Home Kesehatan Inilah 14 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan

Inilah 14 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan

457
0
SHARE

Manfaat Daun Binahong – Daun binahong merupakan salah satu daun yang sering dimanfaatkan sebagai obat herbal. Kandungan gizi dalam binahong sudah terbukti ampuh mengatasi berbagai macam penyakit, dari penyakit ringan hingga penyakit mematikan sekalipun. Lebih dari, bagi kamu yang sudah kesal dengan jerawat yang tak hentinya menghilangkan rasa PD kamu, daun alami ini bisa menjadi solusi terbaik untuk kamu.

Jika obat kimia bisa menimbulkan efek samping, tidak halnya dengan obat herbal, yang tidak hanya ampuh mengatasi masalah kulit kamu, tetapi juga aman membasmi jerawat tanpa efek samping. Hal ini dikarenakan, daun binahong itu sendiri mengandung tepenoid, seterod, glikosida, dan alkolid yang bisa menghilangkan jerawat bahkan mengatasi berbagai penyakit lainnya. Keren ya? Selain mengandung tepenoid, seteroid, glikosida dan alkolid, daun binahong juga mengandung dzat lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan.

3 Kandungan Utama yang Terdapat Pada Daun Binahong

 

  1. Sapoin adalah senyawa yang terkandung dalam daun binahong yang juga memberi manfaat luar biasa bagi kesehatan kamu. Senyawa ini mampu menurunkan kadar kolestrol, sehingga bisa mencegah berbagai penyakit mematikan akibat tingginya kolesterol. Lebih dari itu, senyawa ini juga sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung kamu. Wah, luar biasa ya?
  1. Selain mengandung sapoin yang bermanfaat dalam menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung, daun binahong juga mengandung zat alkolid yang berguna mengobati penyakit diabetes. Kadar gula dalam tubuh akan berkurang dengan rutin mengkonsumsi daun binahong sesuai dosisnya.
  1. Zat anti oksidan juga terkandung pada daun binahong. Zat ini mampu menyembuhkan berbagai jenis kanker serta menangkal radikal bebas.

Selain mengandung sapoin, zat alkolid dan zat anti oksidan, daun binahong juga mengandung zat bermanfaat lainnya bagi kesehatan kamu, seperti protein, asam oleanolik, flavonoid dll. Daun binahong itu sendiri bersifat anti virus, anti oksidan, dan anti bakteri yang sangat baik bagi tubuh.

14 Manfaat dan Khasiat Daun Binahong

Kandungan berbagai zat bermanfaat dalam daun binahong membuat daun yang sering dijadikan bahan obat-obatan ini memiliki khasiat yang bisa mengatasi berbagai penyakit, diantaranya seperti:

1. Mengatasi Berbagai Masalah Kulit

Salah satu penyakit yang bisa diatasi oleh daun binahong adalah penyakit kulit. Namun, tidak semua jenis penyakit kulit bisa diatasi dengan daun binahong. Adapun penyakit kulit yang bisa disembuhkan dengan daun binahong adalah seperti jerawat, keriput, luka, dll.

Khusus untuk menghilangkan jerawat dengan daun binahong, kamu bisa menggunakan 5-6 lembar daun binahong kemudian menumbuk 5-6 lembar daun tersebut. Setelah itu, kamu bisa menempelkan tumbukkan daun binahong pada bagian yang berjerawat. Ingat, jangan terlalu banyak ya.

Cara lain untuk menghilangkan jerawat dengan daun binahong adalah dengan merebus 5-6 daun binahong dengan 2 gelas air hingga tersisa setengahnya saja. Kemudian, campur air binahong yang sudah direbus dengan madu.

2. Mengobati Gatal-gatal Akibat Eksim

Selain mengobati penyakit kulit yang ringan, binahong juga berfungsi mengatasi penyakit kulit yang cukup berat sekalipun, seperti eksim. Caranya adalah dengan merebus 10-15 lembar daun binahong dengan 3 gelas air. Rebus hingga tersisa 1-2 gelas saja, kemudian, minumlah rebusan air daun binahong tersebut.

3. Mencegah Stroke

Stroke merupakan penyakit mematikan yang jika dibiarkan jelas bisa menimbulkan bahaya yang luar biasa bagi tubuh kamu. Bahkan, jika tidak diobati dengan tepat, stroke juga bisa menimbulkan kematian. Namun, penanganan dari penyakit ini terkadang tidak dilakukan secara maksimal, karena menyembuhkan storke membutuhkan biaya yang lumayan besar. Tidak sedikit masyarakat yang bahkan rela menjual harta bendanya agar orang terkasihnya bisa sembuh dari penyakit mematikan tersebut.

Namun ketahuilah, meski mengobati store itu tidak mudah, setidaknya kamu bisa melakukan pencegahan dengan cara yang sederhana, yakni dengan mengkonsumsi daun binahong. Namun, untuk mencegah stroke dengan daun binahong memang tidak mengharuskan kamu mengkonsumsi daun binahong secara terus menerus, karena berlebihan mengkonsumsi daun ini juga tidak baik bagi kesehatan.

4. Mengobati Penyakit Paru-paru

Penyakit paru-paru jelaas bukan penyakit yang bisa disepelekan. Apalagi, mengingat bagian dalam organ tubuh manusia ini jelas memegang peran penting dalam kelancaran proses pernafasan. Penyakit paru-paru itu sendiri sangat beradam, mulai dari TBS, bronkitis, dll.

Untuk bisa mengatasi penyakit paru-paru biasanya dibutuhkan nominal biaya yang cukup tinggi. Tapi tenang saja, kamu tetap bisa mengatasi pengakit paru-paru dengan biaya yang lebih murah, yakni dengan mengkonsumsi rebusan air binahong. Caranya, rebus 10 lembar daun binahong dengan 2 gelas air. Kemudian, sisakan hingga 1 gelas air, dan minumlah. Selain lebih murah, cara ini jelas lebih aman juga bagi tubuh kamu. Bahkan, jika kamu memiliki pohon binahong, jelas kamu bisa mengobati penyakit paru-paru tanpa biaya sedikitpun.

5. Mengatasi Kantung Kemih yang Membengkak

Kantung kemih yang membengkak juga merupakan penyakit lainnya yang bisa diatasi hanya dengan mengkonsumsi rebusan daun binahong. Pembengkakan pada kantung kemih dengan mudah bisa diatasi dengan merebus 10 lembar dengan 4 gelas air.

6. Mengobati Radang Ginjal

Radang ginjal jelas sangat berbahaya bagi tubuh kamu. Apalagi jika tidak diatasi dengan cara yang tepat. Dengan demikian, atasi segera radang ginjal kamu dengan cara yang alami, dan obat alami, yakni obat herbal yang terbuat dari daun binahong. Dengan merebus 7 lembar daun binahong dengan 2 gelas air, maka penyakit mematikan seperti radang ginjal sekalipun bisa diatasi dengan mudah.

7. Melancarkan Haid

Nyeri haid biasanya ditimbulkan akibat siklus haid yang tidak lancar. Tidak lancarnya siklus haid itu sendiri bisa diakibatkan oleh beberapa penyebab. Adapun penyebab haid tidak lancar siklusnya, adalah seperti pola makan yang tidak teratur, stress, dll. Nyeri haid memang hal yang dianggap wajar bagi kaum perempuan, namun jika nyerinya bahkan membuat kamu tidak bisa berjalan, maka berhati-hatilah dengan penyakit ini.

Apalagi, jika rasa nyeri tersebut selalu muncul setiap kali kamu haid, maka kamu harus segera mengatasinya dengan cara yang tepat dan aman, yakni dengan melancarkan siklus haid itu sendiri. Salah satu cara yang bisa dilakukan agar haid lancar adalah dengan mengkonsumsi daun binahong. Kamu hanya perlu merebus 3 lembar daun binahong dengan  2 gelas air. Sisakan hingga 1 gelas rebusan daun binahong kemudian minumlah.

Namun, jika cara ini tidak mengatasi masalah haid kamu, maka segeralah berkonsultasi dengan dokter. Jangan takut, karena justru dengan mendiamkan haid tidak lancar maka bisa saja terjadi hal yang tidak diinginkan.

8. Mengobati Luka Ringan

Daun binahong tidak hanya bisa mengobati luka berat saja, namun daun binahong juga bisa mengobati luka ringan. Kamu hanya perlu merebus 1 lembar daun binahong dengan 2 gelas air. Sisakan air rebusan tersebut hingga 1 gelas saja, kemudian minumlah.

9. Asam Urat

Asa, urat juga dengan mudah bisa disembuhkan dengan daun binahong. Untuk menyembuhkan penyakit ini, kamu hanya perlu merebus 5 lembar daun binahong dengan 3 gelas air. Setelah itu, sisakan 1-2 gelas rebusan air daun binahong tersebut kemudian minumlah.

10. Mengeringkan Luka Setelah Operasi

Operasi biasanya menimbulkan luka yang cukup dalam, sehingga setelah operasi biasanya pasien tidak boleh banyak bergerak terlebih dahulu. Namun tenang saja, luka setelah operasi tidak hanya bisa disembuhkan dengan obat-obatan dari dokter saja. Daun binahongpun bisa mengeringkan luka setelah operasi dengan cara yang lebih alami tentunya. Caranya juga sangat mudah, yakni dengan merebus 20 lembar daun binahong dengan 1 gelas air. Kemudian sisakan setengahnya dan minumlah.

11. Mengobati Luka Bakar

Luka bakar juga menjadi jenis penyakit lainnya yang bisa diatasi dengan daun binahong. Caranya sangat sederhana, kamu hanya perlu merebus daun binahong. Rebuslah sekitar 10 lembar dengan 2 gelas air. Sisakan satu gelas saja kemudian minumlah.

12. Sembuhkan Patah Tulang

Patah tulang akibat jatuh jelas menimbulkan nyeri yang luar biasa. Tapi tenang saja, rasa nyeri akibat patah tulang akan segera sembuh dengan daun binahong. Sederhana saja, kamu hanya perlu merebus sekitar 20 lembar daun binahong dengan 1 gelas air bersih. Sisakan hingga setengah gelas, kemudian minumlah.  Daun binahong dipercaya mampu mengurangi rasa nyeri akibat patah tulang, serta menyembuhkannya.

13. Mengatasi Sakit Maag

Maag biasanya terjadi akibat pola makan yang tidak sehat. Rasa nyeri maag bisa menggangu berbagai aktifitas, karenya sakit yang ditimbulkan cukup luar biasa. Bahkan sebagian masyarakat hanya bisa tertidur saat maag membuat perutnya terasa tertusuk-tusuk.

Nah, jika ini terjadi sama kamu, coba segera atasi maag kamu dengan merebus 10 lembar daun binahong yang dicampur dengan 1 gelas air bersih. Sisakan setengah gelas, kemudian minumlah. Namun jangan lupa, selama proses pengobatan, kamu juga harus menjaga pola makan kamu, agar proses penyembuhan maag bisa lebih mudah teratasi.

14. Menambah Nafsu Makan

Kamu bermasalah dengan nafsu makan kamu? Rasanya segala makanan semacam apapun seperti tidak enak bagi lidahmu? Wah, ini jelas tidak baik bagi kesehatan kamu. Dengan demikian, segera atasi masalah nafsu makan kamu dengan obat herbal alami, yakni daun binahong.

Kamu hanya perlu merebus daun binahong, dengan dosis 5 lembar daun yang ditambahkan dengan 2 gelas air. Sisakan 1 gelas air rebusan daun binahong dan minumlah. Kemudian, lihatlah bagaimana minuman ini bisa menambah nafsu makan kamu.

Selain ampuh mengatasi  14 penyakit diatas, daun binahong juga bisa mengatasi penyakit lainnya seperti sesak nafas, wasir,mimisan, memar,tekanan darah, kencing manis, batuk parah, diabetes, menjaga sistem kekebalan tubuh dll. Asalkan, pastikan kamu mengkonsumsi daun binahong sesuai anjuran dan dosis yang aman. Dosis tersebut bisa disesuaikan dengan jenis penyakit apa yang ingin kamu obati dengan daun binahong.

 Efek Samping Daun Binahong

Daun binahong dengan segala kandungan bermanfaat didalamnya memang bisa membantu kamu mengatasi berbagai macam penyakit. Namun, obat herbal ini juga memiliki efek samping tersendiri, khususnya jika dikonsumsi secara berlebih atau tidak sesuai dengan dosis yang berlaku.

Adapun efek samping yang bisa ditimbulkan daari daun binahong adalah pusing, sakit kepala,gelisah, mual, jantung berdebar, insomnia, dll. Dengan demikian, daun binahong ini sangat tidak aman bagi ibu hamil dan menyusui. Daun binahong juga bisa menyebabkan kesemutan, muntah, buang air kecil, nyeri dada, merangsang hati, bahkan hingga mengancam jiwa.

Pada hakikinya, daun binahong sangat bermanfaat baik bagi kesehatan tubuh maupun kesehatan kulit. Namun, kamu wajib memastikan agar kamu mengkonsumsi daun binahong sesuai dengan penyakit yang ingin kamu sembuhkan. Dengan demikian, efek samping dari daun binahong ini setidaknya bisa diminimalisir. Apalagi, jika melihat begitu banyaknya khasiat dari daun binahong, tentu saja sangat sayang jika menghilangkan kesempatan, untuk bisa mengatasi penyakit dengan cara yang alami, dan tentunya dari obat yang alami.

Dengan demikian, konsumsilah daun ini sesuai anjuran yang berlaku. Selain itu, jangan lupa untuk mencuci bersih daun binahong terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here