Home Fauna 7 Manfaat Semut Jepang Beserta Kandungannya

7 Manfaat Semut Jepang Beserta Kandungannya

128
0
SHARE

Pada umumnya, masyarakat menggunakan obat dari dokter atau dari tanaman yang bisa dijadikan cara untuk menyembuhkan penyakit. Tahukah kamu? selain resep dari dokter atau tanaman obat, hewan kecil seperti serangga juga dapat dapat dijadikan obat meski bentuknya yang kecil dan terkadang menimbulkan kesan geli.

Wah, keren ya? Tapi tidak semua serangga bisa dijadikan obat. Hanya serangga tertentu yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, contohnya adalah semut Jepang.

Semut Jepang berbeda dengan semut pada umumnya. Semut Jepang identik dengan postur tubuh yang lebih besar dan berisi dibanding beberapa species semut di Indonesia. Masyarakat Jepang menyebut serangga kecil ini dengan sebutan ‘ari’.

Ya, siapa sangka, binatang yang gigitannya bisa menimbulkan bentol ini ternyata berkhasiat dalam penyembuhan beberapa macam penyakit? Sayangnya, tidak banyak yang mengetahui mengenai khasiat semut Jepang tersebut sehingga semut tersebut masih langka di Indonesia. Karena khasiat dari semut tersebut sangat menguntungkan bagi kesehatan, masyarakat Jepang menjualnya untuk dijadikan oleh-oleh bagi para wisatawan.

Harga semut Jepang sampai saat ini danggap masih mahal oleh beberapa masyarakat di Indonesia. Namun, harga yang mahal tersebut sesuai dengan kandungan yang berkhasiat bagi kesehatan seperti kandungan protein, asam amino dan lain-lain.

Apabila kamu mengkonsumsi semut Jepang, kamu bisa tercegah dari berbagai penyakit. Tidak hanya itu, penyakit mematikan juga dapat sembuh dengan mengkonsumsi semut Jepang ini jika dikonsumsi sesuai dengan dosis dan cara yang tepat. Luar biasa bukan?.

Perlu diketahui, semut Jepang yang berkhasiat ini, ternyata tidak hanya satu species saja, tetapi terdapat 150 macam semut Jepang dengan bentuk fisik yang hampir sama. Saat ini semut Jepang mulai banyak dikenal di kalangan masyarakat karena khasiatnya yang sudah banyak dirasakan oleh masyarakat.

Kandungan Semut Jepang

Semut Jepang dijadikan sebagai obat dan pencegah terjadinya penyakit karena banyak kandungan yang bergizi bagi tubuh pengkonsumsinya. Kandungan utama yang berkhasiat bagi tubuh pengkonsumsinya adalah berupa Asam Hialuronat, Protein, Enzim hmes Asam laktat, dan Asam amino.

Asam Hialuronat berfungsi untuk membentuk matriks fluida sebagai tempat untuk mengikat kalogen dan serat elastik. Protein yang terkandung dalam semut Jepang tersebutlah, bakteri yang datang dari luar tubuh bisa dicegah.

Tak hanya itu, Enzim hems dalam jenis serangga kecil ini juga dapat melepaskan zat-zat yang mengendap dalam tubuh seperti zar-zat kimia, sehingga lemak yang sudah lama menumpuk akan terkuras. Lebih dari itu, manfaat luar biasa dari semut ini juga bisa membantu kamu terhindar kolesterol serta menyembuhkannya.

Saat tubuh lemas karena telah melakukan banyak pekerjaan, asam laktat dalam semut Jepang juga bisa mengembalikan stamina kamu.

Selain itu, bagi kamu yang sering memperhatikan penampilan pasti akan melakukan berbagai cara supaya terlihat cantik didepan orang. Rambut merupakan bagian utama yang sering diperhatikan oleh para wanita. Mereka sanggup menghabiskan banyak uang agar rambutnya tidak mudah rontok dan terlihat kusam.

Lebih dari itu, merawat diri termasuk rambut juga merupakan kewajiban bukan? Nah, buat kamu yang ingin memiliki rambut sehat dan terawatt, semut Jepang ini juga bisa kamu andalkan.

Selain dipercaya dijadikan obat tradisional, ternyata asam amino yang terkandung dalam semut Jepang juga dapat mencegah kerontokan rambut, sehingga rambut kamu akan lebih kuat dan sehat. Asam amino yang terkandung didalam semut jepang ini bahkan tidak hanya berfungsi untuk mencegah kerontokan rambut, namun serangga ini juga sangat berfungsi untuk proses detoksifikasi amonia oleh hati dan mencegah terjadinya penyakit tumor. Keren ya?

7 Manfaat Semut Jepang

Semut Jepang memang sudah terbukti keampuhannya dalam menyembuhkan beragam penyakit. Dengan kata lain, bukan berarti semut Jepang bisa mengatasi semua jenis penyakit. Adapun penyakit yang bisa disembuhkan oleh serangga kecil ini, diantaranya seperti:

1. Meringankan Penyakit Jantung

Jantung merupakan organ utama yang paling penting bagi tubuh, apabila cara kerja jantung tidak berfungsi dengan baik maka akan fatal akibatnya bahkan dapat menyebabkan kematian. Saat terjadi gejala-gejala penyakit ini seperti sakit pada dada dan gejala lainnya maka segera lakukan cara untuk mengobatinya.
Selain dengan resep obat dari dokter, semut jepang yang menggelikan juga ternyata dapat meringankan penyakit jantung.

Rasa sakit saat mengalami gejala-gejala penyakit jantung akan hilang apabila rutin untuk mengkonsumsi semut jepang. Bagi yang mengalami penyakit mematikan ini dapat mengkonsumsi 5 hingga 7 ekor selama dua kali setiap harinya. Nah, setelah itu baru kamu akan merasakan manfaanya. Saat tubuh normal kembali kamu cukup mengkonsumsi 3 ekor saja selama dua kali setiap harinya untuk proses pencegahan.

2. Mengurangi Kadar kolesterol

Pola makan yang tidak baik akan menyebabkan terjadinya kadar kolesterol dalam tubuh meningkat. Makanan tersebut biasanya berupa lemak yang mengandung kadar kolesterol dengan kadar yang tinggi atau biasa disebut dengan kolesterol jahat, sehingga dapat menyebabkan kesehatan terganggu seperti penyempitan pembuluh darah, jantung dan stroke. Mengerikan ya?

Namun, kamu tak perlu takut, karena kolesterol dapat dicegah sebelum menjadi kolesterol jahat. Cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegahnya adalah dengan mengkonsumsi semut jepang. Serangga ini dapat dikonsumsi secara langsung tanpa alternative atau dengan cara lain sesuai aturan.

Memang terasa menggelikan, namun jangan menjadi alasan kamu untuk tidak mengkonsumsinya. Rasakanlah khasiatnya setelah mengkonsumsi semut jepang tersebut. Serangga ini dapat mengatur kadar kolesterol rendah bahkan dengan kadar kolesterol tinggi. Selain mengobati, semut jepang dapat mencegah terjadinya penumpukan kolesterol dalam darah.

3. Meringankan Penyakit Hati

Liver atau penyakit pada organ hati merupakan penyakit yang juga membahayakan. Liver ini biasanya disebabkan karena pola makan yang tidak baik seperti terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berlemak dan kelelahan. Cara utama yang dilakukan untuk mengatasi gejala penyakit liver adalah dengan melakukan diet seimbang dan terapi tanpa obat serta perlunya asupan protein.

Obat yang tidak mengandung zat kimia namun banyak khasiatnya adalah semut jepang. Semut ini memang menjijikkan namun, khasiatnya tidak seperti wujudnya. Protein yang terkandung didalamnya dapat melawan bakteri atau mikroba dan zat toksik dalam tubuh. Serangga ini juga dapat menyembuhkan atau meringankan rasa sakit pada penyakit liver. Jadi kamu jangan khawatir sama penyakit yang kamu alami!

4. Meningkatkan Kesuburan

Setiap pasangan yang telah menikah pasti menginginkan seorang anak untuk menyempurnakan hidup mereka. Namun, tak banyak dari mereka mengalami kesulitan untuk mendapatkan seorang anak. Karena istri atau suaminya mengalami kemadulan karena beberapa sebab lainnya.

Kemandulan tersebut dapat diatasi dengan cara mengkonsumsi semut jepang sesuai dengan dosis dan cara yang sudah ditentukan. Serangga ini dapat meningkatkan vitalitas, sehingga hormone semakin subur dan memudahkan pasangan suami istri untuk memiliki seorang anak.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Tubuh terasa lemas saat lama melakukan banyak aktifitas? Saat melakukan banyak aktifitas pasti kamu akan merasa lelah bahkan sistem kekebalan tubuhpun menurun sehingga mudah terkena penyakit.

Pola hidup yang tidak tepat dapat mengurangi sistem kekebalan tubuh. Untuk itu, bagi kamu yang sering mengalami sakit dan mudah lelah lakukanlah aktifitas sesuai dengan kondisi tubuhnya dan mengkonsumsi semut jepang sesuai dengan dosis yang sudah ditentukan. Serangga ini dapat mencegah bakteri yang masuk kedalam tubuh, sehingga kamu akan terhindar dari berbagai penyakit.

6. Mengobati Hernia

Hernia merupakan salah satu penyakit yang timbul karena terdapat salah satu organ tubuh yang tertekan melalui otot. Dengan mengkonsumsi semut jepang orang yang mengalami penyakit hernia akan pulih kembali. Selain mengobati, serangga ini juga dapat mencegah terjadinya penyakit hernia.

Otot yang awalnya mengalami kerusakan akan kembali kuat dengan mengkonsumsi semut tersebut.

Jadi, mulai sekarang jangan takut karena penyakit hernia yang kamu alami. Dengan mengkonsumsi semut jepang ini penyakit yang kamu alami akan sembuh.

7. Mengatasi penyakit kencing manis

Pada umumnya, kencing manis disebabkan karena mengkonsumsi makanan yang mengandung gula atau makanan manis dengan dosis yang berlebihan. Sehingga menyebabkan terjadinya penyakit diabetes atau kencing manis.

Orang yang mengalami diabetes ini dapat pulih kembali dengan mengatur kadar gula dalam tubuhhnya. Caranya adalah dengan mengkonsumsi semut jepang lima hingga tujuh ekor setiap harinya. Penderita diabetes dapat langsung menelan semut tersebut atau dengan cara lain sesuai aturan.

4 Cara Mengkonsumsi Semut Jepang

Semut Jepang merupakan salah satu serangga kecil yang dapat dikonsumsi untuk dijadikan obat dan pencegah terjadinya penyakit. Kamu dapat mengkonsumsinya sesuai dengan dosis yang sudah ditentukan.

Bagi orang yang mengalami hipertensi (darah tinggi) dan diabetes (kencing manis) dapat mengkonsumsi semut jepang ini 5 hingga 7 ekor setiap harinya. Untuk penderita kolesterol, asam urat dan jantung dapat mengkonsumsinya 5 ekor semut jepang, dan bagi para penderita stroke dapat mengkonsumsi 7 hingga 10 ekor per harinya.

Kamu bisa mengkonsumsi semut Jepang ini dengan cara yang praktis, diantaranya seperti:

1. Memasukkan Semut Jepang Kedalam Kapsul

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk melakukan pengobatan dengan semut Jepang adalah dengan memasukkan semutnya kedalam kapsul yang kemudian diminum seperti saat minum kapsul pada biasanya. Kapsul tersebut dapat dibeli di apotek terdekat atau terkadang ada penjual semut jepangnya sendiri yang menjual kapsul tersebut.

2. Dicampurkan Kedalam Minuman Hangat

Bagi yang sering mengalami kesuliatan untuk mengkonsumsi obat terutama dalam mengkonsumsi semut jepang tidak perlu khawatir. Kamu dapat melakukan cara yang sangat mudah. Semut jepang ini dapat di konsumsi dengan mencampurnya bersamaan dengan minuman hangat.

Caranya adalah dengan memasukkan semut jepang tersebut kedalam air hangat tersebut kemudian diminum langsung. Air hangat tersebut bisa dari air putih atau teh.

3. Dicampurkan Kedalam Makanan

Biasanya orang yang mengalami rasa sakit dan diharuskan untuk mengkonsumsi obat akan melakukan beberapa cara termudah supaya tidak terlalu pahit dilidah saat meminumnya. Salah satu cara tersebut adalah mencampurkan obatnya dengan makanan.

Semut jepang pun dapat dikonsumsi dengan cara mencampurkannya bersamaan dengan makanan yang kamu sukai. Namun, perlulah pengetahuan mengenai makanan apa saja yang dapat dicampurkan dengan semut tersebut supaya tidak terjadi efek samping setelah mengkonsumsinya.

4. Mengkonsumsinya Secara Langsung

Cara yang terakhir adalah dengan mengkonsumsinya secara langsung. Apabila orang yang mengkonsumsinya tidak merasa jijik dan sanggup untuk memakan semut jepang secara langsung maka cara ini dapat dilakukan dengan sangat mudah, yaitu dengan menggigitnya kemudian langsung telan perlahan.

Rasanya memang pahit dan terasa pedas seperti permen blis, namun khasiatnya akan terasa setelah mengkonsumsinya.

Efek Samping Semut Jepang

Semut jepang memiliki banyak manfaat terutama bagi kesehatan dan menyembuhkan berbagai macam penyakit. Namun, perlu diketahui bahwa disamping kamu harus mengetahui manfaat dari semut, cara untuk mengkonsumsinya juga harus diketahui.

Mengapa demikian? karena akan terjadi beberapa hal yang akan membahayakan bagi si pengkonsumsi apabila mengkonsumsi semut tersebut tidak sesuai dengan dosis yang sudah ditentukan.

Serangga ini harus dikonsumsi sesuai dengan dosis yang sudah ditentukan. Apabila berlebihan, tubuh akan terasa lemas karena sistem kekebalan tubuhnya berkurang. Suhu tubuh menjadi panas dan dehidrasi berlebih, sehingga harus langsung ditangani.

Hemoglobin dalam tubuhpun harus diperhatikan karena hemoglobin sangat berperan penting dalam membantu meningkatkan aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh. Apabila jumlah hemoglobin berkurang atau yang lebih fatal hemoglobinnya menjadi rendah, akhirnya kamu akan mudah terkena penyakit.

Tak hanya itu, dosis berlebihan dalam mengkonsumsi serangga ini dapat menyebabkan ejakulasi dini pada pria. Ejakulasi merupakan penyakit dengan gejala rasa nyeri pada otot disekitar kemaluannya.

Para penderita diabetespun dapat mengalami penyakit ini karena umumnya laki-laki yang mempunyai penyakit diabetes akan mengalami ejakulasi dini. Sehingga perlulah pengetahuan mengenai cara mengkonsumsi dan dosis yang diperlukan untuk mengkonsumsi Semut Jepang tersebut.

Peran semut jepang yang dapat dijadikan obat maupun mencegah terjadinya penyakit memang sudah tidak diragukan lagi. Namun, kamu perlu memperhatikan dosis dan cara mengkonsumsi semut jepang, supaya efek samping dari semut jepang bisa dihindari

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here