Home Pengetahuan Inilah 21 Manfaat Dari Buah Nanas

Inilah 21 Manfaat Dari Buah Nanas

206
0
SHARE

Suka makan buah nanas? buah nanas dengan nama latin Ananas Comosus ini memiliki rasa khas yang sangat cocok bila di makan pada siang hari,. Ummmmm, pasti seger ya..

Tidak hanya dari rasa, buah nanas ini juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh terutama mencegah dan mengobati berbgai penyakit. Langsung saja,  Inilah 21 manfaat buah nanas:

1. Mencegah Dan Mengobati Jerawat

Jerawat memang terasa sangat mengganggu. Berbagai cara pasti akan kamu lakukan untuk bisa menghilangkan jerawat tersebut. Benar bukan? Nah, solusinya mudah. Kamu bisa mengonsumsi buah-buahan seperti buah nanas yang dapat membantu dalam mengobati kulit berjerawat. Buah nanas ini mengandung vitamin C, bromelin dan enzin anti inflamasi yang sangat cocok untuk mengoibati jerawat.  Buah nanas ini juga mengandung karbohidrat dan protein yang sangat berkhasiat bagi tubuh.

2. Membuat Kulit Wajah Tampak Lebih Muda dan Cantik

Buah nanas yang sering kamu konsumsi ternyata memiliki sejuta manfaat bagi tubuh dan kulit terutama kulit wajah. Buah ini dapat meningkatkan sintesis kolagen pada tubuh.

Semakin sintesis kolagen meningkat semakin kencang dan fleksibel kulit wajah. buah nanas ini juga mengandung vitamib yang dapat bermanfaat untuk memperbaiki sel dan jaringan yang rusak dengan cepat. Kamu bisa mengonsumsi jus nanas secara langsung atau dibuat jus. Selain diminum, jus nanas juga bisa kamu oleskan pada kulit wajah.

3. Membantu Mengurangi Kulit Pecah-Pecah Pada Telapak Kaki

Buah nanas ini juga dapat mengurangi kulit pecah-pecah pada telapak kaki. Kulit yang pecah-pecah ini terasa sangat  mengganggu. Buah nanas ini dapat mengurangi rasa malumu karena kulit pecah di telapak kaki.

Sebab, buah nanas ini mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang sangat cocok untuk mengurangi kulit pecah. Kamu bisa menggunkan kulit nanas ini dengan mengoleskan ke bagian telapak kaki. Kulit kakimu yang pecah-pecah ini akan mengelupas dan diganti dengan kulit baru. Sehingga telapak kakimu yang kasar kini menjadi lebih halus.

4. Mencegah Kerontokan Dan Gatal Pada Rambut

Tahukah kamu? ternyata buah nanas juga dapat membantu mencegah kerontokan? Yap, buah nanas ini mengandung vitamin C yang dapat mencegah kerontokan pada kulit kepala. Tidak hanya mencegah kerontokan, buah nanas ini juga dapat menguranagi gatal dan mencegah peradangan pada kulit kepala. Kandungan buah nanas lainnya ialah bromelain.

Bromelain ialah enzim antioksidan yang memiliki kekuatan anti-inflamasi. Kandungan pada buah nanas ini juga dapat mencegah infeksi pada kulit kepala. Antioksidan kuat dalam buah nanas ini bermanfaat dalam mencegah kerusakan akibat radikal bebas.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Biasanya, kelainan tulang seperti osteoporosis atau pegal berlebih dialami saat masa tua. Dengan demikian, kandungan kalsium sangat diperlukan dalam menjaga kesehatan tulang.  Kalsium ini bisa kamu dapatkan dari buah nanas. Meski buah nanas ini memiliki sedikit kalsium, namun buah nanas ini sangat berpengaruh dalam pertumbuhan dan perbaikan tulang.

Sebab, buah nanas ini mengandung mangan serta mineral yang cukup tinggi. Selain itu, 70% kebutuhan perhari telah terpenuhi dari satu buah nanas.  Memang rasanya terkadang asam dan kasut tapi manfaatmya jauh lebih banyak dibandingkan rasanya.

6. Memperlancar Pencernaan

Nanas merupakan salah satu jenis  buah yang kayak akan serat. Serat larut dan tidak larut dalam buah nanas ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh terutama memperlancar pencernaan. Selain itu, buah nanas ini dapat melindungi penyakit lain seperti srestklerosis dan pembekuan darah. So, segera cobalah untuk merasakan manfaatnya.

7. Mencegah Kanker

Kanker ini merupakan penyakit yang sangat mematikan. Kamu juga pasti sudah mengetahuinya. Untuk itu, kamu harus mencegahnya dengan pola hidup yang benar dan konsumsi makanan yang mengandung vitamin C. Seperti yang sudah disebutkan diatas, buah nanas mengandung vitamin C.

Tidak hanya untuk pencernaan, kandungan vitamin C dalam buah nanas ini dapat memerangi penyakit kanker. Dari berbagai penelitian, buah nanas ini dapat mencegah kanker pada mulut, tenggorokan dan payudara.

8. Mengurangi Sakit Karena Radang Sendi

Buah nanas mengandung bromelain yang berperan penting dalam reaksi pemecahan protein kompleks. Sehingga, sakit karena radang sendi yang kamu alami bisa berkurang. Bromelain ini meruapakan enzim proteolitik yang juga memiliki efek anti inflamasi.

Kandungan lain dari buah nanas juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Selain mencegah, buah nanas ini juga bisa mengurangi rasa sakit seperti sakit pada sendi.

9. Mata Yang Sehat

Manfaat buah nanas lainnya ialah dapat membantu dalam menjaga kesehatan mata dan mencegah dari berbagai kelainan mata seperti rabun. Buah nanas ini mengandung vitamin A yang membuat mata tetap sehat.

Namun, kamu juga harus tetap menjaga kesehatan mata. Buatlah jarak saat membaca dan jangan membaca dalam keadaan tertidur.

10. Menjaga Sirkualsi Darah

Tahukah kamu? Tembaga merupakan unsure terpenting bagi tubuh terutama dalam pembentukan sel darah merah. Semakin tinggi sel darah merah semakin meningkat pula oksigensi ke berbagai sistem organ tubuh. Sehingga tubuh menjadi lebih optimal.

Lalu bagaimana caranya?  Yah, buah nanas. Buah nanas mengandung tembaga yang dapat menjaga sirkulasi darah dengan baik. Buah nanas ini memiliki banyak khasiat teruatama dalam menjaga dan menstabilkan sirkulasi darah. So, dibalik rasanya yang khas ini,  buah nanas ini juga memiliki sejuta manfaat bagi tubuh.

11. Menstabilkan Tekanan Darah

Darah tinggi disebabkan karena stress atau konsumsi pola makan yang salah. Untuk itu, kamu harus menstabilkannya dengan konsumsi makan yang tepat dan istirahat yang cukup. Mengonsumsi buah-buahan seperti buah nanas juga bisa menjadi salah satu solusinya.

Sebab, buah nanas mengandung mineral seperti kalium (potassium). Kalium ini berperan sebagai vasodilator, sehingga tekanan dan ketegangan pada pembuluh darah menurun. Selain itu, kalium pada buah nanas ini bisa meningkatkan sirkulasi darah ke seleruh tubuh. Dengan demikian, apabila darah stabil maka tubuh akan terhindar dari berbagai penyakit seperti stoke, serangan jantung dan lain-lain.

12. Membantu Mengurangi Kuku Yang Kering Dan Rapuh

Apakah kamu suka jus nanas? jus nanas ini memeiliki rasa asam segar. Dibalik rasanya yang asam dan segar ini, buah nanas ini juga memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Selain itu, buah asam ini bisa digunakan untuk mempercantik kuku.

Kuku kamu yang kering dan rapuh bisa teratasi hanya dengan menggunakan lotion dari jus nanas ini. Sebab, buah nanas menganudng vitamin A dan B yang yang snagat membantu dalam mempercantik kuku yang rapuh. Jadi, kamu tak perlu khawatir dan malu lagi ya.. Cobalah gunakan lotion alami ini… !!

13. Mengobati Bibir Pecah-Pecah

Bibir pecah-pecah? Tentu ini sangat mengganggu dan menghilangkan rasa percaya diri khusunya bagi para wanita. Bagi kamu yang mengalaminya, cobalah untuk mengonsumsi buah-buahan seperti buah nanas. Buah nanas ini kayak akan nutrisi dan vitamin seperti vitamin, A, K dan serat, yang dapat memerangi dan mengobati bibir pecah-pecah.

14. Mempertebal Rambut

Rambut merupakan mahkota khususnya bagi para wanita. perawatan rambutpun menjadi hal yang utama. Apalagi bila terjadi kerontokan rambut. Nah, tak perlu khawatir ada solusi yang mudah dan aman untuk merawat rambut yang rontok dan kusam. Yaps, buah nanas. Buas nanas mengandung vitamin C yang dapat mempertbal rambut rontokmu.

Buah ini bisa dikonsumsi secara langsung atau menjadikannya jus yang segar dan berkhasiat dalam mencegah kerontokan rambut. Tidak hanya itu, buah nanas ini kaya akan antioksidan tinggi yang berfungsi dalam mencegah kerusakan akibat radikal bebas.

15. Mencegah Kerusakan Akibat Radikal Bebas

Istirahat yang kurang dan pola makan yang salah bisa mengakibatkan kondisi tubuh menjadi tidak stabil. Sehingga tubuh akan mudah sakit. Dengan demikian, kamu harus menghindarinya dengan istirahat yang cukup. Konsumsi buah-buahan seperti buah nanas.

Buah nanas dengan nama latin Ananas Comosus ini memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa buah nanas ini memiliki antioksidan tinggi. Semakin tinggi antioksidan, semakin sulit pula penyakit yang masuk kedalam tubuh.

16. Membantu Mengurangi Morning Sickness Bagi Ibu Hamil

Pernah dengar mengenai issue bahwa buah nanas dapat berdampak buruk bagi ibu hamil? Yups, benar. Buah nanas ini memang bisa berdampak buruk apabila mengonsumsinya dengan jumlah banyak. Namun, kamu bisa mengonsumsi sedikit dari buah nanas ini. Sebab, buah nanas ini dapat menguramgi morning sickness. Tapi, ingat ya ibu.. sedikit saja..

17. Menciptakan Kolagen

Seperti yang sudah kalian ketahui bahwa vitamin C merupakan nutrisi yang memiliki khasiat tinggi bagi tubuh pengonsumsinya. Kandungan vitamin C ini bisa kamu dapatkan dari buah nanas. Buah nanas ini berperan sebagai penghasil kolagen. Sehingga tubuh akan terhindar dari berbagai penyakit. Selain itu, kandungan vitamin C dalam buah nanas ini bisa menyembuhkan luka bahkan iritasi dengan cukup cepat.

18. Mengurangi Batuk Dan Pilek

Buah nanas merupakan salahh satu buah yang berasal dari Amerika.. Buah ini mengandung vitamin C yang tinggi bahkan mengandung sekitar 50 kalori setara dengan apel. Sehingga berperan baik dalam menjaga kesehatan tubuh terutama dalam mengurangi batuk dan filek.

Selain itu, Kandungan bromelain pada buah nanas ini dipercaya dapat mengurangi dahak dan lendir pada saluran pernafasan (tenggorokan) dan rongga sinus akibat batuk dan pilek berlebih. So, bagi kamu yang sedang mengalami batuk cobalah konsumsi buah nanas ini.

19. Memperkuat Gigi Dan Gusi

Pernah megalami sakit gigi? Sakit gigi ini membuat kita sulit makan karena sakit yang dialami membuat kita sulit untuk mengunyahnya. Untuk itu, kamu harus menjaga agar gusi dan gigi tetap sehat dan kuat. Solusi yang tepat untuk penyakit ini adalah buah nanas. Yup, buah nanas memiliki khasiat tinggi yang menjaga kesehatan tubuh tak terkecuali dalam memperkuat gigi dan gusi.

20. Membantu Mencegah Atherosclerosis

Artherosclerosis merupakan penyakit pengerasan pembuluh darah yang disebabkan oleh rusaknya radikal bebas. Rusaknya radikal bebas bisa dicegah dengan antioksidan. Antioksidan ini bisa kamu dapatkan dalam buah nanas. yups, buah nanas ini mengandung banyak vitamin dan antioksidan tinggi yang dapat memerangi berbegai penyakit termasuk artherosclerosis ini.

21. Membersihkan Parasit Dalam Usus

Cacing pita dalam perut?? ihhh menjijikan ya?! cacing pita ini merupakan salah satu parasit yang bisa mengakibatkan berbagai penyakit. Namun, kamu jangan merasa  khawatir, sebab buah nanas ini bisa menjadi solusinya! Buah nanas mengandung enzim bromelain, vitamin C dan kandungan lainnya yang dapaat membersihkan parasit dalam usus. So, bagi kamu yang mengalami cacingan cobalah untuk mengonsumsi buah nanas.

Dengan demikian, buah nanas meruapakan buah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan, bahkan, buah nanas ini bisa mengurangi morning sickness pada ibu hamil. Namun, ingat!! Sedikit saja ya bu…Sebab, dikhawatirkan dapat berdampak buruk pada janin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here