Home Pengetahuan Inilah 22 Manfaat Buah Naga

Inilah 22 Manfaat Buah Naga

164
0
SHARE

Buah-buahan memiliki banyak manfaat bagi tubuh terutama bagi kesehatan. Buah naga ini salah satunya. Buah naga ini berasal dari Mexico dan Amerika hingga kemudian dibudidayakan di berbagai negara termasuk negara Indonesia.

Terdapat dua jenis buah naga yaitu buah naga merah dan putih. Keduanya memiliki manfaat yang sama bagi tubuh termasuk daalm menjaga kesehatan. selain itu, buah naga ini dapat membantu mengurangi berat badan. Langsung saja ini dia 22 manfaat buah naga:

1. Mencegah Kanker

Penyakit kanker merupakan penyakit yang sangat mematikan. Bahkan tidak sedikit orang yang meninggal karena mengidap penyakit ini. Namun, penyakit ini dapat dicegah dengan menjaga pola hidup dan mengonsumsi makanan atau buah-buahan seperti buah naga. Buah naga ini mengandung antioksidan phytoablumin yang dapat membantu dalam pembentukan radikal bebas karsinogenik dalam tubuh.

Selain itu, buah naga ini juga mengandung kalsium fosfor, B2 dan vitamin C yang dapat mengeluarkan racun logam dalam tubuh. Racun logam ini sebagian akan menyebabkan kanker. Mengerikan ya? karena itu kamu harus menjaga kesehatan dengan berolahraga dan isturahat yang cukup serta mengonsumsi buah-buahan seperti buah naga.

2. Mengurangi Berat Badan

Pengen berat badan ideal? Tahukah kamu bahwa dengan mengonsumsi buah naga berat badanmu bisa berkurang. Yap, buah naga ini mengandung serat tinggi yang dapat mengurangi berat badan.

Selain itu, buah naga ini mengandung banyak air yang berkhasiat bagi pencernaanmu. Jadi, bagi kamu yang pencernaannya tidak lancar, cobalah untuk mengonsumsi buah naga ini.

3. Membantu Mengurangi Jerawat

Tahukah kamu? Ternyata buah naga dapat membantu mengurangi jerawat. Sebab, Buah naga ini mengandung banyak vitamin yang dapat mengurangi jerawat membandel. Jadi, bagi kamu yang punya wajah berjerawat cobalah untuk membuat masker dari buah naga ini.

Caranya kamu bisa menggunakan daging buah naga untuk membuat masker. Tapi jangan sampai lupa untuk mencucinya terlebih dahulu yah…

4. Mencegah Diabetes Melitus

Buah naga merupakan salah satu jenis buah yang rasanya sedikit manis namun hambar. Meski hambar, buah naga ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah mencegah penyakit mematikan seperti diabetes mellitus.

Gula yang terkandung dalam buah naga ini aman untuk dikonsumsi. Sehingga baik untuk membantu dalam mencegah penyakit diabetes. Buah naga ini juga bisa membunuh sel jahat dalam tubuh.

5. Mencegah Penuaan Dini

Tahukah kamu bahwa penuaan dini disebabkan karena seringnya terkena polusi udara. Sehingga wajah akan mudah berjerawat dan mengalami penuaan dini. Untuk itu, kamu harus sering membersihakan wajah.

Aturlah pola makan yang baik. konsumsilah buah-buahan seperti buah naga. Buah naga memiliki banyak manfaat terutama bagi kulit wajah. Antioksidan yang terkandung dalam buah naga ini juga dapat membantu kamu dalam mencegah penuaan dini. Kandungan air dalam buah naga ini juga dapat membantu memperlancar penceraan. Apabila pencernaan lancar, maka jerawatpun tidak akan mudah keluar.

6. Meningkatkan Nafsu Makan

Pernahkah kamu mengalami hilangnya nafsu makan? bisa disebabkan karena faktos psikologis atau adanya penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Untuk itu kamu harus meningkatkan kembali nafsu makanmu suapaya tidak lemas atau bahkan sakit. Caranya ialah mengonsumsi buah-buhan seperti buah naga.

Buah naga ini mengandung vitamin B1 dan B2 yang dapat meningkatkan nafsu makanmu. Selain itu, buah naga ni dapat mencegah berbagai penyakit yang mengakibatkan nafsu makan berkurang.

7. Mengurangi Batuk dan Asma

Buah yang berasal dari mexico dan America ni ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya mengurangi batuk dan asma. Tentunya batuk dan asma ini sangat mmengganggumu.

Untuk itu, cobalah untuk mengonsumsi buah naga terutama bagi kamu yang sedang mengalami batuk dan asma. Sebab, buah naga ini mengandung banyak vitamain yang berkhasiat dalam mencegah atau mengibati berbagai penyakit teruatama batuk dan asma ini. Buah naga ini juga mengandung vitamin yang dapat meningkatkan sitem kekebalan tubuh kamu.

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Seperi yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa buah naga ini dapat membantu dalam meningkatkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh. Antioksidan tinggi yang terkandung didalamnya dapat membantu meningkatkan sistem imun dalam tubuh kamu sehingga tubuh akan terasa lebih fit dan tidak lemas.

Jika sistem imun berkurang, kuman dan virus akan mudah masuk. Sehingga kamu akan mudah sakit. So, selain mengonsumsi buah-buahan seperti buah naga ini kamu juga harus menjaga pola hidup yang baik. Ok!!

9. Hypertensy dan Jantung

Hypertensy dan jantung merupakan penyakit mematikan yang banyak dialami oleh orang di Indonesia. Sama halnya seperti kanker, banyak sekali orang yang meniggal karena penyakit ini. So, kamu harus mencegahnya. Salah satu cara yang dapat kamu lakukan ialah dengan mengatur pola makan yang benar atau mengonsumsi buah-buahan seperti buah naga.

Buah naga ini mengandung banyak vitamin seperti vitamin B1, B2 dan C yang dapat membantu dalam menjaga kesehatan jantung. Tidak hanya jantung, buah naga ini juga bermanfaat bagi organ lain yang berhubungan dengan pembuluh darah. Mencegah lebih baik dari pada mnegobati bukan? So, sayangilah jantungmu dengan tetap menjaga kesehatan dan pola hidup yang baik seperti mengonsumsi buah naga ini.

10. Tulang sehat

Buah naga mengandung kalsium dan zat besi tinggi yang bermanfaat bagi kesehatan tulang. Bahkan FAO berpendapat bahwa buah naga ini merupakan buah yang memiliki gizi tinggi. Sebab, kalsium yang terkandung didalamnya juga tinggi. Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tulang, kalsium pada buah naga ini juga bermanfat bagi fungsi otot.

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa buah naga ini mengandung viramin C yang dapat membantu tubuh dalam menyerap zat besi lebih banyak. Zat besi ini sangatt diperlukan dalam membawa oksigen ke seluruh tubuh. Satu buah naga kecil dapat memenuhi 1% dari nilai harian. So, meski rasanya hambar buah naga ini juga memilki banyak manfaat bagi tubuh.

11. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol bisa disebabkan karena pola makan yang salah dan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang berlemak. Kolesterol jahat ini dapat dikurangi dengan mengonsumsi buah naga. Vitamin B3 dalam buah naga dapat membantu dalam menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh. So, bagi kamu yang memiliki kolesterol cobalah untuk mengonsumsin buah naga ini.

12. Menajaga Kesehatan Usus

Tahukah kamu?, konsumsi makan berlebih akan menyebabkan kinerja usus semakin berat. Apabila kinerja usus berat dampak lain bisa terjadi seperti peradangan pada usus. So, supaya usus terjaga dari segala penyakit aturlah pola makan yang baik dan konsumsi makanan yang berserat seperti buah naga.

Buah naga ini mengandung serat tinggi yang dapat membantu fungsi kerja usus menjadi lebih baik. sehingga usus sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

13.Mencegah Penyakit Jantung

Buah naga mengandung banyak vitamin dan serat yang tinggi. Kandungan serat dalam buah naga dapat membantu dalam menjaga kesehatan usus dan mencegah serangan jantung. Serat ini dapat mrmbantu dalam menecegah inflamasi dan menurunkan tekanan darah. Sehingga, kamu akan terhindar dari berbagai penyakit jantung.

Namun, kamu juga harus tetap menjaga kesehatan dan pola hidup yang sehat. Sebab buah naga ini saja tidak cukup apabila tidak disertai dengan pola hidup dan makan yang sehat.

14. Membantu Dalam Pembentukan Sel Darah Merah

Pembentukan sel darah merah atau hemoglobin dalam tubuh dibentuk dengan bantuan dari vitamin B12 atau riboflavin. Vitamin B12 ini bisa kamu dapatkan dalam buah naga.

Buah naga ini mengandung vitamin B12 yang sangat tinggi. Sehingga pembentukan darah dalam tubuh akan lebih lancar. Buah naga ini juga mengandung gula yang aman, sehingga baik untuk mencegah diabetes.

15. Membantu Pembentukan Otot

Pada umumnya para pria akan lebih memperhatikan pembentukan ototnya. Dalam pembentukan otot ini dibutuhkan protein. Protein ini bisa kamu dapatkan dalam buah naga. Kandungan serat, air dan berbagai vitamin dalam buah naga ini dapat membantu dalam pembentukan otot. Selain itu, buah naga ini juga dapat meningkatkan stamina dalam tubuh.

16. Meningkatkan Stamina

Merasa lemas dan kurang stamina? Kekurangan stamina ini bisa disebabkan karena kelelahan. Untuk itu, kamu harus banyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin. Vitamin ini bisa kamu dapatkan dari buah-buahan seperti buah naga. Selain meningkatkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh.

Dengan mengonsumsi buah naga ini kamu yang merasa mudah lemas akan lebih fit. Sebab, buah naga ini mengandung B1 atau thiamine yang cukup banyak. Sehingga karohidrat akan mudah terbakar kemudian berubah menjadi energy.

17. Membantu Dalam Pembentukan Trombin Dan Protombin

Manfaat kandungan buah naga lainnya ialah dapat membantu dalam pembentukan thrombin dan protombin. Buah naga mengandung fosfor serta kalsium tinggi yang menjadi katalisator dalam pembentukan thrombin dan protombin. Apabila thrombin atau protombin tidak stabil maka penyakitpun akan mudah masuk.

18. Menetralkan Tubuh Dari Racun Yang Masuk Kedalam Tubuh

Tahukah kamu? Ternyata buah naga juga bisa membantu menetralkan racun. Meski rasanya hambar. Buah ini memiliki banyak kandungan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh termasuk dalam menetralkan racun yang masuk kedalam tubuh. sehingga tubuhpun terhindar dari berbagi penyakit.

19. Mencegah Kelumpuhan Otot

Tubuh pastinya memerlukan protein untuk menjaga kesehatan tubuh. protein tersebut bisa kamu dapatkan dari buah naga ini. Buah naga ini mengandung protein untuk mencegah kleumpuahan pada otot.

20. Menjaga Kelembapan Kulit

Kulit yang kasar tentunya sangat mengganggu terutama bagi para kaum hawa. Sehingga mereka akan senantiasa menjaga kelembapan kulitnya. Nah, buah naga ini bisa jadi solusinya.

Buah naga ini mengandung antioksidan tinggi yang dapat menjaga kelembapan kulit. Sehingga kulit tidak kasar lagi. So, meski rasanya hambar tapi kaya akan manfaatnya bukan?

21. Sebagai Pewarna Alami Pada Makanan

Pada umumnya setiap orang akan akan menambahkan pewarna pada makannnya untuk mempercantik makanan yang mereka buat seprti kue bolu. Namun, kebanyakan dari mereka telah menggunakan pewarna makanan berpengawet yang belum dipastikan baik atau tidaknya untuk dikonsumsi.

Nah, untuk itu lebh baik kamu gunakan pewarna alami seperti pewarna dari buah naga ini. Bertalain yang terkandung dalam buah naga ini mengandung zat warna alami, sehingga bisa digunakan untuk pewarna makanan. Makananpun terlihat lebih unik dan aman untuk dikonsumsi.

22. Meningkatkan Nafsu Makan

Tahukah kamu? Ternyata buah naga ini memiliki kandungan vitamin yang dapat merangsang anak supaya makan lebih banyak. Sebab, buah naga ini mengandung Vitamin B2 dan B1 yang dapat meningkatkan nafsu makan.

Jadi, bagi kamu yang kehilangan nafsu makan, cobalah untulk mengonsumsi buah naga ini.

Dengan demikian, buah naga memiliki banyak manfaat terutama bagi kesehatan tubuh dan kecantikan. Buah naga ini bisa dikonsumsi secara langsung atau dibuat jus. Kandungan glukosa dalam buah naga jni juga aman. Sehingga sangat bermanfaat daalm mencegah kencing manis atau disbetes mellitus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here