15 Tanda-Tanda Kehamilan yang Perlu Kamu Ketahui

15 Tanda-Tanda Kehamilan yang Perlu Kamu Ketahui

108
0
BAGIKAN
tanda-tanda kehamilan
merdeka.com

Fatinia.com – Setiap pasangan yang baru menikah ingin merasakan hidup sebagai seorang ayah dan ibu. Mereka tidak sabaruntuk mendengar tawa si kecil di rumah.

Suatu hari, sang ibu merasa mual di pagi hari. Ia merasa senang sekaligus bersemangat. Ia segera mengambil test pack dan menunggu hasilnya. Sayang sekali, hasilnya masih negatif. Mual yang dirasakannya ternyata bukan tanda-tanda kehamilan.

Nah, dari gambaran tersebut, kamusebaiknya sudah mengetahui tanda-tanda kehamilan sejak dini. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa bingung atau merasa kecewa jika terjadi sesuatu pada dirimu. Selain itu, kenalilah tanda-tanda kehamilan lebih dari satu agar lebih akurat.

Adapun 15 tanda-tanda kehamilan yang biasanya terjadi adalah sebagai berikut.

1. Telat Haid

tanda tanda kehamilan pertama yaitu telat haid
pict : sayainginhamil.com

Tanda awal seorang wanita itu hamil atau tidak dilihat dari siklus haidnya yang terjadi satu bulan sekali. Jika suatu saat siklus itu berubah, bahkan haid tidak kunjung datang, mungkin saja sang janin sudah ada di dalam rahim.

2. Mual dan Muntah

mual itu salah satu tanda kehamilan
pict : bidanku.com

Hal yang paling sering terjadi pada wanita yang sedang hamil adalah rasa mual dan muntah. Keadaan seperti itu terjadi pada awal kehamilan dan bisa terjadi kapan saja. Pagi sampai malam hari selalu merasa mual dan ingin mengeluarkan isi perut. Hal ini terjadi karena wanita hamil mengalami perubahan hormonal.

3. Bercak Darah

bercak darah juga bisa jadi tanda kehamilan
pict : liputan6.com

Tidak semua wanita mengalami hal ini. Namun, jika ada bercak darah, tetapi tidak sebanyak darah haid, kemungkinan besar itu adalah tanda kehamilan. Bercak darah ini berasal dari proses sel telur yang sudah dibuahi dan menempel pada dinding rahim sehingga mengakibatkan pendarahan ringan. Bercak darah akan hilang dalam beberapa hari. Jika terus masih ada, segera hubungi dokter kandungan.

4. Mudah Lelah

Tiba-tiba, badan terasa cepat lelah.Lelah yang dirasakan tersebut bisa saja sebagai tanda kehamilan. Rasa lelah ini terus terjadi hingga masa trisemester kedua. Oleh karena itu, jagalah asupan nutrisi dan banyak minum air putih agar tidak cepat lelah.

5. Pusing dan Sakit Kepala

Selain lelah, pusing dan sakit kepala juga menyerang wanita hamil. Keadaan ini disebabkan oleh perubahan hormonal dan janin yang sedang tumbuh. Jika pusing dan sakit kepala sudah tidak tertahankan, minumlah obat yang aman untuk ibu hamil.

6. Nafsu Makan yang Naik Turun

Suatu hari, seorang wanita ingin sekali makan ikan bakar, tetapi tiba-tiba perutnya terasa mual. Padahal, ia tidak pernah mual saat menyantap ikan tersebut. Hal seperti ini dapat terjadi jika wanita itu ternyata sedang mengandung dan tanpa disadari tubuhnya sedang mengalami perubahan hormonal. Nafsu makan ibu hamil memang cenderung berubah-ubah karena rasa mual.

7. Suhu Tubuh Meningkat

Tiba-tiba, suhu tubuh meningkat selama lebih dari dua minggu. Bukan karena penyakit atau virus, bisa saja karena itu tanda dari kehamilan. Suhu tubuh basal akan meningkat karena proses ovulasi.

8. Perubahan Emosi atau Moody

Wanita hamil mengalami perubahan emosi atau mood seperti wanita yang sedang datang bulan. Suatu waktu merasa bahagia, tetapi beberapa menit kemudian merasa kesal dan ingin sekali marah. Perubahan emosi termasuk hal normal karena hormon tubuh yang berubah secara drastis.

9. Perubahan pada Payudara

Daerah aerola akan bertambah gelap di sekitar payudara yang semakin membesar. Hal ini disebabkan oleh produksi hormon progesteron dan estrogen yang meningkat. Jika mengalami perubahan ini, gunakanlah bra dengan ukuran yang lebih besar dan nyaman.

10. Mudah Terengah-engah

Napas yang mudah terengah-engah terutama saat menaiki tangga menjadi salah satu tanda kehamilan. Keadaan ini disebabkan oleh janin yang membutuhkan asupan oksigen sehingga Ibu merasa seperti kehabisan napas. Hal ini akan terjadi sepanjang kehamilan karena bayi akan terus tumbuh serta menekan paru-paru dan diafragma.

11. Kram pada Rahim

Kram ternyata tidak hanya dirasakan saat haid, tetapi juga dirasakan pada masakehamilan. Kram ini akan dirasakan sampai kehamilan trimester kedua. Kram terjadi karena perubahan letak uterus.

12. Sering Buang Air Kecil

Wanita hamil akan sering bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil. Hal ini terjadi karena janin menekan kandung kemih. Karena penekanan itu, kandung kemih lebih cepat penuh oleh urine sehingga buang air kecil sering dialami oleh wanita hamil.

13. Konstipasi atau Sembelit

Gejala konstipasi atau sembelit terjadi karena hormon progesteron yang terus meningkat. Hormon ini menurunkan sistem kerja pencernaan sehingga sulit buang air besar.

14. Indra Penciuman Jadi Lebih Sensitif

Jika tiba-tiba merasa terganggu oleh aroma atau bau tertentu, ada kemungkinan tanda kehamilan mulai muncul. Wanitayang sedang hamil akan sangat sensitif dengan bau atau wangi-wangian seperti aroma makanan, wangi parfum, atau bau badan.

Saking tidak tahannya, wanita hamil bisa mual hingga muntah karena bau yang aneh. Padahal, bau tersebut tercium biasa saja. Hal ini hanya terjadi pada masa kehamilan karena setelah itu semuanya kembali normal.

15. Sakit Punggung

Saat hamil, punggung akan terasa sakit terutama di bagian bawah. Rasa nyeri pada punggung dapat menjadi tanda kehamilan yang harus segera diperiksa lebih jauh. Rasa sakit di punggung ini akan terus terasa sampai proses melahirkan nanti.

Demikianlah 15 tanda-tanda kehamilan yang terjadi pada setiap wanita. Cermatilah setiap tanda tersebut, siapa tahu kamu sedang mengalaminya. Periksalah ke dokter kandungan jika kamu ingin hasil yang lebih akurat.

Tips untuk Kamu yang Sedang Hamil Muda

Keberadaan janin di dalam rahim adalah sebuah anugerah dan kebahagiaan. Namun, seorang wanitayang sedang hamil muda tidak selalu bahagia dalam menghadapi masa kehamilannya. Ia akan merasa lelah, sensitif, bahkan kesakitan karena kehamilannya. Meskipun begitu, masa kehamilan tetap harus dijalani dengan penuh rasa syukur karena di luar sana banyak ibu yang masih sulit untuk mengandung.

Kehamilan pada trimester pertama merupakan masa yang memberatkan bagi ibu hamil karena hormon dalam tubuh meningkat.Oleh karena itulah, para ibu yang sedang hamil muda harus mengetahui beberapa tips berikut ini.

1. Teratur Makan dalam Porsi yang Kecil

Wanita yanghamil mudaantara 1-3 bulan harus selalu pandai menjaga pola makan. Hal ini sangat diperlukan karena janin akanmembutuhkan vitamin dan mineral yang banyak untuk tumbuhkembangnya.

Ada orang yang percaya bahwa hamil harus makan dua kali lipat. Padahal, itu anggapan yang salah. Anggapan yang benar adalah ibu hamil harus makan dua kali lebih bergizi, bukan dua kali lebih banyak.

Jika makan berlebihan, ibuhamil akan mengalami kelebihan kalori dan mengalami kegemukan. Meskipun gemuk, belum tentu bayi yang akan dilahirkannya juga gemuk. Pada akhirnya, sang ibumalah akan kesulitan untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan nanti.

Lalu, bagaimana cara mengatur pola makan untuk ibu yang hamil muda? Pertama, ibu hamil harus memahami bahwa produksi asam lambung akan meningkat pada masa awal kehamilan. Jika sang ibu tetap makan dalam porsi biasa, maka perut akan terasa begah.

Agar hal tersebut tidak terjadi, kurangi porsi makan dan makanlah dalam waktu yang lebih sering. Misalnya, makanlah setiap tiga jam sekali dalam sehari dengan total lima sampai enam kali. Hal ini dapat membuat kerja lambung lebih ringan dan nutrisi untuk ibu dan janin tetap terpenuhi.

Di samping itu, perhatikan asupan nutrisi. Asupan nutrisi akan berkurang karena mual sehingga selera makan menjadi hilang. Walaupun hal ini dianggap normal, sang ibu harus tetap makan agar janin tidak kekurangan nutrisi.

2. Minumlah Teh Manis Hangat diPagi Hari

Morningsickness sering dialami oleh wanita yang sedang hamil muda. Pagi hari akan selalu ditemani dengan rasa mual, pusing, bahkan muntah. Dengan segelas teh manis hangat, keadaan morningsickness akan berkurang dan badan terasa lebih baik.

Teh manis hangat hanya cukup satu gelas dalam satu hari. Jangan sampai mengonsumsi teh manis dalam jumlah banyak karena kandungan kafeinnya akan berakibat buruk bagi janin, begitu pula dengan gula yang terlalu banyak. Kafein akan membuat perut terasa begah dan sesak.

3. Hindarilah Aktivitas yang Berat

Hamil muda akan membuat badan lelah, bahkan sampai pingsan karena kekurangan darah. Wanita yanghamil mudatidak boleh memaksakan diri untuk melakukan tugas berat. Hindari juga duduk dan berdiri terlalu lama. Istirahatlah dalam waktu yang cukup, tetapi tetap memiliki aktivitas yang teratur.

Bagi wanita karier, jagalah kehamilan pada masatrimester pertama. Tubuh memerlukan penyesuaian karena keadaan fisik dan psikologis yang berubah. Tubuh akan merasa cepat lelah dan sulit untuk berkonsentrasi.

4. KendalikanEmosi dan Tetap Tenang

Perubahan yang terjadi saat hamil muda membuat emosi sering berubah. Hamil muda membuat seorang wanita lebih sensitif dan mudah terbawa emosi. Hal ini terjadi karena hormon yang tidak stabil sehingga dapat meningkatkan stres. Alangkah baiknya, jika emosi selalu dikendalikan dengan baik dan berusaha membuat diri untuk selalu tenangagar tidak berdampak pada janin.

Emosi dapat dikendalikan dengan lebih mendekatkan diri kepada Tuhan, melakukan meditasi, serta bercengkerama dengan suami dan keluarga. Selain itu, tingkatkanlah pikiran positif dalam diri agar semakin sabar dan kuat saat menjalani masa kehamilan. Jadilah, calon ibu yang dapat menyeimbangkan keadaan tubuh dan pikiran secara bersamaan.

5. Konsumsi Makanan Ringan

Pada awal kehamilan, biasakanlah untuk mengonsumsi makanan ringan. Dengan begitu, efek negatif dari morningsickness dapat berkurang. Kebiasaan makan makanan ringan akan membuat permukaan lambung tidak bergesekan langsung dan asam lambung tidak akan meningkat. Jangan sampai perut dibiarkan kosong sehingga menyebabkan mual dan muntah. Selain itu, pilihlah makanan ringan yang aman dan sehat.

6.Minumlah Es Jika Mulut Terasa Pahit

Karena asam lambung, mulut akan terasa pahit. Rasa tidak enak di mulut ini membuat ibu hamil sulit untuk mengonsumsi makanan apa pun. Jika hal itu terjadi, konsumsilah es buah yang segar sehingga rasa pahit di mulut hilang. Selain itu, es buah dapat meningkatkan nafsu makan.

Sebagian orang mengatakan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi es akan memiliki bayi yang gemuk. Hal itu tidak dapat dibuktikan secara ilmiah karena bukan es yang membuat gemuk, tetapi kandungan gula yang ada dalam es tersebut. Jadi, gunakan gula dalam jumlah sedikit agar tidak mengalami kelebihan berat badan.

7. Pijatan yang Nyaman pada Pundak dan Leher

Hamil muda akan membuat kepala pusing dan pegal-pegal, terutama pada pundak dan leher. Alangkah nyamannya, jika kedua bagian tubuh tersebut mendapatkan pijatan ringan. Pijatan selama 20-30 menit akan membuat tubuh menjadi lebih rileks. Mintalah suami untuk melakukan pijatan ringan tersebut.

Itulah beberapa tipsuntuk para wanita yang sedang hamil muda. Meskipun tidak selalu menyenangkan, kehamilan menjadi proses yang perlu dinikmati dengan rasa syukur dan bahagia. Semoga tipstersebut bermanfaat dan dapat mengingatkan para calon ibu untuk selalu menjaga kesehatannyademi sang janin.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY