Home Pengetahuan 13 Pengertian Budaya Menurut Para Ahli, Ciri Budaya dan Unsurnya

13 Pengertian Budaya Menurut Para Ahli, Ciri Budaya dan Unsurnya

988
0
SHARE

Pengertian Budaya – Pernahkah kamu mendengar kata budaya? Kata ini pasti sudah tidak asing lagi. Bahkan tanpa kita sadari, kita juga selalu menerapkan budaya tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Namun, kebanyakan dari mereka tidak mengerti arti dari kata budaya tersebut. Mau tahu arti budaya itu apa?

Indonesia memiliki beragam budaya, kita lihat dalam kehidupan sehari-hari, kamu mungkin pernah mengadakan acara di rumah, atau pasti kamu pernah melihat orang yang mengadakan acara seperti acara pernikahan. Dalam acara tersebut tentunya terdapat adat dalam pernikahan, mulai dari pakaian hingga hiasan yang digunakan. Adat yang mereka gunakan merupakan salah satu contoh dari budaya. Jadi apa itu budaya?

Dari bahasa sanskerta ‘buddhayah’ artinya segala sesuatu yang berkaitan dengan akal dan budi manusia. Sedangkan secara harfiah budaya merupakan suatu adat atau cara hidup seseorang yang digunakan oleh masyarakat secara turun temurun.

Budaya yang digunakan hingga zaman sekarang tentunya mempengaruhi perkembangan zaman. Misalnya, pakaian yang digunakan pada zaman dahulu dengan zaman sekarang sangat jauh berbeda. Pada zaman dahulu mereka menggunakan pakaian lebih sopan dibandingkan dengan zaman sekarang yang lebih memperlihatkan auratnya.

Budaya merupakan suatu adat, kebiasaan, serta cara hidup seseorang. sedangkan kebudayaan, merupakan hasil dari adat kebiasaan serta cara hidup seseorang. Namun, para ahli memiliki pengertian yang berbeda mengenai arti dari budaya tersebut. Berikut penjelasan lengkap mengenai pengertian budaya menurut beberapa ahli:

1. Pengertian Budaya Menurut Ki Hajar Dewantara

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa setiap perubahan budaya yang terjadi dapat mempengaruhi perubahan masa maupun zaman. Ki hajar juga memilki pendapat yang sama mengenai hal tersebut.

Menurutnya, budaya merupakan hasil dari apa yang sudah dilakukan oleh masyarakat dan berpengaruh terhadap perubahan zaman. Perubahan yang terjadi memberikan manfaat bagi masyarakat pada zaman sekarang untuk memanfaatkan perubahan budaya yang terjadi.

2. Pengertian Budaya Menurut Jensen dan Trenholm

Menurut Jensen dan Trenhom budaya meliputi nilai, kepercayaan, aturan dan juga berupa adat-istiadat atau kebiasaan. Masyarakat memiliki kebiasan atau adat istiadat yang berbeda termasuk kepercayaannya.

Apabila kepercayaan mereka berbeda maka adat maupun kebiasaan yang mereka lakukan juga sudah pasti berbeda. Kamu dapat melihat sendiri, orang muslim yang menikah biasanya mengadakan akad pernikahannya di mesjid, sedangkan non muslim biasanya mengadakan acar pernikahan di gereja atau ditempat lain selain mesjid.

3. Pengertian Budaya Menurut Edward T Hall

Seringkah kamu berkomunikasi? Pastinya, setiap orang melakukan komunikasi untuk berinteraksi. dan juga mereka tidak akan terlepas dari adat maupun kebiasaan. Sesuai dengan pendapat Edward bahwa budaya merupakan komunikasi dan komunikasi juga merupakan budaya.

Artinya budaya dan komunikasi berkaitan erat satu sama lainnya. Karena budaya juga dapat mempengaruhi kita dalam berkomukasi.

4. Pengertian Budaya Selo Soemardjan

Menurut Selo, budaya merupakan bagian dari segala hal yang berhubungan dengan hasil karya masyarakat. Jadi, apapun karya atau cipta masyarakat merupakan suatu budaya.

5. Pengertian Budaya Kluckhon dan Kelly

Semua hal yang berhubungan dengan kehidupan baik secara historis atau sejarah, rasio ataupun tidak yang dijadikan sebagai acuan untuk tingkah laku manusia merupakan pengertian budaya menurut kluckhon dan Kelly.

Jadi, menurut kedua ahli ini budaya itu berhubungan dengan sejarah. Mungkin karena sejarah juga dapat mempengaruhi kebudayaan pada zaman sekarang. Budaya berhubungan dengan sejarah karena budaya maupun kebudayaan merupakan salah satu ruang lingkup sejarah.

6. Pengertian Budaya Linton

Linton berpendapat bahwa budaya merupakan semua hal yang berkaitan dengan suatu kebiasaan turun temurun berupa pengetahuan dan tingkah laku masyarakat.

Kebiasaan yang dilakukan dapat berpengaruh kepada budaya dan perkembangan zaman, karena saat kamu melakukan kebiasaan maka hal itu akan menjadi adat dengan seiring berjalannya waktu.

7. Pengertian Budaya Effat Al-Syarqawi

Setiap orang memilki pendapat dari segi yang berbeda. Jika para ahli lain memberikan pendapat mengenai budaya dari segi yang umum, effat memberikan pendapatnya dari segi agama islam.

Menurutnya, budaya merupakan sejarah atau hal yang memilki makna dan sifat rohaniah oleh masyarakat pada zaman dahulu hingga sekarang.

8. Pengertian Budaya Koentjaraningrat

Semua hasil karya yang dihasilkan oleh masyarakat, tindakan, gagasan atau pendapat serta sistem dan rasa merupakan sebuah budaya. Pendapat ini dikemukakan oleh seorang ahli bernama koentjaraningrat. Menurutnya, setiap kegiatan manusia yang berhubungan dengan alam merupakan bagian dari budaya.

9. Pengertian Budaya E.B Taylor

Indonesia memliki kepercayaan serta adat istiadat yang berbeda. Apabila kepercayaan dan adat istiadat mereka berbeda, maka kebiasaan yang dilakukan juga sudah pasti berbeda. Mereka mempelajari mengenai hal tersebut dalam kehidupannya.

Penjelasan ini sesuai dengan pendapat dari Taylor bahwa budaya merupakan segala hal yang berkaitan dengan kesusilaan, seni, adat istiadat, hukum, serta kebiasaan lainnya yang kompleks dan sering dipelajari oleh masyarakat.

10. Pengertian Budaya Greet Hofstede

Menurut greet, budaya merupakan sebuah program bersama untuk membedakan suatu anggota kelompok dengan kelompok yang lain.

11. Pengertian Budaya Selo Soemardjan

Pendapat Selo hampir sama dengan pendapat lain mengenai budaya. Menurutnya, hasil karya maupun yang dihasilkan oleh masyarkat merupakan bagian dari budaya.

12. Pengertian Budaya Parsudi Suparian

Apabila seseorang memahami budaya, maka mereka juga dapat memahami mengenai segala perkara yang berhubungan dengan pengalaman yang pernah terjadi selama masa hidupnya. setiap landasan dari dikap maupun perilaku manusia merupakan budaya. Pendapat tersebut diberikan oleh seorang ahli bernama Parsudi.

13. Pengertian Budaya Edward Burnett Tylor

Budaya meliputi hukum, adat istiadat dan juga memiliki moral. Penjelasan tersebut sama dengan yang telah dikemukakan oleh Edward bahwa budaya merupakan segala hal yang berkaitan dengan pengetahuan masyarakat mengenai kepercayaan, moral, adat istiadat, hukum baik yang kompleks maupun yang rumit.

Ciri-Ciri Budaya

Adat istiiadat, kebiasaan maupun kepercayaan merupakan bagian dari budaya. budaya memilki ciri khusus, yaitu:

1. Budaya Berdasarkan Simbol

Simbol biasnya dijadikan sebagi suatu tanda yang bermakna. begitupun dengan budaya.Budaya termasuk simbol bagi masyarakat untuk menjalankan hidup mereka baik melalui adat maupun tradisi.

2. Budaya Bersifat Dinamis

Budaya akan terus berubah seiing denagn berjalannya waktu. Perubahan tersebut memberikan manfaat bagi masyarakat untuk memanfaatkan perubahan yang terjadi dengan cara yang baik.

3. Budaya Besifat Terbatas

Budaya dikatakan selektif atau terbatas karena budaya menjelaskan mengenai setiap pengalaman seseorang dengan cara yang singkat atau terbatas.

4. Budaya Dapat Disampaikan Oleh Siapa Saja

Setiap budaya yang ada dalam masyarakat telah mengalami perubahan dan juga perkembangan zaman yang semakin pesat. Adanya perubahan budaya tersebut tidak hanya disampaikan dari orang perorang, tapi juga dari perorangan kepada kelompok atau sebaliknya.

Mengapa demikian, masyarakat yang menggunakan adat istiadat pada zaman dahulu ternyata masyarakat pada zaman sekarang juga menerapkan budaya tersebut, meski hanya satu atau mungkin banyak yang menerapkannya.

5. Budaya Merupakan Ilmu yang Harus Dipelajari

Setiap kebiasaan maupun adat dan kepercayaan harus kita pelajari sebagai pengetahuan supaya setiap kebiasaan maupun adat yang dilakukan juga dapat bermanfaat bagi diri sendiri maupun banyak orang.

Budaya juga bukan merupakan bawaan atau sejarah, tapi budaya merupakan pengetahuan bagi kita untuk memanfaatkan setiap perubahan budaya dan perkembangan zaman dengan baik.

6. Budaya Bersifat Etnosentrik

Supaya kita dapat menilai budaya lain, maka yang dilakukan adalah dengan menilai budaya sebagai hal yang tidak buruk, melainkan berangaplah bahwa budaya termasuk adat atau kebiasaan yang standar atau yang terbaik.

7. Adanya keterkaitan antara beberapa unsur budaya

Budaya tidak hanya memilki ciri khusus tapi juga terdapat unsur-unsur budaya. misalnya tradisi, dan cara berpakaian. Kedua unsure tersebut saling berkaitan satu sama lain.

Setiap masyarakat memilki tradisi yang berbeda dalam melakukan suatu kegiatan, sehingga cara berpakaiannya pun disesuaikan dengan tradisi tersebut. Jadi, budaya memeliki keterkaitan antara satu unsure budaya dengan unsure budaya lainnya.

Unsur-unsur Budaya

1. Adanya Cara Berpakaian

Indonesia memilki beragam macam budaya, termasuk dalam pakaiannya. Pakaian yang mereka gunakan juga merupakan bagian dari budaya. Mengapa demikian? pakaian yang digunakan merupakan kebiasaan dan juga merupakan bagian dari adat istiadat. Sehingga cara berpakain juga termasuk bagian dari budaya.

2. Adanya Perilaku Tertentu

Tindakan atau aktifitas yang dilakukan oleh seseorang merupakan sebuah perilaku. Seperti makan, membaca, dan belajar. Hubungannya dengan budaya adalah setiap tindakan yang dilakukan oleh kita baik pada zaman dahulu maupun sekarang, tentunya dapat menjadi tradisi yang merupakan unsur dari budaya tersebut.

Contohnya, dulu kita membaca dengan cara yang salah seperti membaca sambil tidur, sekarang kebiasaan tersebut dirubah dengan cara yang benar.

Kemudian sampai saat ini kamu masih membaca dengan cara yang tepat seperti membaca sambil duduk dengan jarak yang tepat. Sehingga hal tersebut menjadi kebiasaan sampai saat ini. Hal itulah yang disebut dengan perilaku sebagai unsur dari budaya.

3. Adanya Suatu Adat Istiadat

Tahu gak adat dan istiadat itu apa? Sesuatu yang sering kamu lakukan dengan norma tertentu merupakan suatu adat. Sedang istiadat merupakan suatu hal yang biasa dan dilakukan tergantung dari situasi yang terjadi dalam masyarakat.

Seperti mengadakan acara pernikahan, tari-tarian, pengangkatan penghulu, syukuran dan lain-lain. Jadi, adat istiadat merupakan kebiasaan yang dilakukan serta disesuaikan dengan situasi yang terjadi sebagai ungkapan dalam seni budaya masyarakat.

4. Adanya kebiasaan

mungkin kamu pernah melakukan sesuatu yang sebelumnya tidak pernah kamu lakukan. Seperti halnya kamu tidak biasa keluar rumah pada malam hari, saat ini kamu jadi sering keluar malam. Hal inilah yang dinamakan kebiasaan.

Kebiasaan merupakan sesuatu yang dilakukan saat ini secara periodik, namun sebelumnya kamu belum pernah melakukannya.

5. Adanya kepercayaan

Dalam beragama, setiap orang sudah mengenalnya dari keluarga atau leluhurnya. Mereka melihat kebiasaan dari cara beribadah keluarganya. Kebiasaan atau tradisi tersebut termasuk kedalam budaya, karena budaya merupakan kebiasaan atau tradisi.

Budaya dan agama saling berkaitan dalam kehidupan. Contohnya, proses pemakaman, mereka akan tahu bagaimana cara pemakaman tersebut dengan melihat tradisi yang sudah dilakukan oleh orang-orang sebelum mereka.

6. Adanya Tradisi

Dalam kehidupan sehari-hari tentunya masyarakat melakukan banyak kegiatan dengan cara yang berbeda. Mereka memiliki tradisi yang berbeda untuk melakukan suatu kegiatan atau acara tertentu.

Seperti dalam acara pernikahan, setiap daerah pastinya menggunakan tradisi yang berbeda dari cara berpakaian maupun dari resepsinya.

Dengan demikian, tradisi merupakan suatu hal yang pernah dilakukan atau bahkan sering dilakukan sejak dulu dan termasuk hal yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat. Ciri utama dari tradisi adalah adanya informasi secara turun temurun dengan cara tertulis maupun lisan. Apabila ciri utama dari tradisi ini tidak ada, maka tradisi tersebut dapat menghilang.

Para ahli memilki pengertian yang berbeda mengenai budaya. Namun, pada initinya budaya merupakan sebuah adat yang memberikan manfaat bagi masyarakatnya.

Jika budaya memilki unsur seperti adanya cara berpakaian, kebiasaan dan lain-lain. Maka kebudayaan merupakan hasil dari semua unsur budaya tersebut. kaitan antara budaya, kebudayaan dan sejarah. Bahwa saat kita mengetahui sejarah maka kita akan tahu bagaimana cara melakukannya dan dapat menjadi sebuah kebiasaan atau tradisi yang merupakan bagian dari budaya dan kebudayaan.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here