Home Inspirasi 13 Inspirasi Hiasan Dinding yang Bisa Membuat Kamu Betah di Rumah

13 Inspirasi Hiasan Dinding yang Bisa Membuat Kamu Betah di Rumah

15367
3
SHARE
Ruang Tamu dengan Hiasan Dinding Siluet Alam Liar
Ruang Tamu dengan Hiasan Dinding Siluet Alam Liar

HIASAN DINDING – Rumah dengan desain interior ruangan yang bagus dan menarik bisa menjadikan penghuninya betah berlama-lama di dalamnya. Desain interior rumah dengan gaya minimalis sekarang menjadi salah satu pilihan yang banyak diminati masyarakat karena kesederhanaannya.

Apalagi sekarang ini banyak rumah yang dibangun di atas lahan yang tidak begitu luas. Terutama rumah-rumah minimalis yang dibangun di komplek perumahan. Dengan lahan yang tidak lebih dari 200 meter pesegi, maka rumah yang dibangun pun harus di desain dengan sedemikian rupa sehingga bisa menjadi hunian yang nyaman dan bisa memberikan kesan luas bagi penghuninya.

Dengan ruangan yang tidak bisa dibilang luas, rumah minimalis harus memiliki desain interior ruangan yang cukup bagus. Di antara objek yang bisa dimaksimalkan untuk dekorasi interior ruangan adalah dinding. Termasuk dinding kamar tamu, ruang keluarga sampai kamar tidur juga tidak terlepas dari target yang bisa dimanfaatkan dindingnya.

Berikut ini adalah beberapa contoh hiasan dinding yang mungkin bisa menjadi alternatif untuk ditiru untuk rumah kamu.

13. Family Wood Scrabble

hiasan dinding dari kayu

Hiasan dinding dari kayu ini bertema keluarga. Kata yang tersusun secara vertikal maupun horizontal merupakan nama-nama dari anggota keluarga yang tinggal di rumah. Hiasan dinding seperti ini mungkin bisa jadi inspirasi untuk menghiasi dinding rumah kamu.

Jangan biasarkan kekosongan memenuhi dinding rumah kamu. Berkreasilah.

12. Tulisan Inspiratif sebagai Hiasan Dinding

hiasan dinding tulisan inspiratif

Tulisan inspiratif seperti ini bisa dijadikan sebagai hiasan dinding. Gaya penulisannya yang dibuat seperti tulisan tangan bisa menambah nilai seni pada dinding.

Hiasan dinding pada gambar bertuliskan “If you want to bring happiness to the whole world, go home and love your family” – yang artinya kira-kira seperti ini : Jika kamu ingin membawa kebahagiaan ke seluruh dunia, pulanglah ke rumah dan cintai keluargamu.

Hiasan dinding minimalis ini juga cocok dijadikan sebagai hiasan ruang tamu atau sekadar pajangan dinding.

11. Hiasan Dinding Ruang Tamu Bernuansa Alam

Hiasan Dinding Ruang Tamu
sumber : rumahbeton.com

Ruang tengah yang biasa dijadikan sebagai ruang keluarga ini didesain seminimal mungkin sehingga kesannya menjadi lebih luas. Dengan meletakkan satu sofa untuk santai bersama keluarga sambil nonton televisi juga sudah bisa menjadikan ruangan ini terlihat mewah dan tidak terlihat sempit.

Untuk menambah kesan membaur dengan alam, hiasan dinding seperti pada gambar sangatlah cocok digunakan sebagai dekorasi kamar tamu.

Bentuk gambar dekorasinya yang sederhana, tapi bisa mengisi kesan alamai ke seluruh ruangan. Dengan gambar ranting dan dedaunan serta satu burung yang bertengger sudah cukup mewakili gambaran alam yang hijau dan lestari.

Hiasan dinding ruang tamu kecil seperti ini biasanya sudah berbentuk seperti stiker dan biasanya dijual di online shop atau market place seperti tokopedia atau bukalapak. Cari saja dengan kata kunci “wall sticker”. Pilihlah stiker dinding yang kamu sukai dan cocokdengan ruangan yang akan kamu pasang dengan stiker dinding tadi.

10. Hiasan Dinding Bernuansa Kebun Binatang

Ruang Tamu dengan Hiasan Dinding Siluet Alam Liar
sumber : jpghoto.ru

Jika kamu ingin ruangan yang kamu tempati memiliki nuansa alam, hiasan dinding seperti gambar di atas mungkin bisa jadi salah satu pilihan untuk dijadikan sebagai dekorasi dinding ruangan. Dengan memasang wall sticker seperti ini, ruangan bakal menjadi seakan-akan berada di dekat alam liar yang bisa melihat siluet binatang-binatang dari kejauhan.

Hiasan dinding seperti ini cocok sekali dipasang di ruang tengah atau ruang keluarga. Suasana ruangan yang awalnya hanya dinding putih polos tanpa kesan apa-apa, kini sudah berubah menjadi lebih hidup. Seakan-akan dari ruangan ini kita bisa melihat bayangan hewan-hewan di luar sana, yang mirip seperti di padang rumput afrika dengan berbagai fauna-nya.

Bukan hanya menjadikan suasana ruangan lebih hidup, dari gambar hiasan dinding bergambar hewan ini pun kita bisa mengajari anak-anak kita yang masih kecil untuk mengenal dengan alam khususnya untuk bentuk hewan. Salah satu cara yang paling mudah untuk menggunakan hiasan dinding sebagai arena belajar anak yaitu dengan mein tebak gambar.

Dengan cara seperti ini, dijamin anak anda akan cepat mengenal bentuk dan nama-nama hewan tanpa harus ke kebun binatang.

9. Hiasan Dinding dari Kertas Berbentuk Kupu-Kupu

Hiasan dinding dari kertas berbentuk kupu-kupu
sumber : nolycorners.wordpress.com

Hiasan dinding yang satu ini bisa kamu buat sendiri sebagai dekorasi kamar atau dekorasi rumah. Bahannya pun sangat mudah didapatkan di toko-toko terdekat. Hanya dengan kertas manila atau kertas asturo, serta solasi bolak-balik alias selotip saja kamu sudah bisa membuat hiasan dinding seperti ini. Jangan lupa juga siapkan gunting untuk memotong polanya.

Tentunya kamu sudah kebayang kan bagaimana cara membuat kreasi hiasan dinding kupu-kupu kertas ini? Ini adalah salah satu contoh hiasan dinding handmade yang bisa kamu buat di rumah dengan mudah. Kalau masih belum tau caranya, simak dulu paparan cara pembuatan kupu-kupu dari kertas ini.

Cara membuat hiasan dinding kupu-kupu kertas
sumber :vemale.com

Caranya, potong kertas dengan bentuk persegi dengan sisi 10 cm. Setelah kertas dipotong-potong dengan bentuk persegi, lipatlah sehingga lipatannya terbagi menjadi dua bagian yang seimbang. Kemudian, baru deh dipotong dengan pola kupu-kupu (separuh).

Dengan cara seperti ini, otomatis kupu-kupu kertas akan terbentuk dengan seimbang antara sisi kanan dan sisi kiri. Untuk skala lainnya kamu bisa atur sendiri ukuran sisi perseginya, bisa 8cm, 15 cm atau 5cm, sesuai dengan selera kreatifitasmu.

Cara Membuat Hisan Dinding berbentuk Kupu-Kupu
sumber : iyaa.com

Setelah kertas sudah dipotong dengan pola kupu-kupu, tinggal lanjut ke bagian penempelan. Tempelkan selotip secukupnya pada bagian badan kupu yang akan ditempelkan nantinya ke dinding sehingga seolah-olah kupu-kupu kertas itu sedang menclok di dinding. Susunlah kupu-kupu kertas yang sudah diberi selotip di dinding kemudian tempelkan. Gampang kan caranya. Buat kamu yang mau mencoba, bisa juga ikuti pola-pola berikut ini:

Hiasan Dinding kupu-kupu kertas
sumber : qlapa.com
Hiasan Dinding Kupu-Kupu
sumber : alibaba.com

Hiasan dinding kupu-kupu ini bisa memberi kesan menarik sebagai dekorasi ruangan atau kamar kamu. Bisa jadi, temenmu yang berkunjung ke rumah akan takjub melihat banyak kupu-kupu di dalam rumah. Padahal kupu-kupu itu cuma imitasi dari kertas yang kamu buat semirip mungkin sehingga dari kejauhan seperti terlihat kupu-kupu asli.

8. Hiasan Dinding dengan Bingkai Kata-Kata

Hisan dinding Bingkai Kata-kata
sumber : pinterest.com

Tulisan yang dibingkai dengan apik bisa dijadikan sebagai hiasan dinding kelas yang menarik atau hiasan dinding kamar kamu. Tulisan yang bisa kamu desain sendiri selanjutnya dibingkai dengan bingkai warna hitam atau putih tergantung dari warna isinya.

Banyak rangkaian kata yang memiliki makna tersendiri bagi penghuni rumah, bisa jadi motivasi atau tulisan yang menjadi prinsip hidup. Dinding rumah dengan warna putih polos, dihias dengan beberapa bingkai tulisan bermakna atau berarti bagi kita, tentu saja dapat membangkitkan gairah hidup bagi siapa yang melihatnya. Terutama bagi penghuni rumah itu sendiri.

Bisa jadi kata-kata yang ada di hiasan dinding itu merupakan kata-kata penyemangat buat kita. Jadi tidak ada salahnya kita memilih kata-kata yang kita suka untuk dipasang sebagai dekorasi ruangan rumah kita.

7. Hiasan Dinding untuk Kafe

Hiasan dinding untuk kafe
sumber : frontantikorupsi.com

Banyak ide muncul dari sebuah tulisan. Dari sekedar joke sampai tulisan yang serius bisa menjadi ide yang segar di kala otak sedang macet. Jika kamu pemilik kafe atau pengelola kafe, hiasan bertema kata-kata nyleneh atau kata-kata lucu bisa kamu terapkan di dinding ruangan kafe.

Aplikasi tulisan bisa berbentuk kayu ditempel kertas yang sudah dicetak tulisan atau bisa juga dengan tulisan manual di media yang menarik dan unik.

Interior kafe seperti ini bisa menjadi inspirasi bagi para pengunjungnya. Bisa berbentuk kata bijak, kata-kata lucu bahkan kata-kata khas daerah. Ada yang bilang, kata-kata itu lebih kuat pengaruhnya dari pada tindakan. Dengan cara seperti ini kamu juga bisa mem-branding kafe dengan bermodal kata-kata saja.

Banyak sekali ide-ide yang bisa kamu terapkan pada hiasan dinding berbentuk tulisan seperti ini. Kalau kafe yang kamu kelola itu targetnya jomblo, kamu bisa pasang tulisan-tulisan bertema cinta dan kejombloan sehingga para jomblo juga merasa diakui keberadaanya ketika berada di kafe itu.

6. Hiasan Dinding dari Piring

Hiasan dinding dari piring
sumber : mooxis.com

Piring umumnya kita pakai sebagai tempat makan. Bejana yang satu ini memang kebanyakan terbuat dari bahan pecah belah. Ada yang bermotif, tapi secara umum piring yang kita gunakan untuk makan sehari-hari biasanya adalah piring polos.

Piring bermotif yang ada di pasaran biasanya diperuntukkan bukan sebagai alat makan sehari-hari. Dari bentuknya pun gak cuma lingkaran, ada yang kotak, oval dan bentuk lainnya.

Pada umumnya piring bermotif biasanya dimanfaatkan sebagai hiasan yang diletakkan di dalam lemari kaca seolah-olah piring sudah menjadi barang antik yang dipajang di museum. Nah, buat kamu yang ingin menjadikan piring bermotif ini menjadikan hiasan  yang tidak biasa, kamu bisa mencoba untuk membuat hiasan dinding ruang makan dari piring-piring ini.

Terus bagaimana cara untuk bisa meletakkan piring-piring ini di dinding secara vertikal? Mudah saja kok, idenya dengan menempelkan gantungan di belakang piring. Salah satu contohnya adalah seperti pada gambar berikut.

Gantungan Piring untuk menempelkan ke dinding
sumber : wikihow

Dengan cara seperti ini kamu sekarang bisa menggantungkan piring-piring yang akan kamu jadikan hiasan pada dinding.

Hiasan piring seperti ini lebih cocok jika kamu terapkan di ruang makan. Walaupun bisa juga dipasang di ruangan lainnya. Namun, hiasan piring akan lebih menarik ketika ditempatkan di ruang makan, karena bisa menambah dan menggugah selera makan seketika kita melihat piring yang ada di dinding seakan-akan piring-piring itu memanggil-manggil kita untuk makan di situ.

 5. Hiasan Dinding Minimalis

Hiasan dinding minimalis
sumber : wallpaperscaraft.com

Buat kamu yang menyukai dekorasi kamar minimalis tentunya menginginkan hiasan dinding yang minimalis juga. Dengan beberapa aplikasi figura kotak sebagai hiasan dinding kayu seperti pada gambar di ruangan yang tidak memiliki banyak perabot akan menambah kesan minimalis ruangan menjadi lebih sempurna.

Ditambah dengan 3 buah guci khas seperti pada gambar dengan memadukan warna kuning emas yang disamakan dengan bantal sofa menjadikan ruangan lebih menarik dan tetap dengan konsep ruangan minimalis. Tidak terlalu banyak perabot dan hiasan-hiasan yang menempel di dinding, dapat memberi kesan minimalis yang lebih kuat.

Kuncinya di sini adalah dengan memadukan maksimal 3 warna utama dan tidak banyak aksesoris, cukup hanya beberapa saja. Dengan maksimal 3 warna berbeda maka warna yang ketiga akan lebih mencolok. Dari contoh gambar di atas, warna utama adalah hitam dan putih, sedangkan warna yang ketiga adalah warna kuning emas.

Warna ketiga inilah yang akan menonjol dibandingkan kedua warna lainnya. Warna ketiga ini bisa saja kamu ganti dengan warna lainnya seperti warna merah, hijau atau biru. Asalkan warna utama yang menjadi dasar adalah warna putih dan warna hitam (coklat juga bisa yang penting masih dekat dengan warna hitam).

4. Hiasan Dinding dengan Tulisan Inspiratif

Hiasan dinding berbentuk bingkai tulisan
sumber : iemo.jp

Tulisan memang masih menjadi salah satu alat untuk mengekspresikan pikiran kita. Karena dengan kata-kata yang ditulis itu kita bisa mengabadikan opini atau hasil pemikiran kita sendiri atau orang lain. Tidak jarang kita mengambil kata-kata dari orang yang kita kagumi.

Seperti hadist-hadist yang merupakan ucapan dari Nabi Muhammad SAW yang perkataanya sampai dibukukan dalam kitab hadits. Bahkan perkataan orang-orang terkenal ini pun bisa sampai jadi sebuah peribahasa.

Untuk lebih mengabadikan dan bisa sering dilihat, beberapa orang membuatnya menjadi sebuah hiasan dinding yang berisi kata-kata mereka atau hasil daripemikirannya sendiri. Tidak jarang, kata-kata kita sendiri pun bisa menjadi sebuah pemikiran yang tidak kalah dengan kata-kata orang terkenal itu.

Dan dengan bangga, kita pun akan membuatnya menjadi sebuah hasil karya yang orisinil menjadi sebuah hiasan dinding dalam bentuk tulisan berbingkai dan dipajang di rumah.

3. Hiasan Dinding dari Barang Bekas

hiasan dinding dari barang bekas
sumber : okezone.com

Hiasan dinding berikutnya adalah sebuah hiasan yang terbilang unik, karena terbuat dari barang-barang bekas yang biasanya ada di dalam rumah kita dan sudah tidak terpakai. Dari gambar di atas, kita bisa melihat kalau ternyata barang-barang yang sudah tidak terpakai alias barang bekas bisa kita bingkai sehingga menjadi sebuah hasil karya seni yang menakjubkan.

Ada saringan teh yang dibingkai dengan bingkai yang artistik, jadilah sebuah hiasan yang cukup menggelitik. Kemudian bingkai yang kedua berisi susuk dan garpu yang bisa kita temukan di dapur. Dan yang ketiga, bingkainya berisi mixer manual yang sudah usang namun masih memiliki bentuk yang sempurna tanpa patahan sedikit pun.

Ketika orang melihat dekorasi dinding seperti ini di ruang tamu, pastinya mereka tidak akan mengira kalau alat-alat dapur yang biasa mereka gunakan ternyata memiliki nilai seni yang luar biasa ketika dikreasikan sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah karya seni yang apik.

2. Hiasan Dinding dari Kabel Lampu

Memanfaatkan Kabel menjadi Hiasan Dinding
sumber : balkonie.com

Berikutnya adalah hiasan dinding sederhana menggunakan kabel lampu. Kabel lampu biasanya disusun lurus langsung ke lampu supaya hemat dan kebanyakan kabel tersebut berwarna sama dengan warna tembok bahkan ada yang ikutan dicat bersama dengan tembok dengan harapan kabel tersebut tidak terlihat.

Nah, untuk kamu yang suka berkreasi dengan dinding, kamu bisa mencoba untuk membuat kabel lampu hiasan dinding seperti ini sebagai dekorasi dinding kamar. Untuk membuatnya memang perlu kabel yang cukup panjang, jadi usahakan kamu membeli kabel yang cukup lentur dan tidak terlalu besar untuk membuat hiasan seperti ini.

Sebelum kamu membeli kabel, buatlah pola gambar yang akan kamu pasangi jalur kabel kemudian ukur dengan menggunakan tali atau alat sejenisnya. Setelah diukur barulah kamu membeli kabel sesuai ukuran sehingga kabel yang dibeli tidak kurang dan tidak terlalu berlebihan.

Selain kabel, kamu juga harus membeli paku kabel secukupnya. Jika kabel dan paku kabel sudah kamu dapatkan, pasanglah kabel tadi sesuai dengan pola yang sudah kamu buat. Jangan lupa, pilihlah warna kabel yang memiliki warna kontras dengan warna tembok.

Carilah ruangan yang menurut kamu layak dipasang hiasan dinding seperti ini. Jangan dipasang disembarang tempat apalagi yang bisa dijangkau oleh anak kecil karena di dalam kabel ini bakal dialirkan listrik yang bisa membahayakan anak-anak. Jadi kalau bisa, pola kabel listrik ini harus berada di minimal ketinggian 1,5 meter.

Dengan ketentuan seperti ini,diharapkan bisa mengurangi risiko terhadap anak-anak karena kabel tidak bisa dijangkau langsung oleh mereka.

1. Stiker Hiasan Dinding Kamar Lucu

hiasan dinding kamar lucu untuk kamar anda

Hiasan dinding pada gambar di atas bukanlah lukisan tangan yang sengaja dibuat sang empunya rumah. Ternyata hiasan bunga dinding ini berupa stiker yang bisa dibeli di toko online. Ini adalah cara membuat hiasan dinding kamar yang cukup mudah.

Di China, stiker hiasan dinding kamar seperti ini dijual di beberapa toko online.

Salah satu market place online yang menjual stiker seperti ini adalah alibaba. Di sana kamu bisa menemukan banyak jenis dan macam gambar hiasan dinding yang lucu-lucu seperti ini.

Hiasan dinding kamar dari stiker

Kamu bisa menempelkan stiker hiasan dinding seperti pada gambar. Kamar akan terlihat lebih cantik ketika dipadukan dengan hiasan dinding lucu seperti ini.

Stiker ini juga cocok untuk dijadikan hiasan dinding kamar tidur kamu. Tidak perlu repot-repot untuk menggambar sendiri. Tinggal pilih stiker yang seperti apa lalu tempelkan pada sisi dinding yang kamu suka.

Stiker seperti ini juga cocok loh dijadikan sebagai hiasan dinding kelas. Terutama untuk kelas anak-anak. Seperti di TK atau SD.

Hiasan dinding unik seperti ini bisa membantu daya imajinasi anak kecil. Jadi bagi guru yang tidak mau repot menghias kelasnya, cukup gunakan stiker hiasan dinding seperti ini saja. Mudah kan.

 

Loading...

3 COMMENTS

  1. Terima kasih info tentang ini sangat bermanfaat.
    Rumah kamar minimalis, asri, dan bersih memang lebih banyak diminati oleh calon pembeli rumah.
    Semoga website ini terus menyajikan info yang menarik dan bermanfaat bagi pengunjung dan pembaca.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here