Home Inspirasi Contoh Surat Pengunduran Diri Buat Kamu yang Mau Resign

Contoh Surat Pengunduran Diri Buat Kamu yang Mau Resign

2897
0
SHARE

Saat kita akan mengundurkan diri dari pekerjaan, salah satu tahapnya adalah mengajukan surat resign atau surat pengunduran diri kerja kepada perusahaan tempat kita bekerja.

Surat pengunduran diri kerja ini harus diajukan sebelumnya. Tidak bisa seenaknya menyerahkan surat pengunduran diri bersamaan dengan kita berhenti dari pekerjaan saat itu.

Tenggang waktunya juga berbeda-beda, tergantung dari perusahaan itu sendiri.

Untuk perusahaan sekala besar, surat pengunduran diri harus diajukan minimal satu bulan sebelum kita keluar. Setelah mendapat persetujuan dan menyelesaikan kewajiban-kewajiban kepada perusahaan maka kita berhak untuk berhenti kerja pada waktu yang telah ditentukan.

Bagi yang baru pertama kali mengajukan resign dan tidak tahu seperti apa surat pengunduran diri pasti akan butuh beberapa referensi contoh surat pengunduran diri kerja.

Beberapa karyawan memutuskan untuk berhenti kerja karena sudah diterima di tempat kerja yang lebih baik. Ada juga yang berhenti kerja karena alasan tekanan di tempat kerja tidak sesuai dengan gaji yang diterima.

Beberapa yang lainnya karena tidak cocok dengan dengan atasannya. Pindah domisili, ikut keluarga/suami/istri juga merupakan salah satu alasan berhenti kerja. Dan masih banyak lagi alasan berhenti kerja lainnya.

Saat kita akan mengundurkan diri dari pekerjaan kita, perlu adanya pemberitahuan terlebih dahulu. Baik berupa lisan ataupun secara resmi tertulis berupa surat pengunduran diri kerja.

Untuk menjaga nama baik kita di perusahaan, memang sebaiknya kita keluar dengan prosedur yang berlaku di perusahaan itu. Dengan mengajukan surat pengunduran diri yang benar maka kita sudah mengikuti prosedur yang ada.

Surat adalah sarana komunikasi untuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain. Fungsinya mencakup lima hal: sarana pemberitahuan, permintaan, buah pikiran, dan gagasan; alat bukti tertulis; alat pengingat; bukti historis; dan pedoman kerja.

– Pengertian Surat menurut wikipedia

Jika mendadak keluar tanpa ada pemberitahuan kepada perusahaan, maka kita dianggap kabur dari tanggung jawab kerja. Apalagi untuk pekerja dengan sistem kontrak yang pada umumnya perusahaan menahan ijasah sebagai jaminan.

Apabila kita keluar tanpa ijin alias kabur secara diam-diam, maka sudah dipastikan kita tidak bisa mengambil ijasah yang menjadi jaminan di perusahaan. Untuk mengambilnya, perlu lewat jalur hukum atau harus bayar denda sesuai dengan perjanjian kerja.

Namun, apabila sudah terlanjur mengundurkan diri tanpa prosedur yang benar, maka kita harus terima konsekuensi tidak bisa menggunakan ijasah pada waktu tertentu selama ijasah masih ditahan. Sayang kan (?)

Oleh karena itu, surat pengunduran diri sangatlah diperlukan untuk menjaga nama baik kita sebagai perseorangan yang mungkin nanti akan bekerja di perusahaan lain.

Yuk, simak contoh surat resign atau contoh surat pengunduran diri kerja berikut. Mungkin di antara pembaca ada yang sedang membutuhkan referensi contoh surat resign sebagai berikut.

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Resmi

Jakarta, 26 Januari 2016

Kepada Yth.
HRD Manager
(Perusahaan Tempat Anda Bekerja)
di Tempat
Dengan Hormat,
Melalui surat ini, saya (Nama Anda) bermaksud untuk mengundurkan diri dari (Nama Perusahaan Tempat Bekerja) sebagai (Jabatan Terakhir di perusahaan), terhitung sejak tanggal (tanggal pengunduran diri anda).

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di (Nama Perusahaan Tempat Bekerja). Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen  (Nama Perusahaan Tempat Bekerja) apabila terdapat kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja.

Saya berharap selalu, (Nama Perusahaan Tempat Bekerja) dapat terus berkembang dan selalu mendapatkan yang terbaik.

Hormat Saya,

[Ttd.]
(Nama Lengkap Anda)

Contoh surat resing di atas adalah contoh surat pengunduran diri dari perusahaan. Format surat pengunduran diri yang nantinya akan kamu tulis bisa mengikuti fortmat surat resign di atas.

Contoh Surat Pengunduran diri Karyawan

Kepada Yth.
HRD Manager (Nama Perusahaan Tempat Bekerja)
di Tempat

Melalui surat ini, saya (Nama Anda) bermaksud untuk mengundurkan diri dari (Nama Perusahaan Tempat Bekerja) Sebagai (Jabatan Terakhir di Perusahaan), terhitung sejak tanggal (Tanggal pengunduran diri anda).

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di (Nama Perusahaan Tempat Bekerja).

Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen (Nama Perusahaan Tempat Bekerja) apabila terdapat kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja.Saya berharap selalu, (Nama Perusahaan Tempat Bekerja) dapat terus berkembang dan  selalu mendapatkan yang terbaik.

Jakarta, 24 Juli 2018

Hormat Saya,

[Ttd.]

(Nama Lengkap Anda)

 

Contoh Surat Resign Kerja

Jakarta, 25 Juli 2019
Perihal : Surat Pengunduran Diri (Resign)
Lampiran : 1 Lembar
Kepada Yth.
Bagian Personalia
PT. Tristar Finance
di Tempat

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,
Nama lengkap : Yudiatna
Jabatan : OB dan Messenger
Melalui surat ini, saya menyatakan untuk mengundurkan diri dari PT. Tristar Finance, sebagai OB dan Messenger Kantor Pusat, terhitung mulai tanggal 01 Agustus 2019.

Permohonan pengunduran diri ini, saya buat atas dasar kemaunan sendiri tanpa ada paksaan dari pihak manapun juga dan dengan pengunduran diri ini, saya tidak akan melakukan tuntutan apapun kepada pihak PT. Tristar Finance, serta selalu menjaga nama baik perusahaan.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh PT. Tristar Finance kepada saya untuk bekerja dan ilmu yang didapat dari perusahaan ini.

Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan, serta jajaran Manajemen & Direksi PT. Tristar Finance, apabila terdapat kesalahan yang telah saya perbuat selama bekerja.

Saya berharap, PT. Tristar Finance dapat terus berkembang dan selalu mendapatkan yang terbaik. Demikianlah surat pengunduran diri ini saya buat, atas perhatian dan kerja samanya saya ucapkan terima kasih.

Dibuat oleh,

[Ttd.]

Yudiatna

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Surat Pengunduran Diri

Nah, sebelum kita lanjut ke contoh-contoh surat pengunduran diri, perhatikan dulu beberapa poin berikut supaya saat membuat surat pengunduran diri bisa lebih baik.

1. Surat Pengunduran Diri Ditulis Secara Singkat, Jelas, dan Padat

Surat pengunduran diri sebaiknya ditulis dengan singkat, jelas dan padat. Tidak bertele-tele. Gunakan bahasa yang sopan dan lugas sebagai bahasa komunikasi dalam surat.

Dengan menggunakan bahasa yang sopan dan lugas, isi surat akan lebih tersampaikan dengan kesan yang lebih baik. Bagian HRD yang membaca surat ini pasti akan melihat iktikad baik kita melalui bahasa surat yang sopan.

Sejatinya perusahaan tidak memperkenankan karyawan terbaiknya mengundurkan diri tanpa ada alasan yang kuat. Ketika ada karyawan yang mengundurkan diri, apalagi karyawan itu memegang bagian yang strategis, maka perusahaan harus memikirkan gantinya yang sepadan.

2. Ucapan Terima Kasih yang Ditujukan kepada Perusahaan

Jangan sampai kita lupa menuliskan ucapan terima kasih kepada perusahaan yang telah mempekerjakan kita selama ini. Sebutlah jasa-jasa baik perusahaan selama kamu bekerja.

Rasa terima kasih yang kamu sampaikan melalui surat akan menambah iba pihak perusahaan. Hal ini bisa mempermudah pengajuan surat resign yang kamu ajukan.

3. Alasan Pengunduran Diri Harus Profesional dan Kuat

Alasan pengunduran diri memang harus jelas dan profesional. Jika kita menyebutkan alasan pengunduran diri hanya karena tidak cocok dengan atasan, maka hal ini tidak bisa dijadikan alasan yang kuat karena tidak profesional.

Contoh alasan yang termasuk kategori profesional di antaranya adalah pindah domisili karena ikut keluarga, sakit yang berkepanjangan atau parah yang menyebabkan kita tidak bisa bekerja dalam jangka waktu tertentu, keluar dari perusahaan karena mau mengurus usaha, dan masih banyak alasan lainnya.

Buatlah alasan pengunduran diri yang memang benar-benar kuat dan realistis. Mungkin tidak harus sesuai dengan kenyataan sebenarnya. Untuk beberapa alasan tertentu yang menyangkut perasaan atau alasan yang sensitif sebaiknya tidak diungkapkan secara langsung.

Ada baiknya kita menggunakan alasan lainnya, walaupun alasan yang sebenarnya bukan karena itu.

Sebagai contoh, kita ingin resign karena tidak cocok dengan pekerjaan atau kita mau keluar dari perusahaan karena sudah diterima di perusahaan lain. Sebaiknya alasan pengunduran diri yang diungkapkan diganti dengan alasan lainnya yang lebih tepat dan tidak menyinggung perusahaan.

4. Berikan Hadiah Berupa Barang yang Bermakna sebagai Kenang-Kenangan

Hadiah berupa suatu barang merupakan hal yang bisa meluluhkan hati seseorang. Dalam hal ini adalah pihak HRD yang akan menerima surat pengunduran diri dari kita.

Supaya lebih mudah disetujui, alangkah baiknya ditambahkan hadiah sebagai kenang-kenangan.

Dengan cara seperti ini, pengunduran diri kita akan terkesan positif di pihak perusahaan yang kita tinggalkan. Hadiah yang kita berikan mungkin tidak seberapa harganya, tapi ini bisa menjadi pengingat yang baik. Nama baik kita pun akan tetap terjaga kalau kita keluar dengan cara yang baik.

Loading...
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here