Home Uncategorized Inilah 18 Tanda Awal Kehamilan yang Wajib Kamu Ketahui

Inilah 18 Tanda Awal Kehamilan yang Wajib Kamu Ketahui

189
0
SHARE

Hamil kemudian memiliki anak yang meramaikan suasana rumah tentunya menjadi impian setiap wanita, khususnya bagi mereka yang sudah menikah.  Hamil bahkan sering dikatakan sebagai bagian dari penyempurna dari diri wanita itu sendiri. Maka wajar saja, hamil menjadi satu moment yang dinanti dan tak terlupakan bagi seorang wanita, bahkan suaminya.

Dengan demikian, kamu perlu sangat menjaga diri kamu saat kamu sedang hamil, karena diluar sana bahkan masih banyak pasangan yang masih belum diberikan keturunan. Pentingnya kehamilan bahkan perlu diwaspadai dan dijaga sejak wanita menikah. Dengan kata lain, meski belum merasakan tanda kehamilan, kamu tetap perlu menjaga diri dan tentunya rahim kamu. Bahkan saat ini banyak susu yang diproduksi khusus bagi wanita sebelum hamil.

Ini menjadi bukti bagaimana hamil menjadi moment yang penting dan perlu di waspadai tandanya. Tidak sedikit wanita yang tidak sadar bahwa ia sedang hamil karena kecerobohannya. Bahkan, banyak janin yang meninggal akibat dari ketidaksadaran tersebut. Dengan demikian, selain perlu menjaga asupan gigi sebelum hamil dan setelah menikah, wanita juga perlu memahami, apa saja tanda kehamilan yang biasa terjadi, karena tanda hamil tidak hanya berupa telat datang bulan saja.

Oleh karena itu, bagi kamu wanita, khususnya yang sudah menikah, baca dan pahamilah 18 tanda bahwa kamu sedang hamil, berikut ini:

1. Adanya Perubahan Pada Bentuk Tubuh

Terdapat beberapa tanda kehamilan yang perlu kamu ketahui. Salah satu dari tanda kehamilan adalah adanya perubahan pada bentuk tubuh kamu. Contohnya adalah perubahan pada bagian Perut, bokong, paha, dada, yang biasanya terlihat lebih membesar.

Perubahan yang terjadi pada bagian tubuh kamu ini juga acap kali di iringi dengan keluarnya cairan dari kemaluan seperti keputihan. Biasanya, tanda ini terjadi sebelum telat haid. Tanda ini juga di iringi dengan bibir organ wanita menjadi lebih pucat. Jika kamu mengalami hal ini yang juga ditandai dengan tubuh yang lebih mudah lelah, rasa pusing, telat dan tentunya telat datang bulan, maka sangat mungkin sekali kamu sedang hamil.

2. Kenaikan Temperatur Basal Tubuh

Kenaikan temperatur basa tubuh bisa menjadi tanda kehamilan lainnya yang perlu kamu pahami. Dengan demikian, jika kamu merasakan adanya perubahan dengan kenaikan temperatur basa pada tubuh kamu, maka bisa saja hal tersebut mengartikan kamu sedang hamil. Biasanya, tanda ini berlangsung selama masa kehamilan.

3. Sering Mual

Sering mual tentunya sudah menjadi tanda umum yang sering terjadi pada ibu yang sedang hamil. Biasanya, mual pada ibu hamil terjadi di minggu ke 4, hingga minggu  ke 8.

Dengan demikian, tenang saja karena mual ini tidak akan terus terjadi pada masa hamil. Tetapi tidak sedikit ibu hamil yang lebih cepat melalui fase mual ini dan bahkan tidak mengalaminya sama sekali. Hal ini bisa saja bergantung pada daya tahan tubuh ibu hamil yang banyak mengalami perubahan hormon ketika hamil.

4. Sakit kepala

Ibu hamil tidak hanya sering mengalami mual. Selain itu, ibu yang sedang hamil juga biaanya lebih sering merasa pusing dari biasanya. Hal ini terjadi karena adanya perubahan hormon.

Namun tenang saja, sakit kepala yang terjadi pada awal kehamilan biasanya hanya sakit kepala ringan. Namun, dalam keadaan kadar gula darah rendah, sakit kepala mungkin akan lebih terasa sakit.

5. Demam

Minggu pertama pada awal kehamilan juga sering ditandai dengan tubuh yang demam. Hal ini terjadi karena hamil mengakibatnya terjadinya perubahan hormon dalam tubuh hingga akan sangat berpengaruh pada daya tangan tubuh.

6. Mulut Tidak Nyaman

Tanda lain yang menandakan bahwa kamus edang hamil adalah ketika kamu merasa tidak nyaman pada mulit kamu. Tanda ini biasanya terjadi pada minggu pertama. Biasanya, hal ini terjadi akibat perubahan hormon. Jadi, kamu tidak perlu khawatir karena tentunya hal ini sama sekali tidak berbahaya.

7. Tetiba Menyukai/Tidak Menyukai Makanan Tertentu

Kamu tentunya tidak asing saat mendengar ibu hamil yang sering merasa mual. Hal ini terjadi karena bau makanan tertentu bagi ibu hamil justru menimbulkan mual. Ini juga dapat menimbulkan perubahan selera makan pada 6 bulan pertama.

Ibu hamil memang tetiba bisa memiliki penciuman menjadi lebih tajam. Hal ini terjadi karena adanya perubahan hormon yang semakin kuat. Maka wajar saja jika ibu hamil hilang nafsu makan karena tidak suka dan sensitif terhadap bau-bauan. Tetapi, tidak sedikit juga ibu hamil yang justru lebih sering lapar saat hamil.

8. Terjadi Perubahan Pada Putting Payudara

Tanda dari kehamilan lainnya yang perlu kamu ketahui adalah adanya perubahan pada putting payudara kamu. Biasanya, saat hamil payudara kamu akan terasa lebih berat. Selain lebih berat, payudara juga akan terasa nyeri  yang juga disertai gatal.

Namun tenang saja, fase ini biasanya hanya terjadi selama 2 minggu awal pertama di masa kehamilan. Tanda atau perubahan yang terjadi pada putting payudara ini terjadi menjadi tanda bahwa payudara siap produksi susu.

Adapun penyebabnya, yakni karena adanya perubahan hormon esterogen. Tanda ini akan lebih sangat terasa apalagi baru pertama kali hamil. Pada awal pertama hamil perubahan ini akan sangat jelas terlihat. Biasanya, dada lebih lembut namun disertasi kesemutan pada payudara.

9. Lebih Sulit Buang Air Besar

Wanita yang sedang hamil juga biasanya lebih sulit saat ingin buang air besar. Hal ini terjadi karena  adanya peningkatan jumlah hormon.  Kesulitan buang air besar yang juga menjadi tanda wal kehamilan ini juga bisa menimbulkan sembelit. Dengan demikian, agar menghindari hal tersebut, maka kamu perlu banyak konsumsi makanan mengandung serat, seperti sayuran maupun buah-buahan.

10. Keluarnya Flek Darah atau Nyeri Perut

Jika keluar flek darah daari vagina yang juga ditandai dengan nyeri perut, ini bisa menjadi tanda lain dari kehamilan. Hal ini terjadi saat sel telur menempelkan dirinya pada dinding uterus.

Tanda ini memang hampir sama dengan tanda awal mula haid. Namun, darah haid biasanya lebih terang, sedangkan darah yang menandakan kamu sedang hamil, tidak terang. Adapun penyebab dari nyeri perut adalah karena rahim membesar. Nyeri saat awal hamil sakitnya sama dengan nyeri haid.

11. Kram Perut

Kehamilan juga sering ditandai dengan perut yang sering keram. Hal ini terjadi karena saat keluarnya bercak darah, mengakibatkan nyeri dan kram perut. Jika kamu menghadapi masa ini, jangan khawatir karena hal tersebut merupakan hal yang wajar. Biasanya, hal ini berlanjut hingga trimester kedua. Adapun penyebab kram pert lainnya adalah karena implantasi janin ke dinding rahim.

12. Mengalami Gejala PMS

Tanda kehamilan lainnya yang juga sering dialami oleh ibu hamil adalah ketika ibu hamil mengalami gejala PMS atau pra menstruasi. Gejala tersebut ditandai dengan perut kembung, nyeri payudara, sakit pinggang, lebih sering ingin makan, dll.

Jika kamu mengira bahwa ini hanya tanda bahwa kamu akan segera datang bulan, namun justru hal tersebut terjadi berkepanjangan sementara haid tak pula datang, maka segeralah cek kehamilan ke dokter kandungan.

13. Sakit Punggung

Sakit punggung menjadi hal lainnya yang menandakan bahwa kamu sedang hamil. Jika tanda ini diiringi dengan telatnya datang bulan dan tubuh yang juga lebih mudah lelah, maka coba saja cek kehamilan karena mungkin saja kamu memang sedang hamil.

14. Terlambat Haid

Nah, tanda kehamilan yang satu ini tentunya sudah bukan menjadi rahasia lagi. Bahkan, setiap wanita yang sudah menikah menjadikan telatnya haid sebagai salah satu patokan utama yang menandakan bahwa ia sedang hamil. Tetapi kamu perlu teliti karena banyak penyebab telat haid seperti stress, ataupun gaya hidup yang tidak teratur.

Itulah sebabnya, kamu perlu mengetahui tana kehamilan lainnya, karena hamil tidak hanya ditandai dengan telatnya datang bulan.

15. Lebih Moody

Kamu tentunya sudah tidak asing dengan tanda hamil yang satu ini. Ya, ibu yang sedang hamil biasanya memang lebih moody. Moody yang dimaksud disini ialah seperti lebih sensitif yang biasa terjadi di trimester pertama. Ibu yang sedang hamil juga biasanya lebih emosional.

Terkadang, ia mengalami perubahan suasana hati mendadak hingga kadang menjadi melow tidak jelas. Bahkan, masalah kecil menjadi sesuatu yang membuat stress bagi ibu hamil.

16. Lebih Sering Buang Air Kecil

Ibu yang sedang hamil khususnya di kehamilan bulan pertama biasanya lebih sering ingin buang air kecil. Dengan demikian jika kamu telat datang bulan diiringi dengan seringnya buang air kecil, maka segeralah tes kehamilan.

Adapun penyebab dari seringnya buang air kecil sata hamil adalah akibat janin menekan kantung kemih hingga kantung kemih lebih cepat penuh dengan urine.

17. Lebih Meludah

Tanda kehamilan lainnya yang biasa terjadi pada ibu hamil adalah lebih sering meludah. Hal ini terjadi karena adanya perubahan hormon esterogen. Biasanya, sering meludah ini sering terjadi saat trimester pertama, namun berhenti di trimester kedua.

18. Sangat Mudah Cepat Lelah

Saat hamil memang identik dengan kelelahan. Dengan demikian, tanda lainnya yang menjadi ciri bahwa kamu sedang hamil adalah disaat kamu merasa tetiba lebih mudah lelah, padahal kamu melakukan kegiatan seperti biasanya.

Tanda kehamilan ini terjadi karena ketika sedang hamil khususnya di minggu pertama dan kedua, tubuh memompa hormon lebih banyak darah untuk nutrisi janin, bahkan pada fase ini jantung bekerja lebih keras, jadi sangat wajar jika kamu akan lebih mudah lelah.

Cara Cek Kehamilan Minggu Pertama Dengan Medis

Setelah memahami apa saja tanda kehamilan, untuk memastikan hal tersebut, tentunya kamu juga perlu cek agar kepastian bahwa kamu sedang hamil bisa dibuktikan. Apalagi, kehamilan bahkan bisa di cek sejak dari minggu pertama. Dengan demikian, jika kamu sudah mengalami beberapa tanda kehamilan, segeralah cek kepastiannya, agar kamu bisa lebih waspada menjaga badan dan janin kamu ketika kamu mengetahui moment yang paling dinanti oleh setiap pasangan ini.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk memastikan kehamilan kamu adalah dengan menggunakan cara medis. Eits! Tapi pastikan ya, kamu menggunakan cara medis yang tepat, contohnya dengan menggunakan test pack.

Masa kehamilan seminggu memang bisa diprediksi secara medis dengan menggunakan test pack. Caranya adalah dengan tes urin menggunakan test pack tersebut. Cara ini bisa lakukan dipagi hari. Jika kamu melihat ada dua garis merah pada test pack tersebut, maka itu artinya ada janin yang sedang hidup di rahim kamu. Segeralah langsung perika ke dokter untuk mengetahui berasa usia janin dan pastikan juga kamu rutin cek kehamilan kamu.

Selain menggunakan test pack, mengecek kehamilan juga bisa dilakukan dengan melakukan USG. Cara ini jelas akan lebih akurat lagi dibandingkan dengan menggunakan test pack. Namun, biaya yang diperlukan untuk USG cek kehamilan memang cukup lumayan.

7 Cara Menjaga Kehamilan di Minggu Pertama

Janin dalam rahim kamu, dari minggu ke minggu tentunya akan selalu mengalami perkembangan. Dari setiap perkembangannya, biasanya janin membutuhkan nutrisi yang lebih, khususnya di awal minggu kehamilan. Nah, dengan demikian, pastikan kamu memahami 7 cara menjaga kehamilan di minggu pertama berikut ini:

1. Langsung Menemui Dokter

Hal pertama yang perlu kamu lakukan diminggu pertama adalah langsung cek ke dokter kandungan mengenai kehamilan kamu. Pastikan kamu selektif memilih dokter, karena setiap masukan dari dokter tentunya akan sangat berpengaruh pada perkembangan janin di rahim kamu.

2. Biasakan Gaya Hidup Sehat

Selain mengecek kandungan ke dokter dan selektif dalam memilih dokter, hal selanjutnya yang wajib kamu lakukan dalam menjaga kehamilan di minggu pertama kamu, adalah dengan lebih menjaga gaya hidup kamu. Mulailah untuk tidak memakan makanan yang dilarang dan akan membahayakan diri kamu termasuk janin kamu. Selain itu, pastikan pula kamu tidak melakukan kegiatan yang juga kan membahayakan kamu dan janin kamu.

3. Jauhi Rokok

Rokok sangat tidak baik baik perkembangan janin di rahim kamu. Apalagi, bagi kehamilan di minggu pertama yang tentunya masih sangat sensitif. Dengan demikian, cara menjaga kehamilan di minggu pertama lainnya yang harus kamu lakukan adalah dengan menjauhi diri kamu dari rokok.

4. Selektif Memilih Makanan

Selanjutnya, cara menjaga kehamilan di minggu pertama bisa kamu lakukan dengan cara selektif memilih makanan. Pastikan makanan yang kamu konsumsi mengandung nutrisi, zat besi, dan gizi yang dibutuhkan oleh kamu dan janin kamu. Selektif memilih makanan ini akan membantu kamu mencegah cacat tabung syaraf.

5. Selektif Memilih Obat

Apa yang kamu konsumsi akan sangat berpengaruh pada perkembangan janin kamu. Dengan demikian, selain perlu selektif memilih makanan, kamu juga perlu selektif memilih obat-obatan, khususnya pada kehamilan di minggu pertama.

6. Rutin Olahraga

Olah raga akan sangat membantu perkembangan janin di rahim kamu. Jadi, seringlah berolah raga saat hamil. Tetapi, pastikan gerakan yang kamu lakukan tidak akan membahayakan janin kamu. Pelajarilah gerakan-gerakan olah raga khusus ibu hamil yang akan membantu berkembangnya janin dalam rahim dan juga membantu kelancaran proses persalinan.

7. Pastikan Fikiran Selalu Tenang

Terakhir, agar perkembangan janin di rahim kamu tidak mengalami kendala, maka jauhilah dari fikiran-fikiran negatif. Pada awal kehamilan mungkin kamu akan merasa lebih sensitif dan bahkan lebih mudah stress. Namun, hal ini perlu dijauhi karena tidak baik bagi perkembangan janin kamu.

Selain ke 7 hal diatas, cara lainnya yang perlu kamu lakukan untuk menjaga kehamilan di minggu pertama adalah dengan meminum susu ibu hamil sesuai dengan usia kandungan kamu. Susu ibu hamil tentunya juga akan membantu perkembangan janin kamu. Tetapi, kamu juga harus tahu tentang apa saja yang tidak boleh kamu lakukan saat sedang hamil.

Jauhi 6 Hal Ini Saat Kamu Sedang Hamil

1. Makanan Berkarbohidrat Tinggi

Makanan yang mengandung karbohidrat yang tinggi akan meningkatkan kadar gula yang sangat tidak baik bagi janin kamu. Dengan demikian, pastikan kamu tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat yang tinggi, karena hal tersebut akan menciptakan resiko diabet saat anak dilahirkan.

2. Tidak Makan berlebihan

Nafsu makan bertambah menjadi salah satu gejala yang acap kali terjadi pada ibu hamil. Tetapi, kamu perlu mengatur pola makan kamu agar tidak berlebihan makan, karena hal tersebut justru tidak baik bagi janin kamu.

3. Asal Memilih Obat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, apapun yang kamu konsumsi akan sangat berpengaruh pada janin kamu. Dengan demikian, selektiflah memilih makanan termasuk obat-obatan. Jangan meminum obat sembarangan sebelum mengkonsumsikannya pada dokter kandungan.

4. Jarang Minum

Susu ibu hamil memang akan membantu perkembangan janin kamu, tapi bukan berarti kamu jadi sangat jarang meminum air putih. Bahkan air putih lebih dibutuhkan lagi, baik oleh ibu hamil maupun ketika tidak sedang hamil. Dengan demikian, pastikan kamu tetap meminum air putih seperti biasanya.

5. Tidak Mengkonsumsi Makanan Setengah Matang

Makanan yang masih setengah matang sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh dan perkembangan janin kamu. Hal ini dikarenakan, makanan setengah matang dianggap masih mengandung bakteri yang berbahaya. Dengan demikian, hal lain yang wajib kamu hindari saat sedang hamil adalah dengan tidak mengkonsumsi makanan yang baru setengah matang.

6. Hindari Cemilan Dengan Bahan Pengawet dan Pemanis Buatan

Pada masa kehamilan, kamu mungkin bisa sangat tiba-tiba ingin banyak makan khususnya mengemil. Ngemil tentu saja diperbolehkan bagi ibu hamil. Hanya saja, kamu juga perlu memastikan bahwa kamu selektif memilih cemilan. Pilihlah cemilan yang tidak mengandung bahan pengawet ataupun pemanis buatan, agar perkembangan janin kamu tidak terhambat.

Sebagai salah satu moment yang paling dinantikan, kehamilan tentunya perlu sangat di jaga sejak dini. Ingatlah bahwa banyak sekali pasangan yang bahkan rela melakukan proses bayi tabung atau cara lainnya untuk bisa mendapatkan keturunan. Dengan demikian, sekali lagi, pastikan kamu paham betul apa saja tanda dari kehamilan, agar janin dalam rahim kamu mendapatkan perhatian sedini mungkin.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here