mengapa? Karena tikus sangat suka berdiam dalam tumpukkan sampah, sehingga sangat mungkin bagi tikus datang kerumahmu jika kamu tidak disiplin membuang sampah.

Selain rutin membuang sampah pada tempatnya, sangat dianjurkan pula bagi kamu agar sampah tersebut langsung dibakar. Dengan langsung membakar sampah, maka tikus juga tidak akan menemukan tempat bernaung, karena tempat tikus diam adalah tempat kotor seperti tumpukan sampah.

Dari uraian diatas, bisa disimpukan bahwa sebenarnya banyak cara alami dan aman dalam mengusir tikus, tanpa harus membahayakan kesehatan kamu. Namun, mencegah jelas lebih baik dari pada mengobati.

Dengan demikian, jagalah kebersihan rumah dan lingkungan kamu, agar tikus tidak masuk kerumahmu dan merusak furniture atau barang-barang kamu lainnya. Selain itu, jika kamu ingin mengusir tikus, gunakanlah cara yang memang tidak hanya ampuh, tetapi juga akan bagi kamu dan pastinya aman bagi kesehatan kamu. Dengan demikian, kamu bisa mengatasi tikus tanpa mengancam jiwamu ataupun mengorbankan kesehatanmu.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here