Home Kesehatan Ini Dia 10 Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan

Ini Dia 10 Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan

326
0
SHARE

Manfaat Air Kelapa – Kelapa merupakan salah satu jenis buah-buahan yang banyak digunakan, baik sebagai bahan makanan maupun minuman. Lebih dari itu, bahkan tempurung kelapa itu sendiri sering dimanfaatkan oleh para pengrajin Indonesia, sebagai bahan pembuatan kerajinan tangan. Percaya atau tidak, kerajian tangan dari tempurung kelapa tersebut mampu menembus pasar dunia dan dibandrol dengan harga selangit. Keren ya?

Yup, memang luar biasa sekali manfaat dari pohon yang biasa tumbuh diiklim tropis ini. Berhubung Indonesia memang negara dengan iklim yang disukai kelapa, maka wajar saja jika Indonesia bisa dikatakan sebagai salah satu negara penghasil kelapa terbanyak.

Bangga bukan menjadi bagian dari Indonesia? Jika di negara lain kelapa dibandrol dengan harga tinggi, di Indonesia, kamu bisa menikmati es kelapa muda hanya dengan harga 5 ribu saja. Pasti nikmat bukan, siang-siang, panas-panas, dan kemudian disegarkan dengan es kelapa muda?

Menghilangkan dehidrasi memang merupakan salah satu manfaat dari air kelapa. Maka wajar saja jika saat meminum air kelapa, tenggorokan kamu tidak hanya akan segar, tetapi dehidrasi kamu juga akan hilang.

Beda halnya dengan ketika kamu air es biasa, justru rasa haus dengan mudah akan kembali tiba. Benar bukan? Hal ini karena memiliki keseimbangan elektrit yang bahkan setara dengan darah. Wih, luar biasa ya? Hanya dari airnya saja, kelapa memiliki kandungan gizi yang luar bisa dan bahkan sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Selain dari bisa menghilangkan dehidrasi, air kelapa juga memiliki banyak manfaat lainnya bagi kesehatan yang mungkin tidak kamu ketahui. Makanya, yuk, cari tahu, apa saja manfaat dari si segar ini.

10 Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan

Air kelapa menjadi salah satu bahan yang sering digunakan dalam pembuatan minuman, baik menuman biasa seperti sirup atau es kelapa muda, hingga minuman yang dijual dalam bentuk kemasan. Air kelapa acap kali dibandrol dengan harga yang cukup murah, mengingat cara mendapatkan air kelapa juga tidak sulit ditemukan di Indonesia.

Tapi siapa sangka? Air kelapa yang murah tersebut ternyata memiliki banyak manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Ingin tahu apa saja manfaat air kelapa? Yuk, langsung saja, inilah dia, 10 manfaat air kelapa  bagi kesehatan yang jarang diketahui masyarakat:

1. Air Kelapa Bisa Mencegah Penuaan Dini

Ingin memiliki kulit yang awet muda, dan selalu terlihat lebih fresh dari usia yang sesungguhnya? Sederhana kok, kamu tidak perlu menggunakan bahan kimia yang jelas-jelas mengandung efek sampingnya. Kamu hanya perlu meminum air kelapa muda, maka kamu akan terlihat lebih fresh seperti yang kamu harapkan.

Ya, kandungan gizi dalam air kelapa mampu mencegah penuaan dini, hingga kulit keriput juga bisa dicegah dengan rutin mengkonsumsi air kelapa. Wah, jika tahu tentang ini, tentunya kamu akan berfikir dua kali kan untuk membeli kosmetik yang ditarif dengan harga tinggi? Jika ada air kelapa muda yang memiliki manfaat yang sama namun ditarif dengan harga yang lebih terjangkau, untuk apa menghamburkan uang dengan membeli skin care?

Air kelapa memiliki kandungan gizi luar biasa, yang membantu proses regulasi sel. Itulah yang membuat air segar ini bisa mencegah penuaan dini. Air kelapa juga mengandung asam asam sikotin dengan fungsi yang sama, yakni mencegah cepatnya timbul keruput di kulit.

2. Air Kelapa bisa Hilangkan Dehidrasi

Seperti yang umum diketahu, air kelapa memiliki keseimbangan elektrit yang setara dengan darah hingga dapat menghilangkan dehidrasi dengan mudah. Luar biasa ya, air kelapa bahkan seimbang dengan darah? Lebih dari itu, air kelapa juga akan mengganti mineral dan cairan yang kurang dalam tubuh, hingga tenggorokan kamu bakal lebih segar karenanya.

Dehidrasi itu sendiri merupakan penyakit yang sering dianggap sepele. Alasannya, karena dehidrasi bisa dengan mudah diatasi. Padahal, tidak sedikit masyarakat yang bahkan meninggal hanya karena dehidrasi.

Perlu diketahui pula bahwa penyakit yang diakibatkan oleh kekurangan cairan ini tidak bisa hilang begitu saja dengan semua jenis minuman. Hanya minuman tertentu yang memang bisa seutuhnya menggantikan cairan dalam tubuh kamu.

3. Melancarkan Proses Melahirkan dan Baik untuk Kehamilan

Air kelapa tidak hanya bisa mencegah penuaan dini atau menghilangkan dehidrasi, lebih dari itu, air kelapa bahkan bisa melancarkan proses melahirkan. Kandungan gizi dalam air kelapa, bisa membuat bayi lahir lebih mudah. Masyarakat di desa bahkan masih sering mempercayai manfaat air kelapa ini sebagai cara mempermudah proses melahirkan. manfaat air kelapa untuk ibu hamil

Selain bisa melancarkan proses kehamilan, air kelapa juga sangat baik untuk ibu hamil. Kandungan vitamin C dalam air kelapa mampu membantu mengurangi rasa mual. Dengan demikian, dengan rutin meminum air kelapa, maka kamu juga dijamin tidak akan sering muntah-muntah akibat bawaan hamil. manfaat air kelapa untuk ibu hamil

Selain mengandung vitamin C, air kelapa juga mengandung elektrolit, kalsium, sodium serta potasium yang juga sangat baik bagi kehamilan. Bahkan dzat-dzat tersebut sangat dibutuhkan untuk kesehatan calon bayi dan ibunya. Keren ya?

4. Cara Alami untuk Diet

Memiliki bentuk tubuh yang ideal jelas merupakan impian banyak orang, termasuk kamu bukan? Tidak sedikit masyarakat yang rela mengeluarkan isi dompetnya hanya demi mewujudkan impiannya tersebut. Maka wajar saja jika produk penurun beran badan sangat laku dipasaran. Padahal, jelas produk tersebut memiliki efek samping yang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Udah abis uang, kesehatan menurun, wah, rugi dong ya?

Itu sebabnya, dari pada terus mengkonsumsi zat kimia yang lama-lama bisa merusak sel tubuh kamu, mending minum air kelapa saja.

Meminum air kelapa tidak hanya bisa menghilangkan dehidrasi, tetapi juga bisa menunda lapar. Itu sebabnya, dengan rutin mengkonsumsi air kelapa, dijamin deh, rasa lapar kamu akan hilang, dan keinginan untuk ngemil juga akan berkurang. cara yang sederhana bukan? Dan yang pasti, cara ini juga lebih aman dibanding terus dan terus mengkonsumsi zat kimia.

5. Mengatasi Diabetes

Selain bisa mengatasi berat badan berlebih, mengilangkan dehidrasi, dan mencegah penuaan dini, air kelapa juga bisa mengatasi diabetes. Kandungan gizi dalam air kelapa mampu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh sehingga diabetes bisa diatasi. Dengan demikian, jika kamu mengalami penyakit yang cukup mengerikan ini, cobalah rutin mengkonsumsi air kelapa dan lihatlah hasilnya.

Air kelapa dengan mudah akan melawan aterosklerosis dalam tubuh hingga membantu aliran darah mengalir dengan sempurna. Cara ini memang membutuhkan kesabaran dan tidak bisa sembuh dalam waktu yang singkat. Namun, air kelapa jelas akan lebih alami jika dibandingkan dengan obat-obatan kimia.

6. Melancarkan Pencernaan

Pencernaan yang tidak lancar jelas akan mengakibatkan perut terasa tidak enak dan juga tidak nyaman. Pencernaan yang tidak lancar biasanya diakibatkan oleh pola makan yang tidak teratur, atau sembarangan mengkonsumsi makanan yang bisa menghambat proses pencernaan. Namun tenang saja, pencernaan kamu akan kembali lancar hanya dengan rutin mengkonsumsi air kelapa saja.

Kandungan gizi dalam air kelapa seperti asam folat, dehidrogenase, RNA polimerase dll, akan membantu mempermudah metabolisme dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi air kelapa setiap hari, maka pencernaan akan membaik, perut juga akan kembali terasa lebih nyaman dan lega.

7. Mengurangi Tekanan darah Tinggi

Selain mengurangi diabetes dan melancarkan pencernaan, air kelapa ternyata juga bisa mengurangi tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi jika dibiarkan tentu bisa mengakibatkan penyakit yang lebih ganas, bahkan bisa mengakibatkan kematian. Namun, dengan rutin meminum air kelapa, maka kandungan elektrolit dalam tubuh yang menyebabkan darah tinggi, juga akan mengalami penurunan.

8. Mengatasi Berbagai Masalah Kulit

Memiliki kulit yang sehat dan cerah tentunya merupakan impian banyak orang. Nah, impian kamu akan terwujud dengan mudah, saat kamu rutin meminum air kelapa. Ya, air kelapa bisa mengatasi berbagai jenis masalah kulit, seperti jerawat. Cara untuk menghilangkan jerawat dengan air kelapa juga sangat sederhana.

Selain dengan langsung mengkonsumsinya, kamu bisa mengoleskan air kelapa pada bagian yang berjerawat dan membiarkannya hingga semalaman. Setelah itu, bersihkan dengan air dingin. Lakukan kegiatan ini secara rutin setiap sebelum tidur dan setelah membersihkan wajah, dan lihatlah hasilnya.

9. Mentetralisir Racun dalam Tubuh

Banyaknya makanan yang dikonsumsi, tanpa disadari menciptakan racun dalam tubuh. Hal ini biasanya diakibatkan sembarangan mengkonsumsi makanan serta tidak mengatur gaya hidup. Namun, apapun penyebabnya, tentunya kamu ingin agar racun dalam tubuh bisa dinetralisir bukan?

Nah, kini kamu bisa melakukan hal tersebut hanya dengan mengkonsumsi air kelapa saja. Kandungan tanin dalam air kelapa mampu menetralisir raun dalam tubuh kamu. Lebih dari itu, air kelapa juga mengandung enzim yang bermanfaat bagi tubuh, dan mampu mengurai zat-zat yang bersifat racun.

10. Menambah Energi dan Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Air kelapa mengandung vitamin yang bisa menjadi energi dalam tubuh kamu. Dengan demikian, jika kamu mudah lelah, air kelapa bisa menjadi solusi yang bisa membuat energi kamu tumbuh kembali. Air kelapa juga sangat bermanfaat menjaga sistem kekebalan tubuh. Dengan mengkonsumsi air kelapa secara rutin, maka kamu akan tercegah dari berbagai macam penyakit.

Lebih dari itu, jika sebelumnya tubuh  kamu sangat sensitif hingga mudah sakit, maka dengan rutin mengkonsumsi air kelapa, kamu akan lebih fresh dan tidak akan mudah sakit seperti sebelumnya. Dengan kata lain, air kelapa tidak hanya berfungsi sebagai pengobat tetapi juga pencegah.

Air kelapa memang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan, air kelapa mengandung berbagai zat yang tidak hanya bermanfaaat bagi kesehatan tubuh, tetapi juga dibutuhkan oleh tubuh. Adapun zat tersebut yang terkandung dalam air kelapa adalah seperti vitamin c, asam nikotinat, asam pantotenat, biotin, riboflavin, asam folat dll. Kandungan inilah yang membuat air kelapa bermanfaat menghilangkan berbagai masalah penyakit seperti yang disebutkan diatas.

Selain yang telah disebutkan, air kelapa juga sangat baik baik kesehatan janin, kesehatan jantung, ginjal, mengobati migran, mendukung sistem imun, dll. air kelapa bahkan bisa meningkatkan vitalitas pria karena didalamnya mengandung zat yang bisa meningkatkan kesuburan, dan juga menangkal gangguan yang membuat tingkat kesuburan pria berkurang.

Dari uraian diatas, apat diketahui bahwa air kelapa memiliki banyak manfaat bagi manusia. bahkan, banyak penyakit berbahaya yang bisa disembuhkan hanya dengan rutin mengkonsumsi air kelapa. Hanya saja, kamu memang perlu sabar, mengingat cara alami memang biasanya bekerja lebih lambat dibandingkan dengan obat kimia.

Namun, setidaknya, efek samping bisa kamu hindari jika memilih obat herbal atau cara yang alami. Lebih dari itu, memilih mengatasi dengan cara alami tentunya lebih irit ketimbang membeli obat kimia. Dengan demikian, kamu bisa mengatasi beragam masalah penyakit dalam tubuh kamu tanpa harus membuat isi dompet kamu tipis karenanya. Nah, jika sudah banyak cara alami yang bisa kamu pilih untuk mengatasi penyakit kamu, mengapa harus tetap setia pada obat kimia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here