Home Kesehatan Lakukan 5 Tips Ini untuk Melancarkan Haid Secara Alami

Lakukan 5 Tips Ini untuk Melancarkan Haid Secara Alami

548
0
SHARE

Masa menstruasi merupakan masa normal bagi kaum perempuan. Dengan kata lain, setiap perempuan pasti akan mengalami mesntruasi. Menstruasi itu sendiri biasanya terjadi pada perempuan yang memasuki usia ssia 9-17 tahun. Dengan kata lain, jika terjadi pendarahan pada organ intim perempuan sebelum masa normal menstruasi, maka bisa dikatakan itu bukan menstruasi dan justru dikhawatirkan ada gangguan pada organ intim.

Menstruasi itu sendiri terjadi karena adanya perubahan fisiologis pada wanita. Faktor lainnya, yakni terjadinya pendarahan hormon LH-Progesteron dan FSH-Estrogen pada endometrium. Meski menstruasi terjadi pada setiap perempuan, namun ada saja yang mengalami masa mestruasi yang tidak teratur.

Biasanya, mestruasi atau haid tidak lancar saat terdapat tumpukkan darah kotor pada rahim, atau penyakit tertentu yang wajib di konsultasikan dengan dokter spesialis. Dengan demikian, jika hiad acap kali tidak lancar dalam kurun waktu yang lama, perlu segera dikonsultasikan kepada dokter spesialis.

Lalu, sebenarnya, apa penyebab haid tidak lancar? Berikut jawabannya:

Penyebab Haid Tidak Lancar

Ketidaklancaran masa haid bisa terjadi akibat beberapa hal. Salah satunya adalah akibat berat badan, beban fikiran, pola makan yang tidak tepat, penyakit, ketidak seimbangan hormon, dll. Ya, memang banyak faktor yang mempengaruhi lancar dan tidak lancarnya haid. Namun umumnya, haid tidak lancar akibat hal-hal berikut:

1. Ketidakseimbangan Hormon

Ketidakseimbangan hormon menjadi penyebab pertama yang mengakibatkan hiad tidak lancar. Ini biasanya dipengaruhi oleh gaya hidup, pola makan, sakit, sindrom polikistik ovarium, dll. Dengan demikian, untuk mencegah hal ini terjadi, pastikan pola hidup dan pola makan Anda sehat, agar haidpun lancar dengan kesimbangnya hormon.

2. Adanya Gangguan Pada Alat Reproduksi

Penyebab lainnya yang bisa membuat masa haid tidak lancar adalah akibat adanya gangguan pada alat reproduksi. Contohnya seperti polip, kista, infeksi dll. Dengan demikian, jika haid tidak lancar dalam kurun waktu yang cukup lama, maka sebaiknya konsultasikan segera pada dokter spesialis.

3. Merasa Tertekan atau Stress

Penyebab ketiga yang bisa membuat haid jadi tidak lancar adalah akibat dari merasa tertekan atau stress. Stress membuat periode menstruasi berubah hingga hiadpun tidak lancar. Hal ini karena tekanan pada fikiran berpengaruh pada hormon esterogen dan progestrogen yang menyebabkan haid tidak lancar.

Selain 3 penyebab haid tidak lancar diatas, tentunya ada lagi penyebab haid tidak lancar lainnya. Namun, apapun penyebabnya, Anda tentu ingin tahu bukan, bagaimana cara yang tepat agar haid bisa lancar kembali? Berikut ini tipsnya untuk Anda:

Tips Melancarkan Haid Secara Alami

Tidak sedikit kaum perempuan yang rela meminum obat ini itu hanya untuk memperlancar haid. Padahal, banyak tips alami yang bisa dilakukan untuk memperlancar haid tanpa harus menggunakan bahan kimia. Ingin tahu caranya? Ini dia jawabannya:

1. Pola Istirahat yang Teratur

Tips pertama agar haid lancar sangatlah sederhana. Yakni, aturlah pola istirahat Anda dengan teratur. Hindari stress agar istirahat Andapun terasa nyaman. Jadi, tidak perlu bahan kimia bukan?, Anda hanya perlu memastikan tubuh Anda mendapatkan haknya, dengan istirahat yang cukup tanpa stress.

2. Mengatur Pola Makan yang Sehat

Selanjutnya, agar haid lancar, sangat dianjurkan agar Anda mengatur pola makan Anda. Runtinlah mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Dengan sering mengkonsumsi makanan yang sehat dan mengatur pola hidup yang sehat pula, percayalah haid akan kembali lancar seperti biasanya

3. Gaya Hidup yang Sehat

Gaya hidup sehat juga akan membantu melancarkan masa haid Anda. Dengan demikian, pastikan Anda tidak merokok, menjaga kebersihan, dan melakukan gaya hidup sehat lainnya.

4. Olah Raga

Sering olah raga seperti yoga, joging, dll, juga bisa jadi cara yang jitu dalam memperlancar haid Anda. Coba temukan banyak informasi tentang olah raga yang bisa memperlancar masa haid. Kemudian, lakukanlah olah raga tersebut dengan rutin agar tips ini bisa berjalan sesuai fungsinya.

5. Gunakan Celana Dalam yang Nyaman

Penggunaan celana dalam juga bisa mempengaruhi lancar dan tidaknya masa haid Anda. Dengan demikian, pastikan Anda menggunakan bra dan celana dalam yang nyaman, menyerap keringat dan memiliki ukuran yang pas di badan Anda.

Selain melakukan tips memperlancar haid diatas, Anda juga bisa mengkonsumsi makanan-makanan yang bisa memperlancar haid Anda. Ingin tahu makanan apa saja yang bisa melancarkan haid? Ini dia jawabannya untuk Anda.

Makanan Pelancar Haid

1. Buah-buahan dan Sayuran

Buah-buahan dan sayuran sangat baik dalam melancarkan proses haid Anda. Contohnya seperti pepaya. Buah ini akan membantu melaancarkan haid dan mengurangi nyeri haid.

2. Jamu

Jamu juga akan sangat baik digunakan untuk melancarkan haid Anda. Tapi, pastikan Anda menggunakan jamu yang tepat. Contohnya dengan mengkonsumsi jamu yang berasal dari kunyit. Ya, kandungan gizi dalam kunyit memang sangat membantu dalam melancarkan haid Anda.

3. Cuka Apel

Selain buah-buahan, sayuran dan jamu, makanan lain yang juga bisa melancarkan haid Anda adalah cuka apel. Kandungan manfaat pada cuka apel akan membantu mempercepat proses haid Anda.

4. Asam Jawa

Selanjutnya, makanan lain yang pas dikonsumsi untuk melancarkan haid adalah asam jawa. Mengkonsumsi asam jawa akan membantu mengencerkan darah haid yang menggumpal, hingga mengurangi nyeri haid Anda. Asam jawa bisa dengan mudah Anda dapatkan, baik di supermarket maupun di pasar.

Pada hakikinya, banyak sekal penyakit yang disebabkan oleh pola hidup atau pola makan yang tidak sehat. Dengan demikian, maka cara pencegahannyapun sangat sederhana, yakni menjaga pola hidup dan pola makan. Nah, jika itu bisa diatasi dengan cara alami dan tentunya murah, jadi, tidak perlu bahan kimia bukan?.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here