4 Gambaran Surga yang Penuh Kenikmatan Berdasarkan Al Quran

4 Gambaran Surga yang Penuh Kenikmatan Berdasarkan Al Quran

137
0
BAGIKAN
gambaran surga dan pakaian penghuni surga

GAMBARAN SURGA – Surga sudah dijanjikan oleh Allah untuk para hambaNya yang taat menjalani perintahNya serta menjauhi segala laranganNya.

Dengan kata lain, surga sudah dijanjikan bagi orang-orang yang beriman dan senantiasa berbuat kebajikan serta mengikuti ajaran Rasulullah SAW.

Lalu, Seperti apakah gambaran kehidupan surga itu? Secara umum, kehidupan di surga dipenuhi dengan berbagai kenikmatan dan kesenangan di dalamnya.

Di surga tidak ada orang tua, semua penghuninya berparas cantik dan tampan. Orang yang hidup di surga tidak akan pernah tua, semuanya dihidupkan kembali dalam keadaan muda layaknya umur 20-30 tahun.

Suasana di surga sangatlah sejuk. Berbagai mata air di surga mengalir dengan indah, membuat segar dan suasana di surga tidak panas dan juga tidak dingin.

Berikut ini adalah beberapa gambaran surga berdasarkan Al Quran dan Hadist dari Nabi Muhammad SAW. Yuk mari disimak.

1. Penghuni Surga Selalu Muda, Sehat dan Wangi

gambaran surga dan penghuninya

Para penghuni surga, berdasarkan dari hadist Rasulullah SAW, tidak akan pernah sakit. Hidupnya kekal abadi di dalam surga. Berbeda dengan manusia yang masih hidup di dunia, penghuni surga akan tetap muda tanpa mengalami penuaan.

Para penghuni surga akan mengalami kebahagiaan selamanya tanpa mengalami kesedihan. Tidak ada yang kan membuat sedih di dalam surga.

Hanya ada perasaan bahagia terus menerus di dalam surga karena kenikmatan-kenikmatan yang ada di dalamnya.

Pakaian para penghuni surga selalu apik dan. Badan selalu bugar dan sehat, tidak akan buang air atau kotoran. Hanya keluar keringat saja. Keringat yang keluar pun wangi.

Menurut Hadist Rasulullah SAW, Keadaan para penghuni surga selalu terlihat mulus, tampan dan bercelak. Mereka akan senantiasa muda dan pakaiannya tidak pernah lusuh. Golongan pertama yang masuk surga kelihatan seperti bulan purnama.

Mereka tidak pernah buang air kecil maupun buang air besar. Mereka tidak beringus dan meludah. Sisir mereka terbuat dari emas dan bejana mereka teruat dari misk.

Rasulullah SAW bersabda :

Sesungguhnya kalian akan tetap sehat dan tidak pernah sakit lagi, kalian akan tetap hidup dan tidak pernah mati lagi, kalian akan tetap muda dan tidak pernah tua renta lagi, kalian akan terus berbahagia, dan tidak pernah merasa sedih dan menderita lagi.” (Shahih Muslim)

2. Tersedia Minuman dan Makanan yang Nikmat

gambaran surga dan makanannya

Dalam surat Al Waqiah 14-24 dijelaskan bahwa para penghuni surga berada di atas dipan-dipan yang bertahtakan emas dan permata. Mereka bersandar saling berhadap-hadapan.

Mereka dikelilingi oleh anak–anak muda yang tetap muda, dengn membawa gelas, cerek dan sloki (piala) berisi minuman yang diambil dari air yang mengalir. Mereka tidak pening karenanya dan tidak pula mabuk.

Di surga tersedia buah-buahan apa pun yang mereka pilih serta daging burung apa pun yang mereka  inginkan. Dan ada bidadari-bidadari yang bermata indah, laksana mutiara yang tersimpan dengan baik.

Di surga, beberapa dari mereka berada di antara pohon bidara yang tidak berduri, pohon pisang yang bersusun-susun buahnya, dan naungan yang terbentang luas.

Airnya mengalir terus menerus, buah-buahan yang ada di surga sangat banyak, yang tidak berhenti berbuah dan tidak terlarang mengambilnya, dan kasur-kasur yang tebal serta empuk.

Dan berdasarkan surat Ar Rahman 52-55, Di dalam surga terdapat aneka buah-buahan yang berpasang-pasangan. Para penghuni surga bersandar di atas permadani yang bagiian dalamnya dari sutera tebal. Dan buah-buahan di surga, dapat dipetik dari dekat.

3. Bidadari-Bidadari Surga

gambaan surga dan bidadari

Salah satu kenikmatan yang akan Allah berikan kepada hamba-hambaNya yang beriman dan bertakwa di surgaNya kelak adalah para bidadari yang cantik jelita untuk menjadi teman dan isteri di surga.

Berdasarkan surat Ar Rahman 56-58, Di salam surga terdapat bidadari-bidadari yang mebatasi pandangan, yang tidak pernah disentuh manusia maupun oleh jin sebelumnya. Seakan-akan mereka itu permata yakut dan marjan.

Tidak ada kecantikan di dunia ini yang mampu menandingi kecantikan para bidadari surga. Bidadari-bidadari surga selalu perawan dan memiliki paras yang sangat indah.

Di dalam ayat yang lain pada surat Al Waqiah 35-37, Allah menciptakan bidadari di surga secara langsung, lalu Allah jadikan mereka perawan-perawan, yang penuh cinta dan sebaya umurnya dengan para penghuni surga.

 4. Pakaian Penghuni Surga

 

gambaran surga dan pakaiannya

Sebaik-baik pakaian adalah yang ada di surga yang terbuat dari sutera. Pakaiannya terbuat dari bahan yang terbaik. Bisa dibayangkan kalau sutera yang ada di dunia saja sangat halus dan enak dipakai, apalagi kalau sutera di surga.

Dalam surat Al Insan 21, Disebutkan bahwa mereka memakai pakaian sutera halus yang hijau dan sutera tebal dan dipakaikan kepada mereka gelang terbuat dari perak.

Dari keempat gambaran surga dalam Al Quran dan Hadist di atas, sudahkan kita merasa pantas untuk mendapatkan surgaNya.

Jika memang belum pantas, Semoga Allah jadikan kita termasuk sebagai calon-calon penghuni surgaNya kelak.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY