17 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Pernah Ada di Dunia

17 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Pernah Ada di Dunia

218
0
BAGIKAN

IKAN HIAS – Merupakan salah satu jenis hewan bertulang belakang yang hidup di air dengan memiliki berbagai macam keindahan yang bisa membuat kita terpukau. Salah satu jenis ikan hias aquarium yang banyak dipelihara adalah ikan hias air tawar.

Ikan hias air tawar banyak dijadikan sebagai peliharaan di rumah dan bisa ditempatkan di rumah dengan bermodal akuarium dan air tawar. Tidak seperti ikan air asin yang harus menggunakan air laut, ikan hias air tawar hanya menggunakan air tawar saja.

Menurut wikipedia, pengertian ikan hias adalah sebagai berikut :

Ikan hias adalah jenis ikan baik yang berhabitat di air tawar maupun di laut yang dipelihara bukan untuk konsumsi melainkan untuk memperindah taman/ruang tamu.

Cara merawat ikan hias air tawar pun tidak terlalu sulit, yang terpenting adalah menjaga lingkungan akuarium tetap sehat untuk ikan di dalamanya dan disiplin dalam memberi makan supaya ikan tidak mati karena kelaparan.

Makanan ikan hias bisa didapatkan di toko-toko ikan hias. Bisa berupa palet ataupun cacing yang dijual terpisah.

Dari sekian banyak jenis ikan hias air tawar, beberapa di antaranya masih banyak belum dikenal di kalangan orang awam.

Namun, tidak sedikit pula jenis ikan hias air tawar sudah sangat terkenal namanya di masyarakat bahkan sudah banyak dipelihara di rumah masing-masing. Berikut ini adalah macam-macam ikan hias air tawar yang mudah dipelihara di rumah.

1. Jenis Ikan Hias Air Tawar – Ikan Cupang

jenis ikan hias air tawar - cupang
Jenis ikan hias air tawar cupang – wiserwriter.wordpress.com

Salah satu jenis ikan hias kecil yang bisa kamu pelihara di rumah adalah ikan cupang. Jenis ikan hias ini memang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Ikan cupang memiliki tubuh yang mungil dengan sirip yang tergerai dengan warna-warni yang begitu indah.

Tidak jarang warna sirip dan ekornya ini yang menjadikan daya tarik bagi masyarakat untuk memeliharanya.

Di samping itu, kebiasaan unik dari ikan cupang adalah suka bertarung dengan sesama ikan cupang lainnya. Beberapa orang juga ada yang mengoleksi ikan cupang ini khusus untuk dijadikan sebagai ikan petarung.

Padahal dalam agama, hal seperti ini (mengadu hewan) tidak diperbolehkan dan termasuk kategori perbuatan dosa.

jenis ikan hias air tawar cupang
Jenis ikan hias air tawar cupang – cara.pro

Oleh karena itu, buat kamu yang ingin memelihara ikan cupang cukuplah memelihara saja. Jangan dipergunakan sebagai hewan aduan atau petarung. Dengan memiliki ikan hias seperti ini saja sudah bisa menghilangkan stress. Jika kita melihat keindahan warna-warni ikan ini, pikiran kita bisa menjadi lebih adem.

Perlu diperhatikan, jangan sekali-kali menampung ikan cupang dalam satu wadah. Apalagi jika ikannya satu jenis kelamin.

Hal ini dikarenakan agar tidak terjadi pertarungan sesama ikan cupang. Terutama jika ikan-ikan ditempatkan dalam toples yang ukurannya relatif kecil.

2. Jenis Ikan Hias Air Tawar – Ikan Koi

jenis ikan hias air tawar - ikan koi
Jenis ikan hias air tawar koi – binatang.net

Di budaya Timur, koi melambangkan keberanian, maskulinitas, dan kekuatan tujuan. Seperti di Jepang, koi merupakan simbol yang identik dengan Festival Hari Anak Laki-laki.

Pada festival ini, terdapat bendera ikan koi yang melambangkan masing-masing anggota keluarga.

Berbeda dengan budaya di Cina, mereka mempercayai bahwa kolam ikan koi bisa membawa keberuntungan. Sedangkan di dunia Barat, kolam koi diidentikkan dengan sumber kedamaian dan relaksasi.

Menurut sejarah, zaman dahulu ikan koi merupakan peliharaan para raja dan kaisar Jepang. Sebab, ikan koi dipercaya membawa keberuntungan dan mendatangkan aura positif. Begitu juga kepercayaan orang Tionghoa.

Ikan koi biasanya ditempatkan di kolam ikan hias khusus, yang didesain agar ikan ini bisa hidup dengan nyaman dan tetap bisa menjadi pemandangan yang indah.

Biasanya kolam ikan hias koi tidak terlalu dalam. Tinggi airnya berkisar antara 20-30 cm saja. Yang lebih utama untuk kolam ikan hias yaitu luasnya. Dengan kolam yang luas, maka ruang gerak ikan lebih bebas. Hal inibaik untuk perkembangan ikan.

3. Jenis Ikan Hias Air Tawar – Ikan Maskoki

ikan hias air tawar jenis ikan maskoki
Jenis ikan hias air tawar maskoki – hobiikanhias.com

Merupakan keluarga dari ikan mas hias yang memiliki nama latin Carassius auratus auratus dari familia Cyprinidae dan ordo Cypriniformes.

Ikan maskoki adalah salah satu varietas ikan mas hias yang memiliki mutasi tubuh bersirip ekor ganda dan berbentuk memampat bulat.

ikan mas sudah sejak ribuan tahun yang lalu dipelihara di daerah Tiongkok kuno. Pada masa itu, kebiasaan memelihara ikan mas sebagai ikan hias sudah sangat populer.

ikan hias air tawar jenis ikan maskoki
Jenis ikan hias air tawar maskoki – disinisaja.com

Beberapa jenis ikan maskoki memiliki benjolan pada kepalanya. Inilah yang menjadi daya tarik pada ikan maskoki. Keunikan yang ada pada badannya ini membuat orang ingin memelihara dan menjadikannya sebagai ikan hias di rumah.

Ikan hias maskoki memiliki berbagai macam warna, tetapi warna yang paing umum adalah warna orange atau kuning keemasan. Beberapa memiliki variasi warna dengan campuran putih dan hitam.

4. Jenis Ikan Hias Air Tawar – Ikan Arwana

ikan hias air tawarjenis arwana
Jenis ikan hias air tawar arwana – www.binatangpeliharaan.org

Asia Tenggara, khususnya Indonesia memiliki spesies ikan arwana asli yang berasal dari sungai setempat. Ikan Arwana asal asia ini, memiliki nama latin Scleropages formosus atau Siluk Merah.

Ikan arwana jenis ini memiliki badan yang panjang dan sirip dubur terletak jauh di belakang badan. Menurut mitos Tionghoa, ikan Arwana ini juga disebut sebagai “ikan Naga” karena seringnya dihubung-hubungkan dengan naga yang ada di mitos.

Jenis ikan ini sudah terbilang langka, apalagi dengan meningkatnya jumlah perdagangan ikan arwana karena memiliki nilai yang cukup menggiurkan sebagai ikan akuarium.

ikan hias air tawar jenis arwana
Jenis ikan hias air tawar arwana – arwanasuperred25.blogspot.com

Ikan arwana merupakan salah satu jenis ikan hias termahal dibanding ikan hias air tawar lainnya. Bahkan, di beberapa wilayah terdapat ikan arwana yang memiliki nilai jual yang fantastis. Jadi tidak heran kalau sekarang ikan arwana sudah menjadi barang langka di habitat aslinya.

Ciri fisik ikan arwana, tubuhnya pipih dan punggungnya datar, hampir sejajar dari mulut sampai sirip punggung. Bentuk mulutnya mengarah ke atas dan memiliki sepasang sungut pada bibir bagian bawah.

Letak sirip punggungnya berdekatan dengan pangkal ekor. Ikan arwana ini cenderung mengkilap dan cenderung memiliki warna keperak-perakan. Ikan Arwana ternyata termasuk jenis ikan purba yang sampai sekarang belum punah.

Untuk mendapatkan bibit ikan arwana, kamu bisa datang ke tempat budidaya ikan hias terdekat. Atau datang saja ke tempat jual ikan hias yang ada di kotamu.

Ikan hias ini biasanya dipelihara di dalam aquarium ikan hias yang berukuran lumayan besar karena panjang ikan ini lumayan panjang untuk ukuran ikan hias aquarium. Panjang Aquarium ikan hias untuk ikan arwana biasanya berkisar antara 90cm-120cm.

5. Jenis Ikan Hias Air Tawar – Ikan Louhan

ikan hias air tawar jenis louhan
Jenis ikan hias air tawar louhan – forum.detik.com

Pernahkah kamu memelihara ikan Louhan? Jenis ikan hias ini pada pertengahan 2005-2006 berada pada masa kejayaannya sebagai ikan hias yang terbilang sangat mahal.

Ikan ini memiliki corak yang khas pada bagian sisi tubuhnya. Beberapa di antaranya ada yang memiliki corak tulisan yang sangat jelas. Inilah yang menyebabkan ikan Louhan menjadi ikan hias yang sangat mahal pada masa itu.

Disamping coraknya yang khas, benjolan pada kepalanya pun menjadi daya tarik bagi para pemintanya. Semakin besar dan menonjol, harganya pun menjadi lebih mahal. Tidak hanya itu, warna ikan Louhan juga memiliki pesona yang kuat.

ikan hias air tawar jenis louhan
Jenis ikan hias air tawar louhan – aih-anekaikanhias.blogspot.com

Ini adalah gambar ikan hias Louhan yang memiliki warna yang indah.

Ikan Louhan merupakan ikan hias air tawar unik karena memiliki tonjolan pada bagian atas kepalanya saat dewasa. Tonjolan ini tumbuh semakin besar seiring dengan bertambahnya usia ikan Louhan. Bahkan tonjolan ini juga menjadikan daya tarik dan meningkatkan harga jual disamping motifnya yang indah.

Dengan berbalut corak tulisan dan warna yang indah, biasanya berwarna kemerah-merahan, dan ditambah dengan benjolan besar pada kepalanya, menjadikan ikan hias ini menjadi primadona pada kala itu. Hampir setiap orang memiliki ikan Loihan di akuarium rumahnya.

Ikan Louhan merupakan salah satu ikan hias air tawar terindah pada masanya dulu.

Banyak masyarakat yang memelikara ikan Louhan mulai dari bibit. Mereka berharap nantinya ada di antara bibit yang dipelihara akan ada yang menjadi ikan Louhan yang bisa memiliki harga fantastis.

Namun faktanya, musim ikan Louhan berakhir seperti berkahirnya musim batu bacan. Seiring dengan bertambahn banyaknya orang yang memiliki ikan Louhan, ikan ini akhirnya sudah tidak terlalu diminati lagi oleh masyarakat.

Mungkin karena bosan dan harganya yang cenderung turun drastis.

6. Jenis Ikan Hias Air Tawar – Ikan Discus

ikan hias air tawar jenis discus
Jenis ikan hias air tawar Discus – atagaleri.net

Ikan Discus bisa dikatakan sebagai ikan hias air tawar yang paling banyak disukai para penggemar ikan hias. Ikan Discus adalah jenis ikan akuarium yang populer di beberapa negara Asia, terutama di Indonesia.

Bentuk ikan hias ini mirip seperti CD disk. Oleh karena itu, namanya menjadi Ikan Discus. Bentuk ikan ini pipih sesuai namanya dusc-us, kemudian siripnya besar dan memanjang. Bagian mulut dan mata ikan ini kecil, warna matanya merah jadi penampilannya kelihatan segar. Panjang ikan ini bisa mencapai 12 hingga 25 cm.

ikan hias air tawar jenis discus
Jenis ikan hias air tawar Discus – duniaq.com

Ikan hias Discus merupakan spesies asli asal sungai Amazon, Brazil. Discus adalah salah satu dari tiga spesies ikan air tawar cichlid yang berasal dari lembah Sungai Amazon.

Warna ikan ini bervariasi tergantung tipe ikan ini, ada yang hijau, merah maupun cokelat. Di tubuhnya terdapat garis-garis vertikal yang biasa digunakan untuk mengelabuhi ikan lain atau kamuflase.

7. Jenis Ikan Hias Air Tawar – Ikan Oscar

ikan hias air tawar jenis oscar
Jenis ikan hias air tawar Oscar – cara.pro

Astronotus ocellatus adalah nama latin dari ikan Oscar yang merupakan keluarga dari cichlid. Habitat asal ikan hias ini berada di sungai Amazon. Ikan hias ini memang tidak setenar ikan hias lainnya yang memiliki warna dan bentuk yang indah. Namun ikan Oscar memiliki beberapa keunikan yang membuat penggemarnya rela merogoh kocek untuk memilikinya.

Ikan Oscar relatif memiliki umur yang panjang, bisa mencapai 10 s.d. 12 tahun. Ukuran tubuhnya bisa mencapai 40 cm, makanya akuarium yang digunakan untuk ikan Oscar harus berukuran besar supaya ruang geraknya lebih leluasa. Jika diperhatikan, ikan hias ini memang mirip dengan ikan yang biasa dikonsumsi yaitu ikan gurame.

ikan hias air tawar jenis oscar
Jenis ikan hias air tawar Discus – ikanhias-id.blogspot.co.id

Bentuk sirip dan badannya yang lebar memang menjadikan ikan hias ini mirip dengan ikan gurame atau ikan nila. Tetapi, ada yang membuat ikan ini berbeda dengan ikan pada umumnya.

Ikan Oscar memiliki variasi bermacam-macam dan memiliki warna yang lebih indah dibandingkan dengan ikan gurame. Hal inilah yang membuat ikan Oscar termasuk dalah kategori jenis ikan hias.

Ikan Oscar termasuk jenis ikan hias yang cukup ganas. sangat tidak disarankan jika dalam satu akuarium digabungkan dengan ikan lainnya yang lebih kecil, karena ikan oscar bisa menjadi predator bagi ikan lainnya.

8. Jenis Ikan Hias Air Tawar – Ikan Komet

Jenis ikan hias air tawar komet
Jenis ikan hias air tawar komet – kaskus.co.id

Ikan komet bukanlah jenis ikan hias air tawar asli dari Indonesia. Ikan komet mulai dikenal di Indonesia sekitar awal tahun 70-an. Ikan ini merupakan ikan asli asal Jepang yang masih satu keluarga dengan ikan mas. Motif warna pada tubuh ikan ini memang mirip seperti ikan koi, karena keduanya memang masih satu family Cyprinidae.

Yang menjadikan jenis ikan hias inimenarik adlah warnanya bukan bentuk tubuhnya. Pola warna pada ikan komet selalu terdiri minimal dua macam yaitu putih perak dan warna merah. Kedua warna ini mesti melakat pada tubuh ikan komet. Pola warnanya juga bermacam-macam.

Warna pada tubuh ikan komet tidak selalu bertempat pada bagian yang sama. Tidak jarang ikan komet ini memiliki kombinasi warna yang unik dan berbeda satu dengan yang lainnya.

Untuk membedakan jenis kelamin ikan komet pun tidak lah sulit. Untuk mengetahui jenis kelaminnya yaitu dengan memencet bagian dubur ikan. Ketika duburnya dipencet mengeluarkan cairan putih maka sudah bisa dipastikan kalau ikan tersebut adalah ikan komet jantan. Pada ikan komet betina tidak mengeluarkan cairan putih.

Ciri kelamin lainnya juga bisa dilihat dari tekstur kulit pada tutup insangnya. Jika permukaanya halus maka ikan tersebut adalah ikan komet betina.

9. Jenis Ikan Hias Air Tawar – Ikan Lemon

Jenis ikan hias air tawar lemon
Jenis ikan hias air tawar lemon – clickdong.com

Ikan Lemon termasuk jenis ikan yang rakus dan cenderung menyerang jenis ikan lainnya yang berukuran lebih kecil. Makanan yang masuk ke dalam akuarium akan langsung disambar oleh jenis ikan hias air tawar ini.

Sebaiknya jika kamu memelihara jenis ikan hias lemon, akuariumnya dipisah tersendiri. Tidak dicampur dengan ikan hias lainnya, terutama yang berukuran lebih kecil. Hal ini dimaksudkan agar ikan lainnya tidak terganggu dengan keganasan ikan lemon.

Ikan lemon adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang bisa hidup di air tawar dalam kondisi lingkungan apapun. Sebagai catatan, minimal air akuarium harus tetap jernih dan pasokan oksigennya tidak minim.

Untuk mengurangi level stres ikan lemon, sebaiknya ditambahkan batu karang dalam akuarium sehingga akan terlihat seperti habitat aslinya.

10. Jenis Ikan Hias Air Tawar – Ikan Silver Scat

Jenis ikan hias air tawar silver scat
Jenis ikan hias air tawar silver scat – akuariumhias.blogspot.com

Ikan Silver Scat merupakan jenis ikan hias air tawar yang banyak digemari juga di Indonesia. Ikan ini memiliki ciri khas bintik-bintik hitam pada badannya yang dilapisi warna perunggu mengkilap.

Mungkin di antara kamu adalah salah satu pemelihara jenis ikan hias ini di rumah. Ikan ini banyak sekali peminatnya karena bentuk badannya dan corak pada tubuhnya yang menarik.

11. Jenis Ikan Hias Air Tawar – Ikan Guppy

Jenis ikan hias air tawar guppy
Jenis ikan hias air tawar guppy – carabudidayaikann.blogspot.com

Ikan guppy adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang paling populer di dunia karena mudahnya beranak pinak di berbagai wilayah. Bahkan di berbagai tempat di Indonesia, ikan ini sudah menjadi ikan liar di parit-parit sawah.

Pada tahun 1920-an ikan guppy menjadi ikan akuarium. Namun, beberapa tahun kemudian dilepaskan ke alam bebas dengan tujuan untuk membasmi jentik-jentik nyamuk malaria saat itu.  Usaha membasmi jentik nyamuk ini tidak begitu berhasil karena ukuran ikan ini terlalu kecil untuk memakan banyak jentik nyamuk yang terlalu banyak.

Ukuran umum ikan guppy sekitar 30 mm dan yang terpanjang hanya sekitar 60 mm saja. Pada akhir tahun 1929 tercatat bahwa ikan ini hampir bisa ditemukan di semua kolam dan parit di Jawa Barat. Sampai sekarang ikan Guppy ini sudah tersebar di seluruh nusantara. Mungkin ikan ini adalah ikan yang paling melimpah di Jawa dan Bali.

12. Jenis Ikan Hiar Air Tawar – Ikan Neon Tetra

Jenis ikan hias air tawar neon tetra
Jenis ikan hias air tawar neon tetra – aquaristikstore.ru

Ikan hias neon tetra adlah salah satu dari keluarga characin yang hidup di air tawar. Ikan hias ini merupakan ikan asli tenggara Kolombia, Peru Timur,  dan Brazil Barat.

Ikan neon tetra memiliki ciri khas yang unik yaitu cahaya biru pada bagian atas perut yang membujur horizontal dari kepala sampai bagian belakang punggung.

13. Jenis Ikan Hias Air Tawar – Ikan Manfish

13-angel-fish-atau-manfish-akuariumhias-dot-blogspot-dot-com

14. Jenis Ikan Hias Air Tawar – Ikan Bala Bala (Hiu Bala)

14-bala-shark-atau-bala-bala-commons-wikimedia-org

15. Jenis Ikan Hias Air Tawar – Ikan Lemon

15-lemon_peel_angle_fish_spacetouristmarv-deviantart-com

16. Jenis Ikan Hias Air Tawar – Ikan Black Ghost

16-black-ghost-fish-fishtanksandponds-co-uk

17. Jenis Ikan Hias Air Tawar – Ikan Gurame Padang

17-ikan-gurame-hias-padang-pertanianku-com

18. Jenis Ikan Hias Air Tawar – Ikan Silver Dollar

18-silver-dollar-fish-fishtanksandponds-co-uk

19. Jenis Ikan Hias Air Tawar – Ikan Corydoras

19-corydoras_sterbai_ca-wikipedia-org

20. Jenis Ikan Hias Air Tawar – Ikan Rainbow

20-boesemans-rainbowfish-tropical-fish-keeping-com

21. Jenis Ikan Hias Air Tawar – Ikan Mickey Mouse

21-mickey-mouse-fish-kavil-in

22. Jenis Ikan Hias Air Tawar – Ikan Botia

22-botia-udomritthiruji-seriouslyfish-com

23. Jenis Ikan Hias Air Tawar  – Ikan Niassa

23-ikan-niasa-okdogi-com

24. Jenis Ikan Hias Air Tawar – Ikan Red Pantom Tetra

24-red_phantom_tetra-elfchild85-deviantart-dot-com

25. Jenis Ikan Hias Air Tawar – Ikan Paradise Fish

25-paradise-fish-macropodus-opercularis-tropical-fish-keepingdotcom

26. Jenis Ikan Hias Air Tawar – Ikan Endlers Livebearer

26-ikan-hias-endlers-livebearer

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY