Home Fauna 10 Fakta Musang Bulan yang Jarang Diketahui

10 Fakta Musang Bulan yang Jarang Diketahui

791
0
SHARE

Musang bulan merupakan salah satu jenis musang yang cukup populer dikalangan masyarakat. Mengapa? Karena salah satu jenis musang ini memiliki bentuk dan warna yang unik. Tidak sedikit masyarakat yang juga menjadikan penghasil kopi luwak ini sebagai binatang peliharaannya. Lebih dari itu, musang bulan juga memiliki daya tarik tersendiri yang bisa bikin kamu semakin tak sabar ingin memilikinya. Nah, apa kamu salah penyuka jenis musang ini? Jika ya, kamu wajib tahu nih, 10 fakta musang bulan yang jarang diketahui:

1. Musang Bulan Dapat Memproduksi Kopi Luwak

Musang bulan merupakan salah satu jenis musang penghasil kopi nikmat. Kotorannya menjadi salah satu bahan kopi temulawak, atau kopi luwak. Tapi bukan murni kotorannya ya yang diambil untuk bahan kopi. Yang diambil tetep biji kopinya yang sudah difermentasi melalui pencernaan musang bulan.

Jadi, untuk menghasilkan kopi luwak, Musang bulan diberi makan biji kopi dulu. Nah, setelah musang bulan memakan banyak biji kopi, kita tunggu sampai musang bulan buang kotoran. Dari kotoran musang bulan inilah terdapat sisa biji kopi yang tidak dicerna secara sempurna dalam sistem pencernaan. Namun, biji kopi yang sudah melalui sistem pencernaan musang sudah terfermentasi di dalam perut musang.

Oleh karena itu, biji kopi hasil pencernaan musang rasanya akan berbeda dengan biji kopi biasa. Bahkan, luwak kopi yang berasal dari musang bulan konon lebih nikmat dan lebih mahal dibanding kopi luwak yang berasal dari musang jenis lainnya.

2. Musang Bulan Memiliki Selera Kawin Yang Tinggi

Selain merupakan musang terbesar kedua, ada fakta lain nih tentang musang bulan yang wajib kamu tahu. Ternyata, musang bulan ini termasuk jenis hewan yang memiliki selera kawin tinggi. Selera kawin yang tinggi ini pada akhirnya membuat musang bisa mencapai angka kelahiran hingga 4 ekor dalam sekali melahirkan. Lebih dari itu, musang buan juga berkembang biak dua kali. Biasanya perkawinan umur ideal musang bulan adalah 11 hingga 12 bulan. Menarik bukan?

3. Muka Topeng Ciri Khas Musang Bulan

500px.com

Musang memiliki panggilan atau nama khas, yakni si muka topeng. Hal ini dikarenakan bentuk wajahnya yang memang menyerupai topeng. Wajah musang bulan menonjol, dengan garis putih membentang di bagian hidung. Selain itu, mata musang di kelilingi bulu berwarna putih. Keunikan lain dari musang bulan ini juga terdapat pada ekornya. Ujung ekor musang bulan berwarna putih, kontras dengan warna bulu lainnya yang berwarna coklat dan hitam. Unik sekali bukan?

4. Musang Bulan Termasuk Hewan Omnivora

500px.com
500px.com

Fakta lain tentang musang bulan adalah karakternya yang termasuk hewan omnivora. Biasanya, musang bulan bertahan hidup dengan memakan sayur, buah, kadal, serangga, unggas, memakan madu dll. Namun, musang bulan biasanya lebih menyukai buah-buahan dibanding jenis makanan lainnya.

5. Karakter Musang Bulan Selalu Sesuai Habitatnya

Nah, fakta yang satu ini mungkin sudah tidak aisng lagi bagi kamu. Ya, musang bulan juga acap kali memiliki karakter yang sama dengan habitannya. Biasanya, musang bulan dengan babitat pohon bambu akan berbeda dengan pohon biasa. Musang bulan yang hidup di pohon bambu memiliki warna bulu hitam kecoklatan, dan lebih buas. Sedang musang bulan yang hidup di pohon besar memiliki bulu warna hitam pekat dan lebih ramah.

7. Buah-Buahan Matang Makanan Favorit Musang Bulan

Musang bulan memang merupakan salah satu jenis omnivora. Namun, musang bulan merupakan penyka segala jenis buah-buahan. Dengan demikian, tidak sulit menemukan makanan bagi penghasil kopi luwak terbaik ini. Bahkan dengan lebih sering memberikan buah-buahan pada musang bulan, maka pertumbuhan atau perkembangan musang bulan juga akan lebih baik dari pada memberikan jenis makanan lain pada musang bulan.

7. Musang Bulan Memiliki Pencernaan Unik

Musang juga memiliki cara unik dalam mencerna makanan. Biasanya, musang singkat saat mencerna makanan. Dengan kata lain, musang bulan tidak membutuhkan waktu yang lama dalam mencerna makanan. Inilah yang menyebabkan makanan  pencernaan musang bulan tidak sempurna saat mencerna makanan.

8. Penyebaran Musang Bulan Hingga ke Negara-negara Asia

Musang bulan ternyata tidak hanya bisa ditemukan di Indonesia. Musang bulan bisa kamu temukan di Asia Tenggara, Asia Timur, dll. Untuk belahan Indonesia, musang bulan akrab ditemukan di wilayah Kalimantan, Sumatra, Aceh, serta Lampung. Maka wajar saja jika penyuka musang bulan juga tidak hanya masyarakat Indonesia saja, tetapi juga tersebar hingga ke negara-negara di Asia, bahkan hingga ke Eropa.

Dengan demikian, musang bulan menjadi salah satu jenis musang yang dobandrol dengan harga yang cukup tinggi. Harga dari musang bulan tersebut tentu saja tergantung dari corak bulu musang bulan, atau dari bentuk badannya. Semuanya bisa kamu tentukan, sesuai dengan minat kamu. Bagaimana, semakin tidak sabar bukan memelihara musang bulan? Tenang saja, kamu bisa menemukan musang bulan dengan mudah, seperti di toko hewan.

Jika ingin mendapatkan harga yang lebih murah, atau ingin mendapatkan musang yang unik-unik, maka berkunjunglah ke kota atau pulau dimana habitat utama musang bulan berada. Contohnya seperti di Lampung atau di Aceh. Dijamin deh, mata kamu akan disuguhkan dengan ragamnya jenis musang, tidak hanya musang bulan tetapi juga jenis musang lainnya. pastikan kamu memahami setiap jenis musang tersebut agar tidak kerepotan saat memeliharanya.

9. Musang Bulan Termasuk Musang Terbesar Kedua

Musang bulan populer dengan nama Masked Palm Civet, dengan panjang ekor bisa mencapai 70 cm. Panjang ya? Bagaimana tidak? Jenis musang ini merupakan musang terbesar ke dua. Keren kan? Musang bulan juga tidak ganas, sehingga bisa menjadi sahabat kamu di rumah.

 10. Cara Musang Bulan Bertahan Hidup Terbilang Unik

Musang bulan biasanya hidup di pohon. Musang bulan juga sering tidur di pohon yang dekat dengan sumber air. Cara bertahan hidup musang bulan ini memang tidak jauh berbeda dengan jenis musang lainnya

Wah, unik-unik seklai bukan fakta mengenai musang bulan diatas? Dengan demikian, bagi kamu penyuka musang bulan, kenalilah karakter dari musang bulan ini, termasuk memahami fakta-fakta mengenainya, agar kamu bisa memeliharanya dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here