Home Tips 13 Cara Move On dari Sang Mantan Ini Perlu Kamu Coba

13 Cara Move On dari Sang Mantan Ini Perlu Kamu Coba

434
0
SHARE

Cara Move On dari Mantan – Hakikinya cinta adalah keindahan. Cinta bahkan bisa membuat hal yang biasa menjadi luar biasa, khususnya bagi pelaku dari cinta itu sendiri. Namun, untuk beberapa saat, cinta dianggap sebagai salah satu penyebab dari kesedihan yang menciptakan luka. Adalah ketika cinta tersebut terpaksa perlu diakhiri, hingga bahkan keindahan yang sudah terangkai sebelumnya perlu dihilangkan dalam ingatan sampai pada batas waktu yang tidak bisa ditentukan.

Kenapa tidak bisa ditentukan? Karena luka selepas kehilangan cinta adalah tergantung pada seberapa dalam kamu mencinta. Semakin besar rasa sayang kamu, maka biasanya, akan semakin sakit saat “putus” harus menjadi keputusan akhir dari jalinan cinta yang sudah terajut. Lebih dari itu, dalamnya luka hati juga bisa menjadi tolak ukur, seberapa lama kamu mampu bangkit dari keterpurukan kamu, bangkit dari bayang-bayang si dia yang acap kali berputaran dalam ingatan.

Wih, terkesan sendu ya. Tapi guys, bangkit dari keterpurukan pasca putus itu sebenarnya menjadi mudah. Semuanya tergantung dari cara kamu menyikapinya. Nah, dari pada bingung, berikut 13 cara bangkit dari keterpurukan pasca putus, atau gaulnya, identik dengan istilah “move on”.

1. Ingatlah yang Harus Move On Duluan Adalah Hati Kamu, Bukan Status Kamu

Kebanyakan insan yang baru putus cinta jadi mendadak butuh perhatian lebih dan seakan haus akan kasih. Maka tidak sedikit dari pelaku cinta yang baru saja putus dari cintanya, justru memilih secepatnya mencari pengganti dari doi. Wah, yakin ini cara yang tepat? Guys, menghadirkan orang baru, dengan cara yang baru dalam mencintaimu, nyatanya bukan cara yang tepat dalam move on, karena hakikinya, meski kamu berada bersama orang baru, tetapi tetap masih hidup dengan luka lama kamu.

Sadar atau tidak, cara kamu ini justru akan menambah luka dihati kamu, dan tentunya melukai hati orang lain yang kamu jadikan pelarian. Dengan demikian, ingatlah bahwa yang perlu move on duluan adalah hati kamu, bukan status kamu. Dalam artinya, haruslah hati kamu dahulu yang ikhlas menerima kenyataan, dan bukan status kamu dengan dengan buru-buru kamu rubah dari jomblo menjadi pelaku cinta kembali.

Jadi, coba pikir-pikir lagi ya sebelum menjadikans eseorang sebagai pelarian kamu. Kasian loh, kamu juga tak ingin bukan dijadikan pelarian?

2. Ikhlaskan, Bukan Lupakan

Putus cinta memang membuat pikiran pelakunya menjadi sulit berfikir jernih. Biasanya, ia akan berusaha melupakan segala hal kenangan tentang mantan. Tapi ternyata, semakin dilupakan, bayang-bayangnya justru semakin melekat dalam ingatan dan dalam hati kamu. Yups! Cara tersebut memang kurang tepat guys. Hakikinya cinta adalah bukan untuk kamu lupakan, tapi untuk kamu ikhlaskan.

Bicara memang tidak semudah melakukannya. Tapi dengan belajar menanamkan rasa ikhlas dalam mindset dan hati kamu, maka percayalah, move on dari mantan akan lebih terasa ringan. Jadi ingat, ikhlaskan, bukan lupakan. Ikhlaskan bahwa dia mungkin bukan yang terbaik untuk kamu, dan ikhlaskan, agar Tuhan segera temukan kamu dengan cinta yang akan memberikanmu kehidupan yang lebih baik dan tentunya cinta yang lebih tulus.

3. Cintai Diri Kamu Sendiri

Kamu sayang sama dia? Yups. Jadi sangat wajar memang jika kamu begitu terpuruk saat ia yang kamu cinta tetiba pergi dari hidup kamu. Akan ada saat dimana hari kamu tentu berbeda saat ada dia dan tidak ada tidak. Kamu mungkin akan merasa bahwa harimu tak seindah dulu, dan tak seberwarna dulu, seperti ketika dia ada dan menemai setiap denting waktu kamu. But wait! Bukankah sebelum ada dia dalam hidup kamupun, kamu juga baik-baik saja bukan? Kalaupun saat itu kamu sedang sedih, tentunya tidak sesedih saat kehilangan dia bukan?

Dengan kata lain, jika sebelumnya tanpa diapun kamu bisa dan biasa, so, sekarang juga bisa dong, iya kan? Kamu boleh mencintai, bahkan mencitai adalah hal yang lumrah dalam hati manusia. tapi, lebih cintailah diri sendiri. Ingatlah bahwa saat kamu sedang terpuruk hingga bahkan membuat kegiatan kamu terbengkalai karenanya, bisa saja dia justru sedang tertawa, jalan-jalan, atau bahkan sedang mendekati sosok lain. Jadi, stop mengasihani diri sendiri. Kamu berhak bahagia dan tunjukkan bahwa dengan ataupun tanpa dia, hari kamu tetap berwarna.

4. Jangan Ragu untuk Berbagi dan Mengeluarkan Kesedihanmu

Cara move on yang mudah lainnya adalah dengan mencurahkan segala isi hati kamu pada orang yang kamu percayai. Entah itu orang tua, saudara, ataupun sahabat. Lebih baik lagi jika kamu mencurahkan isi hati pada Tuhan kamu, yang tentunya satu-satunya dzat yang Maha Mendamaikan hati hamba-Nya.

Jangan ragu untuk mengeluarkan semua unek-unek kamu. Jangan malu untuk menangis sepuasmu. Yang penting, setelah itu, ingatlah bahwa keluarga kamu lebih segala-galanya dari pada cinta yang justru memilih menyakiti ataupun meninggalkan kamu. Lanjutkan hidup kamu, dan lakukan hal-hal positif dalam hari-hari kamu.

5. Untuk Beberapa Saat, Jika Perlu, Hapus Semua Kontak Kamu Dengannya

Bukan hal yang mudah memang, menjadikan pacar selayaknya teman biasa saat hubungan kandas. Akan ada saat dimana semua menjadi terasa sulit kamu jalani hingga sesaat kamu perlu melupakan bahwa silaturahmi itu tak boleh terputus. Dengan demikian, untuk beberapa saat, kamu boleh ko, menghindar dan menjauh sejauh mungkin dari hidupnya. Kamu bisa menghapus semua media komunikasi kamu dengan dia, ntah itu dalam bentuk nomor HP atau sekedar memblokir social medianya.

Tapi guys, sebenarnya memblokir FB mantan bukanlah cara yang tepat. Kamu bakalan dipandang lemah oleh si mantan, dan dia mungkin tertawa atas kelemahan kamu tersebut. Dengan demikian, jika ingin menghindar darinya, maka cukup menghindar saja dari social media dan tunjukkan bahwa kamu sibuk. Dengan demikian, mantan akan menyimpulkan bahwa kamu biasa saja, dengan ataupun tanpa dia. Si dia juga akan berfikir bahwa kamu memiliki hati yang kuat dan tidak lemah, hingga mampu biasa saja jika hanya berteman melalui social media.

Bahkan kamu membutuhkan sosmed kamu, suatu saat nanti, untuk kamu tunjukkan bahwa, kamu justru menjadi diri yang lebih baik setelah kehilangan dia. Dan percayalah, itu akan membuatnya menyesal meninggalkan kamu.

6. Hindari hal-hal yang Mengingatkanmu Tentangnya

Cara lain yang bisa dilakukan agar bisa move on cepat dari mantan, adalah dengan menghindari dahulu pada hal-hal yang mengingatkan kamu kepadanya. Jangan asyik dengan kesedihan kamu dengan sering mengulang-ngulang lagu kenangan kamu bersamanya, atau sengaja datang ke tempat yang biasa kamu datangi bersamanya. Cintai diri kamu dan cobalah beberapa saat hindari segala hal tentangnya, dan fokus pada hal baru dalam hari kamu. Meski kegiatannya sama, tapi bukankah setiap hari selalu baru? Maka warnai hari kamu dengan hal-hal yang baru pula.

7. Persibukkan Diri dan Nikmati Setiap Prosesnya

Menyibukkan diri juga bisa menjadi cara jitu cepat move on dari mantan. Fokuslah pada kegiatan kamu atau bila perlu tambahlah dengan kegiatan positif lainnya. kemudian, nikmati setiap prosesnya, dan lihatlah, kamu akan menjadi pribadi yang baru dan lebih positif tentunya.

8. Lakukan Apa yang Kamu Suka

Kamu tentunya tahu hal-hal apa saja yang bisa membuat kamu nyaman, tertawa, dan tenang. Dengan demikian, lakukanlah semua hal yang kamu sukai tersebut. Nikmati setiap hal yang kamu jalani tanpa flash back mengingat mantan.

9. Lakukan Hal-hal Baru dan Temui Orang-orang Baru disekitarmu

Jika kegiatan kamu dirasa kurang padat, maka isilah dengan kegiatan baru lainnya. jangan biarkan waktu kamu kosong, kecuali jika untuk beristirahat. Kamu bisa ikuti beberapa komunitas yang tentunya akan membuat kamu bertemu dengan orang-orang baru dan tentunya memiliki kegiatan-kegiatan baru. Pastikan kegiatan tersebut merupakan kegiatan positif yang kamu sukai, ataupun yang menantang, agar kamu menikmati setiap eventnya.

10. Tunjukkan Bahwa Kamu Justru Lebih Baik Setelah Putus dari Dia

Jika sebelumnya kamu dikenal sebagai pribadi yang biasa saja, tidak berprestasi, tidak aktif dalam komunitas, dll, maka tunjukkan padanya bahwa justru setelah putus dari si dia, kamu justru menjadi diri yang lebih baik yang bahkan tidak dia sangka sebelumnya. Inilah alasan mengapa memblokir social media mantan sebenarnya bukan cara yang tepat, karena justru dengan social medialah, kamu bisa menunjukkan bahwa kamu menjadi diri yang lebih baik, terutama jika kamu dan dia berada di lokasi yang berbeda. Akan lebih baik tentunya jika kamu dan dia berada pada satu lingkungan yang sama, sehingga dia bisa melihat secara langsung bagaimana kamu menjadi lebih baik justru setelah kehilangan dia.

11. Ubah Penampilan Kamu

Jika biasanya kamu tidak memperhatikan penampilan kamu, maka mulai dari sekarang ubahlah penampilan kamu. Jadilah diri yang lebih menarik hingga dia menyesal telah meninggalkan kamu. Mulailah banyak membaca majalah fashion ataupun tata cara bermake up untuk perempuan. Untuk laki-laki, kamu juga bisa mencari tahu bagaimana gara rambut yang pas dan style yang pas buat kamu. Nikmati setiap proses perubahan tersebut dan lihatlah bagaimana dia akan memang kamu sebagai diri yang baru, yang lebih baik tentunya.

12. Jika Sudah Dirasa Cukup Menyendiri, Kembalilah Menjadi Diri Kamu yang Baru dalam Hidupnya

Untuk beberapa saat, kamu pastinya butuh waktu sendiri. Kamu juga akan merasa butuh untuk menjauh dari dia dan segala hal tentangnya. Hal ini memang wajar dan tidak masalah. Namun, jika kamu sudah memahami hikmah dari perpisahan kamu dengannya, dan kamu sudah mulai bisa menerima keadaan, maka kembalilah menjadi diri yang baru dalam hidupnya. Ini bukan berarti kamu harus balikan sama dia, namun, kamu hanya perlu membuat dia memandang kamu menjadi pribadi yang lebih baik. Yakni kamu yang lebih berprestasi, kamu dengan karakter sikap yang lebih baik, dan tentunya dengan fashion yang lebih menarik. Jika sudah begini, percayalah kamu ga cuma bisa move on cepat, tetapi dia juga bahkan bisa menyesal sudah meninggalkan kamu.

13. Ingatlah Bahwa The Right One Sedang Menantimu

Ingatlah bahwa Tuhan tidak akan mengambil sesuatu dari kamu kecuali menggantinya dengan yang lebih baik. Jadi, percaya saja pada Tuhan, bahwa kepergian dia adalah untuk Tuhan hadirkan kebahagiaan yang lebih berkah dalam hari-hari kamu. Namun, ini tentunya hanya bisa kamu dapatkan jika kamu sudah ikhlas telah kehilangan dia. Dengan demikian, ikhlaslah, maka Tuhan akan hadirkan sosok baru dalam hidup kamu, yang harus kamu temui dengan kamu yang baru, hati yang baru yang lebih bahagia, dan bukan dengan kamu yang masih teringat akan masa lalu.

Guys, percaya atau tidak, suatu saat nanti, kamu justru akan mengetawai dirimu sendiri saat mengingat kamu yang terpuruk hanya karena dia yang memilih meninggalkan kamu. Kamu akan merasa bahwa tak seharusnya kamu seperti itu. Jadi, cintailah diri kamu sendiri dan pilihlah untuk bahagia.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here