Home Pengetahuan 5 Contoh Kata Pengantar Makalah, Karya Ilmiah, Proposal, Skripsi, dan Laporan (Super...

5 Contoh Kata Pengantar Makalah, Karya Ilmiah, Proposal, Skripsi, dan Laporan (Super Lengkap)

511
0
SHARE

Kata pengantar merupakan bagian dari kerangka karya tulis yang berisi ucapan terima kasih serta gambaran karya tulis, yang tidak bertele-tele. Peran dari kata pengantar jelas sangat penting dalam sebuah pembuatan karya tulis, karena kata pengantar akan memberikan gambaran pada pembaca mengenari deskripsi general sebuah penelitian.

Kata pengantar yang juga berisi ucapan terima kasih jelas akan menjadi bentuk penghargaan kecil bagi pihak yang mendukung selesainya karya tersebut.

Kata pengantar itu sendiri bisa ditemukan nyari disetiap jenis karya tulis, seperti makalah, proposal, skripsi, dll. Konten dari kaa pengantar itu sendiri jelas sangat dipengaruhi oleh sebuah karya tulis. Dengan kata lain, kata pengantar makalah jelas akan berbeda dengan kata pengantar skripsi.

Nah, agar kamu bisa lebih memahami perbedaannya, berikut definisi dan contoh kata pengantar pada makalah, karya ilmiah, proposal, skripsi, dan kata pengantar sebuah laporan:

Contoh Kata Pengantar Makalah

Makalah merupakan karya tulis bersifat akademis dimana didalamnya berisi hasil dari penelitian yang dibahas bab per bab. Dalam makalah biasanya terdapat bab pendahuluan, teori, hingga kesimpulan. Kata pengantar itu sendiri merupakan kerangka dari makalah. Adapun contoh kata pengantar makalah adalah sebagai berikut:

Assalamualaikum Wr. Wb,

Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT, karena berkat ridho-Nya, kami bisa menyelesaikan makalah sistem tata surya ini tepat pada waktunya.

Makalah ini ditujukan untuk memenuhi tugas akhir Fisika, kelas 12 IPA, semester genap tahun ajaran 2015/2016.

Kami mengucapkan terima kasih sedalam-dalamnya, kepada pihak-pihak yang telah membantu proses penyusunan makalah ini, hingga makalah yang membahas mengenai proses terjadinya gerhana matahari ini tidak hanya bisa selesai tepat pada waktunya, tetapi juga tersusun sesuai rencana yang didiskusikan. Tanpa dukungan dan bantuan tersebut, hambatan ataupun kekurangan mungkin saja bisa kami alami hingga tidak bisa menyelesaikan makalah pada waktu yang diharuskan.

Kami menyadari sepenuhnya bahwa makalah ini tidak sempurna. Tentunya masih banyak kekurangan dan kesalahan didalamnya, baik dalam konten maupun sistematikanya. Dengan demikian, kami mengharapkan kritik dan saran dari pembaca, guna proses pembelajaran bagi kami agar bisa membuat makalah yang lebih baik lagi kedepannya. Semoga makalah ini bermanfaat bagi pembaca guna mengetahui lebih dalam akan proses terjadinya gerhana matahari. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

 

Bandung, 14 mei 2016

Azka Safita

 

Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah

Karya ilmiah adalah sejenis karya akademik yang membahas laporan hasil penelitian secara gamblang.

Puji sykur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Pemurah, yang telah memberikan izin-Nya kepada kami hingga bisa menyelesaikan karya ilmiah yang berjudul “Penyebab Umum Munculnya Penyakit Hipertensi pada Wanita”.

Tugas ini ditujukan guna memenuhi tugas biologi yang membahas mengenai penyebab hipertenti. Penyakit ini kerap kali banyak dialami oleh wanita, khususnya yang sudah memasuki usia 35 tahun keatas. Namun nyatanya, hipertensi juga mulai merabah kaum perempuan yang usianya masih dibawah 30 sekalipun. Dengan kata lain, penyakit ini banyak diderita oleh wanita dibanding laki-laki, hingga penelitian ini dispesifikan pada penyebab hipertensi kaum wanita.

Kami ucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu kami menyelesaikan tugas ini dengan baik, khususnya:

  1. Ibu Dewi Lestari, selaku dosen mata kuliah Ilmu Biologi Dasar
  2. Ketua Rt, 03 Kampung Rambutan yang telah mengizinkan kami meneliti didaerahnya.
  3. Ibu-ibu warga Kampung Rambutan Rt.03 yang telah berpartisipasi mendukung penelitian kami.
  4. Semua pihak yang turut membantu kelancaran penelitian kami.

Kami menyadari betul masih banyaknya kekurangan dari karya ilmiah kami. Dengan demikian kami sangat mengharap kritik dan saran dari pembaca guna pembelajaran bagi kami. Semoga karya ilmiah kami bermanfaat, terima kasih atas perhatiannya.

 

Penyusun,

Kelompok V

 

Contoh Proposal Skripsi Bahasa

Proposal biasanya dibuat guna mengajuan sebuah kegiatan, baik berupa seminar maupun penelitian. Sama halnya dengan makalah dan karya ilmiah, kata pengantar juga sangat penting dalam penyusunan proposal. Berikut contoh kata pengantar proposal

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, yang atas izin-Nya, saya bisa menyelesaikan proposal dengan judul “Student Translation VS Google Translate” ini. Proposal ini ditujukan guna memenuhi syarat penyusunan skripsi.

Saya ucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya pada pihak-pihak yang telah membantu saya dalam proses penyelesaian proposal skripsi saya ini:

  1. Dedi, M.A, selaku ketia jurusan prodi Bahasa Inggris, yang telah memberikan arahannya kepada saya.
  2. Surya, M.PD, selaku dosen pembimbing akademik saya yang telah memberikan pengarahan dan masukan dalam proses penyusunan proposal skripsi saya ini.
  3. Ibu Widia, M.Pd, selaku dosen skripsi saya, yang juga banyak memberikan masukan dan sarannya hingga proposal skripsi saya bisa selesai tepat pada waktunya.
  4. Mahasiswa jurusan Bahasa Inggris kelas D angkatan 2009 semester 6, yang bersedia menjadi partisipan dengan menerjemahkan beberapa tulisan dengan teknik terjemahan yang dikuasainya.

Saya sangat menyadari bahwa proposal skripsi saya masih jauh dari kata sempurna. Tentunya masih terdapat banyak kesalahan dan kekurangan didalamnya. Dengan demikian, saya harapkan adanya kritik dan saran dari pembaca, guna pembelajaran bagi saya agar bisa membuat karya tulis yang lebih baik lagi kedepannya.

Saya berharap proposal skripsi ini bisa memberikan banyak manfaat, khususnya pada adik-adik tingkat yang sedang mempelajari proposal skripsi. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Bandung, 17 Juni 2016

Zahra Ilma

Contoh Kata Pengantar Skripsi

Skripsi merupakan karya ilmiah yang lebih gamblang dari karya ilmiah biasa. Skripsi biasanya menjadi tugas akhir bagi mahasiswa S1, dan menjadi salah satu syarat meraaih gelar sarjana. Adapun contoh kata pengantar skripsi, diantaranya:

 

Puji syukur saya panjatkan kepada Allah SWT, yang atas ridho dan izin-Nya, saya bisa menyelesaikan skripsi yang membahas tentang perbedaan afiksasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris ini, tepat pada waktunya.

Saya ucapkan terimakasih sedalam-dalamnya, kepada pihak-pihak yang telah membantu, mendoakan, dan memotivasi saya, sehingga saya bisa melaksanakan sidang skripsi sesuai target saya. Tanpa bantuan, doa dan motivasi pihak-pihak tersebut, tentunya skripsi ini tidak akan selesai sesuai dengan keharusannya. Dengan demikian, sekali lagi saya ucapkan terima kasih, kepada:

  1. Keluarga tercinta, yang tidak hentinya mendoakan, dan mendukung setiap langkah saya menuju masa depan dan mimpi saya.
  2. Ibu Diana Yudisti Pangke, MA, selaku pembimbing skripsi saya yang selama 3 bulan ini memberikan banyak arahan hingga skripsi saya bisa selesai sesuai sistematika dan aturan yang berlaku.
  3. Ibu Sesilia Wijaya, M.Hum, selaku pembimbing skripsi saya, yang juga telah memberikan banyak masukannya, hingga skripsi saya bisa disetujui dengan mudah karena sudah sesuai dengan sistematik yang dianjurkan.
  4. Sahabat tercinta, Teguh, Weni, Delia, Roni, Meli, yang juga tak hentinya mendukung dan mendoakan saya, serta menghibur saat saya mulai merasa menyerah.
  5. Adik-adik Sastra Indonesia angkatan 2012, semester 4 kelas B, yang bersedia partisipan dalam memberikan tulisan dan komentarnya mengenai penggunaan afikasi Bahasa Indonesia.

Saya saya sepenuhnya bahwa skripsi saya tentu jauh dari kata sempurna. Masih banyak sekali kekurangan dan kesalahan didalamnya sehingga saya harapkan bisa mendapatkan kritik dan saran dari pembaca, guna menjadi pembelajaran bagi saya, agar bisa menyusun karya ilmiah lebih baik lagi kedepannya.

Saya harapkan skripsi ini bisa bermanfaat, terutama bagi adik-adik tingkat yang tentunya sedang mencari inspirasi bagi kajian skripsinya.

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

 

Jakarta, 12 Maret 2015

Althafunnisa

Contoh Kata Pengantar Laporan

Laporan adalah karya tulis yang didalamnya memberikan informasi, atau melaporkan hasil sebuah penelitian atau kegiatan.

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang atas curahan kasih sayang-Nya, kami bisa menyelesaikan kegiatan KKM dengan lancar dan dalam keadaan sehat.

Kegiatan KKM ini kami laksanakan di desa Gombong, Tasik, selama 3 bulan penuh, yang dilaksanakan pada 13 April- 14 Juni 2013. Kami melaksanakan berbagai kegiatan guna mendekatkan kami dengan masyarakat, seperti mengadakan pengajian rutin, membuka les gratis, mengadakan kegiatan Gombong sehat setiap minggunya dengan senam bersama, dll.

Kegiatan ini bertujuan guna membantu pembangunan daerah dan menerapkan berbagai kegiatan rutin yang diharapkan tetap dilaksanakan oleh warga meski dengan berakhirnya kegiatan KKM kami.

Dengan demikian, kami ucapkan terima kasih kepada piha-pihak yang telah membantu kelompok kami dalam menyelesaikan kegiatan KKM ini:

  1. Bapak Mulya Sicipto, M.Pd, selaku dosen pembimbing kelompok KKM 1 angkatan 2009.
  2. Bapak Budi Irawan, S.E, selalu kepala desa Gombong, Tasikmalaya yang telah mengizinkan kami melaksanakan berbagai kegiatan di desanya.
  3. Ibu-ibu PKK, desa Gombong, yang telah memberikan banyak masukan sekaligus membantu kami, dalam melaksanakan berbagai kegiatan di desanya.
  4. Para tokoh ulama, Mesjid An-nur dan mesjid Al-ikhlas, yang telah mengizinkan kami mengadakan pengajian rutin dimesjid tersebut, sekaligus banyak memberikan masukan dan bantuan atas terselenggaranya kegiatan religi kami di desa Gombong.
  5. Sekolah SDN 1 Gombong, MA An-nur, TK Bersama, dan SMP Wirakarya yang juga telah mengizinkan kami perpartisi menjadi pengajar, sekaligus mengadakan berbagai kegiatan disekolah tersebut.
  6. Warga desa Gombong, yang selalu antusias ikut berpartisipasi dalam mengikuti kegiatan yang kami selenggarakan, hingga sekaligus terjun membantu mensukseskan acara kami.

Sepenuhnya kami menyadari masih banyak kekurangan dan kesalahan dalam kegiatan dan penyusunan laporan KKM ini. Dengan demikian kami mengharapkan adanya kritik dan saran dari pembaca agar kami bisa membuat karya dan kegiatan yang lebih baik lagi. Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

Jakarta, 20 Juni 2013

Kelompok 1

 

Demikian 5 contoh kata pengantar dalam 5 karya ilmiah. Dari contoh dan definisinya, tentu bisa dilihat adanya perbedaan dari penyusunan setiap kata pengantar, yang disesuaikan dengan jenis karya tulis itu sendiri. Dengan demikian, sebelum membuat kata pengantar, pastikan kata pengantar kamu sesuai dengan jenis tulisannya.

Selain itu, meski hanya berupa kata pengantar, namun point ini jelas sangat penting guna mendukung point lainnya dalam sebuah karya tulis. Terkadang, mahasiswa melewati bagian kata pengantar ini karena dianggap tidak terlalu penting.

Padahal, jika sudah terbiasa membuat kata pengantar, kamu juga tentunya tidak akan kesulitan dalam membuat kata pengantar proposal skripsi, kata pengantar skripsi, atau kata pengantar jenis tulisan lainnya.

Ingat, jangan terlalu panjang dalam membuat kata pengantar. Untuk point ucapan terima kasih itu sendiri, pasti memang banyak yang membantu kamu dalam melaksanakan sebuah kegiatan atau penelitian, namun bukan berarti kamu harus mencantumkan semua partisipan. Cukup cantumkan pihak-pihak inti saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here